3 Daerah Penghasil Aluminium Terbesar di Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia tidak hanya sumber daya alam hayati namun juga sumber daya alam non hayati. Sumber daya alam hayati seperti binatang dan juga tumbuhan. Sementara sumber daya alam non hayati adalah sumber daya alam yang bukan merupakan makhluk hidup seperti sinar matahari, air dan juga barang tambang. Barang tambang ada banyak sekali jenisnya dan beberapa dimiliki oleh Bumi Indonesia. Beberapa macam barang tambang yang dimiliki oleh Indonesia antara lain minyak bumi, gas alam, emas, bauksit, mangan, tembaga, aluminium dan lain sebagainya. Semua barang tambang ini tersebar di wilayah- wilayah tanah air. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai persebaran salah satu barang tambang yang ada di wilayah Indonesia yaitu aluminium.

Aluminium, Apa Itu?

Sebelum kita mengetahui daerah mana saja yang menjadi penghasil aluminium di Indonesia, kita akan mengenal aluminium terlebih dahulu. Aluminium merupakan salah satu jenis barang tambang atau logam yang tergolong ringan dan berwarna putih perak. Aluminium memiliki massa jenis 2,7 gr. Aluminium memiliki beberapa sifat. sifat- sifat yang dimiliki oleh aluminium diantaranya adalah:

  • Ringan
  • Tahan korosi atau perkaratan
  • Tidak beracun
  • Reflektif
  • Memiliki daya hantar listrik dua kali lebih besar daripada Cu
  • Dapat menghasilkan logam baru yang lebih kuat apabila dipadukan dengan logam lain
  • Sebagai zat reduktor bagi Oksida MnO2 dan Cr2O3

Nah itulah beberapa sifat yang dimiliki oleh aluminium. Sifat- sifat aluminium tersebut banyak yang ramah dengan kegiatan manusia hingga tidak heran aluminium banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga. Adapun pemanfaatan aluminium akan dijelaskan di bawah ini.

Sifat- sifat yang dimiliki oleh logam Aluminium ini membuat logam ini dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan manusia. Adapun pemanfaatan logam aluminium diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Komponen otomotif
  2. Produk konstruksi bangunan seperti rangka atap, rangka jendela, rangka pintu dan lain sebagainya.
  3. Bahan cat
  4. Produk kemasan, seperti kaleng
  5. Aluminium foil atau kertas aluminium sebagia pembungkus makanan
  6. Peralatan rumah tangga, terlebih peralatan dapur
  7. Transmisi listrik
  8. Kemasan obat- obatan

Nah itulah fungsi atau pemanfaatan aluminium bagi kehidupan sehari- hari. Begitu banyak manfaat dari aluminium sehingga banyak dibutuhkan oleh masyarakat dan keberadaannya pun sangat di cari. Mengenai daerah persebaran aluminium di Indonesia akan kita bahas di bawah ini.

Aluminium banyak terdapat melimpah ruah di kerak Bumi, presentase keberadaannya sekitar 7,6%. Presentase demikian menghantarkan aluminium sebagai unsur ketiga terbanyak di planet Bumi setelah Oksigen dan Silikon dan sekaligus merupakan logam yang paling banyak. Di Indonesia ini ada dua pulau yang menjadi daerah persebaran aluminium terbesar yaitu  Pulau Papua dan juga Pulau Sumatera. Kemudian beberapa provinsi yang menjadi daerah persebaran aluminium antara lain sebagai berikut:

  1. Sumatera Utara

Sumatera utara merupakan provinsi yang menjadi penghasil aluminium terbaik dan juga terbesar di Indonesia. Aluminium di Sumatera Utara ditangani secara khusus oleh INALUM yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak tahun 2013. Di provinsi ini, aluminium dihasilkan di Kabupaten Asahan. Hasil aluminium di Kabupaten Asahan ini begitu melimpah sehingga hasilnya dapat untuk memenuhi kebutuhan aluminium bagi masyarakat di Jawa dan Sumatera.

  1. Papua

Provinsi kedua yang menjadi tambang aluminium terbesar adalah Papua. Selama ini diketahui oleh publik bahwa Papua merupakan penghasil emas yang melimpah ruah. Namun selain emas ternyata papua juga merupakan daerah penghasil aluminium yang juga melimpah. Sebenarnya pulau Papua ini memiliki kandungan aluminium yang besar namun tersebar di provinsi- provinsinya. Papua sendiri terbagi menjadi dua provinsi yaitu provinsi Papua dan juga Papua Barat. Kebutuhan aluminium di Papua sendiri sudah sangat bisa dicukupi oleh kandungan aluminium yang ada di Pulau Papua. Dan bahkan produksi aluminium di Papua ini dapat mencukupi kebutuhan aluminium di daerah- daerah yang ada di sekitar Papua sendiri.

  1. Papua Barat

Provinsi di  Papua, yakni Papua Barat merupakan daerah penghasil aluminium yang juga tergolong besar di Indonesia. Papua Barat satu wilayah di Pulau Papua sehingga kandungan yang dimiliki pun sama. Selain emas, golongan logam yang banyak terdapat di Papua adalah aluminium. Aluminium banyak ditemukan untuk mencukupi kebutuhan aluminium lokal dan juga untuk memenuhi kebutuhan aluminium dari daerah di sekitarnya.

Nah itulah beberapa daerah penghasil aluminium terbesar yang ada di Indonesia. Keberadaan tambang- tambang aluminium ini sangat penting dan selama ini produksinya masih bisa untuk memenuhi kebutuhan aluminium dalam negeri. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai daerah penghasil aluminium di Indonesia. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geologi
Teachers Room

Sering dengar Exoplanet? Sebagian dari kita mengetahui dari grup asal Korea Selatan yaitu EXO, yang pada saat kemunculan mereka, memperkenalkan diri sebagai yang datang dari Exoplanet. Lalu apakah benar Exo planet itu ada? Simak penjelasannya.