5 Danau di Thailand yang Perlu Diketahui

Salah satu kenampakan alam perairan yang berada di atas permukaan bumi dan biasanya digenangi oleh air baik berupa air tawar maupun air asin biasa disebut dengan danau. Ada berbagai macam bentuk dan jenis danau yang ada di seluruh dunia. Dan sebagian besar dari danau tersebut dimanfaatkan sebagai sumber air permukaan bagi makhluk hidup. Jika dilihat dari proses pembentukannya danau biasanya sudah ada secara alami akibat adanya aktivitas – aktivitas alam seperti eksogen ataupun endogen. Tapi ada juga danau yang sengaja dibangun untuk kepentingan lain seperti sebagai sumber irigasi ataupun pembangkit listrik dan danau tersebut dikenal dengan sebutan danau buatan.

Seperti yang telah disinggung di atas, hampir semua tempat di planet Bumi memiliki danau meskipun di beberapa tempat tidak memungkinkan untuk ditemukan danau. Sama halnya yang ada di Indonesia, sebagai salah satu negara yang ada di kawasan Asia Tenggara, Thailand juga memiliki beberapa danau yang salah satunya mempunyai keindahan tersendiri pada masa tertentu saja. Negara yang mendapat julukan Negeri Gajah Putih ini tidak hanya memanfaatkan bangunan bersejarah seperti kuil saja tetapi juga danau yang dimilikinya sebagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi oleh para turis baik lokal maupun internasional. Lalu danau apa sajakah itu? Berikut adalah daftar danau – danau indah dan terkenal di Thailand:

  1. Danau Nong Harn

Danau yang berada di Distrik Kumphawapi, Udon Thani atau sekitar 564 km dari ibu kota Bangkok banyak menarik perhatian para turis asing yang sedang berkunjung ke Thailand. Danau Nong Harn akan semakin ramai didatangi oleh para pengunjung setiap bulan Oktober atau setelah musim hujan, sebab danau yang memiliki luas permukaan mencapai 8.000 akre ini akan tertutup oleh tanaman teratai. Ada ribuan tanaman teratai yang tumbuh di atas permukaan air dan puncaknya terjadi pada bulan Desember. Untuk menikmati pemandangan yang cukup jarang terjadi ini, sebaiknya datang saat siang hari di mana bunga – bunga teratai sedang mekar sempurna. Untuk menikmati Danau Nong Harn atau Red Lotus Lake pengunjung bisa menggunakan perahu yang telah tersedia. Bunga – bunga teratai akan terus ada hingga bulan Maret saja, jadi sebaiknya datanglah sebelum bulan Maret berakhir untuk dapat melihat keindahan Danau Nong Harn dari dekat.

  1. Danau Songkhla

Danau Songkhla adalah salah satu danau alami terbesar di Thailand dan berada di dekat Semenanjung Melayu bagian selatan Thailand. Dengan luas danau mencapai 1.040 km persegi, danau ini berbatasan dengan Provinsi Phatthalung dan Songkhla. Banyak orang mengagap jika ini adalah danau, padahal kenyataannya tempat tersebut adalah sebuah laguna geologis. Tidak heran jika danau ini juga terbagi menjadi 3 bagian yakni di bagian selatan berupa selat yang mempunyai lebar 380 km ke Teluk Thailand dengan air payau dan setengah salinitas laut.

Pada bagian tengah ke arah utara dengan lebar 6 km bernama Thale Luang sedangkan di bagian ujung utara penampakan berupa hutan mangrove dengan luas 28 km persegi di Thale Noi, Provinsi Phatthalung. Satu lagi bagian yang menarik dari Danau Songkhla yaitu tanjung yang memiliki panjang 75 km, memisahkan danau dari laut. Asal mula danau ini berawal dari proses pendangkalan pulau dengan air laut hingga akhirnya menyisakan danau yang merupaakan hasil dari pendangkalan laut.

  1. Danau Cheow Lan

Nama lain dari Danau Cheow Lan yaitu Bendungan Rajjaprabha ini berada di kawasan Taman Nasional Khao Sok, Provinsi Surat Thani. Danau buatan satu ini memiliki luas sekitar 165 kilometer persegi dan dibangun pada tahun 1982 oleh Perusahaan Pembangkit Listrik Thailand sebagai upaya sumber listrik (PLTA). Pemandangan alam disekitar danau juga tidak kalah dan menarik untuk dijelajah seperti Hutan Khao Sok yang belum terjamah serta menjadi tempat habitat hewan liar. Untuk menikmati pemandangan Danau Cheow Lan ini pengunjung bisa menggunakan perahu panjang dari 500 Rei Lake hingga nanti pemandu akan membawa pengunjung untuk mencapai Pakarang Cave, gua yang sangat terkenal karena bentuknya batu karang yang indah dan menonjol dari tanah hingga langit – langit. Pengunjung tidak perlu khawatis kelaparan, sebab telah tersedia restoran apung yang menyajian masakan khas Thailand.

  1. Danau Phayao

Danau Phayao adalah danau yang berada di sebelah utara Thailand. Luas dari danau ini sekitar 2.3 km persegi dengan ketinggian 380 m di atas permukaan laut. Sedangkan untuk rata – rata kedalaman Danau Phayao sekitar 1,7 m. Nama danau sendiri berasal dari nama kota tempat danau ini berada yaitu Kota Phayao yang terletak di sebelah tenggara danau. Sebenarnya Danau Phayao merupakan danau buatan yang dibangun untuk pengairan irigasi di tahun 1939. Ada sebuah rencana untuk memulihkan kembali sebuah kuil yang bernama Wat Tilok Aram yang saat ini berada di dasar danau. Kuil Wat Tilok Aram sendiri dibangun sekitar abad ke 15 dan tenggelam akibat proses pembuatan Danau Phayao. Saat ini Danau Phayao diubah menjadi tempat wisata dan pemerintah sudah menambahkan beberapa fasilitas pendukung, tidak heran jika Danau Phayao ramai didatangi pengunjung terutama saat sore hari untuk melihat matahari terbenam. Pemandangan lain yang bisa dilihat di sekitar Danau Phayao yaitu terdapat banyak tanglung yang digantungkan pada tiang tinggi di sekitar danau.

  1. Bueng Boraphet

Bisa dikatakan bahwa Bueng Boraphet merupakan rawa sekaligus danau terbesar yang berada di pusat Thailand. Luas dari Bueng Boraphet sendiri mencapai 224 kilometer persegi dan berada di sebelah timur Nakhon Sawan yang merupakan tempat pertemuan antara Sungai Nan dengan Sungai Ping. Awal mula terbentuknya yaitu terdapat suatu tempat bernama Bueng Boraphet yang saat itu tertutup oleh sebuah rawa besar lalu mengalami kebanjiran saat pembangunan bendungan di tahun 1930. Saat itu Bueng Borophet menjadi tempat bagi the white eyed river martin ketika musim dingin tiba, tetapi sejak tahun 1980 sudah tidak terlihat lagi. Di tahun 1975, sekitar 106 kilometer persegi dari total keseluruhan luas danau dinyatakan sebagai kawasan dilarang berburu. Di tahun 2000, pemerintah memutuskan untuk menjadikan danau Bueng Boraphet sebagai lahan basah internasional.

Itulah beberapa danau di Thailand yang bisa Anda kunjungi saat sedang berada di Thailand. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Danau