Negara Lithuania: Karakteristik, Penduduk, Dan Fakta Menarik

Negara Lithuania adalah sebuah negara yang berada di benua Eropa bagian timur laut dan merupakan salah satu dari tiga negara Baltik di mana lokasinya tidak jauh dari Laut Baltik. Berdasarkan sejarah, negara Lithuania pernah menjadi negara terbesar di Eropa sekitar abad ke-14.

Karakteristik Negara Lithuania

Negara Lithuania terletak di Eropa Utara dan berada di antara garis lintang 53o –57o LU dan di antara garis bujur 21o – 27o BT. Negara yang beribu kota di Vilnius tersebut juga berbatasan dengan beberapa wilayah, antara lain:

Luas negara Lithuania sekitar 65.300 km persegi, yang tersusun atas wilayah perairan sekitar 4,01% dan wilayah daratan dengan luas mencapai 62.680 km persegi. Negara ini mempunyai garis pantai sepanjang kurang lebih 99 km dan hanya sekitar 38 km yang menghadap Laut Baltik.

Ada beberapa sungai penting di Lithuania dengan sungai terbesar dan utamanya yakni Sungai Nemunas yang juga menjadi titik terendah Lithuania, dengan beberapa anak sungainya yang berperan penting dalam pelayaran internasional.

Bentang alam Lithuania merupakan berasal dari gletser zaman es akhir. Titik tertingginya berada di Bukit Aukštojas dengan ketinggian 294 meter di atas permukaan laut yang berada di bagian timur. Di sana pula terdapat banyak danau, lahan basah, serta zona hutan campuran yang menutupi sekitar 33% daratan Lithuania.

Setidaknya ada sekitar 816 sungai dan 6.000 danau di Lithuania. Danau terbesarnya yakni Danau Druksiai (44,5 km persegi), danau terdalam yakni danau Tauragnas (65,5 meter), dan danau terpanjang bernama danau Asveja (21,9 km).

Penduduk Negara Lithuania

Jumlah populasi penduduk negara Lithuania cukup besar namun tersebar cukup merata. Sebagian besar penduduk Lithuania berasal dari etnis Lithuania. Terdapat pula beberapa etnis minoritas yang tinggal di Lithuania seperti etnis Polandia, Rusia, Belarus, dan Ukraina. Etnis Polandia dan Rusia merupakan kelompok etnis minoritas terbanyak yang banyak ditemukan di Vilnius.

Penduduk Lithuania mayoritas merupakan para jemaat Katolik Roma sejak kristenisasi masuk ke negara ini di tahun 1387. Adapun agama minoritas lain yang dapat ditemukan di Lithuania yakni Ortodoks Timur, Komunitas Old Believers, Protestan, Lutheran, Reformed Gereja-gereja Injil, Hindu, Islam, Yahudi, dan Baltik.

Bahasa resmi negara ini adalah bahasa Lithuania, namun bahasa Rusia dan Polandia juga banyak dituturkan oleh penduduk Lithuania. Bahasa Lithuania banyak digunakan di pemerintahan atau lembaga resmi lainnya. Bahasa Lithuania adalah salah satu bahasa Proto-Indo yang masih ada dan termasuk konservatif.

Ekonomi Dan Sumber Daya Alam Negara Lithuania

Perekonomian Lithuania termasuk yang terbesar di antara negara-negara Baltik. Bahkan Indeks Pembangunan Manusia tergolong tinggi. Sejak menjadi negara pertama yang menyatakan kemerdekaan dari Uni Soviet di tahun 1990, dengan cepat perekonomian Lithuania berubah dari yang sebelumnya ekonomi pusat menjadi ekonomi pasar dengan menjalankan reformasi liberal.

Kegiatan ekspor dan impor barang menjadi salah satu kegiatan penunjang pendapatan Lithuania. Negara Lithuania bekerja sama dengan beberapa negara dalam kegiatan ekspor seperti negara Rusia, Latvia, dan Polandia dengan produk utamanya yakni bahan bakar, mesin dan peralatan, serta bahan kimia.

Sedangkan untuk kegiatan impor, Lithuania bekerja sama dengan negara Jerman, Polandia, dan Rusia. Lithuania mengimpor beberapa produk utama seperti gas alam, minyak, mesin dan peralatan.

Fakta Unik Negara Lithuania

  1. Berdasarkan penelitian seorang ilmuwan dari Perancis di tahun 1989, negara Lithuania berada tepat di tengah benua Eropa.
  2. Negara Lithuania merupakan satu-satunya negara di dunia yang mempunyai aroma parfum resmi bernama Scent of Lithuania.
  3. Bir terkenal di Lithuania yaitu Švyturio Ekstra yang amat disukai oleh penduduk lokal bahkan dunia. Bir tersebut pernah mendapatkan penghargaan Golden Medal dalam World Beer Championship di Amerika Serikat pada tahun 2001, Silver Medal di World Beer Cup Amerika di tahun 2000, dan Golden Medal pada Stokholm Beer Festival yang diselenggarakan di Swedia di tahun 2004.
  4. Di kota Vilnius terdapat sebuah menara TV dengan tinggi 326,5 meter. Pada bagian berbentuk CD di mana bangunan tersebut mempunyai tinggi sekitar 16 meter dan berat 3.500 ton, terdapat restoran dan area untuk melihat keindahan kota Vilnius dari atas secara berputar.
  5. Lithuania merupakan negara pertama yang mempunyai banyak balon udara setiap penduduknya. Bahkan kota Vilnius menjadi tempat bagi orang yang ingin terbang menggunakan balon udara.
  6. Kota Vilnius masih dipertahankan kebudayaannya zaman dulu. Hal ini terbukti dari banyaknya peninggalan arsitektur bergaya Baroque, Gotik, dan Renaissanse.
  7. Terdapat sebuah pohon Oak peninggalan Perang Salib yang diberi nama Pohon Oak Stelmuze dan dianggap sebagai pohon oak tertua di Eropa. Sebelum agam Kristen masuk, pohon Oak menjadi simbol keagamaan yang melambangkan kehidupan abadi dan kekuatan.
fbWhatsappTwitterLinkedIn