10 Sifat-sifat Udara dan Pemanfaatannya

Udara (baca: polusi udara) merupakan jenis barang dalam kategori barang bebas, yang mana untuk mendapatkan udara  ini manusia, binatang maupun tumbuh- tumbuhan bisa mendapatkannya dengan bebas. Dengan demikian kita semua dapat mengambil air (baca: jenis- jenis air) secara gratis. Udara merupakan benda yang sangat vital yang dibutuhkan semua makhluk hidup di Bumi ini. Salah satu kevitalan yang dimiliki oleh udara ini adalah karena semua makhluk hidup baik manusia, binatang dan tumbuh- tumbuhan untuk bernafas. Tanpa adanya udara, makhluk hidup tidak akan bisa bernafas. Dan tanpa bernafas, makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup lama. Kita sebagai manusia bernafas setiap detik. Bahkan nafas kita hanya mampu berhenti selama beberapa detik saja. Dan apabila dalam waktu yang lebih lama, maka manusia bisa kehilangan nyawanya. Demikian halnya dengan binatang.

Udara (baca: lapisan udara) adalah jenis benda yang ada di sekitar kita dan selalu ada dimana- mana tanpa kita sadari. mengapa tanpa kita sadari? ya, hal ini karena udara tidak berbentuk, tidak berwarna dan juga tidak berbau. Maka dari itulah seringkali kita tidak menyadarinya. Benda yang seperti ini dinamakan benda gas. Benda gas merupakan salah satu jenis benda yang ada di Bumi mendampingi benda cair dan juga padat. Udara merupakan campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan juga tidak berbau di permukaan Bumi (baca: kerak Bumi). Udara yang ada di permukaan Bumi yang selalu dihirup oleh manusia yang kering mengandung berbagai campuran gas, diantaranya adalah 78% Nitrogen, 21% Oksigen, dan 1% Uap air, Karbondioksida dan gas- gas lainnya.  Dalam artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai udara (baca: ciri-ciri udara bersih dan sehat).

Komposisi Udara

Sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya udara yang ada di permukaan Bumi terdiri campuran dari berbagai gas, yakni Nitrogen, Oksigen, Uap air, Karbondioksida, dan gas- gas lainnya. Oleh karena itulah udara mempunyai berbagai kandungan elemen atau senyawa yang beraneka ragam. Kandungan elemen atau senyawa dan partikel dalam udara akan berubah menurut ketinggian dari permukaan tanah. Demikian halnya dengan massa udara yang bisa berkurang seiring dengan ketinggian yang semakin bertambah pula. Semakin tinggi atau dekat dengan lapisan troposfer (baca: lapisan stratosfer, lapisan ionosfer, lapisan termosfer, lapisan mesosfer), maka udara akan semakin tipis sehingga melewati batas gravitasi Bumi. Dan apabila sudah melewati maka udara akan menjadi hampa sama sekali.

Udara mempunyai banyak sekali kandungan atau komposisi yang terdiri dari berbagai macam gas dan dengan ukuran yang berbeda- beda. Adapun berbagai kandungan gas yang dimiliki oleh udara ini antara lain adalah sebagai berikut:

KomponenPersentase Volume (%)
Nitrogen (N2)78, 08
Oksigen (O2)20, 95
Argon (Ar)0, 934
Karbondioksida (CO2)0, 0314
Neon (Ne)0, 00182
Helium (He)0, 000524
Metana (CH4)0, 0002
Kripton (Kr)0, 000114

 

Itulah beberapa kandungan gas yang terdapat di dalam udara di permukaan Bumi. Kandungan gas- gas yang ada di dalam udara ini setiap harinya kita hirup ke dalam paru- paru kita. Dan udara- udara yang kita hirup tersebut setiap harinya bersirkulasi di dalam tubuh kita.

Sifat- sifat Udara

Kita sudah mengetahui ada berbagai jenis benda yang ada di dunia ini. Pada umumnya benda yang ada di Bumi ini ada tiga jenis, yakni benda padat, cair dan gas. Setiap jenis benda tersebut mempunyai bentuk dan juga sifat yang berbeda- beda. Udara termasuk ke dalam salah satu jenis benda tersebut, yakni benda gas. Oleh karena itulah udara mempunyai beberapa sifat yang khas dimiliki oleh udara. Lalu, apa saja sifat- sifat yang dimiliki oleh udara? Berikut ini merupakan sifat-sifat udara, yakni:

  1. Berbentuk gas

Sudah seringkali dikatakan sebelumnya bahwasannya udara merupakan salah satu benda yang berbentuk gas. Selain itu udara yang ada di permukaan Bumi ini terdiri atas berbagai macam gas. Hal ini mempunyai arti bahwasannya udara adalah benda yang berbentuk gas. Benda- benda gas, khususnya udara ini tidak dapat kita lihat, tidak dapat kita cium baunya namun dapat kita rasakan. Salah satu bukti kita bisa merasakannya adalah ketika kita bisa menghirup udara dan juga ketika udara bergerak maka kita akan bisa merasakan melalui pori- pori kulit kita.

  1. Memiliki massa atau berat

Salah satu sifat yang dimiliki oleh udara adalah bahwa udara memiliki massa atau berat. Kita semua mengetahui bahwasannya semua jenis benda mempunyai massa. Meskipun udara merupakan benda yang tidak berwujud (tidak dapat kita lihat) dan juga tidak dapat dicium, namun udara memiliki massa atau berat.

Udara memiliki massa atau berat yang dapat diukur dengan suatu alat tertentu. Sebagai contoh yang dapat kita lihat adalah kita bisa membandingkan tabung gas kosong dengan tabung gas yang berisi. Jika kita mengangkat keduanya maka kita bisa merasakan bahwa tabung gas yang berisi akan terasa lebih berat dan memiliki massa dibandingkan dengan tabung yang kosong.

  1. Menempati ruang

 Sifat dari udara yang selanjutnya adalah bahwa udara menempati ruang. Udara merupakan benda yang sangat ajaib karena di berbagai sudut ruangan selalu ada udara. Selain itu di celah terkecil pun dapat ditempati oleh udara. Sebagai bukti yang dapat kita rasakan adalah kita bisa bernafas dimanapun kita berada, bahkan ketika berada di tempat yang tertutup dan tanpa ventilasi sekalipun.

Hal inilah yang terkadang menyadarkan kita bahwa udara selalu ada dimana saja dan udara juga selalu ada bahkan di area tertutup sekalipun. Namun perlu diketahui, untuk di tempat tertutup tanpa ventilasi, mula- mula kita bisa tetap bernafas, namun lama- kelamaan kita tidak akan bisa bernafas apabila tidak ada sirkulasi udara. Hal ini bukan karena udara habis, namun karena saat kita menghirup udara ubtuk berbafas, maka kita akan menghirup Oksigen, sementara yang kita keluarkan adalah Karbondioksida. Maka dari itulah kita bisa sesak nafas apabila kekurangan Oksigen dalam pernafasan.

  1. Mempunyai tekanan

Sifat yang dimiliki udara selanjutnya adalah bahwa udara memiliki tekanan. Tekanan yang dimiliki udara ini berbeda- beda antara satu tempat dengan tempat yang lain. Salah satu hal penting dari tempat yang sangat bisa mempengaruhi tekanan adalah ketinggian (baca: jenis hutan berdasarkan ketinggiannya) tempat tersebut. Udara yang panas akan mempunyai tekanan udara yang lebih rendah daripada udara yang dingin. Selain itu udara yang bergerak memiliki tekanan yang lebih rendah daripada udara yang diam. Hal- hal tersebut yang membedakan antara udara yang bertekanan tinggi dan juga udara yang bertekanan rendah. Untuk mengukur tekanan udara sendiri kita bisa mengukurnya dengan suatu alat tertentu.

  1. Akan memuai apabila dipanaskan

Ura merupakan sebuah benda yang tidak dapat kita lihat bentuknya, karena memang udara tidak berbentuk. Namun hal tersebut bukan berarti bahwa udara tidak bisa mengalami perubahan. Salah satu sifat yang dimiliki udara adalah akan memuai apabila udara tersebut dipanaskan. Jika penasaran dan ingin membuktikannya, kita bisa melakukan percobaan sendiri secara sederhana.

  1. Akan menyusut apabila didinginkan

Diatas sudah dijelaskan mengenai perubahan yang bisa terjadi pada udara. Jika sebelumnya sudah dikatakan bahwasannya udara dapat memuai apabila dipanaskan, maka hal yang sebaliknya juga akan berlaku, yakni udara akan mengalami penyusutan apabila didinginkan. Apabila kita penasaran dengan sifat udara yang demikian maka kita juga bisa melakukan percobaan sendiri secara sederhana tentunya.

  1. Berhembus dari tempat yang bertekanan tinggi menuju ke tempat yang bertekanan rendah

Udara merupakan benda gas. Benda- benda gas termasuk udara ini memiliki sifat sangat fleksibel, bahkan tingkat kefleksibelan yang dimilikinya jauh melebihi benda- benda cair. Udara, dimana- mana selalu ada, bahkan d permukaan Bumi diliputi dengan lapisan- lapisan udara. Udara dapat dengan bebas bergerak tanpa bisa kita lihat, tanpa bisa kita cium namun terkadang dapat kita rasakan.

Udara yang dapat bergerak bebas ini mempunyai pola atau sifat. Seperti halnya air yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah maka udara berhembus dari tempat yang memiliki tekanan tinggi menuju ke tempat yang mempunyai tekanan yang lebih rendah. Nah, inilah sifat gerak yang dimiliki oleh udara.

  1. Ada dimana saja

Bumi dan permukaannya dihuni oleh berbagai macam makhluk hidup, tidak hanya manusia, namun juga binatang dan tumbuh- tumbuhan. Semua makhluk hidup yang ada di kerak Bumi selalu membutuhkan udara untuk dapat tumbuh dan bertahan hidup. Dan apabila kita amati maka dimanapun tempat di Bumi ini maka akan selalu ada udara.

Hal ini dibuktikan bahwa ada banyak sekali makhluk hidup yang dapat bertahan hidup di sudut- sudut Bumi, bahkan ditempat yang sangat terpencil ataupun tertutup sekalipun. Hal ini membuktikan bahwa udara selalu ada di mana- mana. Bukti seperti ini juga dapat kita buktikan sendiri. kita masih tetap bisa bernafas apabila sedang berada di tempat yang tertutup sekalipun, misalnya di lift. Hal ini karena udara selalu ada dimana- mana.

  1. Tidak dapat dilihat, namun dapat dirasakan

Ada tiga macam benda yang ada di Bumi, yakni padat, cair dan juga gas. Benda padat dan benda cair mempunyai sifat dapat kita lihat dan dapat kita rasakan. Namun hal ini tidak berlaku pada benda gas. Benda gas memiliki sifat yang lain yakni tidak dapat dilihat oleh manusia. Meski tidak dapat kita lihat namun udara dapat kita rasakan. Udara dapat kita rasakan salah satunya adalah ketika udara bergerak.

Udara bergerak berupa angin, angin (baca: proses terjadinya angin) yang berhembus akan dapat kita rasakan ketika angin (baca: jenis angin) ini menerpa pori- pori kulit. Perubahan suhu akan kita rasakan, terkadang kita akan merasakan dingin namun terkadang kita akan merasakan segar. Hal ini darat kita rasakan, bahwa terkadang kekuatan dari udara yang bergerak ini akan dapat mengangkat helai- helai rambut yang kita miliki. Itulah contoh yang sangat tepat untuk membuktikan bahwasannya udara ada dan dapat kita rasakan. Contoh yang lain adalah kita bisa bernafas karena adanya udara yang ada di sekitar kita.

  1. Bentuk, volume dan massa jenisnya selalu berubah- ubah

Sifat yang dimiliki oleh udara adalah sangat fleksibel. Ada beberapa hal yang dimiliki oleh udara, diantaranya adalah bentuk, volume dan juga massa jenisnya. Sebelumnya dikatakan bahwasannya udara tidak dapat kita lihat, namun udara ini mempunyai bentuk. Bentuk dari udara adalah berubah- ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya. Selain bentuk, volume dan juga massa jenis yang dimiliki oleh udara juga selalu berbeda- beda tergantung tempat atau keberadaan dari udara itu sendiri.

Itulah beberapa macam sifat-sifat udara yang mana udara merupakan benda gas. Sifat- sifat yang telah disebutkan di atas juga dimiliki oleh benda- benda gas pada umumnya. Namun mungkin saja ada beberapa sifat yang tidak dimiliki oleh benda gas lain selain udara.

, , ,
Oleh :
Kategori : Udara
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!