Lapisan Troposfer : Pengertian, Ciri-ciri, Kandungan, dan Suhunya

Bumi merupakan planet di tata surya yang dilapisi oleh udara. Udara inilah yang dapat memberikan kehidupan bagi semua makhluk yang ada di bumi, yakni untuk bernafas dan juga memiliki suhu yang pas untuk dirasakan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Udara yang menyelimuti bumi ini disebut dengan atmosfer. Atmosfer ini mempunyai fungsi yang sangat penting bagi manusia. Bukan hanya untuk bernafas saja, namun juga untuk melindungi diri dari radiasi sinar matahari dan juga semacamnya.

Atmosfer ini merupakan udara yang menyelimuti bumi yang mempunyai ketebalan beberapa kilometer. Atmosfer ini terdiri atas beberapa lapisan yang berbeda- beda. Setiap lapisan atmosfer ini mepunyai nama yang berbeda- beda serta fungsi yang berbeda- beda. Beberapa lapisan dari atmosfer ini antara lain troposfer, lapisan stratosfer, lapisan mesosfer, lapisan termosfer atau  lapisan ionosfer, dan juga lapisan eksosfer. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu lapisan dari atmosfer ini, yakni lapisan troposfer.

Pengertian Troposfer 

Troposfer berasal dari bahasa Yunanai yakni “tropos” yang mempunyai arti “perubahan” atau “balik”. Lapisan troposfer ini mepunyai bentukan yang unik, yakni mempunyai ukuran yang lebih luas ketika verada di daerah khatulistiwa, dan akan menipis di daerah kutub.

Lapisan troposfer merupakan salah satu lapisan dari atmosfer bumi. Dari semua lapisan atmosfer bumi ini, lapisan troposfer merupakan lapisan yang paling rendah atau lapisan yang paling dekat dengan makhluk hidup. Dengan kata lain, lapisan troposfer ini merupakan lapisan yang berada di level paling rendah. Campuran gas yang terdapat pada lapisan troposfer ini merupakan jenis gas yang paling ideal atau cocok untuk kehidupan makhluk hidup di bumi.

Lapisan stratosfer merupakan salah satu lapisan yang sangat  penting dan paling memberikan perlindungan yang terasa secara langsung bagi manusia serta makhluk hidup yang ada di bumi. Melalui lapisan troposfer ini, kehidupan manusia serta makhluk hidup ini bisa terlindungi dari radiasi sinar matahari dan juga benda- benda langit lainnya. Lapisan stratosfer ini juga merupakan salah satu lapisan yang paling ekstrim karena beberapa peristiwa terjadi, seperti perubahan cuaca, suhu yang mendadak, perubahan angin, dan juga tekanan serta kelembaban.

Ciri- ciri Troposfer

Lapisan atmosfer ini yang paling rendah atau troposfer ini mempunyai beberapa ciri- ciri atau karakteristik khusus yang membedakannya dengan lapisan- lapisan lain. Beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki lapisan troposfer antara lain:

  1. Berada di lapisan atmosfer yang paling rendah atau yang paling denkat dengan makhluk hidup
  2. Mempunyai ketebalan yang paling tipis dibandingkan dengan lapisan lain, yakni kurang lebih setebal 9 kilometer di daerah kutub dan setebal 12 hingga kilometer di daerah yang bukan kutub atau daerah ekuator.
  3. Merupakan tempat segala peristiwa alam terjadi, seperti cuaca, kelembaban, suhu, dan lain sebagainya.
  4. Memiliki sifat yang khas, yakni setiap naik setinggi 100 meter, maka suhu udara akan turun sebesar 0,5 derajat C- 0,64 derajat C. Dan begitupun sebaliknya.
  5. Ketinggian lapisan- lapisa troposfer ini berbeda- beda di setiap tempatnya. Di daerah kutub, ketinggian yag dimiliki oleh troposfer sekitar 8 kilometer dan di daerah yang ekuator bisa mencapai 16 kilometer.
  6. Pada lapisan troposfer ini terdapat lapisan tropopause, yaitu sebuah lapisan yang berada di antara lapisan troposfer dan lapisan stratosfer. Lapisan tropopause ini didefinisikan sebagai sebuat titik di mana terjadi perubahan pada lapse rate yang bersifat dari positif ke negatif. Atau dengan kata lain, lapisan ini adalah titik dimana suhu udara berhenti menurun.

Itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh lapisan troposfer. Ciri khas itulah yang membuat lapisan troposfer ini berbeda dengan lapisan- lapisan yang lainnya.

Kandungan Lapisan Troposfer

Sebagai salah satu lapisan atmosfer yang melindungi bumi, lapisan troposfer ini mempunyai kandungan berbagai macam molekul atau komponen yang menyusun lapisan tersebut.  Lapisan troposfer ini merupakan lapisan yang memiliki komposisi kimia yang cukup seragam, kecuali kandungan uap air yang semakin menurun jika ketinggiannya semakin bertambah.

Salah satu kandungan yang paling banyak yang dimiliki oleh lapisan troposfer ini adalah uap air. Hampir sebanyak 99% kandungan uang air yang ada bumi berada di lapisan troposfer ini. kandungan uap air yang berada di daerah kutub lebih sedikit daripada di daerah yang bukan kutub atau di aderah yang tropis. Uap air ini mempunyai fungsi yang sangat penting untuk mengatur suhu udara. Hal ini karena uap air mempunyai sifat menyerap energi matahari dan juga radiasi termal.  Selain mengandung uap air yang banyak, troposfer juga mengandung 80% dari total massa di atmosfer, dam juga masih banya berbagai kandungan yang ada di dalam lapisan troposfer ini.

Secara umum, ada beberapa molekul yang dikandung oleh lapisan troposfer ini. berikut merupakan kandunga troposfer secara lebih rinci:

  1. Uap air sebanyak 99%
  2. Nitrogen sebanyak 78%
  3. Oksigen sebanyak 21%
  4. Hidrogen
  5. Karbondioksida
  6. Jejak argon
  7. Asap
  8. Polutan

Itulah beberapa molekul yang menjadi komponen penyusun dari lapisan troposfer ini. Dari kandungan-kandungan tersebut, ada  beberapa kandungan yang dihasilkan dari aktivitas atau kegiatan manusia. Kandungan yang berasal atau dihasilkan dari aktivitas manusia diantaranya adalah asap dan juga polutan. Asap dan polutan jika bersama- sama hadir dengan kabut di lapisan troposfer ini, maka akan menyebabkan produksi kabut asap yang berlebihan.

Apabila kita sering mengamati perubahan suhu, udara, ataupun cuaca yang berada di lingkungan sekitar kita maka kita akan mengetahui kabat terkini atau keadaan yang dialami bumi kita semakin ke belakang. Akhir- akhir ini lapisan troposfer bumi memiliki prosentase karbondioksida yang meningkat hal ini disebabkan karena banyaknya aktivitas manusia yang menghasilkan akrbondioksida dan juga minimnya jumlah pepohonan yang ada di bumi. Sehingga hasil produksi oksigen menjadi berkurang. Berta,bahknya jumlah karbondioksida yang menyusun lapisan troposfer ini akan menjadi ancaman bagi terjadinya pemanasan global.

Cuaca di Lapisan Troposfer
Di lapisan troposfer ini terdapat berbagai macam peristiwa alam yang banyak dirasakan oleh manusia dalam kehidupan sehihari- hari. Salah satu peristiwa alam ini adalah perubahan cuaca. Perubahan cuaca terjadi hanya pad a lapisan troposfer ini. Udara yang berada di khatulistiwa dipanaskan lebih dari yang berada di kutub. Hal ini akan menyebabkan adanya pemanasan merata oleh matahari yang berakibat pada terjadinya pergerakan angin dan juga kelembaban.

Siklus Air di Lapisan Troposfer

Lapisan troposfer merupakan lapisan tempet terjadinya siklus air. Gesekan yang terjadi antara udara dan juga permukaan bumi dapat mendorong partikel debu ke udara. Kedua molekul tersebut datang dan bersentuhan dengan kelembaban yang akan menyebabkan pembentukan awan kemudian menyebabkan curah hujan yang berbentuk hujan ataupun salju.

Suhu di Lapisan Troposfer

Sudah di katakan sebelumnya bahwasannya suhu yang berada di lapisan atmosfer ini beruban- ubah sesuai dengan ketinggiannya. Yang paling hangat adalah yang berada di palih rendah. Setiap naik di ketinggian tertentu maka suhu udara tersebut akan berkurang. Suhu troposfer ini akan berkurang seiring dengan meningkatnya ketinggian.

Suhu yang berada di area bagian bawah troposfer sekitar 59 derajat F. Ketika ketinggian naik setinggi 1.000 meter, maka terjadi penurunan suhu sekitar sebesar 3,6 derajat F. tingkat perubahan suhu ini dikenal denhan nama lapse rate. Suhu paling dingin yang terdapat di lapisan ini adalah -110 F. Beberapa daerah memiliki suhu yang berbeda- beda. Suhu mungkin akan terasa lebih tinggi ketika berada di daerah- daerah yang mana suhu inversi terjadi.

Studi lanjut mengenai ilmu yang mempelajari cuaca ataupun bumi beserta hal- hal yang menyertainya selalu berkembang dari waktu- ke waktu. Berdasarkan studi yang dilakukan pada akhir- akhir ini, ditemukan sebuah bakteri yang hidup yang kemudian ditemukan pada lapisan troposfer yang berada di area menengah ke atas. Para ilmuwan yang meneliti hal ini pun belum mengetahui bagaimana  bakteri tersebut dapat sampai berada di lapisan troposfer, mengenai bagaimana bakteri tersebut dapat berkembang dan sebenarnya  apa peranan bakteri tersebut berada di lapisan proposfer ini, baik dalam pembentukan awan maupun pembentukan curah hujan.

Manfaat Lapisan Troposfer

Atmosfer mempunyai banyak perananan bagi kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lainya yang ada di dunia, begitupun lapisan troposfer ini. Apalagi lapisan troposfer ini merupakan lapisan yang paling rendah dan ada di sekitar makhluk hidup. Setidaknya ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari lapisan troposfer ini. Beberapa manfaat dari lapisan troposfer ini antara lain:

  1. Sebagai tempat terjadinya atau terbentuknya cuaca
  2. Merupakan lapisan yang terdapat uap air yang sangat bermanfaat bagi manusia
  3. Sebagai tempat terjadinya hutan
  4. Sebagai sumber udara yang dibutuhkan oleh makhluk hidup
  5. Sebagai lapisan yang aman untuk melajukan pesawat terbang.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dari adanya apisan troposfer ini. selain berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat lain yang tidak akan kita sadari yang kita peroleh dari lapisan ini. Inilah sebagian informasi yang dapat kami berikan mengenai lapisan troposfer ini. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Meteorologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!