Sponsors Link

13 Negara Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Di Dunia

Sponsors Link

Negara Penghasil Kelapa Sawit menjadi tolak ukur sumber daya alam yang dihasilkan suatu negara. Perekonomian di dunia ini mempunyai beberapa sektor yang berpengaruh, terutama negara-negara yang mempunyai penghasilan dari pemanfaatan potensi sumber daya alam yang ada. Maka dari itu perlu kita ketahui pula bahwa ekologi bumi dan letak geografis setiap negara itu sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi dari negara itu sendiri. Walaupun semua itu juga tergantung dari potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh masing-masing negara. Tidak dipungkiri bahwa antara potensi sumber daya alam, potensi sumber daya manusia dan letak geografi sangat berpengaruh terhadap perekonomian di dunia.

Sponsors Link

Negara Penghasil Kelapa Sawit

Negara Penghasil Kelapa SawitSalah satu bukti bahwa perekonomian dunia ini terletak pada hal tersebut, tentu bisa kita lihat beberapa negara yang sudah maju atau pun berkembang. Namun menjadi tolak ukur perekonomian dunia karena penghasilannya dari sumber daya alam kelapa sawit. Tentunya sumber daya alam dapat berkembang ketika ada dukungan dari ketiga hal tersebut.

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan industri yang menghasilkan minyak masak atau pun minyak industri serta bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Berikut adalah beberapa negara sehbagai penghasil kelapa sawit :

1. Indonesia

Negara ini merupakan negara dengan beribu kekayaan yang paling dicari oleh negara lain di planet bumi ini. Selain merupakan negara yang mempunyai tambang yang begitu besar, juga merupakan negara penghasil kelapa sawit dengan peringkat pertama terbesar di dunia. Negara ini mempunyai kebun sawit yang paling luas pula dan terletak di beberapa propinsi, sehingga mempunyai produksi kelapa sawit sebesar 31,10 Juta ton.

2. Malaysia

Merupakan negara yang menjadi perkumpulan perpaduan antara dengan berbagai ras, suku dan agama. Di negara ini mempunyai keragaman yang begitu terlihat dari kacamata dunia. Banyak negara sering menyebut sebagai negara multikulturalisme dengan salah satu bukti bahwa negara ini menjadi surga kuliner. Mempunyai 13 negara bagian dan 3 wilayah federal ini membuat negara ini menjadi pusat budaya dari berbagai etnis. Selain hal itu ternyata Malaysia juga negara terbesar kedua sedunia sebagai penghasil kelapa sawit. Walaupun mempunyai geografi yang dipisahkan oleh laut China Selatan, namun memproduksi kelapa sawit hingga 19,2 juta ton.

3. Thailand

Tentu kita ketahui bahwa negara yang berbatasan dengan Laos dan Myanmar ternyata adalah negara Thailand. Walaupun negara ini diapit oleh 2 negara yang tidak kalah dalam perekonomian, ternyata negara ini diam-diam juga menjadi salah satu negara penghasil sumber daya alam tumbuhan kelapa sawit terbesar nomor 3 sedunia. Lambang Garuda di negara ini ternyata juga tidak hanya sekedar lambang saja, namun juga membuahkan hasil dengan produksi kelapa sawit sebesar 2,18 juta ton. Sehingga negara ini tidak kalah bersaing terutama dalam MEA.

Iklim tropis yang ramah, membuat negara ini terus-menerus mempunyai penghasilan kelapa sawit yang tinggi. Apalagi dengan bentang alam di negara ini mempunyai 5 bagian dari daerah pegunungan, dataran rendah, plato, daerah perbukitan dan semenanjung yang mendukung sebagai negara dengan penghasil kelapa sawit.

4. Kolumbia

Negara republik yang terletak di barat laut Amerika Selatan ini ternyata juga sebagai negara penghasil kelapa sawit terbesar keempat di tingkat dunia. Tentu tidak salah juga, karena negara ini mempunyai hutan yang lebat sehingga tidak dipungkiri jika mempunyai lahan kelapa sawit yang luas pula. Negara yang dibentuk oleh dua lempeng, yaitu lautan Pasifik dan laut Karibia ini tidak kalah dengan negara di sekitarnya dalam perihal ekonomi.

Iklim tropis dan isotermal ini menentukan pula kelangsungan hidup tumbuhan kelapa sawit yang saat ini terbukti memproduksi sebanyak 1,23 juta ton. Tentunya dengan adanya 33 daerah di negara ini dengan penghasilan kelapa sawit sebesar itu, tidak menjadi problematika dalam mencukupi perekonomian dan lahan kerja.

5. Nigeria

Negara yang mempunyai 36 bagian ini ternyata juga mempunyai penghasilan kelapa sawit terbesar kelima di dunia ini. Selain kebijakan pemerintahannya yang memberikan pendidikan gratis tersebut, ternyata negara ini juga membudidayakan hutan untuk sumber daya alam tumbuhan kelapa sawit. Tumbuhan tersebut sebagai salah satu sumber perekonomian di negara tersebut. Prestasi ini diraih karena Nigeria memproduksi kelapa sawit sebanyak 0,93 juta ton yang bisa mencukupi kebutuhan perekonomian negara ini sendiri.

6. Papua Nugini

Sebuah negara yang awalnya sebuah pulau yang menyatakan pisah dengan Indonesia dan menyatakan kemerdekaan dengan nama negara Papua Nugini ini ternyata juga mempunyai lahan yang memproduksi kelapa sawit. Mungkin tidak disangka setelah negara ini deklarasi kemerdekaan, ternyata tidak kalah saing dalam bidang perekonomian dengan negara lain. Walaupun negara yang di timur Pulau Irian Jaya ini mempunyai beberapa daerah dengan tanah yang sangat kasar, ternyata memproduksi kelapa sawit sebanyak 0,67 juta ton. Hal tersebut membuat negara ini menduduki peringkat ke 6 dalam sejarah penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

7. Ekuador

Negara khatulistiwa ini diam-diam ternyata juga menduduki rekor dunia penghasil kelapa sawit terbesar peringkat ke 7. Hal ini mungkin tidak dikira oleh negara maju di Amerika Serikat, namun tidak dipungkiri negara yang memiliki 22 propinsi ini ternyata memproduksi kelapa sawit sebanyak 0,565 juta ton. Rekor baru yang dimiliki negara barat ini, yang tentunya membuat sejarah baru di planet bumi ini terutama di Benua Amerika.

8. Honduras

Republik Pisang ini ternyata menjadi negara yang baru di Amerika Tengah yang mempunyai rekor penghasil kelapa sawit terbesar ke 8 di planet bumi ini. Julukan Republik Pisang tersebut hadir karena negara ini juga sebagai penghasil pisang terbesar di dunia pula. Ketika mempunyai kebun pisang yang luas dan budidaya pisang yang berkembang pesat, tentu tidak heran ketika juga mempunyai lahan kelapa sawit yang mempunyai jumlah produksi sebanyak 0,43 juta ton. Hal itu disebabkan tanah yang mendukung untuk bercocok tanam dan ahli dalam pemanfaatan sumber daya alam pertanian. Terbukti dengan berkembang pesatnya tanaman pisang (Banana) yang juga di klasifikasikan sebagai negara dengan penghasilan menengah kebawah.

Sponsors Link

9. Cote Divoire

Negara dengan sebutan Pantai Gading ini ternyata mempunyai prestasi gemilang dalam pemanfaatan sumber daya alam pertanian terutama dalam budidaya tanaman kelapa sawit. Peringkat ke 9 sebagai negara dengan penghasil kelapa sawit terbesar di planet bumi ini tentunya mengubah sejarah negara di Afrika Barat ini. Begitu pula dengan adanya 19 daerah yang ada di negara ini tentu tidak sulit dalam mengembangkan perekonomian negara ini sehingga memproduksi kelapa sawit hingga sebanyak 0,40 juta ton. Selain berkembangnya perekonomian negara ini, juga menambah lahan pekerjaan bagi masyarakat di 19 daerah tersebut.

10. Brasil

Negara dengan 74% penduduknya penganut agama Katholik Roma ini ternyata mencetak rekor baru di Planet Bumi ini. Selain masuk delapan besar dalam perekonomian dunia, ternyata juga masuk sepuluh besar negara dengan penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Peringkat 10 ini yang membuat negara ini mampu mencetak rekor perekonomian di planet bumi ini. Tentu sebagai negara yang ahli dalam pemanfaatan sumber daya alam pertanian ini memproduksi kelapa sawit hingga sebanyak 0,35 juta ton.

11. Kamboja

12. Filipina

13. Vietnam

Beberapa negara dengan penghasil kelapa sawit terbesar di planet bumi ini tentunya akan menjadi tolak ukur perekonomian dunia dalam bidang minyak dan bahan bakar kendaraan bermotor. Tidak dipungkiri ketika produksi kelapa sawit ini menurun, akan mempengaruhi perekonomian di dunia ini pula. Walaupun tidak semua negara yang masuk 10 besar ini adalah negara maju, namun sangat besar pengaruhnya di bidang perekonomian dunia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 05th, May 2017 / 09:01 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial