11 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Jika kita berbicara mengenai planet bumi, maka kita akan berbicara juga mengena berbagai relief permukaan bumi. Setiap muka bumi entah itu daratan atau lautan memiliki permukaan atau relief yang berbeda-beda. setiap relief tersebut akan berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Selain itu tak jarang relief permukaan bumi juga akan berpengaruh pada dinamika perubahan atmosfer. Kejadian seperti itu banyak sekali kita temukan pada beberapa permukaan bumi yang tersebar secara luas. Apalagi kita juga mengenal istilah biosfer yang merupakan kumpulan dari ekosistem yang terbentuk secara lebih luas dan lebih besar.

Bentuk permukaan bumi sendiri juga digunakan sebagai salah satu penanda suatu lokasi dari daerah tertentu. Hal ini, akan lebih berpengaruh pada bidang politik dan kenegaraan. Daratan sendiri dapat dibagi menjadi daratan yang berbentuk benua, maupun yang berupa pulau dan kepulauan. Ketiganya memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa negara kepulauan terbesar di Dunia. Penyebutan kepulauan ini adalah sebuah negara atau kawasan yang terdiri dari banyak sekali pulau-pulau. Kita mengenal beberapa negara yang terdiri dari kumpulan pulau-pulau. Beberapa negara tersebut seperti

1. Indonesia

Jika berbicara mengenai negara kepulauan terbesar di dunia,maka kita tak akan bisa melewatkan Indonesia. Hal ini dikarenakan, indonesia adalah salah satu negara kepulauan paling besar yang ada di dunia. Definisi besar ini tak hanya berupa luasnya saja, namun juga beberapa pulau-pulau kecil yang mengelilingi dan menyusun kawasan wilayah indonesia. tak kurang dari 17.000 pulau bahkan lebih telah menyusun kawasan di Indonesia. Negara indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil gas alam yang cukup besar dan cukup penting. Luas wilayah dari Negara kepulauan indonesia sendiri kurang lebih sekitar 1,904,569 km2,serta dengan garis pantai kurang lebih 54.716 km.

2. Madagaskar

Negara yang satu ini merupakan salah satu negara yang masuk kedalam kawasan benua afrika. Madagaskar sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki pulau terbesar di dunia. Pulau tersebut merupakan pulau utama yang dimiliki oleh negara kepulauan madagaskar. Negara yang satu ini juga merupakan salah satu negara yang menjadi kawasan tujuan wisata yang terkenal di dunia. Negara yang satu ini memiliki luas kurang lebih sekitar 587.041 km2, dan memiliki panjang garis pantai sebesar 4.826 km.

3. Papua Nugini

Negara yang satu ini merupakan salah satu negara yang sangat dekat dengan indonesia. Bahkan negara yang satu ini berbatasan langsung dengan kawasan wilayah indonesia, yaitu papua barat. Negara yang beribu kota di Port Moresby ini sendiri Memiliki luas kawasan kurang lebih sekitar 462.840 km2, serta memiliki panjang garis pantai 5.152 km. Negara yang satu ini merupakan salah satu negara yang masuk kedalam kawasan oceania.

4. Jepang

Meskipun merupakan sebuah negara kepulauan yang terpisah dari daratan. Tapi kawasn yang satu ini termasuk kedalam bagian salah satu benua di dunia yaitu asia, lebih tepatnya di daerah asia timur. Negara yang memiliki luas wilayah kurang lebih 377.915 km2, ini merupakan salah satu daerah rawan gempa bumi di dunia. Hal ini karena jepang merupakan salah satu negara yang menjadi jalur lewat lempengan muka bumi.

5. Filipina

Negara kepulauan terbesar di dunia yang selanjutnya adalah Philipina atau Filipina. Negara yang satu memiliki lokasi yang cukup dekat dengan indonesia,terutama di kawasan pulau Sulawesi. Negara yang berbatasan melalui wilayah laut ini, sering sekali dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup  terkenal. Negara yang beribu kota di Manila ini memiliki luas wilayah sebesar 300.000 km2, , serta memiliki panjang garis pantai sebesar 36.289km.

6. Selandia Baru

Selandia baru atau New Zealand merupakan salah satu kawasan yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya. Negara yang berada di kawasan oceania ini memang terkenal dengan beberapa kawasan alam yang menggoda. Negara yang beribu kota di Wellington ini sendiri memiliki luas wilayah sebesar 267.710 km2, selain itu kawasan ini juga memiliki panjang garis pantai 15.134 km.

7. Inggris

Negara kepualauan terbesar selanjutnya adalah inggris atau yang dikenal juga sebagai Britania raya. Negara yang satu ini berada di kawasan benua eropa,tepatnya ada di kawasan eropa utara. Negara yang beribu kota di London ini memiliki luas sekitar 246.610 km2, dengan garis pantai sepanjang 12.429 km.


8. Kuba

Negara kuba atau juga bisa ditulis dengan Cuba, merupakan sebuah neagra yang berada di kawasan Amerika Tengah. Negara yang sangat lekat dengan salah satu tokoh terkenal yaitu Che Guevara. Negara yang beribu kota di Havana ini sendiri memiliki luas sekitar 110.860km2 , serta memiliki garis pantai sepanjang 3.735 km.

9. Islandia

Islandia merupakan salah satu dari beberapa negara kepulauan terbesar didunia yang ada di benua eropa. Negara yang satu ini merupakan salah satu kawasan yang memiliki jarak cukup dekat dengan kawasan kutub utara. Negara yang beribu kota di Reykjavik ini memiliki luas kawasan kurang lebih 103.000 km2. Serta memiliki garis pantai sepanjang 4.970 km.

10. Irlandia

Kawasan negara yang satu ini merupakan kawasan yang banyak terkena iklim kutub utara. Lokasinya yang berada di kawasan eropa utara membuatnya memiliki musim salju yang cukup lama. Negara yang beribukota di Dublin, ini memiliki luas kawasan sekitar 70.273 km2 dengan garis pantai sebesar 1.448 km.

11. Sri lanka

Negara yang satu ini memiliki lokasi yang tak jauh dari negara India. Negara yang beribu kota di Colombo ini memiliki luas kurang lebih 65.610 km2. Kebudayaan negara yang satu ini sedikit banyak ada hubungannya dengan kawasan India. Meskipun secara geography kedua kawasan ini terpisah.

Itu tadi beberapa Negara kepulauan terbesar di Dunia. Negara tersebut tersusun dari beberapa pulau yang membentuk satu wilayah bersama. Setiap kawasan tersebut memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kepulauan