Mengapa Indonesia Memiliki Iklim Laut?

Jika kita berbicara mengenai planet bumi, maka kita juga pasti akan membicarakan mengenai berbagai hal ada di dalamnya. Kita bisa membicarakan mengenai relief permukaan bumi, hingga berbagai dinamika perubahan atmosfer yang ada. Semua hal tersebut adalah berbagai macam hal yang membentuk bumi sampai saat ini. Namun, pada dasarnya semua faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Setiap kondisi tersebut tak bisa berdiri sendiri secara penuh, meskipun terkadang masing-masing terlihat seperti terpisah satu sama lain.  Tak sedikit daerah yang terkadang memiliki kondisi yang cukup ekstrim dikarenakan kondisi alamnya. Kita ambil contoh saja misalnya gurun yang memiliki derajat panas dan kekeringan. Atau kita bisa juga mengambil contoh beberapa jenis-jenis hutan hujan tropis di dunia.

Salah satu faktor alam yang cukup penting untuk diperhatikan adalah keberadaan iklim. Setiap negara yang ada di dunia akan memiliki iklim berbeda satu sama lain. Hal inilah yang menjadikan banyak sekali keberagaman yang cukup menarik untuk dibahas.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu iklim di Indonesia yang cukup berperan penting. Kali ini ini kita akan membahas mengapa indonesia memiliki iklim laut.Ada beberapa penyebab yang sebenarnya menjadikan mengapa indonesia miliki iklim laut. Beberapa penyebab yang bisa dijelaskan seperti

Terkadang beberapa orang masih bingung untuk membedakan tentang cuaca dan iklim. Padahal ada beberapa perbedaan cuaca dan iklim yang bisa kita pahami lebih lanjut. Perbedaan ini juga berpengaruh terhadap pembagian iklim di dunia oleh para ahli.Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang cukup unik dan menarik dengan kondisi alamnya yang cukup berbeda dari yang lain.

Jika membicarakan mengenai penyebab mengapa indonesia memiliki iklim laut, maka yang bisa dijadikan sebagai penyebab utama adalah

1. Indonesia merupakan negara kepulauan

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Status tersebut bukan tanpa akibat yang dapat berpengaruh pada kondisi alam indonesia itu sendiri.Sebagai sebuah negara kepulauan maka secara otomatis berapa unsur cuaca dan iklim yang ada akan sangat berbeda dari negara yang lain. Salah satu hal yang cukup terpengaruh oleh kondisi ini adalah tingginya curah hujan yang ada di indonesia. selain itu juga seringnya terjadi angin laut yang terkadang membawa beberapa awan mendung. Maka tak mengherankan jika kawasan lautan indonesia memiliki cuaca dan iklim yang bisa dikatakan cukup ekstrim. Efek inilah yang kemudian akan menyebar ke seluruh daratan yang ada di Indonesia, sebagai curah hujan.

2. Jumlah Kawasan Laut yang lebih besar

Lautan merupakan salah satu kawasan yang memiliki tingkat penguapan yang cukup tinggi, apalagi indonesia sendiri diapit oleh dua buah samudra terbesar yang ada di dunia, yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Kedua samudra ini lah yang menyumbang sangat banyak awan hujan. Meskipun penguapan di daratan juga tinggi, tapi masih bisa dikatakan cukup rendah jika dibandingkan dengan lautan yang ada. Perpindahan awan hujan ini menuju daratan akan dibantu dengan pergerakan angin laut yang cukup kencang. Pergerakan angin dan laju penguapan inilah yang menyebabkan perubahan iklim yang sering terjadi di Indonesia.

Pergerakan angin yang menuju indonesia ketika melewati kawasan lautan yang memang lembab akan semakin mempercepat pergerakan awan hujan. Namun, tak jarang terkadang ketika muatan air terlalu tinggi, awan  hujan tersebut akhirnya menurunkan hujan di tengah lautan. Maka terkadang ketika musim hujan telah masuk, tapi curah hujan masih terlalu minim.

Jika dilihat secara menyeluruh pada dasarnya indonesia memiliki beberapa jenis iklim yang berbeda-beda. Indonesia sendiri selain memiliki iklim laut juga memiliki iklim tropis dan beberapa jenis iklim musim lain. hal ini lah yang membuat indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki dinamika atmosfer yang cukup aktif. Dari ketika jenis iklim tersebut indonesia memiliki beberapa jenis musim yang selalu berubah setiap bulannya. Kita mengenal perubahan musim kering dan musim penghujan.

Pergantian dari kedua musim tersebut juga merupakan salah satu bentuk efek dari mengapa indonesia memiliki iklim laut. Dua unsur yang mempengaruhinya adalah keberadaan dari angin yang berhembus pada waktu itu. Hembusan angin yang menuju indonesia akan berakibat pada kondisi dari penguapan yang ada. Ketika angin yang berhembus dikatakn cukup lembab, maka indonesia akan mengalami musim hujan. Namun, ketika angin yang berhembus dikategorikan kering maka indonesia akan memasuki musim kemarau.

Itulah tadi beberapa hal yang berhubungan dengan mengapa indonesia memiliki iklim laut.Pada dasarnya iklim laut ini adalah salah satu dari beberapa jenis iklim yang ada di Indonesia. Setiap iklim tersebut memang memiliki karakteristik yang berbeda dan unsur pendukung yang berbeda-beda pula. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Iklim
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!