8 Cara Menjaga Sumber Air Agar Tidak Tercemar

Seperti yang telah kita ketahui bahwa air adalah salah satu SDA yang kita butuhkan setiap harinya. Tanpa adanya air dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan dapat merasakan minum, mandi, mencuci dan hal yang lainnya. Banyak sekali sumber air di seluruh penjuru negara ini, namun tak sedikit pula ada wilayah yang kekurangan air atau mengalami kekeringan. Air yang kita gunakan sehari-hari berasal dari berbagai sumber seperti pegunungan, sungai dan lain-lain. ( baca : Proses Terjadinya Mata Air )

Di Jakarta pencemaran sungai terjadi dimana-mana, sehingga terjadi pencemaran air. Padahal air merupakan sumber utama dalam kehidupan sehari-hari. Lalu bagaimana cara menjaga sumber air tersebut agar tetap bersih dan layak untuk digunakan ? Berikut penjelasannya.

  1. Mendaur Ulang Barang Bekas – Dengan cara pemanfaatan sampah seperti ini mendaur ulang barang bekas ini tujuannya adalah dapat mengurangi kebiasaan membuang sampah disungai dan juga dapat meningkatkan ketrampilan masyarakat dengan memanfaatkan sampah-sampah yang dapat dibuat sebagai prakarya ataupun hal lain yang dapat menghasilkan uang.
  2. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia – Dengan cara mengurangi penggunaan bahan kimia seperti rinso, sabun, shampo dan lain sebagainya tujuannya adalah agar sumber air tersebut tidak banyak mengandung zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, hal ini juga agar ekosistem sungai maupun ekosistem air tetap terjaga.
  3. Melakukan Kerja Bakti – Melakukan atau menggiatkan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan, terutama di tempat yang menjadi sumber air itu berasal sangatlah penting, dimana masyarakat harus menjaga lingkungannya sendiri agar nyaman ditempati. Dan juga agar air tetap bersih dan layak untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. ( baca : Prinsip Etika Lingkungan )
  4. Memberikan Penyuluhan – Dengan mengadakan perkumpulan demi penyuluhan di wilayah tertentu yang merupakan wilayah sebagai sumber air inilah nantinya perlu diperhatikan agar masyarakat menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama sumber mata air bagi kehidupan sehari-hari.
  5. Tidak Membuang Sampah Sembarangan – Buanglah sampah pada tempatnya. Itulah ungkapan yang sering kita dengar. Dimana kita memang dituntut untuk tidak membuang sampah sembarangan, namun membuang sampah pada tempatnya sendiri. Karena sebagian besar masyarakat sering membuang sampah di sungai atau di sembarang tempat. Hal ini justru akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan maupun masyarakat itu sendiri. ( baca : Dampak Pencemaran Lingkungan )
  6. Reboisasi Hutan – Dengan mengadakan reboisasi hutan ini nantinya untuk mengurangi dampak dari kerusakan hutan, baik itu kerusakan akibat penebangan liar ataupun kebakaran hutan. Dimana tujuannya agar pohon-pohon tetap terjaga kelestariannya dan juga akan memberukan pengaruh bagi sumber air disekitarnya. Sehingga sumber-sumber air tersebut tidak tercemar dan tetap bersih. ( baca : Pemanfaatan Hutan )
  7. Bijak dalam Menggunakan Air Sumur – Dalam hal ini, biasakan untuk menggunakan air dari sumur resapan seperlunya saja, karena apabila digunakan secara berlebihan nantinya sumber air tersebut akan berkurang dan kemudian menjadi kering sehingga akan terjadi kekeringan yang menjadi bencana bagi masyarakat.
  8. Mengurangi Penebangan Hutan – Hal ini juga mempengaruhi sumber air yang ada, karena ketika pohon di hutan di tebang, maka sumber air dalam tanah tidak akan berguna dengan baik. Sebaliknya, hal ini akan menyebabkan erosi tanah dan yang paling parah adalah dapat menyebabkan tanah longsor. ( baca : Cara Mencegah Tanah Longsor )

Manfaat Air

Air merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia maupun hewan, tanpa air mereka tidak akan menjalani kehidupan yang normal. Bayangkan bila nantinya bumi ini tidak terjadi hujan lagi dan sumber mata air semakin menipis, apa yang akan terjadi ? Ya, kepunahan yang akan terjadi. Baik itu kepunahan manusia ataupun hewan. Lalu sebenarnya apa manfaat air sehingga disebut sebagai kebutuhan utama? Berikut penjelasannya,

  • Air digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari untuk memasak, mandi, minum, mencuci dan lain sebagainya
  • Air juga dapat digunakan sebagai sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan meminum air mineral minimal sebanyak 8 gelas sehari agar tubuh tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi
  • Air dapat digunakan sebagai bahan utama tumbuhan dalam melakukan proses fotosintesis, tanpa air tumbuhan tidak akan melakukan proses fotosintesis dan akibatnya adalah tumbuhan tersebut akan layu dan mati
  • Air dapat digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik, yaitu dengan membuat kincir air di daerah tertentu yang dialiri oleh air, namun perlu debit air yang konstan
  • Air merupakan tempat hidup bagi hewan air
  • Air dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran, seperti kebakaran hutan, kebakaran rumah dan lain sebagainya
  • Air digunakan sebagai media transportasi laut seperti untuk perjalanan kapal
  • Air dalam pertanian dapat digunakan sebagai sumber utama dalam irigasi ( baca : Jenis-jenis Irigasi )

Artikel terkait : Manfaat Penampungan Air

Dampak Pencemaran Sumber Air

Sumber mata air haruslah dijaga dengan benar agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, apa yang akan terjadi apabila sumber mata air tersebut tercemar ? Berikut dampaknya:

  • Kepunahan Bioma Air – Sumber air yang tercemar dapat menyebabkan bioma air menyadi hilang. Hewan-hewan seperti ikan, kepiting dan unsur-unsur dalam bioma air akan punah dan air menjadi tidak bersih.
  • Penyakit – Air yang merupakan sumber utama dalam kehidupan manusia, apabila sumbernya sudah tercemar maka akan menyebabkan wabah penyakit. Karena air tersebut sudah tidak layak dikonsumsi dan juga mengandung banyak bakteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.
  • Menimbulkan Bau – Sumber air yang tercemar oleh limbah pabrik, sampah warga, bahan kimia dan lainnya nantinya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu masyarakat yang tempat tinggalnya berada dalam sekitaran sumber air tersebut.
  • Kehilangan Sumber Air Bersih – Pencemaran sumber air bersih tentunya akan menjadi masalah serius bagi masyarakat disekitar, dimana mereka akan kehilangan sumber air bersih untuk kehidupan sehari-harinya. Hal ini tentunya perlu dicermati agar masyarakat sekitar peduli akan menjaga lingkungan.
  • Sungai Menjadi Keruh – Akibat dari pencemaran sumber air ini nantinya akan menyebabkan sungai menjadi mendangkal dan apabila tidak segera dibersihkan akan menyebabkan banjir air yang membahayakan.
  • Rusaknya Rantai Makanan – Akibat dari pencemaran sumber air ini berarti sama saja dengan merusak rantai makanan secara alami. Misalnya ikan kecil yang berada di sungai punah, kemudian ikan yang lebih besar mengalami kelaparan dan kemudian punah, begitu seterusnya hingga tingkatan tertinggi.

Artikel terkait : Ciri-ciri Air yang Tercemar

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!