Daerah Persebaran Hutan Hujan Tropis di Indonesia

Hutan merupakan sebuah kawasan yang memiliki peranan sangat penting. Banyak sekali manfaat hutan bagi manusia yang bisa kita rasakan baik secara langsung maupun tak langsung. Meskipun kebanyakan peranan yang kita rasakan adalah sebuah peranan yang tak langsung. Salah satu peran tak langsung yang kita rasakan adalah dinamika perubahan atmosfer. Perubahan iklim dan dan cuaca pada suatu daerah sedikit banyak juga dipengaruhi oleh keberadaan dari sebuah kawasan hutan. Selain masih banyak lagi peranan hutan pada sendi-sendi kehidupan manusia. baik yang berupa manfaat ekonomi, lingkungan maupun beberapa bidang sosial kemasyarakatan.

Ada banyak sekali jenis hutan di dunia yang bisa kita bagi menjadi beberapa jenis. Ada beberapa jenis-jenis hutan berdasarkan iklim, kemudian ada juga beberapa jenis-jenis hutan berdasarkan tinggi tempatnya dan masih banyak lagi. Salah satu jenis hutan yang cukup penting keberadaannya adalah hutan hujan tropis. Jenis hutan yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu hujan yang memiliki luasan cukup lebar. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan kawasan hutan terlebat di dunia yang bisa kita temukan. Hampir setiap daratan pulau di Indonesia ini di dominasi oleh hutan.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa persebaran hutan hujan tropis yang ada di Indonesia. Secara garis besar persebaran hutan hujan tropis di indonesia ini dapat kita bagi menjadi tiga kawasan utama. Setiap kawasan memiliki karakteristik flora dan fauna yang berbeda-beda. Pembedaan kawasan ini sendiri juga dibantu dengan adanya garis wallace. Beberapa kawasan hutan hujan tropis di indonesia seperti

1. Kawasan Barat

Hutan Hujan Tropis di IndonesiaKawasan persebaran hutan hujan tropis di Indonesia yang pertama akan kita bahas adalah kawasan barat. Kawasan ini mencakup Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra, dan Pulau Jawa, pada kawasan ini flora yang ada di dalamnya dapat dikategorikan sebagai flora asiatis.

Jenis dari pepohonan yang ada di dalamnya banyak sekali didominasi oleh jenis-jenis famili Dipterocarpaceae. Jenis pohon shorea, adalah salah satu contoh tumbuhan hutan hujan tropis yang akan banyak kita temukan pada kawasan hutan di bagian ini. Kebanyakan pada kawasan daerah barat ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi, terutama pada kawasan daerah hutan di kalimantan. Sedangkan pada kawasan Pulau Jawa, jumlah hutan hujan tropisnya tidak terlalu besar. Penyumbang luasan terbesar di kawasan barat ini adalah pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan.

2. Kawasan Tengah

Hutan Hujan Tropis di Indonesia1Kawasan tengah biasa disebut juga sebagai kawasan peralihan. Hal ini disebabkan karena kawasan yang satu ini merupakan salah satu kawasan percampuran antara wilayah barat dan wilayah timur. Selain itu Hutan hujan tropis yang ada di kawasan tengah juga memiliki karakteristik yang bisa dikatakan cukup unik dan menarik.

Ada beberapa ciri-ciri flora peralihan dan ciri-ciri fauna peralihan yang sangat berbeda dari kawasan yang lain. tak sedikit flora dan fauna yang ada di kawasan darah peralihan adalah jenis endemik. Beberapa jenis pohon yang dapat kita temukan di kawasan hutan hujan daerah peralihan ini, kebanyakan di dominasi oleh Verbenaceae, Myrtaceae, dan Araucariaceae. Meskipun kita banyak menemukan jenis tanaman ini di luar daerah peralihan, akan tetapi asal persebaran awal bisa dikatakan dari daerah bagian tengah.

3. Kawasan Timur

Hutan Hujan Tropis di Indonesia2Kawasan persebaran hutan hujan tropis di Indonesia selanjutnya adalah terletak di kawasan timur.  Kawasan timur ini sendiri mencakup Kepulauan Maluku hingga Papua. Kawasan papua sendiri merupakan salah satu provinsi dengan hutan terluas di indonesia. Bisa dikatakan bahwa sebagian besar hutan yang ada di kawasan papua masih belum terjamah.

Meskipun terdapat beberapa kawasan hutan yang telah dibuka untuk kepentingan tertentu. jenis tanaman yang banyak kita temukan di kawasan hutan daerah Papua dan Maluku ini sendiri pada dasarnya tak jauh berbeda dengan kawasan bagian tengah. Jenis tumbuhan dari famili Myrtaceae, dan Araucariaceae, masih banyak kita temukan di kawasan ini.

Selain itu kebanyakan flora dan fauna yang ada di kawasan ini terpengaruh oleh flora dan fauna kawasan australia. Maka tak mengherankan jika pada persebaran flora di Indonesia, kawasan timur ini disebut sebagai kawasan persebaran australis.

Sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah kawasan hutan hujan tropis yang cukup besar, masalah yang dihadapai hutan di indonesia sendiri juga sangat besar. Banyak sekali kerusakan hutan yang terjadi sehingga mengurangi luasan hutan yang ada di Indonesia sendiri. Potensi sumber daya alam hutan yang ada di Indonesia sendiri memang sangat besar. Namun, semuanya akan menjadi sebuah kerusakan tak terbendung jika pengelolaan yang dilakukan masih kurang baik.

Itu tadi beberapa informasi mengenai persebaran hutan hujan tropis di Indonesia. Ketiga kawasan hutan hujan tropis yang ada di Indonesia tersebut memiliki peranan yang sangat penting bagi Indonesia sendiri. Peranan yang ada tak hanya pada bidang ekonomi saja, namun juga pada bidang lingkungan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan