Penyebab Pergerakan Tanah dan Contohnya

Tanah merupakan salah satu hal yang sangat penting keberadaanya bagi planet bumi. Berbagai macam relief permukaan bumi terbentuk dan tersusun dari komponen tanah yang berbeda-beda. Ada berbagai macam jenis-jenis tanah yang memiliki karakteristik dan sifat yang tak sama satu dengan yang lain. sifat dan karakteristik tanah ini juga akan berhubungan dengan cara pemanfaatannya.

Tanah merupakan faktor penting yang digunakan untuk tempat hidup orang banyak. Berbadai macam fasilitas yang mendukung hajat hidup orang banyak, membutuhkan tanah sebagai lahan untuk berdiri. Namun, tanah sendiri tak selamanya dapat diandalkan, hal ini karena ada banyak sekali hal yang dapat membuat tanah tersebut justru menjadi hal yang cukup berbahaya.

Tanah pada dasarnya adalah sebuah komponen organik yang bisa dikatakan hidup. Maka tak mengherankan jika kita banyak sekali menemukan kejadian, atau bencana yang menyebabkan tanah tersebut dapat bergerak seperti memiliki kehidupan. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa penyebab pergerakan tanah. Kita selama ini hanya mengenal istilah tanah bergerak, namun kita tak mengetahui secara pasti penyebabnya. Ada beberapa penyebab seperti

PENYEBAB

1. Erosi

Jika berbicara mengenai penyebab dari pergerakan tanah, maka salah satu hal yang bisa jadikan penyebab adalah timbulnya erosi. Penyebab dari erosi ini sendiri bisa berasal dari berbagai jenis air tanah yang ada. Salah satunya adalah erosi yang ditimbulkan oleh air hujan. Biasanya pergerakan tanah yang disebabkan oleh hal ini banyak kita temukan di Lereng-lereng bukit yang curam. Hal ini bisa terjadi ketika vegetasi yang ada pada daerah tersebut bisa dikatakan sangat minim.

Hal ini akan menjadi sangat berbahaya apabila terjadi pada saat musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Ada banyak sekali usaha mengurangi erosi tanah yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan penanaman vegetasi kembali,pada tebing yang membahayakan.

2. Tanah Jenuh Air

Beberapa jenis tanah yang ada di indonesia adalah tanah yang suka akan air. Biasanya tanah seperti ini banyak kita temukan pada macam-macam tanah liat yang tersebar secara luas. Tanah yang mampu menyerap air dengan cepat ini akan sangat berbahaya ketika musim hujan tiba. Hal ini dikarenakan ketika intensitas hujan tinggi,akan berbanding dengan laju penyerapan tanah yang tinggi pula.

Ketika tanah tersebut telah mencapai titik jenuhnya, maka ada kemungkinan tanah akan kehilangan daya penopang. Hal inilah yang sering terjadi pada beberapa bencana yang berupa tanah ambles. Dan indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki daerah dengan tipe tanah seperti ini.

3. Gempa bumi

Penyebab pergerakan tanah yang satu ini dikarenakan adanya pergerakan pada lempeng tektonik bumi. Gempa bumi ini dapat mengakibatkan penurunan permukaan tanah dan juga likuikfaksi. Gempa bumi sendiri merupakan salah satu jenis bencana alam yang bisa  dikatakan sangat menyebar rata. Terjadinya gempa bumi ini tidak memiliki  hubungan  terhadap jenis dan karakteristik tanah. Hal ini dikarenakan kekuatannya yang terkadang cukup besar maka efek negatif yang timbul akan berbeda-beda. Sebagai salah satu negara yang menjadi pertemuan beberapa lempeng dunia, Indonesia merupakan negara dengan ancaman gempa bumi yang cukup sering.

4. Beban Berlebih

hal ini mungkin akan banyak terjadi di perkotaan, terutama kota besar. Ancaman terjadinya pergerakan tanah akibat beban yang berlebih bisa sangat terjadi. Apalagi dengan pembangunan yang terus berkelanjutan dan tidak mengindahkan aspek alami. Banyak pembangunan gedung yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah pembangunan yang benar. Sehingga ketika terjadi pergerakan tanah maka bangunan atau fasilitas tersebut akan dapat roboh. Selain itu pemberian beban berlebih pada tanah tanpa melihat terlebih dahulu karakteristik dan sifat dari tanah tersebut juga merupakan sebuah hal yang sangat berbahaya.

CONTOH

Sebagai salah satu negara yang sangat rentan ditimpa oleh bencana, terutama yang berhubungan dengan tanah. Maka sangat diperlukan untuk tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang ada dalam proses pembangunan dan perlakukan pada tanah tersebut.Salah satu contoh bencana yang berhubungan dengan tanah adalah amblasnya tanah di daerah gubeng surabaya. Bencana yang satu memiliki banyak sekali penyebab yang mungkin saling berkaitan satu sama lain.

Kejadian amblesnya tanah di daerah gubeng sangat mungkin untuk dihubungkan dengan pergerakan tanah itu sendiri. Salah satu penyebab pergerakan tanah yang mungkin adalah karena tanah tersebut telah jenuh air dan terjadi beban yang berlebih. Jika dilihat dari jenis tanah yang ada di Surabaya kebanyakan adalah tanah lempung berpasir. Tanah jenis ini merupakan salah satu jenis tanah yang sangat menyukai air. Telah kita bahas sebelumnya bahwa hujan dengan intensitas tinggi dan sering, dapat menyebabkan jenis tanah ini mencapai titik jenuhnya secara cepat.Selain itu juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain yang mungkin mendukung,seperti infrastruktur yang ada pada daerah tersebut.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai penyebab pergerakan tanah yang bisa kita pelajari.Pergerakan tanah merupakan salah satu bencana yang sangat mungkin untuk sering terjadi ketika musim hujan tiba. Karena itu sebaiknya kita tetap mengenal kondisi lingkungan dimana kita berada, serta melakukan beberapa pencegahan yang ada. Semoga informasi tadi bermanfaat.