7 Negara Paling Bahagia Di Dunia

Ternyata ada sebuah survei yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kebahagiaan suatu negara. Untuk mengetahui tingkat kebahagiaan suatu negara dibutuhkan beberapa faktor seperti sistem pemerintahan yang jujur, layanan sosial, kepercayaan sosial, lingkungan yang aman, kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Berdasarkan World Happiness Report (Laporan Kebahagiaan Dunia) yang dilakukan setiap tahun sejak 2012 hingga tahun 2020, telah banyak negara yang masuk sebagai negara paling bahagia di dunia.

Laporan yang dibuat oleh World Happiness Report telah terbukti sebagai alat yang diperlukan bagi pembuat kebijakan untuk dapat memahami hal-hal yang membuat penduduk bahagia dan demi mempromosikan kesejahteraan penduduk.

Survei dilakukan terhadap 154 negara, dan terpilihlah 7 negara paling bahagia di dunia. Lalu negara mana sajakah itu? Berikut daftarnya!

Negara Finlandia

Negara yang selalu berada di urutan pertama sejak tahun 2018 hingga 2020 yakni negara Finlandia. Hal utama yang membuat Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia yakni tingkat korupsi pejabat yang sangat rendah.

Dari hasil survei ditemukan bahwa tidak ada tindakan korupsi dan juga kebrutalan yang dilakukan oleh kepolisian Finlandia. Bahkan dapat dikatakan jika polisi Finlandia adalah polisi paling dapat dipercaya di dunia.

Negara Finlandia menetapkan pajak yang amat tinggi kepada penduduknya. Akan tetapi pajak tersebut digunakan untuk sistem jaminan sosial yang dikenal dengan nama Kela.

Nantinya Kela dimanfaatkan untuk menyediakan layanan kesehatan gratis bagi semua warga negara Finlandia, memberikan pendidikan gratis, bantuan kepada pengangguran, hingga bayi yang baru lahir sekalipun.

Negara Denmark

Negara yang berada di Semenanjung Skandinavia, Eropa Utara ini dikenal dengan pemerintahannya yang stabil, tingkat korupsi rendah, serta kualitas pendidikan dan kesehatan terbaik. Meskipun demikian, Denmark menerapkan pajak paling tinggi di dunia.

Akan tetapi warga Denmark tidak merasa keberatan untuk membayar pajak tersebut. Hal ini disebabkan kepercayaan mereka jika pajak akan menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Selain itu, warga Denmark memiliki konstruksi budaya yang dikenal dengan sebuatan ‘Hygge’ yakni merujuk pada interaksi sosial dengan kualitas tinggi, sehingga menciptakan rasa aman, saling berbagai pengalaman, dan seimbang di lingkungan masyarakat.

Terutama ketika Natal tiba, mereka benar-benar memanfaatkan momen tersebut untuk berkumpul bersama keluarga dan teman.

Negara Swiss

Negara Swiss terletak di Eropa Tengah, terkenal sebagai negara netral. Sejak tahun 1815 Swiss tidak pernah terlibat dalam peperangan pemerintah asing manapun. Tidak heran jika hingga saat ini kehidupan warna Swiss selalu damai sehingga pantas menyandang gelar sebagai negara paling damai di dunia.

Selain sebagai negara netral, Swiss juga dikenal sebagai negara penyimpang atau depository state bagi perjanjian-perjanjian internasional dan juga berperan aktif dalam kerja sama secara internasional.

Kekayaan alam yang dimilikinya juga tidak kalah indah. Beragam destinasi wisata pegunungan serta tingkat polusi yang rendah menjadi kelebihan bagi negara Swiss.

Negara Islandia

Hal yang menjadikan negara Islandia sebagai negara paling bahagia di dunia yakni tingkat korupsi paling rendah di dunia berdasarkan laporan dari PBB. Negara yang masuk ke dalam kawasan Nordik, sebelah utara Samudera Atlantik, memiliki beragam kebudayaan terutama sastra yang sudah dimulai sejak abad ke-12.

Selain itu negara ini sangat menjunjung tinggi kesetaraan gender. Banyak perempuan di Islandia yang dipercaya sebagai pemimpin dalam urusan bisnis maupun pemerintahan.

Bahkan negara ini memiliki Undang-Undang Perlindungan Anak paling luas dan maju. Tidak hanya melarang pemukulan saja, namun juga kekerasan verbal dan emosional serta menjadikan perlindungan anak adalah bagian dari prioritas. Jika ada yang melanggar dikenakan hukuman pidana penjara atau denda.

Hal lain yang membuat penduduk Islandia merasa bahagia yakni beragam festival baik lokal maupun nasional yang diadakan setiap tahunnya.

Negara Norwegia

Negara yang terletak di benua Eropa ini memiliki tingkat kepadatan penduduk cukup rendah. Bahkan tingkat kriminalitas di Norwegia sangat rendah sehingga sangat aman untuk para turis asing yang sedang mengunjungi negara ini.

Negara Norwegia sangat menjunjung tinggi kesetaraan gender bahkan tergolong yang terbaik di dunia. Pemerintah berupaya untuk memberikan keadilan bagi setiap warganya dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, sosial, hingga kebudayaan.

Bahkan di dalam penjara sekalipun, para tahanan dibuat tidak seperti di dalam penjara. Mereka disediakan berbagai fasilitas layaknya hotel serta layanan internet.

Negara Belanda

Negara yang terkenal akan kincir anginnya ini menjadi negara berikutnya yang dianggap sebagai negara paling bahagia di dunia. Fasilitas publik yang amat lengkap menjadikan warga Belanda terbiasa berpergian menggunakan transportasi umum.

Yang unik dari negara Belanda yakni pemerintah memberikan penghargaan berupa kredit pajak senilai $0,22 bagi pekerja yang pergi menggunakan sepeda ke kantor setiap kilometernya. Selain itu Belanda berada di peringkat atas untuk keseimbangan kerja dan hidup, hal ini terbukti hanya sekitar 0,5 persen saja karyawan yang bekerja lebih dari jam kerja.

Negara Swedia

Negara berikut yang dianggap sebagai negara paling bahagia di dunia yakni negara Swedia di Eropa Utara. Negara ini memiliki salah satu sistem kesejahteraan paling baik di dunia, hal ini dibuktikan dari setiap warganya yang mendapatkan tunjangan misal perawatan prenatal bersubsidi, cuti berbayar selama 480 hari saat anak dilahirkan dan lain sebagainya.

Bahkan Swedia sangat menjunjung tinggi kesetaraan gender. Banyak pria melakukan pekerjaan wanita begitupun sebaliknya, dan hal tersebut dianggap normal.

Terdapat lembaga sosial bernama Fika yang mengatur kehidupan pribadi dan profesional setiap orang di Swedia terutama bagi pelajar. Di sini orang-orang Swedia meluangkan waktu sejenak untuk menikmati permen sambil minum kopi hanya untuk bersosialisasi.

fbWhatsappTwitterLinkedIn