Planet Merkurius dan Penjelasannya

Planet Merkurius merupakan salah satu planet yang termasuk dalam sistem tata surya. Setelah planet Pluto tidak disahkan menjadi sebuah planet, planet merkurius menjadi planet yang paling kecil dalam sistem tata surya. Merkurius juga merupakan anak pertama yang terdekat dengan matahari. Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari membuat masa revolusinya hanya selama 88 hari saja namun masa rotasinya cukup lama dibandingkan dengan bumi hanya berkisar 59 hari saja. planet merkurius ini bisa dilihat dari bumi pada saat subuh atau pada saat magrib saja karena sudut pandangnya dengan matahari sangat kecil dimana memang planet merukirus memang memiliki rentangan paling jauh sebesar 28,3 derajat.

Sejarah mengenai planet merkurius

Nama merkurius diambil dari nama salah satu dewa utama di kekaisaran romawi kuno atau dewa yang biasa disebut dengan dewa hemes di mitologi yunani. Nama lain dari planet merkurius ini adalah utarid. Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari, jadi tidak banyak yang bisa diketahui di dalam planet merkurius ini. selama ini hanya ada satu pesawat antariksa yang berhasil turun di planet merkurius yaitu pesawat marine messenger 10 pada tahun 1974 hingga tahun 1975. Dalam misinya pesawat marine ini berhasil memetakan permukaan merkurius dari 40 hingga 45%.

Struktur Pembentuk Planet Merkurius

Diameter planet merkurius sebesar 4879 km di garis khatulistiwa, dengan bukti ini memberikan fakta bahwa planet merkurius merupakan planet terkecil di dalam planet di tata surya. Ukuran planet lebih kecil 40% dari bumi namun lebih besar 40% dari besarnya bulan. planet merkurius juga lebih kecil dari pada beberapa satelit di tata surya seperti Jupiter, Ganymede dan titan (satelit milik planet saturnus). Jarak merkurius dari matahari berjarak sejauh 57 juta km sedangkan jarak merkurius dari bumi sejauh 92 juta km. planet merkurius memiliki tingkat kepadatan dibawah sedikit dari bumi dengan penyusun utama 70% logam dan 30% zat silikat.

Tingkat kepadatan yang ditemukan di planet merkurius ini selanjutnya digunakan untuk menduga apa saja yang menjadi komposisi atau bahan pembuat planet yang satu ini. planet bumi memiliki tingkat kepadatan yang cukup rapat karena disebabkan oleh tingkat gravitasinya yang tinggi. namun kepadatan yang ditemukan di planet merkurius di prekdisikan karena di dalam inti planet tersebut berupa inti besi dengan kadar yang sangat tinggi sebanyak 42% dari jumlah keseluruhan volume planet merkurius. Sedangkan di bumi bagian intinya hanya menempati 17% dari jumlah volume keseluruhan bumi. Para peneliti terus melakukan riset dan menduga bahwa inti dari planet merkurius ini berbentuk cair bukan padat seperti yang diduga selama ini.

Klasifikasi mengenai merkurius

  1. Merkurius memiliki mantel setebal 600 km yang membungkus inti dalam planet merkurius. Selain itu kerak merkurius diprekdisikan setebal 100 hingga 200 km.
  2. Di dalam permukaan planet merkurius ini selain terdapat kawah karena hasil benturan dengan benda langit juga terdapat beberapa bukit yang sangat tajam dan kurus, bahkan beberapa bukit tingginya mencapai ratusan kilometer. Para peneliti ini menduga bahwa inti dan mantel dalam planet merkurius mengalami pembekuan pada saat kerak merkurius mulai menjadi batu sehingga bentuknya sangat runcing.
  3. Dalam penelitian terkini yang dilakukan oleh para peneliti modern menyebutkan bahwa planet merkurius merupakan planet yang mengandung besi terbanyak dibandingkan dengan planet lainnya di dalam sistem tata surya.
  4. Teori pembentukan planet merkurius ini menyebutkan bahwa dahulu planet merkurius memiliki massa yang jauh lebih berat sekiat 2.25 kali dari massa sekarang yang ada. Namun, penurunan jumlah massanya ini dikarenakan oleh terjadinya tabrakan dari meteor planetesimal yang memiliki ukuran sangat jumbo hingga 6 kali lipat dari jumlah massa planet merkurius sehingga menyebabkan merkurius melepaskan beberapa material bahkan mantel dan intinya juga hilang dari dalam merkurius. Teori ini juga dilakukan untuk menjelaskan pembentukan bulan.
  5. Namun teori tersebut bukan merupakan satu-satunya teori dari pembentukan merkurius. Teori menyebutkan bahwa merkurius terbentuk dari nebula matahari pada saat matahari belum sempurna terbentuk dan masih memijarkan gas dan nebula panas ke luar dari matahari. Dalam teori tersebut juga menyebutkan bahwa merkurius dahulunya merkurius memiliki massa yang jauh lebih besar dari massanya yang sekarang dikarenakan oleh adanya interaksi matahari yang membuat bagian merkurius menjadi menguap sehingga massanya lebih kecil dari sekarang.

Penamaan planet merkurius

  • Bangsa romawi – Periode pertama dimana manusia mulai menemukan planet merkurius yang mampu dicatat oleh manusia adalah pada zaman kekaisaran romawi dan bangsa sumeria. Bahkan bangsa romawi pada zamannya menamakan planet merkurius dengan nama salah satu dewa mereka yaitu dewa merkurius, namun pada bangsa yunani (kejayaan babilonia) menamakannya dengan hermes yang juga diambil dari salah satu nama dewa mereka. Penggambaran merkurius oleh bangsa romawi dilakukan dengan cara menggambarkan kepala dewa merkurius lengkap dengan topi bersayapnya yang sangat fenomenal di atas caduces.
  • Bangsa yunani – Bangsa yunani pada masa sebelum abad ke lima bahkan mengira bahwa merkurius merupakan dua planet bukan satu planet. Hal ini disebabkan karena planet merkurius biasanya dapat dilihat oleh manusia dari bumi saat pagi dan sore hari. Dua nama yang disematkan untuk planet merkuirus ini adalah stilbon dan hermaon. Nama stilbon digunakan untuk menyebut planet merkurius pada pagi hari sedangkan untuk yang terlihat pada sore hari disebut dengan hermaon.
  • Bangsa di Asia – Di daratan Aisa, planet merkurius juga mendapatkan julukan tersendiri. Di India planet merkurius diberi nama budha atau anak dari sang Chandra atau bisa juga dikatakan bahwa planet merkurius merupakan anak dari bulan. hal ini disebabkan karena memang merkurius nampak seperti bulan. sedangkan di negara china, jepang, korea dan Vietnam dinamakan sebagai bintang air. Selain itu menurut bangsa ibrani (israel) memberikan nama merkurius sebagai kohkav hamah yang berarti bintang dari yang panas. Yang dimaksud dari yang panas adalah matahari karena letaknya yang sangat dekat dengan matahari.

Ekpedisi planet merkurius

1. Misi mariner 10

 Ekpedisi atau penjelajahan planet merkurius sudah dilakukan pada tahun 1950an hingga tahun 1970. Pada saat itu diluncurkan benda yang dinamakan sebagai misi marine dan berhasil mendarat di permukaan merkurius namun tidak maksimal karena dekatnya dengan matahari sehingga alat yang dikirimkan tidak dapat bekerja dengan optimal. Pada misi pertama misi mariner berhasil memetakan 40 hingga 45 persen dari bagian permukaan planet merkurius. Menurut para peneliti meyebutkan bahwa planet merkurius merupakan planet yang paling sulit diobservasi dan didekati dibandingkan dengan planet lainnya yang ada di dalam tata surya. Hal ini disebabkan karena merkurius terletak sangat dekat dengan matahari sehingga sangat berbahaya bagi pengamat baik bagi alat maupun bagi manusia yang mengamatinya.

2. Misi MESSENGER

Saat ini para peneliti sudah membuat misi ekspedisi planet merkurius dan menakamannya sebagai misi MESSENGER dimana ini merupakan satu-satunya misi yang dibuat oleh para peneliti untuk meneliti planet merkurius. Misi MESSENGER ini merupakan lanjutan dari misi marine 10 yang berakhir pada tahun 1975. Selain itu di dalam misi MESSENGER ini juga dibersamai dengan Bepicolombo dan membuat sebuah flyby dari bahan mercury dan sudah diluuncurkan pada tahun 2008 silam. Misi ini diluncurkan untuk melengkapi data yang sudah dikumpulkan dari misi marine yang sudah dilakukan. Nama MESSENGER sendiri merupakan singkatan dari Mercury Surface, space environment, Geochemistry dan Ranging atau di dalam bahasa inggrisnya dapat diartikan sebagai pengirim pesan.

Misi ini merupakan misi yang dilakukan oleh NASA badan antariksa nasional amerika serikat. Misi MESSENGER ini sudah dilakukan pada tanggal 3 agustus pada tahun 2004 yang bertujuan khusus untuk meneliti permukaan planet merkurius dengan cara mengorbitnya bukan mendarat di permukaannya. Misi khusus yang dilakukan oleh MESSENGER adalah untuk mengetahui komposisi kimia yang terdapat di permukaan planet merkurius, mengetahui tingkat medan magnet yang ada di dalamnya, mempelajari bagian inti, eksosfer dan magentosfer serta untuk mengetahui sejarah geologinya. Hasil dari misi ini dilaporkan pada tanggal 3 juli 2008 menyebutkan bahwa di lapisan eksosfer merkurius mengandung air. Misi ini diperkirakan akan berhenti pada tanggal 30 April 2015 karena bahan bakar yang disediakan hanya cukup untuk sampai pada tanggal tersebut. Setelahnya wahana MESSENGER ini akan otomatis menjatuhkan diri pada permukaan merkurius.

3. Misi BepiColombo

Misi masa depan untuk mengekspedisi planet merkurius selanjutnya adalah Bepicolombo. Bepicolombo ini merupakan sebuah misi yang dilakukan oleh kerjasama dari European Space Agency (ESA) sebuah badan antariksa di eropa dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Misi ini memang dirancang khusus untuk mengeksplorasi planet merkurius dengan menggunakan dua satelit secara bersamaan yaitu Mercury Planetary Orbiter (MPO) dan Mercury Magnetospheric Orbiter (MMO). Misi ini dilakukan sebagai pelengkap dari misi sebelumnya dan diharapkan akan mendapatkan hasil yang lebih bagus dan menyeluruh di dalam planet merkurius termasuk medan magnet, magnetosfer, struktur permukaan dan struktur interior di dalamnya.

Misi Bepicolombo ini dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 9 juli 2016 tahun depan. Misi ini sudah direncanakan dan disetujui pada bulan februari tahun 2007 dimana misi ini merupakan bagian dari program Cosmic Vision. Nama misi ini merupakan penggabungan dari dua nama yaitu Giuseppe (Bepi) dan Colombo. Kedua orang tersebut merupakan ilmuwan dan matematikawan serta dinobatkan menjadi insinyur di universitas padua, Italia. Giusseppe dan Colombo ini juga yang membantu dalam menjalankan misi mariner 10 sebelumnya.

Fakta-fakta Mengenai Planet Merkurius

Suhu permukaan yang ada di planet sangat ekstrim karena pengaruh dari dekatnya jarak dengan matahari. Jadi pada saat siang hari suhu udara akan sangat panas namun pada malam hari suhu udara sangat dingin. Pada saat siang hari suhunya bisa mencapai 430 derajat celcius sedangkan saat malam hari suhu udaranya bisa mencapai -180 derajat. Di dalam planet merkurius terdapat sebuah inti besi yang memiliki gaya gravitasi lebih besar dari tingkat gravitasi yang terdapat di bumi yaitu sebesar 0.1%.

Berikut adalah penjelasan mengenai fakta-fakta mengenai planet merkurius :

1. Sisi dari setengah planet merkurius tidak pernah dilihat – Ada bagian sisi dari planet merkurius yang tidak pernah dilihat hal ini disebabkan karena ada bagian sisi dari planet merkurius yang selalu menghadap ke matahari sehingga sangat sulit untuk dieksplorasi. Jadi jika tinggal di planet merkurius ini satu harinya antara siang dan malam akan sama dengan 176 hari di bumi. Sangat lama bukan? Pada misi awal yang dinamakan sebagai misi Mariner 10 pada tahun 1950 hingga 1975 berhasil mendapatkan beberapa poto dari salah satu bagian planet merkurius yang tidak menghadap matahari. Baru pada misi planet merkurius selanjutnya yaitu misi MESENGGER berhasil mendapatkan poto dari sisi sebelahnya serta bagian lain dari merkurius yang memiliki kualitas gambar lebih baik dibandingkan dengan hasil poto misi sebelumnya.

2. Merkurius memiliki medan magnet yang sangat kuat – Pada saat misi mariner 10 diluncurkan mendapatkan hasil bahwa ternyata di planet merkurius terdapat medan magnet seperti yang ada di bumi. Fungsinya juga sama dengan yang ada di bumi yaitu untuk melindungi planet dari bahaya angin matahari. Namun apa yang membuat planet merkurius ini memiliki medan magnet dan gravitasi belum diketahui karena di planet merkurius ini tidak memiliki semacam hal yang ada di bumi dalam pembuatan medan magnetnya. Dan hal ini merupakan kasus dan pertanyaan yang masih menjadi misteri bagi para peneliti. Pada tahun 2016 mendatang juga akan diluncurkan misi ke planet merkurius yang disebut dengan BepiColombo. Dengan misi yang lebih canggih ini diharapkan pertanyaan tersebut dapat terjawab.

3. Ada kemungkinan terdapat es di planet merkurius – Meskipun planet merkurius merupakan yang terdekat dengan bagian bagian matahari dan suhunya sangat panas namun juga memungkinkan terdapat es di dalamnya. Bagian es yang mungkin adalah di bagian kutub merkurius yang merupakan daerah bayangan yang tidak mendapatkan sinar matahari langsung seperti kutub yang ada di bumi. Pada daerah kutub merkurius ini juga diprediksi memiliki suhu dibwah 0 derajat hingga -100 derajat. Salah satu misi yang dilakukan oleh MESSENGER adalah menemukan es di permukaan meskurius.

4. Planet merkurius dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang – Manusia di bumi juga bisa melihat planet merkurius dengan mata telanjang, hal ini dikarenakan planet merkurius seringkali menampakan diri pada saat pagi subuh dan sore hari pada saat matahari tenggelam. Meskipun manusia dapat melihatnya namun hanya bisa dilihat pada waktu yang sangat singkat dan waktu yang sangat tepat itupun harus didukung dengan keadaan langit yang sangat cerah hal ini disebabkan karena letaknya yang cukup jauh dari bumi tidak seperti planet venus dan mars yang cukup jelas dilihat dari bumi. Pada saat matahari tenggelam jika ada titik lain yang juga cerah di langit maka itu adalah planet merkurius.

5. Memiliki garis orbit yang eksintrik berbeda dengan planet lainnya – Semenjak planet Pluto dikeluarkan dari sistem tata surya, planet merkurius menjadi planet yang terkecil dan yang memiliki garis orbit paling eksentrik dengan bentuknya yang sangat elips hampir mendekati lonjong. Jadi, jarak terdekat planet merkurius dan jarak terjauhnya sangat berbeda.


6. Planet merkurius telah ditemukan sejak ribuan tahun sebelum masehi – Planet merkurius sudah ditemukan sejak zaman kekaisaran romawi dan yunani bahkan menamainya dengan salah satu nama dewa mereka yang mereka sembah.

7. Teleskop Hubble tidak dapat melihat planet merkurius – Salah satu teleskop yang mutakhir dan tercanggih yang ada di dunia adalah teleskop hubble. Teleskop ini digunakan untuk mengamati luar angkasa dengan berbagai benda di dalamnya termasuk planet, meteor, komet dan asteroid. Namun teleskop hubble tidak pernah digunakan untuk melihat planet merkurius hal ini dikarenakan letaknya yang sangat dekat dengan matahari. Sedangkan sinar elektromagnetik yang dihasilkan oleh matahari bisa merusak lensa teleskop ini. jadi, sepertinya teleskop ini memang tidak pernah akan digunakan untuk melihat planet merkurius. hal ini juga disebabkan karena harga lensa hubble ini sangat mahal dan tidak sepadan dengan hasil yang akan didapatkan.

8. Merkurius memiliki basin caloris yang sangat besar – Basin caloris merupakan salah satu kawah yang sangat besar berdiameter sekitar 1.300 km. kawah jumbo ini terjadi karena adanya tumbukan dari meteor atau asteroid yang sangat besar.

Kelebihan planet merkurius

  • Planet merkurius mengorbit matahari pada jalur orbitnya sendiri dengan jarak terjauh (aphelion) sejauh 69.816.900 km atau setara dengan 0,466697 dalam satuan astronomi. Sedangkan jarak terdekatnya (perihelion) sejauh 46.001.200 km atau setara dengan 0,387098 dalam satuan astronomi.
  • Planet merkurius juga memiliki sumbu semi mayor pada jarak 57.909.100 km atau setara dengan 0,387098 dalam satuan astronomi. Tingkat kepadatan planet atau eksentrisitas sebesar 0,205630 per meter kubiknya. Periode orbit planet merkurius sebesar 87.9691 hari atau setara dengan 0,240846 tahun. Planet merkuirus juga memiliki priode sinodis 115,88 d dan memiliki kecepatan rata-rata orbit sebesar 47,87 km per detiknya. Tingkat anomaly rata-rata planet merkurius adalah 174,796 derajat.
  • Inklinasi pada planet merkurius pada kisaran 7,005 derajat ke ekliptika, 3,38 derajat ke ekuator matahari dan 6,34 ke bidang invariabelnya. Planet merkurius memiliki bujur node menaik pada 48,331 derajat dengan argument perihelionnnya pada letak 29,124 derajat. Planet merkurius ini tidak memiliki satelit yang mengelilinginya. Planet merkurius merupakan yang terkecil di tata surya jika dibandingkan dengan planet lainnya dengan jari-jari rata-ratanya sebesar 2.439,7 ± 1,0 km atau setara dengan 0,3829 x dari besarnya bumi.
  • Kecepatan planet merkurius ini pada kurang dari 0,00006 dan luas permukaan planet mars seluas 7,48 x 10 pangkat tujuh km persegi atau setara dengan 0,108 dari luasnya permukaan bumi.
  • Volume planet merkurius berkisar pada 6.083 x 10 pangkat 2 km persegi atau sama dengan 0.108 x volume planet bumi serta massanya 3.3022 x 10 pangkat 23 kg atau sama dengan 0.055 dari bumi. Sedangkan massa jenis rata-ratanya 5.427 gram tiap centimeternya.
  • Gravitasi permukaan di khalutistiwa yang dimiliki oleh planet merkurius adalah 3,7 meter per detik dengan kecepatan lepasnya sebesar 4.25 km per detik. Planet merkurius memiliki jumlah hari sideris sebanyak 58,646 hari atau sama dengan 1407,5 jam. Kecepatan berputar atau rotasi yang dimiliki oleh planet merkurius sebesar 10.892 km per jam.
  • Suhu permukaan di planet merkurius minimal 100 k, maksimal 700 k dan suhu rata-ratanya 340 k. komposisi pembentuk planet merkurius terdiri dari 42% oksigen molekuler, 29% natrium, 22% hydrogen, 6% helium, 0,5% kalium dan lainnya terdiri dari senyawa-senyawa kecil seperti argon, nitrogen, uap, air, xenon, karbondioksida, neon dan krypton. Planet merkurius ini hampir sama dengan bulan karena memiliki banyak kawah di permukaannya. Hal ini disebabkan karena planet merkurius tidak memiliki lapisan atmosfer seperti bumi yang bisa melindungi tabrakan dengan benda lainnya. sehingga sering terjadi benturan antara planet merkurius dengan benda langit seperti meteor.

, , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi
Video Edukasi

Bagaimana cara merasakan bumi berputar? Apa dampaknya bila bumi tidak berputar?

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!