30 Negara Penghasil Gas Alam di Dunia

Sumber daya alam yang melimpah memang sudah diberikan oleh Sang Kuasa untuk keperluan manusia di bumi sejak dunia ini diciptakan. Dengan adanya sumber daya alam tersebut manusia seharusnya bisa mengelolanya dengan baik agar bisa terus dipakai oleh anak cucu di masa mendatang. Mengingat sumber daya alam yang apabila kita menggunakannya secara belebihan, bisa membuatnya habis.

Contoh sumber daya alam yang bisa habis adalah gas alam. Di beberapa negara, gas alam merupakan industri utama yang bisa mendukung perkonomian negara tersebut. Gas alam diolah oleh pemerintah atau swasta untuk kemudian digunakan sebagai kepentingan masyarakat atau untuk diekspor ke luar negeri. Beruntunglah negara yang memiliki sumber daya gas alam yang tinggi karena bisa membuat pemasukan negara menjadi bertambah.

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya kita mengenal apa itu gas alam. Gas alam atau gas bumi merupakan gas yang berasal dari bahan bakar fosil yang mendung Metana (CH 4) di dalamnya. Sumber daya alam ini banyak ditemukan di beberapa tempat seperti tambang batu bara, tambang minyak dan tambang gas bumi.

Kebanyakan masyarakat kita menggunakan sumber energi ini untuk kebutuhan rumah tangga dan industri. Kita pasti tau apa itu LPG, atau kepanjangannya adalah Liquid Protelium Gas, yang bisa dipakai oleh ibu kita untuk memasak di dapur. LPG adalah salah satu contoh bentuk gas alam yang sudah sudah diolah sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, pabrik untuk mengolah gas alam negara berada di Bontang Kalimantan Timur dan Arun di Nagroe Aceh Darussalam. Selain untuk kebutuhan memasak, gas alam juga dibutuhkan sebagai pembangkit tenaga listrik sehingga bisa memudahkan aktifitas keseharian kita semua.

Berikut ini akan dijelaskan 30 negara yang ada di dunia yang memiliki sumber daya gas alam. Satuan yang dipakai dalam daftar ini adalah meter kubik dan triliun kaki persegi. Negara-negara dengan sumber daya alam yang dimaksud yaitu :

1. Qatar

Qatar adalah negara yang berada di kawasan Timur Tengah dengan pengasil gas alam dan minyak. Sebenarnya dua komponen tersebut menjadi pendapatan utama bagi Qatar. Negara ini bisa menghasilkan 133,2 milyar meter kubik gas alam per tahunnya. Persebaran produksi gas alam dari Qatar adalah di negara-negara Asia seperti Jepang, India, Cina dan Korea Selatan.

2. Kanada

Negara ini bisa menghasilkan 143,1 milyar meter kubik gas alam per tahun. Gas alam menjadi komoditas ekspor unggulan bagi Kanada. Negara ini terletak dekat dengan Amerika bagian utara.

3. Iran

Sama halnya seperti Qatar, Iran juga merupakan negara yang berada di kawasan Timur Tengah dan memiliki minyak dan gas alam yang melimpah. Lihat saja, negara ini bisa menghasilkan 162,6 milyar meter kubik per gas alam per tahunnya.

4. Rusia

Pemeliharaan energi gas alam milik Rusia dijaga dengan sangat ketat oleh pemerintah Rusia. Hal ini bertujuan untuk menjaga keberlangsungan cadangan gas alam agar bisa digunakan untuk kebutuhan dalam negeri maupun diekspor ke luar negeri. Rusia bisa menghasilkan 669,7 milyar meter kubik gas alam per tahun.

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat juag merupakan negara penghasil gas alam yang cukup melimpah. Bahkan beberapa tahun lalu terdapat penemuan sumber gas alam baru yang bernama Shale gas. Gas alam yang dihasilkan oleh Amerika Serikat sebesar 681,4 milyar meter kubik per tahun.

6. Norwegia

Sekitar 114 milyar meter kubik gas alam yang dihasilkan oleh Norwegia. Letak produksi gas alam di Norwegia terletak di lepas pantai sebelah barat negara, yaitu di Laut Utara.

7. China

Wilayah Cina yang menghasilkan gas alam yaitu Lembah Sichuan di Selatan Cina, ujung barat Provinsi Xinjiang tepatnya di Lembah Tarim dan Laut Bohai di Beijing. Cina bisa menghasilkan gas alam sekitar 107 milyar meter kubik per tahun.

8. Arab Saudi

Negara yang dekat dengan Qatar ini juga penghasil gas alam. Arab Saudi bisa menghasilkan gas alam sekitar 105 milyar meter kubik per tahun. Lokasi penambangannya berada di lepas pantai Teluk Persia.

9. Aljazair

Negara di kawasan Timur Tengah banyak yang memiliki sumber daya gas alam. Salah satunya yaitu Aljazair. Negara ini bisa menghasilkan sekitar 82 milyar meter kubik gas alam per tahun. Letak daerah tambang berada di bagian selatan Gurun Sahara.

10. Belanda

Negara kincir angin ini juga mempunyai cadangan gas alam. Produksi gas alamnya adalah sekitar 80 milyar meter kubik per tahunnya. Lokasi penambangannya hampir sama dengan Norwegia yaitu di lepas pantai Laut Utara.

11. Uni Emirat Arab

Selain menjadi negara dengan pemeluk Agama Islam terbanyak, Uni Emirat Arab juga menghasilkan gas alam yang cukup banyak. Gas alam yang dihasilkan yaitu 52,31 milyar meter kubik per tahun.

12. Nigeria

Negara yang berada di benua Afrika ini ternyata juga menghasilkan sumber daya gas alam. Gas alam yang dihasilkan Nigeria adalah 185 triliun kaki persegi.

13. Venezuela

Venezuela menghasilkan gas alam sekitar 151 triliun kaki persegi per tahun.

14. Irak

Sumber daya gas alam yang dihasilkan Irak adalah 112 triliun kaki persegi per tahun.

15. Indonesia

Indonesia pun yang terkenal dengan sumber daya alam melimpahnya pasti mempunyai sumber gas yang tersebar di nusantara. Indonesia bisa menghasilkan 76,25 milyar meter kubik gas alam per tahunnya.

16. Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini pun bisa memproduksi gas alam sekitar 61,73 milyar meter kubik per tahun. Alhasil, kini Malaysia sudah menjadi negara berkembang yang cukup makmur.

17. Turkmenistan

Negara di kawasan Timur Tengah yang lainnya adalah Turkmenistan. Dengan produksi gas alamnya yaitu sekitar 64,4 milyar meter kubik per tahun.

18. Uzbekistan

Uzbekistan bisa memproduksi gas alam sekitar 62, 9 milyar meter kubik per tahun

19. Kazakhstan

Produksi gas alam yang dihasilkan oleh Kazakhstan adalah 65 triliun kaki persegi per tahun.

20. Mesir

Mesir adalah pusat peradaban bagi umat Islam. Selain itu, Mesir juga mempunyai sumber daya gas alam dan bisa menghasilkan 61,26 milyar meter kubik gas alam per tahun.

21. Kuwait

Hampir sama dengan Qatar, kesejahteraan warganya ditopang oleh pendapatan negara yang berasal dari pengelolaan gas alam. Gas alam di Kuwait bisa dihasilkan sekitar 56 trilun kaki persegi per tahun.

22. Meksiko

Negara yang berada di benua Amerika ini bisa menghasilkan gas alam sekitar 53,96 milyar meter kubik per tahun.

23. Bolivia

Bolivia bisa memproduksi sumber daya gas alamnya sekitar 48,97 milyar meter kubik per tahun.

24. Australia

Negara Kangguru ini yang lokasinya berada di bawah Indonesia jika dilihat di peta, juga memiliki gas alam dan menghasilkan 48,24 milyar meter kubik per tahun.

25. United Kingdom

United Kingdom atau Negara Inggris ini bisa memproduksi gas alam yang dimilikinya sekitar 40,99 milyar meter kubik per tahun.

26. Trinidad dan Tobago

Trinidad dan Tobago memiliki gas alam yang bisa diproduksi sekitar 40,6 milyar meter kubik per tahun.

27. India

Negara Bollywood ini juga penghasil gas alam yang berpengarh di Asia Timur. Yaitu sekitar 40,38 milyar meter kubik per tahun gas alam bisa dihasilkan oleh negara ini.

28. Pakistan

Walaupun kehidupan warganya kurang sejahtera, Pakistan merupakan negara penghasil gas alam. Gas alam yang bisa dihasilkan Pakistan sekitar 39,15 milyar meter kubik per tahunnya.

29. Argentina

Negara kelahiran Maradonna ini ternyata mempunyai cadangan gas alam yang bisa diekspor ke luar negeri. Gas alam yang bida diproduksi Argentina adalah 38,77 milyar kubik per tahun.

30. Thailand

Negara Pagoda ini ternyata juga menghasilkan gas alam yang menjadi komoditas utama negaranya. Yaitu sekitar 36,99 meter kubik per tahun.

Dengan berlimpahnya gas alam yang ada di suatu negara, bukan seyogyanya jika dikeruk terus menerus tanpa memperhatikan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya sumber daya alam ini harus kita syukuri dengan mengolahnya secara benar dan menggunakannya dengan sehemat mungkin. Tujuannya adalah agar keberlangsungan dari sumber daya alam tersebut terutama gas alam bisa tetap terjaga dan dapat digunakan di masa yang akan datang.

Demikian artikel mengenai negara penghasil gas alam , seomga informasi mengenai negara penghasil gas alam  dapat bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Geografi Dasar
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!