6 Ciri-Ciri Tumbuhan yang Hidup di Gurun

Jika kita berbicara mengenai makhluk hidup yang ada di planet bumi, maka ada banyak sekali jenis yang bisa kita sebutkan. Bisa dikatakan setiap daerah yang ada di bumi, memiliki makhluk hidup dengan ciri khasnya masing-masing. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna yang bisa kita temukan. Setiap faktor tersebut akan bersinggungan langsung dengan komponen ekosistem yang ada pada daerah tersebut. maka tak mengherankan jika pada suatu area terkadang kita akan menemukan beberapa  makhluk hidup yang berusaha untuk menyesuaikan kondisi tubuh mereka. Hal tersebut merupakan sebuah bentuk adaptasi lingkungan yang bertujuan untuk tetap mampu bertahan hidup dalam ekosistem tersebut.

Di planet bumi sendiri kita mengenai berbagai jenis-jenis ekosistem yang sangat berbeda satu sama lain. Perbedaan ini sendiri berhubungan erat dengan karakteristik yang mendukung terjadinya daerah tersebut. Perubahan dan adaptasi makhluk hidup di dalamnya merupakan sebagian kecil bagian yang mendapatkan efek dari kondisi tersebut.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa ciri tumbuhan yang hidup di gurun. Ekosistem gurun merupakan salah satu ekosistem yang sangat ekstrem. Hal ini disebabkan dengan minimnya sumber air dan suhu yang sangat tinggi. Kondisi tersebut menyebabkan beberapa tumbuhan yang hidup dan bertahan di dalamnya untuk merubah beberapa bagian tubuh mereka. Beberapa pertumbuhan tersebut menjadi ciri khas dari tumbuhan gurun, seperti

1. Berdaun kecil

Berdaun kecilJika membahas mengenai ciri tumbuhan yang hidup di gurun, maka salah satu cirinya adalah memiliki daun yang kecil. Salah satu tumbuhan yang memiliki daun seperti ini adalah kaktus. Pada dasarnya duri pada kaktus merupakan sebuah bentuk adaptasi perubahan dari daun yang dimilikinya.

Daun yang berukuran kecil ini sendiri bertujuan untuk mengurangi jumlah penguapan yang mungkin terjadi. Pada dasarnya hal ini merupakan salah satu bentuk dari penyesuaian tumbuhan untuk menyimpan sebanyak-banyaknya cadangan air yang dimilikinya. Hal tersebut dikarenakan sulitnya untuk mendapatkan sumber air di daerah gurun.

2. Tubuh berlapis lilin

Pada beberapa jenis tumbuhan yang hidup dan beradaptasi di area gurun akan melapisi permukaan tubuhnya dengan lapisan lilin. Lapisan lilin ini akan membantu untuk mengurangi penguapan yang berlebih dari dalam tubuh tumbuhan. Selain itu lapisan lilin juga dapat mengurangi penerimaan panas cahaya matahari pada tumbuhan. Ada beberapa tumbuhan yang melapisi bagian daunnya saja, namun ada juga beberapa tumbuhan yang melapisi batang serta bagian tubuhnya dengan lapisan lilin ini. Lapisan lilin ini sendiri tidak dapat kita lihat dengan kasat mata. Namun, dapat kita rasakan ketika menyentuh permukaan tumbuhan tersebut akan terasa sedikit licik jika dibandingkan tumbuhan lain.

3. Batang berukuran lebih besar

Batang berukuran lebih besarSalah satu ciri tumbuhan yang hidup di gurun selanjutnya adalah ukuran batang yang cukup besar. Ukuran batang ini sendiri ditujukan sebagai media penyimpanan air di dalam tubuh tumbuhan.

Jika kita membelah beberapa jenis tumbuhan gurun, maka bagian dalam tubuhnya akan berbentuk seperti spons. Bagian tubuh inilah yang berfungsi untuk menyerap dan menyimpan setiap air yang di dapatkan oleh tumbuhan tersebut. Ukuran tubuh yang besar ini dapat kita temukan pada kaktus. Meskipun ada juga beberapa jenis tumbuhan gurun yang mampu menyimpan air namun, memiliki batang yang lebih ramping.

4. Akar yang panjang

Salah satu ciri khas lagi yang dimiliki oleh tumbuhan yang hidup di area gurun dapat kita temukan pada bagian akar. Beberapa jenis tumbuhan yang ada di area gurun memiliki akar yang jauh lebih panjang dari tumbuhan lain. Akar yang memanjang jauh ke dalam bagian bumi bertujuan untuk mencari sumber air. Bentuk akarnya sendiri bisa dikatakan hampir menyerupai akar serabut yang biasa kita temukan. Selain itu bentuk akan seperti ini juga memudahkan beberapa jenis tumbuhan untuk menopang tubuhnya sendiri.

5. Batang tak berkayu

Batang tak berkayuTumbuhan yang hidup dan bertahan di area gurun kebanyakan adalah tumbuhan yang tak berkayu. Sangat sedikit sekali tumbuhan berkayu yang bisa kita temukan pada area gurun.

Hal ini dikarenakan tumbuhan yang hidup dan bertahan di area gurun, telah mengubah bentuk bagian tubuh mereka agar lebih bayak dapat menyimpan air. Maka tak heran jika kalian akan sangat jarang menemukan tumbuhan berkayu. Kebanyakan tumbuhan yang ada di area gurun, di dominasi oleh kaktus dan rerumputan. Atau kita bisa juga mendapatkan beberapa jenis pohon yang masih termasuk kedalam jenis aren-arenan.

6. Daun lebar

Daun lebarAda beberapa jenis tumbuhan gurun yang bisa dikatakan cukup unik dan menarik untuk diperhatikan secara seksama. Jika biasanya tumbuhan yang hidup di gurun cinderung untuk memiliki daun yang berukuran kecil.

Namun, ada tumbuhan yang memiliki daun berukuran lebar dan memanjang. Ukuran daun yang lebar ini pada dasarnya juga memiliki fungsi yang sama dengan batang kaktus. Selain itu daun ini juga memiliki zat lilin yang melapisi permukaannya untuk menghambat terjadinya penguapan berlebih.

Itu tadi beberapa ciri tumbuhan yang hidup di gurun. Tumbuhan yang hidup dan bertahan di gurun mengharuskan mereka untuk beradaptasi secara ekstrim. Adaptasi tersebut berguna untuk mengimbangi kondisi guru yang cukup sangat ekstrem. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gurun