4 Negara Penghasil Belerang Terbesar di Dunia disertai Gunung Apinya

Belerang merupakan salah satu tambang yang dimiliki oleh planet Bumi. Belerang banyak di jumpai di lapisan kulit Bumi dibawah kerak Bumi. Adapun belerang biasanya keluar ke permukaan Bumi melalui mulut Bumi seperti gunung yang mengalami erupsi. Oleh karena itulah tidak heran apabila kawah gunung yang mengalami erupsi ini mengandung belerang, serta mata air panas yang berada di sekitar gunung ini biasanya airnya banyaj mengandung belerang sehingga memiliki warna, bau dan juga rasa yang berbeda dari air pada umumnya. Pada kesempatan kali ini kita tidak hanya akan membahas mengenai belerang namun juga negara- negara penghasil belerang yang paling besar di Dunia. Adapun penjelasan selengkapnya di Bawah ini.

Belerang memiliki nama lain yakni sulfur. Dalam tabel unsur kimia, unsur kimia ini dilambangkan dalam huruf S serta nomor atom 16. Belerang atau Sulfur merupakan unsur non logam yang tidak memiliki rasa. Wujud asli belerang yang asli adalah berupa zat padat kristalin yang berwarna kuning. Belerang ini dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral sulfida dan juga sulfat. Belerang memiliki beberapa sifat atau karakteristik sebagaimana barang tambang lainnya. Beberapa karakteritik atau sifat yang dimiliki oleh belerang antara lain sebagai berikut:

  • Belerang akan membentuk sulfat oksida dan menimbulkan bau yang sangat menyengat serta akan berubah warna menjadi biru apabila terbakar.
  • Belerang dalam bentuk bongkahan tidak akan bisa larut dalam air.
  • Belerang bisa menjadi polimer khusus apabila dipanaskan di atas suhu 200 derajat Celcius.
  • Belerang murni ditemukan di Kerak Bumi, lapisan pertambangan maupun di dalam laut.

Nah itulah beberapa sifat atau karakteristik yang dimiliki oleh belerang. Dengan kandungan serta sifat yang dimiliki belerang maka belerang dapat dimanfaatkan untuk beberapa kepentingan. Manfaat belerang akan dijelaskan berikut ini.

Belerang merupakan unsur penting bagi kehidupan manusia dan dapat ditemukan dalam dua asam amino. Kandungan belerang sangat dibutuhkan oleh manusia dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal. Adapun beberapa pemanfaatan belerang antara lain sebagai berikut:

  1. Komponen produksi pupuk
  2. Campuran bahan pewarna
  3. Produksi asam sulfat
  4. Bahan pembuat korek api
  5. Pembuatan Natrium Tiosulfat
  6. Produksi Kembang api
  7. Bahan utama Disinfektan
  8. Bahan pembersih air
  9. Bahan campuran kosmetik
  10. Campuran pembuatan aspal
  11. Campuran dalam produksi baja
  12. Campuran pembuatan beton
  13. Makanan untuk tanaman
  14. Obat bagi penyakit terutama penyakit kulit

Nah itulah beberapa manfaat dari belerang, banyak kan? Maka dari itulah belerang banyak dibutuhkan. Negara- negara penghasil belerang terbesar di dunia akan dibahas dibawah ini.

Belerang biasanya akan mudah kita temukan di daerah- daerah yang memiliki gunung. Kawah gunung adalah tempat yang banyak mengandung belerang, seperti di Indonesia adalah di Gunung Ijen. Kawah Gunung Ijen merupakan tempat penghasil belerang terbesar di Indonesia. Lalu, dimana ya negara penghasil belerang terbesar di dunia? Berikut ini merupakan negara penghasil belerang terbesar di dunia:

  1. Australia

Negara yang menjadi penghasil belerang terbesar di dunia pertama adalah Australia. Kita tahu bahwa biasanya belerang dapat ditemukan di tempat- tempat yang memiliki gunung berapai. Demikian pula dengan di Australia. Ada beberapa gunung berapi yang terdapat di Australia antara lain adalah Gunung Mawson, Piramida Ball, Gunung berapi di Pulau Heard dan Pulau Lord Howe.

  1. Jepang

Selain Australia, negara penghasil belerang yang besar di dunia adalah Jepang. Jepang adalah negara yang memiliki banyak gunung berapi karena letaknya yang berhubungan dengan lempeng bumi. Oleh karena itulah belerang banyak ditemukan di negara ini. Beberapa gunung berapi yang ada di Jepang yang menjadi tempat produksi belerang antara lain adalah Gunung Fuji (gunung tertinggi di Jepang), Gunung Sakurajima, Gunung Asama, Gunung Shinmoedake, Gunung Aso.

  1. Korea

Negara penghasil belerang ketiga di dunia adalah Korea. Korea adalah negara yang memiliki produksi belerang yang banyak di dunia. Gunung berapi di Korea memang tidak seterkenal di Jepang, namun sebagai negara yang terletak di benua Asia produksi belerang Korea juga banyak. Adapun gunung berapi yang terkenal di Korea adalah Gunung Halla.

  1. Rusia

Sebagai negara terbesar di dunia dan terluas, Rusia memiliki banyak kenampakan alam yang beraneka ragam termasuk gunung berapi yang menjadi tambang belerang. Tidak heran negara ini menjadi penghasil belerang yang besar. Ada beberapa gunung berapi yang populer di Rusia. Beberapa gunung berapi yang fenomenal di Rusia antara lain Gunung Shiveluch, Gunung Bezymianny, Gunung Sarychev, Gunung Klyuchevskaya Sopka, Gunung Karymsky, Gunung Ebeko, Gunung Kizimen, Gunung Sinarka.

Nah itulah beberapa negara yang dikenal sebagai negara penghasil belerang terbesar di dunia dan gunung-gunung berapi yang dimiliki. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn