7 Contoh Akulturasi dalam Kehidupan Sehari- hari

Mungkin kita pernah mendengar mengenai akulturasi, ya akulturasi berhubungan budaya atau kebudayaan. Secara lebih jelas, yang dimaksud dengan akulturasi adalah proses perbaduan kebudayaan yang kemudian menghasilkan budaya baru namun tidak menghilangkan unsur- unsur asli dalam budaya tersebut. Namun ada pula yang memberikan pendapat bahwa akulturasi merupakan proses soisal yang terjadi jika kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing yang berbeda. Dari pengertian tersebut kita memperoleh kesimpulan bahwa akulturasi merupakan proses yang melibatkan  dua atau lebih tempat yang berbeda yang kemudian kebudayaan- kebudayaan dari tempat- tempat tersebut bersatu dan menghasilkan kebudayaan baru yang diterima oleh masyarakat. Akulturasi adakalanya bersifat positif namun terkadang juga bersifat negatif. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai akulturasi, khususnya contoh- contohnya.

Contoh- contoh Akulturasi

Akulturasi merupakan peristiwa yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari- hari. Beberapa contoh peristiwa akulturasi ini akan kita bahas lebih mendalam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Seni Berbusana

Akulturasi pertama terletak pada seni berpakaian atau berbusana. Sebagai contoh adalah adat Betawi yang biasanya mengenakan beberapa jenis pakaian. Nah, adat Betawi ini merupakan adat yang dimiliki oleh masyarakat ibukota. Adat Betawi telah memperoleh inspirasi dari banyak negara (tidak terlepas darilletak geografis Indonesia karena Jakarta sebagai ibukota yang telah ditinggali oleh berbagai bangsa penjajah pada zaman dahulu, sehingga mengalami banyak perkembangan namun tetap menonjolkan nilai budaya aslinya.

  1. Adat kebiasaan

Adat atau kebiasaan juga tidak lepas dari proses akulturasi. Sebagai contoh adalah membagikan rezeki pada saat hari raya. Hal ini merupakan perpaduan budaya Tionghoa dengan Islam. Saling memberi dengan stulus hati merupakan bagian yang paling penting dalam kehidupan manusia, terutama yang dilakukan ketika hari raya. Tradisi ini telah diwariskan dari leluhur pada zaman dahulu karena mengandung nilai- nilai yang baik.

  1. Makam

Makam merupakan tempat terakhir untuk menghormati sesorang yang telah meninggal, hal ini juga tidak lepas dari akulturasi. Sebagai contoh adalah makam raja- raja tau orang terhormat yang dibuat menyerupain istana yang kemudian dilengkapi dengan para keluarga dan juga kerabatnya. Budaya asli Indonesia sendiri terlihat dari gugusanhormat yang dibuat menyerupain istana yang kemudian dilengkapi dengan para keluarga  cungkup yang menunjukkan kedudukan seseorang.

  1. Seni rupa

Seni rupa adalah salah satu bidang yang mengalami akulturasi, sebagai contoh yang bisa kita lihat dari seni kaligrafi maupun seni khot. Perpaduan seni Arab ini dengan seni Indonesia misalnya adalah kaligrafi dengan motif batik dan sebagainya yang terkadang kita temukan di masjid- majid atau bangunan lainnya.

  1. Aksara dan sastra

Aksara dan juga sastra di Indonesia banyak mendapatkan pengaruh dari Persia. Sebagai contoh di salah satu pulau terbesar di dunia yaitu Sumatera yang memiliki karya sastra yang berisi pedoman- pedoman hidup. Beberapa hasil akulturasi pada seni sastra adalah Suluk dan juga Babad.

  1. Kalender

Sistem penanggalan juga merupakan salah satu sisi yang mengalami akulturasi. Telah disepakati bahwa Islam menggunakan sistem penanggalan Qomariyah atau Hijriyah, nah pada waktu yang beriringan Indonesia juga menggunakan tahun Saka sebagai penanggalan asli Indonesia.

  1. Agama dan kepercayaan

Agama dan kepercayaan ternyata merupakan hal yang mengalami akulturasi. Sebelum masuk Hindhu- Budha di Indonesia, kepercayaan masyarakat Indonesia adalah Animisme dan Dinamisme. Maka dari itulah konsep agama Hindhu- Budha Indonesia berbeda dengan yang ada di India. Hal ini karena ada pengaruh dari Animisme dan Dinamisme.

Nah itu dia beberapa bidang kehidupan yang mengalami proses akulturasi, baik yang kita sadari maupun tidak. Proses akulturasi ternyata merupakan proses yang sangat kental terjadi di sekitar kita meski terkadang kita tidak mengetahuinya. Semoga yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!