14 Penyebab Pemanasan Global – Dampak – Cara Mengatasi

Pernahkan anda tahu apa saja penyebab pemanasan global ?. Pemanasan global yang biasa disebut juga dengan global warming adalah sinar matahari yang memancarkan cahayanya sampai menembus ke lapisan atmosfer sehingga menyebabkan sebuah radiasi yang gelombang nya akan diserap oleh gas rumah kaca sehingga menyebabkan sebuah gelombang terperangkap ke dalam sebuahg atmosfer bumi.

Lalu apa saja penyebab pemanasan global ? berikut adalah penjelasannya

Penyebab pemanasan global adalah dikarenakan oleh ulah manusia sendiri dengan pertumbuhan populasi teknologi dan industri serta penambahan populasi penduduk  yang semakin bertambah dan hal ini lah yang akan menyebabkan pemanasan global di seluruh dunia.

Berikut adalah penyebab pemanasan global :

1. Meningkatnya gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor

Penyebab pemanasan global ini disebabkan oleh aktivitas manusia sendiri, semakin padat nya penduduk yang ada di seluruh dunia dan populasi manusia terus bertamabah maka jumlah kendaraan bermotor juga akan selalu bertambah.

Efek kendaraan bermotor sangat  berpengaruh bagi pemanasan global karena gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor adalah gas karbon monoksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia serta gas karbon monoksida juga menyebabkan efek rumah kaca.

2. Efek rumah kaca

Penyebab efek rumah kaca adalah akibat efek panas yang dipantulkan ke permukaan bumi yang terperangkap oleh gas-gas yang ada di lapisan atmosfer sehingga mengalami pemberhentian dan tidak dapat diteruskan kembali ke luar angkasa dan akibatnya akan panas cahaya matahari tersebut akan dipantulkan kembali ke permukaan bumi.

Efek rumah kaca juga memberikan manfaat bagi bumi serta makhluk hidup yang ada di bumi, namun jika pemanasan global terlalu berlebihana akan mengakibatkan efek yang tidak baik bagi kehidupan makhluk hidup yang ada dibumi.

3. Gas buang dari industri

Gas buang dari industri adalah penyebab efek rumah kaca yang berpengaruh juga dengan kehidupan makhluk hidup karena dapat menyebabkan pencemaran udara yang disebabkan oleh asap pabrik yang berlebihan, karena asap pabrik mengeluarkan gas berupa karbondioksida, karbon monoksida, gas metana dan yang lainnya

4. Penggunaan CFC yang tidak terkontrol

CFC adalah Cloro Four Carbon adalah penyebab pemanasan global yang sifatnya masih bisa ditangani, CFC merupakan bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan lalu digunakan sebagai memproduksi peralatan rumah tangga. CFC biasanya terdapat pada kulkas dan AC yang menimbulkan pemanasan global.

5. Luas hutan yang semakin menurun

Luas hutan yang semakin menurun juga menyebabkan pemanasan global, karena seringnya ada pembakaran hutan yang secara liar membuat lahan hutan semakin berkurang. Karena hutan yang berperan penting sekali unutk makhluk hidup, hutan merupakan paru-paru dunia.

Efek hutan yang semakin berkurang adalah cuaca semakin memburuk karena tidak ada yang membantu karbondioksida menjadi oksigen, pernafasan pun menjadi terganggu karena cuaca yang kurangnya masukan oksigen sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran udara.

6. Polusi kendaraan dari bahan bakar bensin

Kendaraan yang ada di seluruh dunia sangat memberikan pengaruh besar dalam pemanasan global, karena kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyalk seperti mobil, motor dan kendaraan yang lainnya hasil dari pembuangannya akan menghasilkan gas karbondioksida yang berlebihan.

Nah gas karbondioksida inilah yang berpengaruh sekali dalam pemanasan global karena karbondioksida merupakan gas yang menangkap cahaya panas sehingga tidak bisa di salurkan lagi ke luar angkasa. Pengaruhnya memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan karena banyaknya polusi di lingkungan yang penduduknya mayoritas tinggal di pinggir jalan raya.

7. Boros nya pemakaian listrik

Boros menggunakan listrik juga dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global. Karena adanya penguapan pada listrik jika listrik terlalu sering digunakan. Seharusnya pemakaian listrik digunakan secara efisien sesuai dengan keperluan sehingga tidak menyebabkan pemanasan global, walaupun tidak terlalu berpengaruh namun bisa menambah gas karbondioksida sehingga cepat terjadinya pemanasan global.

Tak heran di sepanjang jalan pernah kita lihat ada kampanye di tv atau di jalanan yang menghimbau untuk hemat listrik. Karena walaupun sedikit pengaruhnya jika semakin banyak justru akan merusak lingkungan sekitar dan merugikan diri sendiri membuat lingkungan sekitar menjadi tercemar.

8. Polusi metana oleh pertanian, perkebunan, dan peternakan

Gas metana merupakan gas yang menyebabkan pemanasan global, gas ini sangat berpengaruh dalam pemanasan global karena gas merupakan urutan kedua penyebab utama terjadinya pemanasan global. Gas metana  disebabkan dari  bahan-bahan organik yang kekurangan dari hasil pemecahan bakteri pada pertanian, perkebunan dan peternakan.

Sebagai contohnya adalah semakin tinggi produksi hewan ternak maka gas metana akan semakin meningkat yang akan dilepaskan ke permukaan bumi.

9. Konsep rumah modern

Konsep rumah modern akan menyebabkan pemanasan global. Karena perkembangan di dunia ini semakin berkembang, manusia lebih memilih untuk mendesain rumah yang banyak terdiri dari kaca. Hal ini menyebabkan cahaya matahari akan memantul ke udara lagi sehingga hal tersebut dapat menimbulkan efek rumah kaca, karena cahaya yang mengenai bangunan tidak akan menyerap cahaya sehingga cahaya akan dipantulkan lagi ke udara yang akan menyebabkan pengaruh lebih cepat terjadinya pemanasan global.

10. Pengrusakan hutan

Pengrusakan hutan akan menyebabkan pemanasan global. Karena hutan memiliki fungsi yang akan meyerap gas karbondioksida dan akan menghasilkan oksigen. Jika semakin banyak adanya penebangan liar, pengundulan hutan maka jumlah karbondioksida akan semakin banyak karbon yang berkumpul di atmosfer yang akan menyebabkan pemanasan global.

Sehingga diperlukannya reboisasi dan penghijauan pada hutan agar pohon-pohon yang ada di sekeliling hutan bisa tumbuh subur dan lebih cepat, sehingga bisa sedikit mengurangi pemanasan global karena banyaknya pohon yang akan menyerap gas karbondioksida dan akan menghasilkan oksigen.

11. Pencurian hutan yang merajalela

Pencurian hutan yang dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab yang tidak dimanfaatkan dengan baik, yang menggunakan lahan secara sembarangan, penebangan hutan secara liar, dan penggundulan hutan. Hal ini memang sangat berpengaruh dengan pemanasan global, semakin sering adanya pencurian hutan maka lingkungan sekitar akan semakin tercemar yang bisa menyebabkan dampak akibat kerusakan hutan dan kerusakan pada pernafasan.

12. Pembakaran sampah secara berlebihan

Pembakaran sampah secara berlebihan setiap hari  yang dilakukan juga dapat menyebabkan pemanasan global. Pembakaran sampah yang terkadang dilakukan oleh orang yang tidak brtanggung jawab dengan sampah yang sudah dibakar ditinggalkan begitu saja, hal ini dapat menimbulkan gas metana yang akan menangkap panas sehingga karbondioksida akan sulit untuk menghasilkan oksigen.

13. Kekurangan pepohonan

Kekurangan pepohonan dapat menimbulkan pemanasan global, karena pepohonan juga dapat membantu untuk mengatasi suhu panas dan menghirup karbondioksida yang menyebabkan terjadinya pemanasan global. Pepohonan memiliki fungsi penting bagi lingkungan, karena pohon bisa membuat lingkungan menjadi sejuk, mengurangi polusi, dan jauh dari pencemaran udara.

Setelah kita sudah menjelaskan mengenai penyebab pemanasan global. Kita akan mengulas juga mengenai dampak yang akan ditimbulkan karena adanya pemanasan global.

14. Polusi udara dari industri pabrik

Di Indonesia memang lebih banyak industri pabrik di bandingan bisnis usaha yang dijalani masing-masinh orang. Semakin banyaknya industri pabrik yang berkembang akan menyebabkan kerugian asap yang yang dihasilkan dari pabrik industri tersebut, sehingga akan menyebabkan polusi udara yang akan membuat lingkungan tercemar. Sehingga akan semakin banyak terjadinya pemanasan global pada bumi.

Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global juga akan memberikan dampak bagi kehidupan makhluk hidup di seluruh dunia, dengan adanya pemanasan global lingkungan akan menjadi semakin tercemar karena banyaknya polusi dan gas karbondioksida yang menghambat untuk menghasilkan oksigen di setiap harinya.

Berikut adalah dampak pemanasan global :


1. Perubahan cuaca dan iklim

Perubahan cuaca dan iklim merupakan salah satu dampak dari adanya pemanasan global, karena meningkatnya suhu udara permukaan bumi dapat mengubah cuaca dan iklim di berbagai tempat di seluruh dunia.

Berikut adalah dampak dari perubahan iklim :

  1. Air tanah akan lebih cepat menguap
  2. Angin yang ada di udara akan bertiup lebih kencang
  3. Akan seringnya terjadinya badai
  4. Menyebabkan gunung-gunung es yang ada dibagian kutub akan mudah mencair
  5. Pola cuaca sulit untuk diprediksi


2. Menurunkan hasil pertanian

Pemanasan global memberikan dampak bagi hasil pertanian dan banyak petani yang sangat bergantung pada musim dan iklim terutama bagi para petani di Indonesia yang sangat bergantung pada musim dan iklim. Iklim di Indonesia sangat berpengaruh dengan para petani karena akan memberikan dampak kepada hasil panennya nanti.

Berikut adalah dampak dari perubahan musim dan iklim :

  1. Kekeringan di daerah pertanian yang akan menyebabkan pada hasil pertanian.
  2. Akan menyebabkan banjir di daerah pertanian yang akan mengakibatkan gagal panen.
  3. Tanaman akan terkena  serangan hama dan penyakit tanaman
  4. Pangan akan semakin berkurang di bagian daerah yang rawan bencana kering dan banjir


3. Pengaruh terhadap tumbuhan

Semua makhluk hidup sangat merasakan dampak terjadinya pemanasan global termasuk pada tumbuhan. Karena tanaman tidak bisa beradabtasi seperti manusia dan hewan, dan tanaman sangat bergantung sekali dengan perubahan musim dan iklim, tanaman bisa punah dengan seiring berjalannya waktu karena ekosistem tidak stabil.

Berikut adalah dampak bagi tumbuhan :

  1. Tumbuhan akan mudah layu
  2. Tingkat kesuburan tumbuhan semakin berkurang
  3. Akan berkurangnya luas hutan mangrove


4. Pengaruh terhadap pernapasan manusia

Pemanasan global sangat berpengaruh terhadap pernapasan manusia, karena adanya nya pencemaran udara serta gas karbondioksida yang meghambat untuk menghasilkan oksigen.

Berikut adalah dampak bagi penapasan manusia :

  1. Menimbulkan alergi dan penyakit
  2. Penyebaran penyakit semakin meluas
  3. Menimbulkan penyakit infeksi
  4. Populasi orang meninggal akan semakin meningkat


5. Iklim mulai tidak stabil

Pemanasan global juga memberikan dampak kepada iklim sehingga iklim akan mulai tidak stabil, karena pemanasan global dapat menyebabkan naiknya air hingga ke permukaan laut akibatnya akan menimbulkan pencairan di kutub, meningkatnya badai atmosfer, dan berubahnya pola angin, bertambahnya jenis dan populasi organisme yang akan menyebabkan terjadinya penyakit, dan dapat menyebabkan pola curah hujan dan hidrologi.


6. Gagal panen besar-besaran bagi para petani

Pemanasan global juga dapat memberikan dampak bagi perekonomian para petani, apalagi bagi para petani yang menggantungkan hidupnya kepada hasil panennya. Dengan adanya pemanasan global bisa membuat panas yang berlebihan sehingga membuat sawah para petani mengalami kekeringan cukup lama dan akhirnya membuat gagal panen besar-besaran bagi hasil padi para petani.


Setelah kita mengetahui dampak mengenai pemanasan global, kita akan menjelaskan mengenai bagaimana cara mencegah terjadinya pemanasan global. Berikut adalah cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Banyak cara untuk mengatasi pemanasan global yang bisa di lakukan oleh manusia. Karena pengaruh bumi yang sudah semakin tua yang membuat lapisan bumi mudah mengalami panas, sehingga diperlukan nya kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian lingkungannya yang memberikan pengaruh negatif bagi kehidupan manusia.


Berikut adalah cara untuk mengatasi pemanasan global :


1. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor

Menggunakan kendaraan bermotor adalah cara termudah dan cepat untuk manusia pergi kemanapun tempat yang ingin dia kunjungi. Namun dalam segi kesehatan dan ketahanan alam menggunakan kendaraan bermotor tidak terlalu baik karena hanya menambah terjadinya pemanasan global dan membuat pencemaran udara.

Oleh karena itu agar menjaga lingkungan dari pemanasan global, sebaiknya mengurangi untuk pemakaian kendaraan bermotor dengan menggunakan alat transportasi yang lebih sehat lagi seperti menggunakan sepeda, atau berjalan kaki, agar mengurangi polusi yang mengelurkan gas karbondioksida yang akan membuat suhu bumi semakin panas sehingga menyebabkan lebih cepatnya pemanasan global.


2. Mengubah perilaku pribadi

Cara mengatasi pemanasan global adalah dengan mengubah perilaku pribadi pada manusia sendiri agar tehindar dari pemanasan global. Perilaku manusia yang terlalu menafaatkan sesuatu yang secara berlebihan membuat bumi cepat panas akibatnya lebih cepat terjadinya pemanasan global. Berikut adalah cara untuk mengatasi pemanasan global yang harus dilakukan oleh manusia :

  1. Hemat listrik
  2. Melakukan reboisasi dan penghijauan
  3. Mengurangi penggunaan mobil
  4. Mengurangi menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin


3. Jangan melakukan penebangan pohon sembarangan

Penebangan pohon sembarangan sangat berpengaruh dalam pemanasan global, karena pohon berfungsi sebagai paru-paru dunia yang berperan penting bagi kehidupan makhluk hidup.

Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dalam melakukan penebangan pohon secara liar, dan pembakaran hutan, padahal semua itu dapat merusak lahan hutan, menambah polusi, dan menyebabkan pencemaran udara. Hal seperti ini sangat berpengaruh sekali pada pemanasan global, membuat bumi cepat panas dan mudah terjadinya pemanasan global.


4. Mengurangi penggunaan lampu di siang hari

Mengggunakan listrik yang terlalu lama juga dapat menyebabkan pemanasan global, apalagi penggunaan listrik siang hari karena dapat menyebabkan panas bumi meningkat. Walaupun memang sangat sepele, namun jika semakin banyak manusia yang tidak menghemat penggunaan lampu setiap harinya justru akan membuat pemanasan global lebih cepat karena panas yang terkumpul dari penggunaan lampu akan membuat panas bumi meningkat.


5. Mengurangi gas karbondioksida

Mengurangi gas karbondioksida adalah cara untuk mengatasi pemanasan global.Karena gas karbondioksida merupakan gas yang berbahaya yang dapat menganggu kesehatan makhluk hidup. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu melalukan penanaman tumbuhan dalam jumlah yang banyak karena tumbuhan akan meyerap gas karbondioksida melalui untuk proses fotosintesis dan akan menghasilkan oksigen ke udara.


6. Melestarikan hutan

Untuk mencegah pemanasan global bisa melakukan untuk melestarikan hutan, karena terlalu banyak hutan yang masih rawan dengan pembakaran liar dan  pengrusakan hutan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat harus melakukan upaya untuk menjaga hutan dan melestarikan hutan dengan bersama-sama sehingga dapat memberikan dampak positif bagi makhluk hidup yang ada di bumi.

[/toggle]

7. Membuat saluran ventilasi rumah yang cukup

Untuk mengurangi pemanasan global adalah dengan membuat saluran ventilasi rumah yang cukup Karena pada umumnya di setiap rumah menggunakan AC yang dapat menyebabkan cepatnya pemanasan global, untuk mengurangi hal tersebut sebaiknya anda memberikan saluran ventilasi yang cukup pada rumah anda, agar angin masuk kedalam rumah anda dan memberikan kesejukan. Dan anda bisa juga sambil menanam pepohonan di pekarangan rumah anda, agar rumah anda bisa merasakan kesejukan dari pohon yang ada tanam di pekarangan rumah anda.


Dan berikut adalah penjelasan dari penyebab pemanasan global, dampak pemanasan global dan cara untuk mencegah terjadinya pemanasan global.

Sebagai makhluk hidup kita harus selalu menjaga dan melindungi bumi kita, agar tidak mudah terjadinya pemanasan global.

, ,
Oleh :
Kategori : Iklim
Teachers Room

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kenampakan alam? Lalu apa saja jenis-jenis dan contohnya? Simak penjelasannya pada video berikut.