5 Jenis Sungai Berdasarkan Pola Alirannya

Indonesia adalah negara yang indah dan memiliki banyak sekali pemandangan yang menarik. Pemandangan Indonesia yang menarik tidak hanya karena alamnya namun juga kebudayaannya yang berbeda- beda. Salah satu kekayaan alam yang menarik dari Indonesia adalah keindahannya yang penuh akan tanaman hijau dan juga bentuk permukaan buminya yang indah. Ada banyak sekali objek alam Indonesia yang disukai oleh banyak wisatawan, bahkan terkenal hingga dunia Internasional. Beberapa objek favorit di Indonesia antara lain macam- macam laut, macam-macam danau, rawa- rawa, gunung dan juga sungai. Nah diantara objek- objek yang potensial tersebut kita akan membahas salah satunya, yaitu sungai.

Jenis- jenis Sungai

Sungai merupakan salah satu objek menarik yang ada di atas Bumi. Sungai menjadi tempat yang penting karena menghubungkan sumber air ke laut dan sepanjang itu pula daerah yang diberi kehidupan karena aliran airnya. Sungai merupakan objek yang menarik untuk dibahas. Ada banyak sekali sisi dari sungai yang bisa dibahas, salah satunya mengenai jenis- jenis sungai. Sungai ternyata memiliki banyak jenis, beberapa jenis sungai antara lain sebagai berikut:

  • Sungai hujan
  • Sungai gletser
  • Sungai campuran
  • Sungai permanen
  • Sungai periodik
  • Sungai episodik
  • Sungai pola aliran radial atau menjari
  • Sungai pola aliran dedintrik
  • Sugai pola aliran Trelis
  • Sungai pola aliran rectanguler
  • Sungai pola aliran anular
  • Sungai reverse
  • Sungai insekuen
  • Sungai konsekuen, yaitu sungai yang arah alirannya mengikuti kemiringan lahan
  • Sungai subsekuen, merupakan sungai yang mana pola alirannya tegak lurus dengan sungai konsekuen
  • Sungai resekuen, yaitu sungai memiliki arah aliran yang sejajar dengan sungai konsekuen
  • Sungai obsekuen, yaitu merupakan sungai yang arah alirannya berlawanan dengan sungai konsekuen
  • Sungai anteseden, yaitu merupakan sungai yang kekuatan erosi kedalamnya mampu mengimbangi pengangkatan daerah yang dilaluinya

Itulah beberapa jenis sungai yang dapat kita temui di sekitar kita. Sungai- sungai tersebut memiliki keunikan dan juga ciri khas masing- masing. Dari beberapa jenis sungai yang telah kita bahas di atas, kita akan membahas lebih dalam mengenai salah satu jenis sungai, yaitu jenis- jenis sungai berdasarkan pola alirannya.

Jenis- jenis Sungai Berdasarkan Pola Alirannya

Jenis- jenis sungai ada banyak sekali seperti yang telah disebutkan di atas. Sungai berdasarkan pola alirannya adalah salah satu kategori dari jenis sungai. Pola aliran sungai ini berhubungan dengan arah arus air sungai. Beberapa jenis pola aliran air sungai antara lain sebagai berikut:

  1. Pola Radial atau Menjari

radialJenis sungai pertama adalah sungai yang mempunyai pola radial atau menjari. Seperti namanya, jenis sungai ini memiliki bentuk seperti jari karena aliran airnya memecah ke berbagai arah dari satu induk sungai. Sungai yang memiliki pola aliran seperti ini dibedakan lagi menjadi dua yaitu pola sentrifugal dan sentripetal.

 

 

  1. Pola aliran Denditrik

denditrikSungai yang memiliki jenis pola aliran ini maksudnya pola aliran yang tidak teratur. Ketidakteraturan aliran ini maksudnya adalah alirannya tidak memiliki arah tertentu. Sungai ini bebas dan hanya mengikuti kelokan- kelokan. Apabila dilihat dari atas maka sungai ini tunggal dan kadang bercabang yang menyerupai garis yang bengkok. Sungai yang memiliki pola aliran denditrik ini biasanya terdapat di daerah pantai atau dataran rendah. Aliran sungai ini pada akhirnya akan bermuara ke pantai.

  1. Pola aliran Trelis

TrellisJenis sungai yang selanjutnya adalah sungai yang memiliki pola aliran trelis. Sungai yang memiliki pola aliran trelis ini merupakan pola aliran yang menyerupai sirip. Sungai yang meiliki pola aliran trelis ini biasanya terdapat di daerah pegunungan lipatan.

 

 

 


  1. Pola aliran Rectanguler

RectangularJenis sungai berdasarkan pola aliran yang selanjutnya adalah sungai dengan pola aliran rectanguler. Seperti dengan namanya, sungai dengan pola aliran rectanguler merupakan sungai yang pola alirannya membentuk sudut siku- siku. Sungai dengan pola aliran rectanguler biasanya terjadi di daerah patahan atau pada batuan. Batuan ini mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda- beda antara satu dengan lainnya.

 

 

 


  1. Pola aliran Anular

annularJenis  sungai berdasarkan pola alirannya yang selanjutnya adalah sungai dengan pola aliran anular. Sungai dengan pola aliran ini mempunyai beberapa jenis pola aliran yang bercampur, pada awalnya merupakan pola aliran radial sentrifugal, kemudian muncul sungai dengan aliran subsekuen yang sejajar, lalu ada sungai subsekuen dan sungai resekuen. Pola aliran sungai ini sangat kompleks dan jumlahnya hanya terbatas dan tidak di semua tempat ada.

 

Itulah beberapan jenis sungai berdasarkan pola alirannya. Jenis- jenis sungai tersebut bisa kita temukan di daerah sekitar kita. Nah, setelah membaca penjelasan di atas, jadi jenis sungai apakah yang ada di lingkungan tempat tinggalmu? Semoga penjelasan yang kami berikan bermanfaat bagi semuanya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sungai