Lapisan Eksosfer : Pengertian, Ciri-ciri, Suhu, Batas dan Fungsinya

Bumi merupakan salah satu planet dari kesembilan planet di tata surya. Tata surya merupakan kumpulan dari benda- benda langit yang mempunyai satu pusat, yakni matahari. Sebagai pusatnya tata surya, semua benda- benda yang ada di langit ini akan mengelilingi matahari. Salah satu benda langit yang mengelilingi matahari adalah planet. Ya, planet merupakan salah satu benda planet yang mempunyai ukuran lumayan besar di tata surya. Selain planet masih ada benda- benda laingit lainnya, seperti asteroid, komet, dan lain sebagainya yang mana benda- benda tersebut dapat dengan mudah jatuh atau bergerak ke arah planet- planet.

Di sistem tata surya, setidaknya kita mengenal adanya sembilan planet yang mengelilingi matahari. Planet- planet yang mengelilingi matahari tersebut antara lain adalah planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan yang terakhir adalah Pluto. Dari kesembilan planet tersebut, salah satu planet dan mungkin satu- satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup adalah Planet.

Planet di bumi

Sebagai satu- satunya planet yang dapat ditempati oleh makhluk hidup (termasuk manusia), Bumi mempunyai banyak sekali keistimewaan. Tidak hanya karena suhu, ataupun material- material planetnya yang sangat sesuai dengan kebutuhan manusia, bumi juga mempunyai perlindungan khusus yang dapat melindungi isi planet bumi tersebut dari berbagai gangguan dari benda- benda langit. Planet bumi memiliki sebuah benteng yang sangat berguna untuk melindungi permukaan Bumi dari gangguan benda- benda langit yang jatuh. Benteng yang mengelilingi bumi tersebut dinamakan atmosfer. Ya, atmosfer merupakan lapisan udara yang mengelilingi bumi dan berfungsi menjaga bumi dari bahaya benda- benda langit yang tidak terduga.

Sebagai benteng yang melindung bumi, atmosfer ini terdiri atas beberapa lapisan. Lapisan atmosfer ini masing- masing mempunyai karakteristik serta manfaat yang berbeda- beda. Lapisan- lapisn atmosfer ini mepunyai ketebalan dan juga ketinggian yang berbeda- beda pula.

Pengertian Lapisan Eksosfer

Berbicara mengenai antmosfer yang melindungi Bumi, ternyata atmosfer ini terdari dari beberapa lapisan yang bermacam- macam. Setidaknya ada lima lapisan yang menyusun atmosfer sebagai pelindung bumi ini. kelima lapisan atmosfer tersebut adalah lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan juga eksosfer. Dari kelima lapisan ini, masing- masing mempunyai karakteristik yang berbeda- beda, baik ketebalannya, kandungannya, serta fungsinya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahasn mengenai salah satu dari kelima lapisan tersebut. Lapisan yang akan kita bahas kali ini adalah lapisan eksosfer.

Lapisan eksosfer merupakan lapisan dari atmosfer yang paling luar atau yang berada di paling ujung dari atmosfer bumi. Lapisan eksosfer ini merupakan lapisan yang mempunyai jarak paling jauh dari permukaan bumi, karena merupakan lapisan terluar. Lapisan eksosfer ini juga dinamakan sebagai lapisan disipasisfer atau ruang antar planet dangeostasioner. Dinamakan demikian karena terdapat pengaruh gaya berat yang sangat keci pada lapisan ini sehingga jarang sekali terjadi benturan- bentiran yang ada di udara. Kemudian butiran- butiran gas pada lapisan ini perlahan- lahan mulai meloloskan diri.

Selain merupakan lapisan yang paling luar yang menyelimuti bumi, lapisan eksosfer ini merupakan lapisan yang paling panas. Karen merupakan lapisan yang paling panas, maka dari itu pada lapisan ini terjadi gerakan partikel udara yang yang tidak beraturan.  Lapisan eksosfer ini merupakan lapisan yang terletak di ketinggian antara 800 hingga 1000 kilometer dari permukaan bumi. Molekul udara yang terdapat pada lapisan ini dapat meninggalkan atmosfer hingga ketinggian 3.150 kilometer dari permukaan bumi.

Suhu pada Lapisan Eksosfer

Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang paling luar dari atmosfer bumi. Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang tersusun oleh gas hidrogen yang mana mempunyai tekanan udara mendekati 0 cmHg (yang daerah vakum). Pada lapisan eksosfer ini terdapat refleksi  dari cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel- partikel debu meteoritik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut dikenal juga dengan nama cahaya zodiakal.

Karakteristik atau ciri- ciri atau Sifat Lapisan Eksosfer. Selanjutnya yang sangat perlu untuk kita ketahui bersama adalah mengenia sifat dari lapisan eksosfer. Sifat dari lapisan ini juga dinamakan sebagai karakteristik ataupun ciri khas yang dimiliki oleh lapisan ini. seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwasannya lapisan- lapisan atmonfer bumi memiliki ciri khas atau karakteristiknya masing- masing, sehingga perlu diketahui ciri- ciri tersebut untuk menandai lapisan tersebut.

Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang memiliki sifat yang sangat berbahaya. Hal ini karena lapisan eksosfer ini merupakan lapisan yang menjadi tempat hancurnya meteror- meteor dari luar angkasa. Secara umum, lapisan eksosfer merupakan lapisan yang mempunyai berbagai sifat. Setidaknya ada delapan sifat atau karakteristik ataupun ciri khusus yang mengiringi lapisan eksosfer ini. Berbagai sifat atau ciri- ciri ataupun karakteristik yang dimiliki oleh lapisan eksosfer ini antara lain adalah:

  1. Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang berada di area paling luar dari lapisan- lapisan atmosfer lainnya, atau lapisan yang berada di paling luar dari atmosfer bumi. Lapisan eksosfer ini terletak pada ketinggian di antara 800 hingga 1000 kilometer dari permukaan bumi.
  2. Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang sangat berbahaya. Hal ini karena eksosfer merupakan lapisan tempat terjadinya kehancuran dari berbagai meteor yang berasal dari luar angkasa.
  3. Lapisan eksosfer merupakan lapisan tempat terjadinya berbagai gerakan atom yang tidak beraturan.
  4. Lapisan eksosfer disebut juga dengan ruang antar planet dan juga geostasioner. Hal ini karena butiran- butiran gas yang terdapat pada lapisan ini secara perlahan- lahan meloloskan diri. Dan juga karena sedikitnya gaya gravitasi yang ada paad lapisan ini, sehingga sangat jarang terkadi benturan di antara batu- batu meteor yang berada di wilayah ini.
  5. Lapisan eksosfer merupakan lapisan tempat dimana debu dapat meninggalkan atmosfer bumi hingga mencapai ketinggian 3.150 kilometer dari permukaan bumi.
  6. Lapisan eksosfer mempunyai suhu yang sangat dingin atau suhu yang sangat rendah. Suhu yang dimiliki oleh lapisan eksosfer ini adalah minus 57 derajat celcius.
  7. Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang mempunyai ketebalan di antara 500 hingga 700 kilometer.
  8. Lapisan eksosfer ini merupakan lapisan yang tidak memiliki tekanan udara sama sekali. Tekanan udara yang ada pada lapisan ini adalah sebesar 0 cmHg

Itulah beberapa karakteristik atau ciri khusus ataupun sifat yang dimiliki oleh lapisan eksosfer. Ya, karakteristik ataupun ciri khusus ini memang menunjukkan bahwa lapisan eksosfer ini adalah lapisan yang berbeda denganbeberapa lapisan lainnya. Salah satu ciri khas yang mencolok yang dimiliki oleh lapisan eksosfer ini adalah adanya sifat yang sangat berbahaya, karena lapisan eksosfer ini merupakan lapisan yang sekaligus menjadi tempat hancurnya meteor meteor yang beradas dari kuar angkasa.

Batas Lapisan Eksosfer

Lapisan eksosfer merupakan suatu lapisan yang mempunyai ketebalan sangat tebal. Ketebalan lapisan ini cenderung lebih besar daripada lapisan atmosfer lainnya. Lapisan eksosfer ini mempunyai ketebalan sekitar 500 hingga 700 kilometer. Batasan lapisan eksosfer ini juga tidak mempunyai nama- nama khusus seperti lapisan atmosfer yang lainnya. Hal ini karena lapisan eksosfer merupakan lapisan yang berada di ujung atmosfer atau lapisan yang berada di paling luar atmosfer bumi. Batas dari lapisan eksosfer ini adalah ruang terbuka antar planet.

Karena berbatasan langsung dengan ruang hampa yang ada di udara, maka pada lapisan ini langka ditemukan molekul- molekul udara. Maka dari itu pada lapisan ini sangat dimungkinkan terjadinya pelepasan partikel- partikel yang ada di udara terhadap pengaruh gaya gravitasi bumi. Pada lapisan eksosfer ini akan kita jumpai adanya udara yang semakin menipis dan semakin menipis hingga akhirnya hampa. Dari lapisan eksosfer inilah adanya transisi antara langit dan juga juga antariksa. Bila kita melihat gambar ilustrasi yang menapakkan bumi, atmosfer beserta lapisan- lapisannya yang beraneka warna, maka kita akan melihat bahwa lapisan eksosfer ini berwarna gelap biru maupun hitam).

Fungsi Lapisan Eksosfer

Lapisan- lapisan atmosfer bumi mempunyai fungsinya masing- masing. Demikian halnya dengan lapisan eksosfer ini. Manfaat dari lapisan eksosfer ini memang tidak terlalu banyak diketahui oleh orang- orang bila dibandingkan dengan lapisan- lapisan atmosfer lainnya. Manfaat atau fungsi yang dimilikimoleh lapisan eksosfer ini yang paling mencolok adalah untuk merefleksikan cahaya matahari. Kemudian cahaya matahari yang direfleksikan tersebut dikenal sebagai cahaya matahari zodiakal.

Itulah beberapa penjelasan yang dapat kami berikan mengenai lapisan eksosfer. Tidak terlalu banyak penjelasan yang dapat kami berikan mengenai lapisan atmosfer yang satu ini. hal ini karena memang lapisan eksosfer ini lebih sedikiu dibahas daripada jenis lapisan lainnya. Mengenai manfaatnya pun juga demikian. Namun, selain manfaat yang sudah ditulis di atas, masih ada manfaat lain yang diberikan oleh lapisan eksosfer terhadap bumi kita ini.

Semoga informasi yang sedikit dan sangat terbatas tersebut dapat menambah wawasan pengetahuan kita. dan semoga manfaat yang terbatas tersebut dapat bermanfaat bagi semua pembaca.

, , ,
Oleh :
Kategori : Meteorologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!