Lapisan Mesosfer : Pengertian, Ciri-ciri, Suhu dan Fungsi

Sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahui apa itu yang namanya atmosfer bumi. Ya, atmosfer bumi merupakan lapisan udara yang mengelilingi Bumi yang mempunyai peranan sebagai pelindung Bumi. Atmosfer sebagai udara yang melindungi Bumi ini tampak sebagai benteng yang jumlahnya berlapis- lapis. Hal ini karena atmosfer memiliki beberapa lapisan udara yang berbeda- beda, sehingga tampak sebagai benteng yang berlapis- lapis.

Lapisan- lapisan udara yang berada di dalam atmosfer ini mempunyai karakteristik atau sifat yang berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu jika dilihat dari kejauhan, lapisan- lapisan udara tersebut mempunyai karakteristik warna yang berbeda- beda pula. Karena adanya perbedaan warna ini, akan lebih menampakkan bahwa atmosfer terdiri atas beberapa lapisan. Oleh karena setiap lapisan ini mempunyai karakteristik yang berbeda- beda, maka setiap lapisannya juga mempunyai nama yang berbeda- beda pula.

Lapisan Atmosfer Bumi setidaknya memiliki lima lapisan udara yang tersusun di dalamnya. Kelima lapisan tersebut adalah lapisan troposfer,  stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih khusus mengenai salah satu lapisan tersebut. Salah satu lapisan yang akan kita bahas adalah lapisan mesosfer.

Pengertian Lapisan Mesosfer

Lapisan mesosfer merupakan salah satu lapisan yang menyusun atmosfer Bumi. Lapisan mesosfer ini merupakan lapisan ketiga terendah dan juga lapisan ketiga teratas dari semua lapisan udara yang menyusun atmosfer Bumi. Dengan kata lain, lapisan mesosfer ini merupakan lapisan atmosfer yang berada di tengah- tengah. Arti kata “mesos” dalam nama mesosfer sendiri diambil dari bahasa Yunani yang mempunyai arti pertengahan. Maka dari itulah lapisan ini dinamakan mesosfer, yang tidak lain dan tidak bukan diambilkan dari posisisnya yang berada di tengah- tegah lapisan atmosfer.

Lapisan mesosfer terletak di ketinggian antara 50 kilometer hingga 85 kilometer dari permukaan Bumi. Pada lapisan mesosfer ini dapat kita jumpai beberapa meteor yang jatuh sehingga dari permukaan bumi tampak sebagai bintang yang mempunyai ekor. Dengan kata lain, lapisan mesosfer ini akan melindungi Bumi dari jatuhan meteor serta benda- benda langit lainnya yang apabila jatuh langsung ke permukaan bumi maka akan sangat membahayakan bumi. Berjuta- juta benda langit akan menabrak bumi dan harus menembus lapisan atmosfer Bumi. Di dalam lapisan mesosfer Bumi inilah para benda- benda langit yang jatuh tersebut akan dilelehkan atau diuapkan sebagai akibat dari tubrukan yang terjadi antara partikel gas yang terdapat di dalamnya.

Lapisan mesosfer merupakan lapisan yang menjulang tinggi antara 45 kilometer hingga 75 kilometer di atas lapisan stratosfer. Ketika memasuki lapisan ini, maka kita akan menemukan bahwa suhu yang berada di lapisan ini sangatlah rendah, hingga mencapai minus 140 derajat celcius. Pada lapisan mesosfer inilah akan kita temui kristal- kristal es yang membentuk sebuah awan yakni awan noctilucent.

Ciri- ciri Lapisan Mesosfer

Sama halnya dengan lapisan- lapisan atmosfer yang lainnya, lapisan mesosfer mempunyai karakteristik atau ciri- ciri khusus yang membedakannya dengan lapisan- lapisan lainnya. Beberapa ciri atau karakteristik dari mesosfer antara lain adalah:

  1. Berada di ketinggian antara 60 hingga 80 kilometer.
  2. Mempunyai suhu sekitar -50 hingga -70 derajat celcius
  3. Terdapat suatu lapisan yang dinamakan lapisan mesopause yang terletak di antara lapisan mesosfer dan lapisan termosfer
  4. Lapisan ini merupakan lapisan yang berfungsi melindungi Bumi dari jatuhan atau hantaman benda- benda langit lainnya yang jatuh ke Bumi.
  5. Mempunyai ketebalan sekitar 45 hingga 75 kilometer.
  6. Semakin ke atas maka suhu akan semakin rendah.

Itulah ciri- ciri atau karakteristik khusus yang dimiliki oleh lapisan mesosfer. Ciri- ciri lapisan ini menandakan sifat karakteristik yang dimiliki oleh lapisan ini yang berbeda dengan lapisan lainnya.

Suhu di Lapisan Mesosfer


 Berbicara mengenai suhu udara, terkadang kita merasakan suhu dipermukaan Bumi yang ada di dataran rendah dan juga suhu di dataran tinggi berbeda- beda. Namun ternyata tidak hanya di permukaan bumi saja namun juga di atas bumi itu sendiri. Di atmosfer bumi yang mengandung banyak lapisan ini kita akan menemukan suhu yang berbeda- beda. Keadaan suhu di lapisan mesosfer dengan lapisan- lapisan lainnya ini berbeda- beda.

Lapisan mesosfer sendiri merupakan lapisan yang mempunyai suhu rata- rata sekitar minus 50 derajat celcius hingga minus 70 derajat celsius. Salah satu penanda dari lapisan mesosfer ini adalah terjadinya penurunan suhu atau temperatur sebesar rata- rata 0.4 derajat celcius tiap kali naik dengan jarak 100 meter. Terjadinya penurunan suhu ini disebabkan karena lapisan mesosfer inimemiliki kesetimbangan radioaktif yang bersifat negatif. Di dalam lapisan mesosfer ini kita dapat menjumpai suhu terendah dari lapisan ini mencapai minus 80 derajat celcius. Sushu terendah itu akan terasa di badan lapisan mesosfer. Kemudian apabila kita mengamati di puncak lapisan mesosfer maka akan kita dapati suhu yang lebih rendah lagi. Puncak lapisan mesosfer ini disebut dengan mesopause. Mesopause ini merupakan lapisan batas antara mesosfer dengan lapisan termosfer (lapisan yang berada di atasnya). Di puncak lapisan mesosfer ini akan bisa kita dapati suhu terendah mencapai minus 100 derajat celcius.

Fungsi Lapisan Mesosfer

Lapisan Mesosfer merupakan lapisan yang ada di tengah- tengah dari semua lapisan atmosfer bumi. Lapisan mesosfer ini akan sama dengan semua lapisan- lapisan atmosfer lainnya, yakni mempunyai fungsi khusus atau fungsi tersendiri. Fungsi dari lapisan mesosfer ini tentu saja merupakan fungsi yang akan sangat bermanfaat bagi bumi , ruang publik untuk kehidupan dan juga kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya yang ada di bumi.

Setidaknya ada beberapa fungsi atau manfaat dari lapisan mesosfer bagi bumi dan seisinya, baik yang akan kita rasakan langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya. Beberapa fungsi lapisan mesosfer ini antara lain:

  1. Sebagai lapisan yang melindungi bumi dari jatuhnya benda-benda langit

Fungsi yang pertama dan yang paling dirasakan dari lapisan mesosfer ini adalah sebagai penghalau dari benda- benda langit yang jatuh dan akan menimpa bumi. Perlu kita ketahui bersama bahwa di langit terdapat banyak benda- benda langit pada sistem tata surya. Benda- benda langit tersebut seringkali berjatuhan. Benda- benda langit yang berjatuhan ini disebut dengan meteor. Ketika benda langit ini jatuh dan akan menghantam bumi, akan menjadi sesuatu yang sangat berbahaya apabila tidak dihalang- halangi dengan pelindung. Akibat ynag paling buruk bumi akan bisa terbakar atau bahkan terjadi ledakan. Maka dari itu perlu adanya pelindung untuk bumi dari jatuhnya benda- benda langit tersebut agar tidak secara langsung menyerang bumi.


Ketika ada meteor yang jatuh ke bumi, ini nanti akan melewati lapisan atmosfer bumi terlebih dahulu. Dan meteor itu tadi otomatis akan melewati lapisan mesosfer. Di lapisan mesosfer ini meteor yang jatuh tadi akan dibakar oleh lapisan mesosfer ini atau akan diuapkan. Hal ini bisa terjadi karena di lapisan mesosfer ini terdapat udara yang bertekanan tinggi, sehingga ketika ada benda- benda langit yang jatuh dan masuk ke bumi akan otomatis bergesean dan terbakar di lapisan ini. Hal inilah yang menyebabkan meteor tidak sampai jatuh ke bumi dan yang terlihat hanyalah menyerupai bintang jatuh yang memiliki ekor panjang. Namun apabila kita pernah mendengar berita tentang jatuhnya meteor di bumi dan bisa masuk hingga ke permukaan bumi. Ini terjadi karena meteor tersebut mempunyai ukuran yang sangat besar, sehingga pembakaran yang dilakukan lapisan mesosfer saja tidak cukup dan kemuadian bisa sampai menembus dan masuk ke permukaan bumi.

  1. Sebagai lapisan penghantar gelombang

Selain berfungsi sebagia penghalau dari jatuhnya benda- benda langit yang bisa saja masuk ke bumi, lapisan mesosfer ini juga memiliki fungsi yang lain. Fungsi yang lain dari lapisan mesosfer ini adalah sebagai penghantar dari gelombang elektromagnetik. Lapisan mesosfer bisa memiliki fungsi semacam ini karena di dalam lapisan mesosfer sendiri terdapat beberapa atom yang terionisasi sehingga akan bisa memantulkan gelombang elektromagnetik yang sangat berguna bagi manusia. gemolbang elektromegnetik ini mempunyai banyak sekali fungsi bagi  manusia, diantaranya untuk menghidupkan sinyal radio, televisi, dan juga telefon. Karena kemampuan memancarkan gelombang elektromagnetik inilah lapisan ini seringkali disebut dengan bagian unsur- unsur geosfer.

Itulah beberapa fungsi atau manfaat yang akan diperoleh dari lapisan mesosfer ini. Lapisan mesosfer ini sungguh mempunyai manfaat besar untuk kehidupan manusia. Bayangkan jika tidak ada lapisan mesosfer ini, mungkin saja kehidupan di bumi tidak akan bertahan lama atau bahkan tidak akan ada kehidupan di bumi karena saking banyaknya benda langit yang jatuh menimpa bumi. Selain itu, karena adanya lapisan mesosfer ini maka manusia bisa membuat teknologi yang canggih untuk komunikasi seperti radio, televisi, hingga telepon.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai lapisan mesosfer ini. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Meteorologi