Sponsors Link

12 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sponsors Link

Bumi adalah planet dengan kehidupan di dalamnya (Baca: Pengertian Bumi dan Lapisannya). Bumi terdiri dari 2 wialayah besar, yaitu daratan dan lautan. Setiap wilayah memiliki ekosistem dan memiliki peran dalam menjaga ekosistem tersebut. Ekosistem adalah bertemunya serta berinteraksinya unsur biotik dengan biotik dan unsur biotik dengan abiotik. Ekosistem di bumi terbagi menjadi 2, yaitu ekositem daratan dan ekosistem lautan. Ekosistem daratan adalah ekosistem yang habitatnya berada di daratan.

Sponsors Link

Ekosistem daratan antara lain hutan hujan, hutan musim, ekosistem gurun, hutan taiga, ekosistem tundra, ekosistem padang rumput, dan hutan sabana. Sedangkan ekosistem air terbagi menjadi dua, yaitu ekosistem air tawar dan ekosistem air laut. Ekosistem air tawar adalah ekosistem yang berada di perairan air tawar. Ekosistem ini terdiri dari: ekosistem sungai, ekosistem danau, dan rawa- rawa. Sedangkan ekosistem air laut adalah ekosistem yang habitatnya berada di laut. Ekosistem ini antara lain ekosistem pantai, terumbu karang, dan ekosistem laut dalam.

Setiap ekosistem di bumi menyimpan banyak sumber daya yang penting bagi kehidupan manusia. Sumber daya tersebut berupa sumber daya alam yang tidak dapat dapat diperbaharui, dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui (Baca: Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya dan Contohnya). Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya hasil pelapukan fosil jutaan tahun lalu. Sedangkan sumber daya alam yang dapt diperbaharui mampu berkembang biak.

SDA Yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang mampu meperbaharui diri sendiri atau memiliki kuantitas yang tidak terhingga, sehingga dapat di pakai terus menerus. Sumber daya alam tidak hanya dapat dipakai sebagai energi alternatif, juga dipakai untuk kebutuhan manusia lainnya. Berkit ini 12 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

1. Matahari

Sinar matahari adalah salah satu sumber energi yang dapat dipakai terus menerus, karena jumlahnya yang tidak terbatas. Matahari adalah pusat dari galaksi bima sakti (Baca: Bagian bagian Matahari dan Gambarnya). Panas matahari, sering di pakai oleh rumah- rumah sebagai sumber energi untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan. Selain itu sinar matahari mulai di pakai sebagai energi pembangkit listrik, karea jumlahnya yang tidak terbatas dan ramah lingkungan.

2. Angin

Angin adalah udara yang bergerak (Baca: Proses Terjadinya Angin dan Jenis-jenis Angin). Angin serng dimanfaatkan sebagai energi alternatif seperti pembangkit listrik tenaga angin, serta alat untuk sistem pengairan. Angin adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Sehingga angin dianggap sebagai energi alternatif yang murah dan ramah lingkungan.

3. Air

Air adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki jumlah yang sangat banyak. Air di indonesia sering dipakai sebagai sumber pembangkit listrik. Air juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan di bumi.

4. Tanah

Tanah adalah salah satu sumber daya alam yang juga memiliki jumlah yang sangat banyak(Baca: Manfaat Air Tanah bagi Kehidupan Manusia). Tanah di pakai sebagai bagian dari pertanian, perkebunan, maupun pembangunan. Tanah atau pasir juga di pakai sebagai alat untuk memasak. Di beberapa desa di Indonesia, tanah atau pasir dianggap sebagai pengganti minyak untuk menggoreg kerupuk. Selain itu oleh masyarakat di madura, tanah atau pasir dipakai sebagai tempat tidur karena dianggap lebih sehat dan nyaman.

5. Tumbuhan

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup di bumi, dan dianggap sebagai salah satu sumber daya alam. Tumbuhan mampu berkembang biak maupun di kembang biakkan oleh manusia. Tumbuhan adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena tumbuhan dapat berkembang biak. Baik oleh usaha sendiri maupun oleh manusia.

6. Hewan Darat

Hewan darat adalah hewan yang hidup di darat. Hewan darat adalah makhluk hidup yang ada di bumi. Hewan darat adalh salah satu dari sumber protein bagi manusia. Selain itu, hewan darat juga dapat menjadi alat transportasi dan alat utuk membantu pekerjaan manusia, seperti sapi untuk membajak dan monyet untuk memetik kelapa. Sama seperti tumbuhan, hewan darat mampu berkembang biak, sehingga menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sponsors Link

7. Hewan Air

Hewan laut adalah hewan yang hidup di air. Hewan air terbagi menjadi hewan air tawar dan hewan air asin. Hewan air juga menjadi sumber protein bagi manusia. Hewan air juga dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Seperti hewan darat, hewan air juga mampu berkembang biak, sehingga dianggap sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

8. Ombak

Ombak adalah aliran air laut yang bergulung- gulung akibat tiupan angin dan perbedaan tekanan air laut. Ombak adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki jumlah yang sangat banyak. Ombak dapat dipakai sebagai sumber pembangkat listrik. Selain itu ombak dipakai untuk sumber listrik bagi mercusuar yang ada di tebing.

9. Pasang dan Surut Air Laut

Pasang surut air laut adalah naik dan turunnya permukaan air laut (Baca: Manfaat Pasang Surut Air Laut). pasang surut air laut juga dapat dijadikan sebagai sumber tenaga listrik. Walau pemakaian metode ini belum banyak di ketahui dan dipakai oleh negara- negara di dunia. Akan tetapi metode ini mampu membantu pasokan listrik di desa- desa nelayan di pinggir pantai yang belum terkenan aliran listrik.

Sponsors Link

10. Biomassa

Biomassa adalah sisa- sisa mahkluk hidup yang telah mati, tapi jasadnya masih dapat di pakai oleh manusia. Biomassa antara lain sisa serbuk kayu dan sisa kulit kayu di pakai kembali dalam pembuatan mebel. Selain itu sisa rumput kering di pakai kembali untuk pupuk kompos. Sisa kotoran hewan juga di pakai sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar dari gas alam, yaitu biogas.

11. Geotermal

Geotermal adalah energi yang berasal dari panas bumi. Energi ini dianggap sebagai energi alternatif sebagai pembangkit listrik, karena energi ini adalah energi yang bersih dan ramah lingkungan. Energi ini belum menjadi energi yang umu di pakai, dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

12. Nuklir

Nuklir adalah energi buatan yang berasal dari proses pemecahan atom. Nuklir banyak dipakai sebagai sumber pembangkit listrik. Salah satu negara yang memakai energi ini adalah jepang. Nuklir juga menjadi alasan berhentinya perang dunia kedua, karena efek ledakan yang di timbulkan oleh nuklir sangat besar.

Demikian tadi 12 sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Walau dapat diperbaharui, beberapa sumber daya, jika dipakai secara terus- menerus, tanpa memberikan kesempatan sumber daya tersebut berkembang biak, maka sumber daya tersebut makin lama akan habis. Seperti punahnya beberapa hewan dan tumbuhan, akibat perburuan liar yang tidak melihat aspek keseimbangan ekosistem. Pemakaian sumber daya alam yang bijak, akan menjaga bumi dari kerusakan akibat ulah manusia.

Baca Juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 09th, January 2017 / 13:19 Oleh :
Kategori : Biogeografi