6 Ciri- ciri Rawa Lumpur dan Penjelasannya

Permukaan Bumi merupakan tempat- tempat yang berbeda- beda dan juga menakjubkan. Bentuk- bentuk permukaan Bumi dibagi menjadi dua, yaitu daratan dan juga perairan. Bentuk permukaan Bumi yang berupa daratan merupakan tempat yang digunakan hidup oleh manusia, binatang dan juga tumbuhan- tumbuhan darat. Sementara perairan merupakan bagian permukaan bumi yang diselimuti oleh air, baik berupa samudera, macam-macam laut, macam-macam danau, rawa-rawa dan lain sebagainya. Nah, salah satu bentuk permukaan Bumi yang dapat kita temukan adalah rawa lumpur. Rawa merupakan bentuk permukaan bumi yang berupa genangan air dengan dasar tanah yang lembek, sementara lumpur sendiri merupakan jenis tanah yang lembek. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai rawa lumpur dan juga ciri- cirinya.

Pengertian Rawa Lumpur

rawa lumpurRawa lumpur merupakan salah satu objek yang menarik untuk kita bahas bersama. Nah, sebelum kita membahas mengenai ciri- ciri rawa lumpur, lebih utama kita membahas mengenai pengertian rawa lumpur sendiri supaya lebih mudah kita memahaminya. Nah, yang dimaksud dengan rawa lumpur adalah rawa- rawa yang berlumpur, yakni genangan air yang mengandung banyak lumpur di dalamnya. Nah, rawa- rawa lumpur ini bisa kita kenali melalui ciri- ciri yang dimilikinya. Adapun ciri- ciri tersebut akan kita bahas dibawah ini.

Ciri- ciri Rawa Lumpur

Rawa lumpur merupakan salah satu bentuk permukaan bumi yang berupa perairan. Rawa- rawa adalah tempat yang tergenagi oleh air dan biasanya air tersebut tidak mengalir seperti halnya sungai. Rawa merupakan tempat dengan air yang tenang, pepohonan yang lebat dan juga tanah yang sangat lembab. Di Rawa biasanya kita menemukan banyak biantang dan juga tumbuhan khas rawa yang jarang sekali kita temukan di tempat dengan air mengalir. Beberapa bianatang diantaranya adalah nyamuk, ular dna juga buaya. Sementara untuk tanamannya sendiri biasanya berupa tanaman yang besar, atau bisa juga seperti tanaman bakau. Nah, untuk lumpur sendiri, mengapa diberikan nama rawa lumpur karena rawa ini mengandung banyak lumpur. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai rawa lumpur antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki banyak kandungan lumpur

Ciri- ciri utama yang dimiliki oleh rawa lumpur adalah adanya kandungan lumpur yang tinggi. Mungkin jenis rawa ada banyak sekali, namun tidak semunya memiliki kandungan lumpur yang tinggi. Nah, sesuai dengan nama yang dimilikinya, rawa ini memiliki banyak kandungan lumpur baik yang berada di dasar rawa maupun di sekitar rawa itu sendiri.

  1. Airnya tidak mengalir

Salah satu ciri khusus yang dimiliki oleh rawa lumpur adalah airnya yang tidak mengalir. Hal ini memang berlaku bagi rawa- rawa lainnya. Air di rawa tidak seperti air sungai yang mengalir panjang, namun air rawa adalah air yang hanya menggenang saja dan cukup tenag, tidak ada aliran sama sekali. Hal inilah yang membuat daerah sekitarnya sangatlah lembab dengan struktur tanag yang becek.

  1. Bersifat lembab

Seperti yang dikatakan di atas bahwa tanah di sekitar rawa- rawa ini merupakan tanah yang lembab, lembek dan cenderung becek. Hal ini karena adanya air yang selalu menggenaingi daerah tersebut, terlebih airnya tidak mengalir sama sekali. Hal ini tentu akan membuat daerah yang lembab menjadi semakin lembab. Daerah yang lembab akan menyebabkan kesuburan terutama untuk beberapa jenis tumbuhan yang membutuhkan banyak air. Disis lain daerah yang lembab merupakan sarang bagi binatang tertentu yang kadang memiliki sifat berbahaya bagi manusia.

  1. Dihuni binatang- bintang tertentu

Rawa lumpur adalah surga bagi jenis binatang tertentu. binatang- binatang ini merupakan binatang yang suka bermandikan lumpur, suka tempat yang becek dan juga tergenang oleh air. Binatang- binatang khas rawa biasanya adalah binatang yang sedikit membahayakan bagi manusia, karena memiliki racun tertentu dan juga bersifat karnivora. Sebagai contoh binatang khas rawa lumpur antara lain buaya, ular, berbagai jenis nyamuk, berbagai jenis serangga dari yang besar sampai yang kecil dan masih banyak lagi.

  1. Ditumbuhi beberapa tanaman tertentu

Selain surga bagi binatang- binatang tertentu, beberapa tumbuhan juga mendiami kawasan rawa lumpur ini. namun hal ini juga disesuaikan dengan tempat rawa tersebut berada. Apabila rawa lumpur tersebut berada di dekat pantai maka akan banyak ditumbuhi tanaman bakau, namun apabila rawa tersebut di tengah hutan hujan tropis, maka kebayakan tanaman yang ada di dana adalah yang berukuran besar dan hijau sepanjang tahun.

  1. Airnya memiliki kandungan asam yang tinggi dan berwarna coklat

Satu hal yang tidak boleh dilupakan mengenai ciri- ciri rawa adalah airnya yang memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. karena kandungan asam yang tinggi inilah air rawa lumpur ini khususnya biasanya berwarna coklat atau terkadang hijau. Hal inilah yang membuat jasad binatang yang tercebur di air rawa maka akan segera hancur.

Nah, itulah beberapa ciri- ciri dari rawa lumpur. Keberadaan rawa lumpur sendiri banyak berada di Indonesia, namun persebarannya belum diketahui secara pasti. Semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat

, , , ,
Oleh :
Kategori : Danau
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!