4 Negara Paling Lama Dijajah

Sejak dahulu banyak negara-negara besar menaklukan negara kecil untuk masuk sebagai bagian dari kekuasaannya. Cara menaklukan dapat dilakukan dengan beragam cara, mulai dari diplomasi hingga perang.

Bagi negara yang kalah, tentu harus menyerahkan wilayah kekuasaannya kepada negara yang menang. Dari situlah tidak heran jika dahulu banyak sekali negara-negara yang dijajah oleh bangsa asing.

Namun saat ini, telah banyak negara yang menyatakan kemerdekaannya dan berdiri menjadi negara berdaulat. Lalu negara apa saja yang mengalami masa penjajahan paling lama? Mari disimak daftarnya di bawah ini!

Negara Filipina

Negara Filipina menjadi salah satu negara paling lama dijajah oleh bangsa Spanyol yakni sekitar 265 tahun. Pertama kali Filipina dijajah oleh bangsa Spanyol berawal dari kedatangan Ferdinand Magellan pada tahun 1521.

Singkat cerita negara Filipina jatuh di bawah kekuasaan Spanyol sampai dengan tanggal 12 Juni 1898 dan menyatakan telah merdeka dari Spanyol. Meskipun telah menyatakan kemerdekaannya, pada 10 Desember 1830, negara Filipina nyatanya dijajah kembali oleh negara Amerika Serikat berdasarkan perjanjian Paris.

Setelah melakukan berbagai macam upaya salah satunya membuat persetujuan dengan Amerika Serikat, Filipina berhasil menjadi negara sebuah negara merdeka pada 4 Juli 1946.

Negara Indonesia

Negara Indonesia masuk sebagai negara paling lama dijajah. Setidaknya ada 6 negara yang pernah menjajah Indonesia yakni negara Portugis, negara Spanyol, negara Belanda, negara Perancis, negara Inggris, dan negara Jepang.

Namun dari semua negara yang pernah menjajah Indonesia, negara Belanda adalah negara yang paling lama menjajah yakni antara tahun 1602 hingga 1942. Bahkan setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, negara ini sempat kembali dijajah oleh bangsa Belanda pada tanggal 15 September 1945.

Namun setelah perjuangan yang panjang Belanda mengakui kedaulatan negara Indonesia pada 27 Desember 1949 di Istana Merdeka.

Makau

Makau merupakan suatu daerah yang masih menjadi bagian dari Daerah Administrasi Republik Rakyat Tiongkok. Namun terlihat berbeda dibandingkan dengan daerah lain di Tiongkok sebab banyak bangunan di Makau mirip seperti bangunan di daratan Eropa.

Hal ini tidak terlepas dari pengaruh dari kekuatan kolonialisme dari bangsa Portugis yang pernah menjajah Makau sejak abad ke 16. Saat itu bangsa Portugis yang dipimpin oleh Jorge Alverez datang ke Tiongkok dengan tujuan memperluas perdagangan.

Saat itu Dinasti Ming sedang berkuasa dan memberikan izin sewa Makau kepada bangsa Portugis untuk dijadikan pelabuhan dan perdagangan. Hingga akhirnya pada akhir abad ke 20, Portugis mengembalikan lagi Makau pada Republik Rakyat Tiongkok .

Negara India

Negara India menjadi sebuah negara di benua Asia yang juga pernah dijajah oleh sekutu yakni negara Inggris paling lama, yakni sekitar 100 tahun tepatnya berada di bawah kekuasaan East India Company.

Kekuasaan Inggris di tanah India bermula dari keberhasilan Inggris dalam Pertempuran Plassey di tahun 1757. Di sinilah awal kekuasaan Inggris di India di mulai.

Perlawanan penduduk India terus terjadi. Namun akibat kekuatan militer yang tidak seimbang, India terus mengalami kekalahan. Hingga akhirnya India membentuk Indian National Congress guna mencapai cita-cita bangsa India untuk dapat merdeka dari kekuasaan Inggris.

Menjelang berakhirnya Perang Dunia II, negara Inggris mengalami krisis pemerintahan dan East India Company juga turut dibubarkan. Hingga akhirnya kemerdekaan India pun diberikan oleh Inggris sekaligus negara Pakistan pada 15 Agustus 1947.

fbWhatsappTwitterLinkedIn