18 Fungsi Penghijauan dan Penjelasannya

Penghijauan merupakan salah satu upaya melindungi Bumi (baca: inti Bumi) dengan cara menanam pepohonan di permukaan Bumi (baca: bentuk permukaan bumi). Pepohonan di permukaan Bumi berjumlah banyak terdapat pada kawasan yang kita sebut sebagai hutan. Kita juga mengeahui bahwa fungsi atau manfaat hutan sudah tidak diragukan lagi. Apabila hutan mempunyai manfaat atau fungsi yang sangat berarti, maka penghijauan pun juga demikian. Penghijauan bahkan tidak hanya dilakukan pada lahan yang luas saja, namun juga dapat dilakukan di lingkungan sekitar kita, seperti rumah dan halaman rumah. Penghijauan ternyata mempunyai fungsi yang sangat banyak dan juga penting bagi Bumi. Beberapa fungsi dari penghijauan antara lain sebagai berikut:

  1. Mencegah terjadinya banjir

Fungsi penghijauan yang pertama adalah mencegah terjadinya banjir (baca: pencegahan banjir). Hal ini jelas tercermin pada fungsi pepohonan. Penghijauan pada dasarnya adalah pepohonan. Pepohonan mempunyai akar yang berfungsi sebagai penyerap air dan menyimpannya di dalam tanah. Oleh karena itulah air yang terserap akan terkunci di dalam tanah. Karena terkunci ke dalam tanah maka hal ini akan mengecilkan resiko terjadinya banjir. Air hujan yang volume nya banyak tidak akan meluap sehingga tidak terjadi banjir (baca: jenis banjir).

  1. Menjaga kualitas air tanah

Penghijauan yang berasal dari pepohonan juga akan menjaga kualitas air tanah (baca: manfaat air tanah). Pohon- pohon akan melindungi kulitas air tanah dengan akarnya. Oleh karena itulah kita sering melihat bahwa mata air yang mana airnya dijadikan sebagai air minum berada di sekitar pepohonan seolah mata air tersebut dijaga oleh pohon- pohon besar dengan akarnya yang lebat. Air tanah yang dijaga oleh akar- akar pohon akan terlihat lebih jernih dan terasa lebih segar daripa air tanah (baca: jenis air) yang tidak berada di sekitar pepohonan.

  1. Melindungi satwa

Fugsi lain dari pengijauan atau penanaman pohon adalah dapat melindungi satwa. Binatang banyak yang menggantungkan hidupnya dari pepohonan. Selain sebagai tempat mencari makanan, pohon juga berperan sebagai tempat tinggal banyak jenis satwa. Maka dari itulah jika kita menanam banyak pohon maka banyak jenis binatang atau satwa yang akan terlindungi, baik terlindungi ketersediaan makanannya ataupun terlindungi tempat tinggalnya. Beberapa janis satwa yang akan terlindungi antara lain berbagai macam jenis burung, kera, dan lain sebagainya.sebagai tempat mencari makanan, pohon juga berperan sebagai tempat tinggal banyak jenis satwa. maka  tanah yang tidak berada di

  1. Mengurangi polusi udara

Penghijauan juga sangat berperan untuk membersihkan udara(baca: sifat udara) yang ada di Bumi. Kita telah hidup di Bumi selama berabad- abad lamanya, selama berabad- abad itulah kita menggunakan berbagai macam bahan bakar yang menimbulkan polusi udara. Selain itu, polusi udara juga dapat ditimbulkan karena berbagai macam kegiatan manusia. polusi- polusi yang menumpuk ini apabila tidak dinetralisir akan sangat berbahaya, bagi lingkungan dan juga manusia. salah satu cara untuk menetralkan polusi udara adalah dengan menanam banyak pohon. Pohon yang melakukan fotosintesis akan menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi Bumi dan makhluknya.

  1. Mengurangi dampak hujan asam

Hujan asam merupakan hujan air dengan komposisi garam yang berlebihan. Hujan asam ini apabila dibiarkan maka akan menimbulkan efek yang sangat buruk. Dan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi dampak hujan asam adalah dengan melakukan penghijauan. Penghijauan berupa pohon akan mengurangi dampak hujan asam karena fotosintesis yang dilakukan pohon akan membantu menetralkan zat- zat yang ada di dalam air hujan

(baca: proses terjadinya hujan), termasuk zat asam. Dengan demikian hujan yang turun ridak terlalu asam dan dampak hujan asam bisa dikurangi.

  1. Pengontrol iklim

Penghijauan juga merupakan salah satu upaya untuk dapat mengontrol iklim. Indonesia memiliki iklim tropis (baca: iklim di Indonesia), artinya iklim panas yang mendapatkan sinar matahari (baca: lapisan matahari) lebih panas daripada iklim yang lainnya. Iklim akan berjalan teratur ketika kondisi Bumi baik- baik saja atau normal, namun seiring berjalannya waktu kondisi Bumi semakin tua dan juga memburuk. Pemburukan ini ditambah dengan buangan dari sisa- sisa industri, kendaraan dan lainnya yang menyebabkan polusi udara. Udara yang kotor ini mengandung berbagai macam gas yang berbahaya yang pada askhirnya bisa menyebabkan iklim tidak seperti seharusnya. Nah, apabila banyak pepohononan di Bumi maka udara yang kotor ini tadi dapat seimbangkan atau paling tidak dinetralisir, sehingga iklim yang terjadi tidak terlalu ekstrim.

  1. Mengurangi pertikel debu

Pohon- pohon juga dapat mengurangi partikel- partikel debu. Partikel debu yang dimaksud tentu saja adalah debu di udara. Coba kita bandingkan, ketika siang hari yang panas kita sedang berada di jalan dengan banyak kendaraan bermotor disana. Kita akan menjumpai banyak polusi udara dari knalpot kendaraan tersebut. Kita bandingkan apabila tempat sekitar kita berdiri ada banyak pohon dan tidak ada pohon, pasti beda rasanya kan? Tempat yang disekitarnya banyak pohon lebih terasa sejuk dan lebih segar daripada yang tidak mempunyai pohon sama sekali. Ah, hal ini mampu menunjukkan bahwa pohon- pohon juga dapat bermanfaat untuk mengontrol partikel debu.

  1. Mencegah efek rumah kaca

Salah satu fungsi penghijauan yang paling penting adalah mengurangi efek rumah kaca (baca: penyebab efek rumah kaca). Efek rumah kaca sebenarnya adalah kondisi dimana Bumi mempunyai gas- gas yang dapat meredam sinar matahari (gas rumah kaca) yang terlalu banyak. Akibatnya suhu di Bumi akan terasa semakin panas. Dengan adanya pepohonan yang menghasilkan oksigen di siang hari, maka keberadaan zat- zat rumah kaca dapat dikontrol sehingga mencegah efek rumah kaca.

  1. Menghemat biaya

Penghijauan ternyata juga dapat menghemat biaya lho. Biaya apakah itu? Misalnya ada sebuah kantor yang membutuhkan udara segar supaya karyawan dan suasana kantor menyenagkan karena tidak panas. Jika kantor tersebut mau menerapkan konsep kantor yang go green dan menggunakan ruangan terbuka dengan banyak pepohonan, maka mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan AC bukan? hal ini tentu akan menjadi penghematan tersendiri.

  1. Penyupplai pupuk alami

Pepohonan juga dapat menjadi penyupplai pupuk alami atau kompos. Dari dedaunan dan juga bunga atau buah pohon yang gugur, maka dapat kita tampung dan kita oleh menjadi pupuk kompos. Dengan demikian kita dapat mempunyai pupuk kompos sendiri tanpa harus membelinya.

  1. Pemecah angin

Pepohonan juga dapat menjadi sarana pemecah angin. Angin yang menerjang pepohonan akan dapat pecah sehingga tidak menggumpal dan berbahaya.

  1. Pencegah erosi

Penghijauan dengan menanam pepohonan sangat berperan untuk mencegah erosi tanah. Hal ini tentu akan lebih terasa di daerah yang miring. Akar- akar pohon yang mencegkeram tanah dengan kuat bisa melindungi tanah dari pengikisan. Hal ini akan sangat melindungi tanah dari erosi tanah, terutama yang disebabkan karena aliran air hujan.

  1. Sarana terapi kesehatan

Lingkungan yang hijau bisa dimanfaatkan sebagai sarana terapi kesehatan, terutama yang berhubungan dengan pikiran. Orang yang penat akan suasana perkotaan biasanya cederung mudah stress. Hal ini bisa diatasi dengan mendatangi lingkungan dengan banyak pohon atau pemandangan hijau. Dengan melihat pemandangan hijau maka pikiran yang penat akan tergantikan dengan pikiran yang segar dan fresh, sehingga jauh dari kata pusing.

  1. Menjaga mata air

Pepohonan juga dapat menjaga keberadaan mata air. Tidak hanya mencegah banjir, namun akar pohon yang menyimpan air di dalamnya juga dapat menjadi penolong ketika musim kemarau tiba. air yang tersimpan di dalam akar pohon bisa kita gunakan selagi hujan tidak kunjung turun. Dengan demikian kita tidak akan kekeringan karena kehabisan air. Selain itu pepohonan juga dapat menjaga mata air agar tetap jernih.

  1. Memperindah pemandangan

Setuju kan kalau pemandangan hijau merupakan pemandangan yang sangat indah? Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Pemandangan pepohonan hijau lebih sedap dipandang dan membuat pikiran kita menjadi segar, sehingga terasa lebih fresh daripada pemandangan yang hanya buatan manusia.

  1. Tempat pariwisata

Penghijauan juga menimbulkan potensi pariwisata. Kita tahu bahwa di Indonesia ini salah satu jenis tempat rekreasi atau pariwisata yang dimiliki adalah yang memiliki banyak pohon. Seperti yang sudah dikatakan di tas, bahwa pepohonan selain indah untuk dipandang, namun juga mmapu membuat pikiran dan mata kita menjadi segar sehingga lebih fresh dan jauh dari penat. Beberapa contoh tempat wisata pepohonan yang banyak dikunjungi adalah hutan, taman kota, hingga pegunungan.

  1. Sarana pembelajaran

Selain sebagai tempat wisata, penghijauan juga dapat menunjang aktivitas pembelajaran. Bagaimana anak- anak akan diajarkan untuk perhatian kepada lingkungan da juga diajarkan betapa pentingnya pohon. Anak- anak juga bisa diajak untuk menanam pohon bersama.

  1. Melindungi Bumi

Pepohonan sebagai pelindung Bumi, terutama dari gas- gas polutan yang dapat merusak lapisan ozon dan juga udara di Bumi.

Itulah beberapa fungsi dari penghijauan atau pepohonan yang berada di sekitar lingkungan kita. sebenarnya ada banyak sekali fungsi dari penghijauan ini yang tidak bisa kami ulas satu persatu karena saking banyaknya. Setelah mengetahui bahwa penghijauan mempunyai banyak sekali manfaat, semoga kita lebih sadar dan ikut melakukan gerakan go green.

fbWhatsappTwitterLinkedIn