Ketahuilah! 9 Daftar Laut Paling Berbahaya Di Dunia

Ada sekitar 70% planet bumi kita terdiri atas lautan. Beberapa bagian dari lautan tersebut menawarkan berbagai macam keindahan yang tidak kalah cantik seperti di daratan. Di setiap tempat di dunia tentunya mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri terhadap lautan. Bahkan beberapa di antaranya menyimpan misteri dan bahaya sehingga kita perlu waspada saat berkunjung ke tempat tersebut.

Kawasan perairan atau lautan di dunia yang masuk ke dalam laut paling berbahaya di dunia, hingga saat ini diperlukan para ahli yang berpengalaman serta kehati – hatian yang tinggi untuk dapat selamat saat berkunjung ke tempat ini. Sudah tidak heran jika nyawa bisa menjadi taruhannya. Berikut ini adalah daftar laut paling berbahaya di dunia, yuk disimak!

  1. Segitiga Bermuda

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan nama Segitiga Bermuda. Segitiga Bermuda yang terletak di Benua Amerika atau tepatnya berada di kawasan perairan dekat Pulau Bermuda yaitu Puerto Rico dan Port Lauderdale. Di kawasan ini sangat terkenal sebagai tempat menghilangnya kapal hingga pesawat yang sedang lewati kawasan ini. Menghilangnya kapal dan pesawat di Segitiga Bermuda ini telah tercatat sudah terjadi sejak tahun 1900an bahkan sebelumnya. Jika sudah memasuki wilayah ini, sudah pasti pesawat dan kapal menghilang secara mendadak dan bangkainya ditemukan dalam kondisi kosong atau penumpang dan awak kapal juga ikut menghilang. Banyak yang menduga jika di Segitiga Bermuda terdapat medan magnet yang sangat besar sehingga dapat menarik kapal dan pesawat yang sedang melintasi kawasan ini.

  1. Laut China Selatan

Laut yang berdekatan dengan negara Indonesia ini ternyata juga termasuk laut berbahaya di dunia. Tercatat bahwa di Laut China Selatan sering terjadi kecelakan kapal dan tercatat sebanyak 239 kecelakan pernah terjadi pada tahun 1999. Kecelakan kapal hingga pesawat biasanya disebabkan oleh perubahan iklim yang dapat berubah secara mendadak. Dan hal itu tentu sangat berbahaya bagi pelayaran dan juga penerbangan yang sedang melintasi kawasan Laut China Selatan.

  1. Great Blue Hole

Jika dilihat dari atas, lubang biru yang berada di tengah lautan ini sangatlah indah. Namun dibalik keindahannya tersimpan bahaya yang mengintai bagi para penyelam. Asal mual Great Blue Hole ini berasal dari reruntuhan saluran sungai yang berada di lepas pantai negara Belize, tepatnya di pesisir timur Amerika Tengah. Great Blue Hole menjadi tempat di laut paling berbahaya karena di dalamnya terdapat stalakmit dan stalatif yang bisa runtuh kapan saja. Serta tidak jarang muncul ombak laut dan mengubah Great Bule Hole menjadi pusaran air besar yang dapat menarik apapun yang berada di permukaan. Tidak hanya itu saja, di dalam Great Blue Hole merupakan habitat bagi hewan laut seperti kerapu raksasa, hiu karang dan hiu ujung hitam.

  1. Boa Viagem

Salah satu tempat yang berada di negara Mexico ini memiliki laut yang berbahaya tepatnya di Boa Viagem. Tercatat jika tempat ini sering mendapat serangan dari ikan hiu. Hiu – hiu tersebut memanfaatkan palung yang berada di pinggir lautan sebagai rute migrasi dan juga tempat berburu. Maka tidak heran jika terdapat manusia yang sedang melakukan aktivitas di perairan ini akan mendapat serangan mendadak dari kelompok hiu.

  1. Gansbaai

Gansbaai merupakan desa nelayan yang terkenal di Western Cape, Afrika Selatan. Desa ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan juga wisata ekstrim yaitu berenang bersama hiu terganas di dunia yaitu hiu putih. Gansbaai disebut sebagai tempat dengan populasi hiu putih terbanyak di dunia, sehingga tidak heran jika perairan Gansbaai menjadi tempat berkumpulnya hiu putih. Oleh karena itu juga, para peneliti yang berasal dari seluruh dunia datang ke tempat ini untuk melakukan penelitian mengenai hiu putih. Jika berkunjung dan memutuskan untuk berenang di perairan ini sudah tentu harus berhati – hati dan ada baiknya jangan berenang saat musim anjing laut berkembang biak, sebab saat itu hiu putih sering muncul ke permukaan laut untuk berburu anjing laut.

  1. Blue Hole

Selain di Amerika, Mesir juga memiliki lubang biru yang cantik tepatnya di Dahab. Lubang biru ini ternyata sudah cukup sering menewaskan para penyelam yang berusaha untuk memasuki lubang ini. Tercatat ada sekitar 130 – 200 penyelam yang tewas saat menyelam dan masih belum diketahui apa penyebab meninggalnya para penyelam tersebut. Namun, sebagian besar penyelam yang meninggal tersebut mengalami nitrogen narcosis atau hilangnya kesadaran akibat dari efek nitrogen berdosis tinggi sesat setelah menyelam ke kedalaman 20 meter.

  1. The Southern Ocean

Jika kalian pikir bagian selatan bumi hanya berupa daratan es saja, kalian perlu berpikir ulang. Di sana juga terdapat lautan yang bisa dikatakan sangat berbahaya di dunia. Bagi kapal yang melewati kawasan lautan ini sudah tentu mereka akan bertemu dengan pecahan – pecahan batu es berukuran raksasa. Bagi kapal yang mengalami kerusakan saat perjalan, hal tersebut menjadi bencana dan jangan pernah berharap mendapat pertolongan di perairan ini karena hal tersebut tidaklah mungkin. Selain potongan es, ombak besar dan angin sering muncul di kawasan ini.

  1. Samudra Hindia

Hampir seperempat perairan di dunia merupakan bagian dari Samudra Hindia. Sebagai samudra terhangat di dunia, Samudra Hindia juga sering terjadi badai tropis terutama muson dan siklon. Sudah tentu hal tersebut sangat berbahaya bagi penerbangan dan pelayaran yang sedang melintasi Samudra Hindia. Namun, masih ada bahaya lain mengintai Samudra Hindia yaitu terdapat kelompok bajak laut yang menguasai perairan ini. Bajak laut ini berasal dari negara Somalia dan sering melakukan pembajakan kepada kapal barang dan nelayan yang sedang melintas kawasan Somalia. Para bajak laut ini tidak segan untuk menyandara kru dan awak kapal untuk meminta tebusan, maka tidak heran jika banyak industri pelayaran yang menolak untuk melewati kawasan ini atau perusahaan tersebut bersedia membayar lebih jika ingin beroperasi Samudra Hindia.

  1. Queensland

Sebagai salah satu negara terbesar kedua di Australia, Queensland memiliki pemandangan laut yang indah dan sangat terkenal terutama wisata Laut Pasifik dan Laut Koral. Akan tetapi setiap tahunnya sering terjadi penyerangan oleh ribuan ubur – ubur kotak yang hidup di pantai utara Australia. Setidaknya telah terjadi 70 kematian sejak tahun 1883 dan serangan ini berlangsung antara bulan Oktober dan April. Ubur – ubur kotak menghasilkan racun yang dapat menyebabkan gagal jantung bagi perenang yang sedang berenang di kawasan ini.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Laut
Video Edukasi

Bagaimana cara merasakan bumi berputar? Apa dampaknya bila bumi tidak berputar?

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!