Sponsors Link

17 Solusi Pencemaran Udara dan Dampak Pencemaran Udara

Sponsors Link

Kita sungguh beruntung hidup di planet Bumi (baca: planet di tata surya). Planet Bumi merupakan planet yang sangat ideal bagi makhluk hidup, baik manusia, binatang dan juga tumbuh- tumbuhan (baca: ciri-ciri planet). Planet Bumi mempunyai komposisi yang sangat pas untuk memenuhi semua kebutuhan hidup, seperti air (baca: jenis air di Bumi), tanah (baca: jenis tanah), udara, suhu dan kelembaban, dan lain sebagainya. Selain mempunyai berbagai macam komponen vital, Bumi juga mempunyai berbagai macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang ada di Bumi ini mempunyai banyak sekali kegunaan. Kegunaan- kegunaan tersebut adalah untuk memenuhi semua kebutuhan dan juga kegiatan manusia. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya adalah air, udara, angin, hutan (baca: jenis hutan berdasarkan iklim), dan lain sebagainya. Sementara sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui misalnya emas, perak, tembaga, nikel, batu bara, minyak bumi dan barang tambang lainnya.

Peranan udara di Bumi

Salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah udara (baca: lapisan udara). Udara yang ada di Bumi begitu berlimpah ruah sehingga semua makhluk yang ada di Bumi pun menjadi mudah untuk bernafas. Ya, memang semua makhluk hidup memerlukan udara untuk bernafas. Udara yang ada di Bumi mengandung berbagai macam zat, salah satunya adalah oksigen yang diperlukan untuk bernafas. Selain oksigen, udara juga mengandung berbagai macam kandungan lain seperti karbondioksida, nitrogen, hidrogen dain sebagainya. Masing- masing zat tersebut mempunyai kegunaan atau fungsi nya masing- masing. Sementara itu, osigen yang merupakan zat yang sangat diperlukan untuk bernafas, dapat diproduksi oleh tumbuhan- tumbuhan melalui proses fotosintesis. Maka dari itulah kita akan merasakan perbedaan keadaan udara di wilayah yang banyak pohonnya dengan daerah yang kurang atau sedikit pepohonannya, dimana tempat yang banyak pohonnya lebih terasa sejuk daripada tempat yang jarang pohonnya.

Polusi Udara

Keberadaan pencemaran memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terlebih di kehidupan modern. Kehidupan manusia di masa modern ini manusia akan menemukan lebih banyak pencemaran dibandingkan dengan masa lampau. Salah satu alasannya karena pada masa lampau atau masa belum modern banyak kita temui pepohonan dimana- mana, sehingga kita tidak akan menemukan banyak pencemaran udara dan sebaliknya, udara akan terasa sangat sejuk. Polusi udara  dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa penyebab dari polusi udara antara lain adalah sebagai berikut:

  • Banyak industri yang beroperasi
  • Banyaknya kendaraan yang mengeluarkan asap- asap kendaraan
  • Semakin menipisnya pepohonan yang hidup di lingkungan sekitar
  • Banyaknya sampah dimana- mana
  • Kebakaran hutan (baca: penyebab kebakaran hutan) yang meraja lela, dan lain sebagainya

Itulah beberapa penyebab dari polusi udara. Selain penyebab yang disebutkan di atas, masih banyak penyebab lainnya yang dapat menyebabkan polusi udara, baik yang kita sadari maupun tidak kita sadari.

Dampak polusi udara

Polusi udara merupakan kondisi yang benar- benar tidak baik. Bukan hanya polusi udara saja, namun juga polusi yang lainnya, seperti polusi air, polusi tanah, bahkan polusi suara. Hal ini karena memang polusi merupakan kondisi yang merugikan karena keberadaannya tidak akan membuat kondisi menjadi lebih baik, bahkan semakin buruk saja. Adapun hal ini juga sudah termasuk polusi udara.

Polusi udara merupakan kondisi dimana udara yang kita hidrup sehari- hari akan berkeadaan buruk. Kondisi buruk yang dimaksud adalah jauh berbeda dengan indikator udara normal. Polusi udara ini dapat menganggu kegiatan atau aktivitas manusia dan bahkan menyebabkan berbagai macam dampak buruk bagi kesehatan manusia. Dampak polusi udara ini sangat bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari- hari atau kondisi di lingkungan sekitar kita. Adapun berbagai macam dampak dari polusi udara (baca: sifat-sifat udara) yang dapat kita rasakan antara lain sebagai berikut:

  1. Terjadinya gangguan pernafasan seperti misal gangguan paru- paru. Polusi udara sangat mudah sekali menyebabkan datangnya berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan paru- paru.
  1. Mengganggu kesehatan kulit, sehingga kulit akan nampak kusam, elastisitas merosot, penuaan dini, keruput dini, flek hitam, hingga penyakit kanker kulit.
  2. Menyebabkan kambuhnya penyakit asma. Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan paru- paru dan sering timbul ketika menghirup udara yang koton selama beberapa waktu

  1. Menimbulkan penyakit batuk. Tindak lanjut dari penyakit pernafasan adalah batuk. Batuk ini akan sering muncul ketika banyak menghirup udara yang kotor dan tidak steril
  1. Mengganggu pandangan (misalnya asap kebakaran hutan yang ada di Sumatera)
  2. Menimbulkan stress dan juga cepat naik emosi
  3. Memicu terjadinya hujan asam. Penceraman udara atau polusi udara yang terlalu lama akan memicu terjadinya hujan asam. proses terjadinya hujan asam bisa dimulai ketika dana belerang atau sulfur dan juga nitrogen bereaksi dengan oksigen yang berada di udara. Hal ini tentu akan memicu timbulnya nitrogen dioksida. Kemudian nitrogen dioksida ini kemudian bereaksi lagi dengan uap air yang kemudian membentuk asam nitrat dan juga asam sulfat. Asam nitrat dan juga asam sulfat inilah yang akan bergejolak dan mengalami kondensasi membentuk awan yang kemudian turun menjadi hujan.
  4. Menimbulkan terjadinya pemanasan global. Pemanasan global merupakan dampak jangka panjang dari adanya polusi udara. Polusi udara dalam kategori tinggi dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu singkat akan memicu terjadinya pemanasan global (baca: penyebab pemanasan global).
  1. Mengganggu pertumbuhan tanaman
  2. Polusi udara juga akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Contoh penyakit yang bisa menyerang tanaman ketika dalam lingkungan udara yang berpolusi adalah klorosis, nekrosis, dan juga bintik hitam.

Itulah beberapa dampak yang dapat muncul akibat polusi udara yang semuanya merupakan dampak negatif. Dampak- dampak buruk tersebut dapat terjadi dan menjadi lebih parah apabila kita membiarkan atau tidak mengupayakan sesuatu untuk mengatasi polusi udara. Mengingat semakin majunya zaman, maka kita harus semakin waspada terhadap polusi udara dan juga mengupayakan berbagai macam cara agar lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi

Solusi terhadap Polusi Udara

Polusi udara akan terus menjadi ancaman bagi kita apabila kita sebagai manusia tidak segera bertindak dengan melakukan upaya- upaya yang dapat menyelamatkan lingkungan dari polusi udara. Ada berbagai macam upaya atau solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi polusi udara, antara lain adalah sebagai berikut:


  1. Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat mengenai pentingnya udara yang bersih dan juga bebas dari polusi. Penyuluhan bisa dilakukan secara berkala melalui forum- forum dalam masyarakat dan juga kegiatan sekolah agar anak- anak pun mempunyai kesadaran dini tentang pentingnya udara bersih.
  2. Penegakan kembali peraturan atau perundang- undangan tentang lingkungan. Hal ini akan membantu karena masyarakat masih takut dengan hukum pidana daripada sekedar ada seruan saja.
  3. Melalukan penyaringan terhadap asap atau limbah asap yang akan dibuang ke udara bebas agar tidak terllau membahayakan kesehatan Bumi. Hal ini terutama harus dilakukan oleh pabrik- pabrik atau lokasi- lokasi yang membuang asap sebagai salah satu limbahnya.
  4. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sebagai pembangkit listrik atau energi yang lainnya. Hal ini karena bahan bakar fosil dapat menghasilkan polutan sehingga sangat berkontribusi menciptakan pencemaran udara.
  5. Mengalirkan gas buangan ke dalam ekosistem air laut atau ke dalam larutan pengikat terlebih dahulu saat sebelum asap dikeluarkan ke udara bebas debgan tujuan mengurangi potensi terjadinya pencemaran yang dapat merusak dan membahayakan lingkungan.
  6. Menggunakan peralatan atau bahan- bahan yang lebih ramah lingkungan dalam kehidupan sehari- hari. Dengan adanya upaya seperti ini pastinya kita akan sangat mengurangi polusi udara. Hal ini karena yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari- hari akan sangat berpengaruh meskipun jumlahnya sangat kecil.
  7. Mengurangi jumlah kendaraan pribadi dan membiasakan diri menggunakan transportasi umum atau mulai hidup sehat dengan menggunakan sepeda
  8. Mengganti bahan bakar kendaraan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan, seperti biogas
  9. Menjaga kelestarian hutan. Dengan kata lain juga ikut melakukan tanam seribu pohon atau penghijauan dan menghindarkan diri dari orang- orang yang berniat jahat terhadap hutan.
  10. Tidak melakukan penggundulan hutan
  11. Mulai melakukan penanaman tanaman- tanaman hijau, dimulai dari lingkungan yang ada di sekitar rumah dan juga dipinggir- pinggir jalan
  12. Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan
  13. Ikut serta menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita dan tidak membiarkan sampah berserakan.
  14. Membedakan sampah yang organik dan juga non organik
  15. Mengolah sampah non organik yang masih layak pakai menjadi barang- barang yang berguna dan menimbun sampah- sampah organik agar menjadi pupuk organik
  16. Mengurangi penggunaan insektisida secara berlebihan karena dapat mencemari tanah
  17. Menumbuhkan kesadaran para petani atau pengusaha agrobisnis untuk tidak menggunakan hutan sebagai lahan pertanian atau perkebunan. Hal ini karena hutan sendiri keberadaannya sangatlah dubutuhkan.

Itulah berbagai macam upaya atau solusi yang dapat kita lakukan untuk dapat mengatasi adanya polusi udara. Upaya tersebut dapat kita lakukan secara individual ataupun kolektif. Namun jika dilakukan bersama- sama tentu akan lebih baik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Udara