Negara Serbia: Karakteristik, Penduduk Dan Faktanya

Negara Serbia atau secara resmi bernama Republik Serbia termasuk sebagai negara pedalaman yang terbentang dari tengah hingga ke tenggara Benua Eropa. Pada tahun 2003 hingga 2006, negara ini pernah bergabung dengan negara Montenegro dan membentuk suatu persemakmuran bernama Uni Negara Serbia dan Montenegro, serta menjadikan Beograd sebagai ibu kotanya.

Karakteristik Negara Serbia

Negara Serbia berada di Semenanjung Balkan dan juga Daratan Pannonia tersebut mengklaim perbatasan wilayahnya dengan negara Albania melalui wilayah Kosovo yang disengketakan. Ibu kota Serbia berada di Kota Beograd dan termasuk sebagai salah satu kota terbesar dan tertua di kawasan Eropa Tenggara.

Secara astronomis berada di antara garis lintang 41o – 47o LU dan antara garis bujur 18o – 23o BT. Luas negara Serbia mencapai 88.361 km persegi (termasuk wilayah Kosovo) dan menjadi 77.474 km persegi jika tanpa wilayah Kosovo.

Karena termasuk sebagai negara pedalaman, tidak heran jika negara ini dikelilingi oleh beberapa negara, antara lain:

Sekitar sepertiga wilayah Serbia bagian utara merupakan Dataran Pannonia, sedangkan di bagian ujung paling timur Serbia terbentang hingga ke Dataran Wallachian. Pegunungan juga mendominasi sepertiga bagian selatan Serbia, terdapat juga Alpen Dinaric yang terbentang di barat hingga barat daya mengikuti aliran sungai Drina dan Ibar.

Selain itu, terdapat pula Pegunungan Carpathian dan Pegunungan Balkan yang terbentang dari utara hingga selatan, tepatnya di bagian timur Serbia. Titik tertinggi negara Serbia berada di Puncak Midžor, Pegunungan Balkan yang memilki tinggi mencapai 2.169 meter di atas permukaan laut, sedangkan titik terendahnya berada di dekat Sungai Danube, Prahovo dengan tinggi 17 meter di atas permukaan laut.

Iklim negara Serbia dipengaruhi oleh daratan Eurasia, Samudera Atlantik dan Laut Mediterania, oleh karena itu, negara ini cendrung lembab dan beriklim subtropis. Suhu rata-rata mencapai 0 derajat pada bulan Januari dan 22 derajat di bulan Juli.

Di bagian utara beriklim kontinental dengan musim dingin dan musim panas yang lembab, namun curah hujan tersebar cukup rata. Sedangkan untuk bagian selatan, saat musim panas dan musim gugur tiba akan terasa kering, dan ketika musim dingin suhu udara menjadi sangat dingin.

Penduduk Negara Serbia

Sebagian besar penduduk Serbia merupakan etnik Serbia dan etnik minoritas terbesar kedua berasal dari etnik Hungaria. Terdapat pula etnik minoritas lainnya berasal dari Kroasia, Slovakia, Albania, Montenegro, Vlachs, Rumania, Bulgaria dan Makedonia, tidak hanya itu saja, terdapat pula etnik China yang merupakan satu-satunya imigran non Eropa di negara Serbia.

Berdasarkan konstitusi Serbia, Serbia termasuk negara sukuler yang menjamin kebebasan dalam beragama.  Kepercayaan penduduk Serbia sebagian besar merupakan jemaat Gereja Ortodoks Serbia yang juga menjadi gereja terbesar dan tradisional di negara tersebut. Selain itu, ada pula agama lain yang dianut oleh penduduk Serbia yakni Katolik Roma, Protestan, Gereja Katolik Yunani, Muslim, dan sisanya beragama Yahudi.

Bahasa Seriba menjadi bahasa resmi negara ini dan hampir dituturkan oleh sebagian besar penduduk Serbia. Selain itu, bahasa Serbia menjadi satu-satunya bahasa di Eropa yang menggunakan digraphia aktif huruf Cyrillic dan Latin. Bahkan bahasa ini telah ditetapkan ke dalam konstitusi sebagai “naskah resmi” yang dirancang di tahun 1814 oleh seorang filolog Serbia, Vuk Karadžić.

Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Serbia

Negara Serbia termasuk negara dengan kondisi ekonomi pasar sedang tumbuh menuju pendapatan menengah ke atas. Berdasarkan Dana Moneter Internasional, PDB nominal Serbia di tahun 2018 mencapai US$ 50.651 milyar atau sekitar US$ 7.243 per kapita.

Sebagian besar perekonomian didominasi dari sektor pelayanan yang menyumbang sekitar 67,9% PDB, kemudian diikuti dari sektor industri dan sektor pertanian. Bursa Efek Beograd merupakan satu-satunya bursa efek di Serbia dan BELEX15 adalah indeks utama yang mewakili 15 saham paling likuid.

Serbia termasuk negara yang cocok untuk melakukan budidaya pertanian dengan beragam jenis tanaman dan memiliki sekitar 5.056.000 hektar lahan. Bahkan beberapa produk pertanian dan olahannya telah berhasil diekspor kesejumlah negara dan hal ini pula menjadikan Serbia sebagai pengekspor buah beku terbesar di pasar Eropa khususnya Jerman dan Perancis.

Fakta Menarik Negara Serbia

  1. Kata Serbia pertama kali disebut dalam bahasa Yunani yang memiliki arti Daratan Orang Serbia. Serbia merupakan nama dari salah satu keluarga besar bangsa Slavik yang pertama kali menghuni Balkan pada abad ke-7.
  2. Negara Serbia menjadi salah satu penyebab terjadinya Perang Dunia II, yakni ketika nasionalis Serbia membunuh Archduke Franz Ferdinand yang berasal dari Austria di tahun 1914. Sehingga akhirnya Austria mendeklarasikan untuk perang melawan Serbia.
  3. Serbia sempat bergabung dengan negara Montenegro di tahun 1992, kemudian berpisah kembali pada tahun 2006 dan menjadi negara merdeka.
  4. Ibu kota Serbia yakni Belgrade atau Beograd masuk ke dalam daftar tertinggi sebagai tempat pesta oleh Lonely Planet. Bahkan pernah mendapat gelar “City of The Future” di kawasan Eropa Selatan.
  5. Serbia menjadi pengekspor buah rasberry terbesar di dunia yakni sekitar 30% dari total ekspor dunia.
  6. Terdapat manuskrip tertua dan telah terdaftar di UNESCO bernama Gospel Miroslav yang ditulis pada tahun 1180.
  7. Serbia menjadi tempat tinggal bagi pada ilmuwan terkenal seperti Nikola Tesla dan Mihajlo Pupin yang merupakan ahli di bidang fisika dan kimia, berjasa atas penemuannya di bidang komunikasi.
fbWhatsappTwitterLinkedIn