7 Manfaat Laut bagi Bumi dan Makhluk Hidup

Laut (baca: macam- macam laut) merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Laut merupakan salah satu bentuk dari permukaan Bumi dimana permukaan Bumi atau kerak Bumi ini terdiri dari dua jenis. Jenis permukaan Bumi yang pertama adalah daratan (baca: ekosistem darat) dan yang kedua adalah perairan. Mengenai keduanya, daratan merupakan bagian yang kita tempati untuk menjalankan kegiatan sehari- hari. Pijakan daratan ini disebut dengan tanah (baca: faktor pembentuk tanah).

Bentuk permukaan Bumi yang berupa daratan ini ada beberapa macam, yakni pengunungan atau gunung (baca: penyebab gunung meletus), pantai (baca: manfaat pantai), dataran rendah, dataran tinggi, lembah, dan lain sebagainya. Kaeanekaragaman jenis- jenis daratan ini justru akan menambah pengetahuan mengenai daratan itu sendiri. Selain daratan ada satu lagi bentuk pemukaan Bumi yang disebut dengan perairan.

Kerak Bumi juga dapat berupa perairan juga. Sesuai dengan namanya, perairan ini berupa genangan air yang ada di daratan maupun tidak berada di daratan (baca: ekosistem daratan). Lingkup permukaan Bumi yang berupa perairan ini sangat luas, bahkan lebih luar daripada ukuran daratan yang dimiliki oleh Bumi. Bentuk permukaan Bumi yang berbentuk perairan ini macamnya juga sangat banyak, ada samudera (baca: daftar samudera di Dunia), ada laut, ada danau (baca: macam- macam danau), sungai (baca: ekosistem sungai), waduk (baca: waduk terbesar di Indonesia) dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini kita akan membicarakan lebih lanjut mengenai salah satu jenis perairan, yaitu laut.

Laut

Kita semua pasti sudah mengetauhi dan melihat mengenai apa itu laut. Ya, laut merupakan kumpulan air asin yang berada di dalam cekungan yang amat besar dan menutupi permukaan Bumi. Laut apabila dibandingkan dengan samudera maka ukurannya lebih kecil. Dengan kata lain, kumoulan dari beberapa laut akan membentuk samudera. Dengan demikian ada banyak sekali laut yang ada di dunia ini. Nama- nama laut juga terkadang di sesuaikan dengan nama tempat atau daerah yang ada di sekitar laut tersebut.

Jenis- jenis Laut

Laut sebagai salah satu jenis perairan yang ada di dunia ini dibedakan menjadi beberapa jenis atau berbagai macam. Macam- macam laut ini bisa dilihat dari berbagai sisi ataupun kategori. Pembagian macam- macam laut ini diantaranay akan disebutkan sebagai berikut:

Menurut kedalamannya, laut dapat dibedakan menjadi emapat bagian yaitu:

  1. Zona litoral
  2. Zona neritik
  3. Zona batial
  4. Zona abisal

Menurut letaknya, laut dapait dibagi menjadi lima macam yaitu:

  1. Laut tepi
  2. Laut tengah
  3. Laut pedalaman
  4. Selat, dan
  5. Teluk

Berdasarkan luasnya, laut atau perairan dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu:

  1. Laut
  2. Samudera
  3. Selat, dan
  4. Teluk

Berdasarkan reliefnya, laut dapat dibagi menjadi tujuh bagian yaitu:

  1. Paparan benua (baca: benua terbesar di dunia)
  2. Paparan palung laut
  3. Lubuk laut
  4. Punggung laut
  5. Atol
  6. Gunung laut, dan
  7. Laguna

Berdasarkan proses terjadinya, laut dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  1. Laut ingresi
  2. Laut transgresi, dan
  3. Laut regresi

Itulah berbagai macam laut atau jenis- jenis laut yang dapat dikelompokkan menurut kategori- kategori tertentu. Setelah membaca kategori atau macam- macam laut di atas kita adapat mengetahui bahwasannya laut memang benar sekali banyak jenisnya. Selain karakteristiknya yang membedakan, jenis- jenis laut tersebut juga bisa disebutkan karena bagian bagian yanbg dimilikinya. Dengan demikian kita pun juga dapat mengetahui bahwa mempelajari ilmu kelautan atau oseanografi itu juga sangatlah penting.

Manfaat Laut

 Apabila mendengar kata laut pasti yang pertama terbersit dalam benak kita adalah bahwa laut merupakan tempat yang sangat indah dan tempat yang sangat biru. Siapapun yang berkunjung ke laut pasti akan dapat menikmati keindahan alam. Dan laut juga merupakan tempat yang sangat pas untuk mencari ketenangan hati bagi kita yang mencarinya. Laut disamping karena keindahan alamnya yang memukau, tenyata mempunyai manfaat atau fungsi yang sangat banyak yang dapat kita rasakan. Berbagai macam manfaat laut yang dapat kita ketahui bersama diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat rekreasi dan sarana hiburan

Manfaat laut yang pertama adalah sebagai tempat untuk rekreasi dan juga sebagai sarana hiburan bagi orang- orang, baik yang bertempat tinggal di sekitar wilayah laut maupun bagi orang yang rumahnya jauh. Orang yang rumahnya jauh akan sengaja mendatangi laut untuk melihat keindahan alamnya dan juga mencari ketenangan suasananya. Hal ini kerap kali dimanfaatkan bagi orang- orang yang tinggal di perkotaan, dimana setiap harinya orang- orang tersebut dikelilingi oleh keramaian suasana perkotaan yang terkadang membuat penat.

Saat demikian, laut merupakan tempat yang sangat tepat untuk dapat menghilangkan kepenatan tersebut. Dimana ketika memandang lautan lepas, maka otomatis pikiran kita akan merasa lega. Ditambah pula dengan angin laut yang sepoi- sepoi maka kita akan semakin merindukan suasana pantai (baca: ekosistem pantai). Disamping itu, kita juga dapat bermain dengan ombak laut yang dapat kita gunakan sebagai pelepas emosi jika sudah menumpuk. Hal inilah yang membuat laut atau sebagai salah satu tempat favorit untuk berwisata bersama keluarga.

Sinar matahari (baca: lapisan matahari) yang terasa panas menyengat di area pantai ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk berjemur. Terlebih pantai di Indonesia yang memiliki iklim tropis (baca: iklim di Indonesia), sinar mataharinya seringkali dimanfaatkan bagi para turis mancanegara untuk berjemur. Inilah pula yang menyebabkan Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata para turis mancanegara. Maka dari itulah kita tidak perlu heran bahwa jika waktu weekend tiba, pantai akan terasa ramai dipenuhi oleh orang- orang yang sedang berlibur bersama dengan anggota keluarga.

  1. Sebagai pembangkit listrik

Selain karena keindahannya yang menjadikan laut sebagai tempat wisata yang sangat diminati, laut juga merupakan salah satu tempat yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa listrik (yang merupakan faktor utama yang mempermudah kehidupan manusia) ini dihasilkan oleh berbagai hal dari alam. Listrik ini dapat dihasilkan dari berbagai faktor, seperti aliran air (Pembangkit listrik tenaga air), angin (Pembangkit listrik tenaga angin), uap (Pembangkit listrik tenaga uap), dan juga nuklir (Pembangkit listrik tenaga nuklir).

Dari sekian banyak pembangkit listrik ini maka kita akan mengetahui bahwa beberapa diantaranya dimiliki oleh laut dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Laut yang mempunyai ombak, maka ombak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pemabngkit listrik. Selain ombaknya, angin yang ada di daerah laut memiliki kekuatan yang cukup besar, sehingga angin tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir angin yang dapat digunakan untuk membangkitkan listrik. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Jika dikelola dengan baik maka hal ini akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyrakat luas.

  1. Merupakan tempat hidup berbagai macam sumber makanan

Manusia di Bumi ini sejatinya merupakan konsumen pemakan segala. Artinya, manusia dapat mengonsumsi tumbuhan dan juga daging. Selain tumbuh- tumbuhan dan juga binatang- binatang yang hidup di daratan, manusia juga mengonsumsi tumbuhan dan binatang yang ada di dalam laut. Oleh karena itu maka sumber makanan manusia sebagiannya juga terletak di dalam lautan.

Biasanya orang- orang yang mengonsunsi tanaman dan juga binatang yang hidup di dalam laut adalah mereka yang tinggal di sekitar laut itu sendiri. Hal ini disebabkan karena biasanya sayuran adarat akan lebih mahal debeli daripada segala sesuatu yang diambil dari lautan. Maka dari itulah banyak orang yang memilih memakan ikan daripada sayuran di daratan.

Dengan demikian keberadaan laut ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena menyimpan sumber makanan yang dikonsumsi sehari- hari, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di sekitar laut tersebut. Sebagai contoh tumbuhan yang dapat dikonsumsi masyarakat antara lain adalah rumput laut. Sementara binatang yang dapat dikonsumsi masyarakat adalah berbagai jenis ikan, udang, lobster, cumi- cumi, dan lain sebagainya.

  1. Merupakan tempat keberadaan barang tambang

Selain merupakan tampat hidup berbagai macam sumber makanan manusia yang berupan tumbuhan dan juga binatang, laut juga merupakan tempat bagi barang tambang berada. Barang tambang merupakan kekayaan yang bersumber dari alam (baca: kekayaan alam Indonesia). Barang tambang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui karena keberadaannya sangatlah terbatas.

Dikatakan tidak dapat diperbaharui karena untuk membentuk kembali sumber daya alam ini maka dibutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan hingga jutaan tahun lamanya. Biasanya, keberadaan barang- barang tambang tersebut tersimpan jauh dibawah permukaan Bumi karena sudah terkubur lama. Beberapa diantaranya dapat kita temukan di daratan, seperti batu bara, emas, berlian, dan lain sebagainya. Selain itu, beberapa lagi diantaranya dapat ditemui di dalam perairan atau laut.

Sebagai contoh adalah minyak bumi. Dengan demikian maka kita pun bisa mengetahui bahwasannya laut ini menyimpan fungsi yang sangat luar biasa, karena hal ini merupakan kepentingan orang banyak, bahkan semua manusia yang ada di Bumi.


  1. Sebagai jalur transportasi air

Laut juga mempunyai fungsi atau menfaat sebagai jalur transportasi air. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di Dunia ini, daratannya tidak menyambung antara satu dengan yang lainnya. Hal ini secara otomatis akan menjadikan laut sebagai salah satu jalur transportasi yang menguhububngkan antara satu pulau dengan pulau yang lainnya. Begitu pula di negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan sekaligus negara maritim.

Wilayah kelautan Indonesia (baca: fungsi batas kelautan ZEE) ini sangat luas dan bahkan lebih luas daripda daratannya. Oleh karena itulah untuk mencapai ke suatu pulau dari pulau lainnya maka akan selalu melewati laut. Maka dari itulah kita seringkali menyeberang selat jika ingin bepergian ke pulau lain. Nah, fungsi seperti inilah yang mejadikan laut memiliki fungsi sebagai jalur transportasi. Hal ini berarti laut dapat mempermudah usaha penyeberangan manusia atau usaha transportasi manusia jika ingin bepergian ke tempat yang lainnya dan berada di lain pulau.

  1. Sebagai salah satu tempat menyimpan cadangan air

Laut yang mempunyai cadangan air yang banyak ini juga mempunyai fungsi salah satunya adalah untuk menyimpan cadangan air laut (baca: ekosistem air laut). Sehingga apabila suatu saat terjadi kekeringan dan air akan menjadi langka, maka laut ini dapat dijadikan sebagai salah satu tempat untuk mengambil air.

Namun perlu diperhatikan juga bahwasannya kita tidak boleh langsung minum air dari laut tanpa diolah terlebih dahulu. Mengapa? Hal ini karena air di laut sangat mengandung garam, sehingga tidak baik apabila kita meminumnya langsung. Air dari laut perlu dibersihkan (bahkan diolah jika perlu) sebelum digunakan dalam ekhidupan sehari- hari, agar menciptakan air yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

  1. Sebagai objek penelitian dan pengembangan

Fungsi laut yang selanjutnya adalah sebagai tempat penelitian dan juga pengembangan. Fungsi ini termasuk dalam kategori fungsi edukasi. Ada banyak sekali pelajaran yang dapat kita timba dari adanya laut ini. Penelitain megenai kandungan- kandunga laut, bahkan hingga kondisi- kondisi laut hingga binatang- binatang atau tumbuhan yang hidup disekitarnya akan baik sekali untuk diteliti guna kepentingan manusia di masa mendatang

Itulah beberapa manfaat dari adanya laut. Kita telah mengetahui bahwa laut mempunyai fungsi yang sangat banyak. Maka dari itulah sebagai manusia kita harus menjaga kelestarian air laut agar bisa berfungsi seperti yang telah disebutkan di atas.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Laut