4 Perbedaan Air Laut dan Air Pegunungan

Kali ini kami akan menjelaskan informasi yang tidak kalah penting kepada anda yaitu apa yang menjadi perbedaan air laut dan air pegunungan. Kita tahu bahwa air merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari air, baik itu dikonsumsi maupun digunakan untuk keperluan yang lainnya.

Kebutuhan makhluk hidup akan air memang tidak bisa dilepaskan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa air merupakan salah satu penunjang seluruh kehidupan yang ada di dunia ini. Selain itu, ada beberapa jenis makhluk hidup yang menjadikan air sebagai salah satu yang menentukan kehidupan mereka, seperti hewan yang tinggal di perariran,

Meskipun memang ada beberapa relief permukaan bumi yang terkesan kering, seperti gurun, namun ketika anda mencari tahu di dalamnya maka anda akan menemukan air. Hal ini terbukti dengan ditemukannya oasis yang ada di beberapa gurun. Maka dari itu, air memang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia dan memang sudah disediakan dimana-dimana meskipun tempat tersebut kelihatannya kering dan tidak ada air.

Meskipun pada dasarnya baik air laut dan air pegunungan sama-sama merupakan air, namun tentu mereka memiliki beberapa perbedaan. Salah satu perbedaan yang menonjol adalah mengapa air laut asin sementara air pegunungan tidak. Selain itu, masih ada banyak perbedaan lainnya yang terkadang tidak sedikit orang yang masih belum mengetahuinya.

Bagi anda yang penasaran, maka akan kami jelaskan tentang perbedaan tersebut khusus untuk anda. Setelah membaca dan memahami informasi yang akan kami berikan kali ini diharapkan anda bisa memahami tentang beberapa perbedaan tersebut.

1. Air laut asin, air pegunungan tawar

Pada dasarnya, terdapat dua jenis air. Yakni air tawar dan air asin. Air tawar merupakan air yang tidak memiliki rasa alias tidak asin. Air tawar tidak mengandung larutan garam atau tidak mengandung larutan garam dalam jumlah yang banyak. Biasanya, ketika menyebutkan air tawar, maka pandangan orang akan tertuju ke air sungai, danau, sumur, salju, dan air pegunungan.

Tentunya air pegunungan merupakan air tawar karena anda tidak akan merasakan rasa asin ketika meminum air pegunungan tersebut. Selain itu, air pegunungan juga dijadikan sebagai sumber utama untuk berbagai produk air mineral.

Sementara itu, air laut memiliki rasa asin. Alasannya adalah kadar garam air laut yang kurang lebih mencapai 3,5%. Jadi, jika pada air laut tersebut kandungan garamnya mencapai 3,5%, maka dalam takaran 2 liter air, terdapat 60 gram garam. Meskipun tidak semua garam tersebut berbentuk garam daput atau NaCl.

Sementara untuk faktor yang mempengaruhi kadar garam air laut memang cukup banyak. Salah satunya adalah karena bumi diselimuti oleh garam mineral, terutama di daerah bagian tanah dan juga bebatuan. Akan tetapi, garam yang dimaksud tersebut sudah tercampur dengan bahan-bahan lain yang sudah terpendam.

2. Perbedaan dari sumbernya

Perbedaan air laut dan air pegunungan yang kedua adalah berhubungan dengan sumber kedua jenis air tersebut. Perlu anda ketahui bahwa air laut merupakan air yang bersumber dari sungai besar yang kemudian menuju ke lautan. Tentunya sumber air laut tersebut lebih kompleks jika dibandingkan dengan air pegunungan.

Adapun mengenai sumber air pegunungan, ia berasal dari mata air. Biasanya, mata air tersebut dinamakan juga sebagai mata air pegunungan. Selain itu, dari mata air pegunungan inilah merupakan asal dari berbagai produk air mineral yang kita minum saat ini.

3. Perbedaan dari segi kegunaan

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa air pegunungan merupakan jenis air tawar yang artinya bahwa air tersebut tidak berasa.  Maka dari itu, biasanya ia lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif, baik diminum maupun digunakan untuk keperluan lainnya seperti mandi atau memasak.

Lalu bagaimana dengan air laut? Air laut merupakan jenis air asin yang sudah pasti memiliki rasa. Maka dari itu, biasanya air laut akan dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat produktif. Misalnya, air laut digunakan sebagai bahan utama untuk membuat garam.

Selain itu, air laut juga memilki manfaat lainnya yang mungkin banyak orang yang belum tahu. Beberapa manfaat lain dari air laut tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit
  • Bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cantik
  • Dijadikan sebagai pupuk pada bidang pertanian
  • Digunakan sebagai bahan bakar
  • Digunakan sebagai pembangkit listrik
  • Digunakan sebagai sumber mineral yang dibutuhkan manusia
  • Sebagai cadangan air tawar

4. Air laut dapat mengkristal, air pegunungan tidak

Apakah anda tahu apa itu kristalisasi? Kristalisasi pada dasarnya merupakan sebuah teknik pemisah campuran yang mana di dalam suatu sistem akan dilakukan transfer massa zat terlarut yang berasal dari larutan. Hasilnya nanti akan membentuk sebuah padatan yang berbentuk kristal. Proses ini bisa terjadi secara alami maupun juga bisa terjadi secara buatan alias dibuat oleh manusia.

Biasanya, ilmuan yang menggunakan proses kristalisasi secara buatan adalah digunakan untuk pemisahan terhadap campuran zat. Selain itu, proses ini juga digunakan sebagai pemurnian senyawa. Sementara itu, air laut mengalami proses kristalisasi secara alami.

Lalu bagaimana dengan air pegunungan? Air pegunungan memang tidak dapat mengkristal. Artinya, air laut atau air tawar tidak bisa dijadikan untuk melakukan kristalisasi buatan. Akan tetapi, anda harus paham bahwa air laut akan membeku jika didinginkan.

Meskipun air yang mengkristal dan air yang sudah membeku memiliki bentuk yang hampir sama, namun jika anda perhatikan lebih lanjut maka kedua hal ini berbeda. Kesimpulannya, air laut merupakan jenis air yang dapat mengkristal, dan air pegunungan tidak dapat mengkristal, hanya saja ia akan membeku ketika didinginkan.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja perbedaan air laut dan air pegunungan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semuanya. Meskipun kedua jenis air ini memiliki perbedaan dari segi manfaat atau kegunaannya, namun keduanya sama-sama jenis air yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Di bawah ini akan kami berikan informasi yang tidak kalah penting, yaitu:

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hidrologi