Sponsors Link

Tanah Top Soil: Pengertian, Ciri- ciri, Kandungan dan Manfaatnya

Sponsors Link

Pernahkah kita memperhatikan tanah yang menjadi pijakan kaki kita di planet Bumi ini? Tanah yang melapisi ekosistem daratan di Bumi memiliki lapisan- lapisan tanah. Bukti ini akan kita dapatkan apabila kita menggali tanah yang ada di sekitar kita tersebut. Terkadang rupa tanah yang kita gali akan berbeda antara yang paling atas hingga beberapa centimeter di bawahnya. Jika lebih dalam lagi terkadang kita akan menemukan sumber air (baca: cara menjaga sumber air) yang kita sebut sebagai air tanah (baca: pencemaran air tanah).

Lapisan- lapisan tanah ini memiliki karakteristik sendiri. Tanah memiliki ciri- ciri tanah yang subur dan tidak subur di setiap lapisannya. Seperti yang kita tahu bahwa tanah humus yakni yang berada di paling atas memiliki tingkat kesuburan yang paling tinggi daripada yang ada di bawahnya. Lapisan tanah paling atas ini juga disebut sebagai top soil. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai top soil.

Pengertian Top Soil

Top Soil merupakan tanah yang berada di lapisan paling atas tanah dengan kedalaman sekitar 5 sentimeter hingga 30 sentimeter dari permukaan Bumi (baca: bentuk permukaan bumi). Top soil akan terbentuk apabila batuan telah berderai dan hancur melalui proses geological dan berubah menjadi serpihan- serpihan kecil yang kemudian terkumpul di atas bumi. Top Soil biasanya mengandung bahan- bahan alami yang bersifat menyuburkan tanah, seperti dedaunan, ranting- ranting kayu yang telah mati. Satu inci top soil mengambil masa ribuan tahun untuk terbentuknya. Dengan demikian kita bisa menemukan top soil yang berkualitas di hutan- hutan belantara yang belum terjamah manusia.

Ciri- Ciri Top Soil

Top soil merupakan salah satu lapisan tanah yang menyusun bumi, dengan demikian  kita perlu untuk mengetahui lebih dalam tentangnya. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa lapisan tanah di Bumi ini bermacam- macam jenisnya, dengan  jenis yang bermacam- macam maka kita  perlu mengetahui cara untuk membedakannya. Salah satu caranya adalah dengan melihat ciri- ciri yang dimiliki lapisan tanah tersebut. Beberapa ciri yang dimiliki lapisan tanah top soil antara lain sebagai berikut:


  • Berada di bagian teratas dari permukaan Bumi

Salah satu ciri kuat yang dimiliki oleh top soil adalah keberadaannya yang berada di palig atas dari permukaan Bumi. Top soil ini dapat kita temukan pada kedalaman sekitar 5 cm hingga 30 cm.

  • Memiliki sifat yang subur

Kita pernah mendengar bahwa lapisan tanah teratas merupakan lapisan tanah yang paling subur karena terbentuk dari bahan- bahan organik yang telah melapuk seperti dedaunan dan juga kayu- kayuan. Dan benar sekali, top soil yang merupakan lapisan teratas memang memiliki sifat yang subur karena terbentuk oleh campuran- campuran bahan organik dalam jumlah yang banyak, seperti dedaunan yang membusuk, ranting- ranting kayu yag telah mati, dsb.

  • Terbentuk dari bebatuan yang telah hancur karena proses geological bumi

Selain terbentuk karena campuran bahan- bahan organik, bahan utama yang menyusun top soil hingga menjadi tanah adalah bebatuan (baca: jenis batuan penyusun lapisan bumi) yang telah hancur karena proses geological bumi. Dengan demikian top soil ini kaya akan mineral yang bersumber dari batuan- batuan yang telah menyusunnya hingga menjadi tanah.

Nah itulah ketiga ciri yang dimiliki oleh lapisan tanah top soil. Lapisan tanah top soil ini dapat kita temukan terutama di tanah- tanah yang belum terjamah oleh aktivitas- aktivitas manusia. hal ini karena untuk membentuk top soil sendiri memerlukan waktu yang sangat lama.

Kandungan Top Soil

Top soil merupakan salah satu jenis tanah yang kaya. Ada banyak kandungan bahan alami yang terdapat atau yang menyusun top soil ini. Beberapa zat atau bahan yang terkandung di dalam top soil antara lain sebagai berikut:

  • Tanah lempung (loam)
  • Kelodak dan pasir
  • Kompos
  • Berbagai mikroorganisme yang masih hidup

Nah itulah beberapa zat yang terkandung di dalam top soil. Zat- zat yang telah disebutkan di atas bercampur menjadi satu dan terbentuk secara alami. Karena zat- zat tersebut bercampur secara alami maka top soil inilah memiliki sifat yang sangat subur.


Manfaat Top Soil

Top soil merupakan jenis tanah yang memiliki banyak manfaat. Hal ini sangat bisa dilihat dari sifatnya yang subur, keberadaannya yang ada lapisan teratas, dan juga kandungan- kandungan zatnya. Salah satu manfaat dari top soil ini bisa kita rasakan di bidang pertanian yang banyak membutuhkan tanah subur. Beberapa manfaat dari top soil antara lain sebagai berikut:

  • Memperbaiki struktur tanah

Top soil dapat memperbaiki struktur tanah (baca: jenis- jenis tanah di Bumi) dengan cara mencampurkannya pada kawasan yang diusahakan bagi kepentingan pertanian.

  • Memperbaiki pengudaraan yang ada di dalam tanah

Top soil bisa memperbaiki pengudaraan di dalam tanah karena kandungan- kandungan yang dimilikinya seperti loam, silt dan pasir.

  • Sebagai media persemaian

Top soil juga bisa dimanfaatkan sebagai media persemaian, terutama bagi para pekebun sambilan yang mana tanamnya tidak dalam jumlah yang besar.

Nah itulah beberapa manfaat dari top soil yang terutama dalam bidang pertanian. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tanah