Sponsors Link

15 Negara Dengan Ekonomi Terbaik Di Dunia

Sponsors Link

Menjadi negara yang memiliki ekonomi terbaik sudah menjadi impian banyak negara. Karena dengan ekonomi yang baik, maka akan tercipta kestabilan kesediaan bahan pangan, kemudian kebutuhan masyarakat terhadap pangan bisa dijangkau dengan mudah dan murah, sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dengan terwujudnya kesejahteraan masyarakat, maka bisa dipastikan kehidupan di negara tersebut bisa tentram dan damai.

Sponsors Link

Jadi kata kuncinya adalah dengan memiliki banyak uang kehidupan suatu negara bisa damai? Tidak begitu juga. Masalah bisa hidup damai atau tidak itu tidak bergantung pada banyaknya uang yang kita miliki. Melainkan bagaimana cara kita menyikapi semua masalah (kekayaan dan kemiskinan) itu dengan hati yang bijak dan pikiran yang jernih. Memang benar, uang adalah jawaban untuk setiap masalah. Tapi ingat, uang bukanlah alat untuk menghilangkan masalah, tapi untuk mencegah masalah agar tidak lebih membesar.

Untuk menentukan bagaimana suatu negara dikatakan sebagai negara dengan ekonomi terbaik, maka hal itu dihitung berdasarkan Pendapatan Perkapita yang telah dihasilkan negara tersebut dalam kurun waktu 1 tahun. Pendapatan Perkapita dihitung dari pendapatan yang dihasilkan semua penduduk dibagi dengan jumlah penduduk. Perhitungan ini telah dilakukan oleh Bank Dunia sebagai data untuk menunjukkan mana negara yang terkaya untuk kemudian diurutkan dari terbesar sampai ke yang terkecil.

Baca Juga:

Berikut ini akan dijelaskan 20 negara dengan ekonomi terbaik per tahun 2017. Coba perhatikan dengan baik mana negara-negara yang unggul dalam ekonominya, apakah Indonesia termasuk? Berikut datanya:

1. Luksemburg

Kegiatan perekonomian yang banyak dilakukan oleh Luksemburg adalah investasi, perbankan, teknologi, industri baja dan industri kimia. Melalui kegiatan tersebutlah Luksemburg bisa mencapai pendapatan perkapita sebanyak 110 ribu USD atau sekitar 1,4 miyar rupiah per tahun. Bisa dibayangkan, berarti setiap orang yang bekerja di sana mendapatkan gaji di atas 1 milyar per tahunnya. Padahal, Luxemburg hanya memiliki wilayah seluas 2.586 km persegi dan mempunyai populasi 562.900 jiwa. Hal ii tidak mengherankan karena produktifitas penduduknya yang tinggi sekali dan angka pengangguran yang kecil.

2. Norwegia

Norwegia adalah negara Skandinavia yang lokasinya terletak di paling ujung utara bumi. Meski demikian, Norwegia menempati urutan kedua setelah Luksemburg dalam hal kekuatan ekonominya. Norwegia bisa menghasilkan pendapatan perkapita sebesar 102 ribu USD atau sekitar 1,3 milyar rupiah per tahun. Selain kegiatan perekonomiannya yang stabil, Norwegia juga mempunyai pemandangan alamnya yang indah yaitu berupa pegunungan.

3. Qatar

Negara penghasil minyak dan gas yang melimpah ini memang pantas diurutkan sebagai negara dengan ekonomi terbaik setelah Luksemburg dan Norwegia. Bagaimana tidak, dengan kegiatan ekspor minyak dan gas tersebut, Qatar bisa meraup pendapatan perkapitanya sebesar 93 ribu USD atau sekitar 1,2 milyar rupiah per tahunnya. Qatar terletak di Timur Tengah dekat dengan Arab Saudi dan Teluk Persia. Jika kita berkunjung ke negara ini, kita akan menjumpai banyak gedung-gedung tinggi yang mewah dan eksklusif tiada duanya.

4. China

Kegigihan orang-orang China dalam berdagang patut diakui dan menjadi rekomendasi untuk orang-orang yang ini meraih sukses dalam perdagangannya. Prinsip dan komitmen dari keluargalah yang membuat perdagangan mereka bisa melesat dengan cepat. Hal ini membuat pendapatan perkapita China cukup tinggi yaitu 91 ribu USD atau sekitar 1,1 milyar rupiah per tahun. Produk dari China memang sudah hampir bisa menguasai beberapa negara di dunia. Kepintaran orang China adalah, meskipun banyak produk yang dibuat adalah produk imitasi, tapi kualitasnya masih bisa sama dengan yang aslinya.

5. Swiss

Jika Anda ingin mencari produsen alat kesehatan dan farmasi, bahan kimia spesialis, instrumen pengukuran presisi dan alat musik serta jam tangan, maka negara yang tepat adalah Swiss. Karena Swiss merupakan produsen produk tersebut yang memiliki kualitas tinggi dan diminati banyak negara di dunia. Sebesar 84 ribu USD atau sekitar 1,1 milyar rupiah per tahun adalah pendapatan perkapita yang Swiss bisa hasilkan tiap tahunnya.


Baca Juga:

6. Australia

Benua tetangga Indonesia ini juga memiliki pendapatan perkapita yang tinggi yaitu 67 ribu USD atau sekitar 877 juta rupiah per tahun. Hal ini ditopang oleh kegiatan industri yang menjadi kegiatan ekonomi paling besar di Australia. Australia juga melakukan perluasan ekonomi ke luar negeri untuk mencegah inflasi yang bisa mengakibatkan kegoyahan ekonomi negara tersebut.

7. Swedia

Swedia merupakan negara yang berada di kawasan Eropa bagian Utara. Negara ini tiap tahunnya menghasilkan 60 ribu USD atau sekitar 784 juta rupiah untuk pendapatan perkapita nya. Negara ini juga merupakan negara paling luas urutan ketiga di Eropa dengan jumlah populasi sekitar 9,8 juta jiwa. Pada abad ke-19 Swedia pernah menjadi salah satu negara termiskin di Eropa karena konsumsi alkoholnya yang berlebihan, walaupun faktanya saat ini adalah Swedia merupakan negara yang maju.

8. Denmark

Menurut survei, Denmark merupakan tempat yang paling menyenangkan di dunia yang didasarkan atas kesehatan, kesejahteraan dan pendidikan. Dengan tingkat kerja pegawai di Denmark adalah 75 % tertinggi di Eropa. Maka dari itu, Denmark bisa menghasilkan pendapatan perkapita yaitu 59 ribu USD atau sekitar 777 juta rupiah per tahun.

9. Singapura

Negara ini tergolong negara yang kecil wilayahnya, namun sangat tinggi sekali produktifitas sumber daya manusianya. Selain itu, tingkat kedisiplinan orang Singapura sangat ketat sekali. Misalnya, jika Anda mencoba untuk meludah di tempat umum di Singapura, maka Anda harus siap-siap untuk dikenakan denda yang mahal atas perbuatan Anda tersebut. Dengan kedisiplinan dan produktifitas yang tinggi itulah Singapura sekarang bisa memperoleh pendapatan perkapita sebesar 55 ribu USD atau sekitar 717 juta rupiah per tahun.

10. Amerika Serikat

Amerika Serikat terkenal dengan negara pengimportir terbesar dan pengeksportir kedua di dunia. Negara ini juga memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti minyak dan gas yang sering juga diekspor ke luar negeri. Pendapatan perkapita Amerika Serikat adalah 53 ribu USD atau sekitar 689 juta rupiah per tahun.

Baca Juga:

11. Kuwait

Kuwait juga melakukan kegiatan ekonominya melalui pengelolaan sumber daya gas alam dan minyaknya. Gas alam di Kuwait biasanya diproduksi sekitar 56 triliun kaki persegi. Pendapatan perkapita Kuwait adalah 52 ribu USD atau sekitar 678 juta rupiah per tahun.

12. Kanada

Negara yang diresmikan tanggal 1 Juli 1867 ini merupakan negara yang lokasinya paling ujung di Utara Amerika Utara. Perekonomian Kanada bertumpu pada sumber daya alam seperti seng, alumunium, uranium, emas, zinc dan nikel serta perdagangan ke luar negeri.Menurut PBB, Kanada mempunyai harapan hidup pada peringkat ke-7 yaitu 81,37 tahun. Kanada bisa menghasilkan 51 ribu USD atau sekitar 675 juta rupiah per tahun untuk pendapatan perkapitanya.

13. Belanda

Alasan Belanda disebut sebagai negara kincir angin adalah karena permukaan tanahnya yang rendah kira-kira 50% dari tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan air laut. Belanda merupakan pengekspor makanan nomor tiga di dunia. Tidak mengherankan bila Belanda dapat memperoleh pendapatan perkapita 50,7 ribu USD atau sekitar 660 juta rupiah per tahun.

14. Austria

Austria adalah negara yang berbentuk Republik. Masyarakat di Austria terkenal dengan masyarakat yang tertib dan mencintai keindahan alam. Pendapatan perkapita Austria adalah 50,5 ribu USD atau sekitar 656 juta rupiah per tahun. Hal ini juga didukung oleh rendahnya angka pengangguran di Austria yaitu 4,58 % dan menjadi terendah kedua di Eropa. Penyumbangan ekonomi terbesar bagi Austria adalah industri wisatanya karena banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke sana.

15. Irlandia

Meskipun Irlandia terkenal dengan pengonsumsi bir tertinggi kedua yaitu sebanyak 131,1 liter bir per tahun, Irlandia mempunyai tambang seng terbesar di eropa dan kelima terbesar di dunia. Dari kegiatan ekonomi tersebut, Irlandia bisa menghasilkan pendapatan perkapita 50,4 ribu USD atau sekitar 656 juta rupiah per tahun.

Baca Juga:

Itulah dia 15 negara di dunia yang memiliki ekonomi terbaik yang bisa menjadi inspirasi bagi negara-negara yang lain khususnya Indonesia. Bukan berarti negara-negara yang tidak terdaftar di atas adalah negara yang miskin, namun masih dalam tahap mengembangkan sistem ekonomi mereka.

Dengan hadirnya negara-negara dengan ekonomi terbaik, negara yang masih belajar bisa menirukan apa yang sudah dilakukan negara maju tersebut. Merubah yang salah dan menambah apa yang seharusnya ditambah. Dan jika Anda ingin pergi ke salah satu negara tersebut, perhatikan juga biaya pajak yang mereka tetapkan. Karena bisa jadi, pendapatan perkapita mereka tinggi, namun menetapkan pajak yang tinggi pula.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kita semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 09th, September 2017 / 04:59 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial