6 Danau di Vietnam yang Paling Populer

Tidak hanya Indonesia, sebagai negara yang juga ikut bergabung dalam ASEAN, Vietnam juga memiliki kenampakan alam yang beragam mulai dari wilayah pesisir dengan tempat terkenalnya yaitu Ha Long Bay hingga kawasan pegunungan seperti Gunung Marble. Vietnam juga memiliki kenampakan alam lain berupa danau, baik danau alami maupun danau buatan. Setiap danau yang ada memiliki keindahan dan daya tarik sendiri, maka tidak heran jika danau – danau  tersebut banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun internasional. Tidak heran jika pemerintah setempat memberikan perhatian khusus terutama di bidang pariwisata demi meningkatkan fasilitas guna menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Vietnam. Lantas danau apa saja yang tidak boleh terlewati jika berkunjung ke Vietnam, berikut daftarnya:

1. Danau Ho Ban Nguyett

Danau yang satu ini cukup unik karena terletak bersebelahan dengan Crescent Mall, sebuah mall termegah di Ho Chi Minh City dan berada di kawasan perkantoran serta tempat tinggal masyarakat menengah ke atas. Keunikan lain yang dimiliki Danau Ho Ban Nguyett ini terletak dari bentuknya yang melengkung dan berbentuk setengah lingkaran jika dilihat dari atas. Karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya ini tidak heran banyak wisatawan baik lokal maupun turis asing datang ke danau ini. Danau Ho Ban Nguyett atau Danau Sabit diberi nama demikian sebab bentuknya sepintas mirip bulan sabit namun pada kenyataannya danau ini lebih berbentuk setengah lingkaran. Pada bagian tengah di salah satu pinggiran danau terdapat sebuah pulau kecil yang ditumbuhi pepohonan. Di bagian ujung danau terdapat sebuah taman cantik dan banyak dimanfaatkan oleh warga lokal untuk piknik.

2. Danau Ho Tay

Salah satu kota yang terdapat di Vietnam yaitu Kota Hanoi yang memiliki arti kota danau, tidak akan lengkap jika tidak membahas danau yang terdapat di kota ini. Danau Ho Tay atau Danau Barat merupakan danau terbesar dengan luas mencapai 500 ha dengan perimeter hampir mencapai 20 km. Danau ini berada di sebelah barat laut Kota Hanoi. Berdasarkan sejarah asal mula danau ini berasal dari salah satu aliran Sungai Hong hingga akhirnya aliran tersebut tergenang ketika aliran sungi berganti arah. Sebelumnya Danau Ho Tay pernah diberi nama Xac Cao, Kim Nguu, Lang Bac, Dam Dam dan Doai Ho, pemberian nama tersebut berdasarkan asal usul danau ini. Jika dilihat dari atas Danau Ho Tay akan tampak seperti capit kepiting yang dikelilingi jalan Thanh Nien yaitu jalan yang memisahkan Danau Ho Tay dengan Danau Truc Bach. Danau Ho Tay juga tidak dapat dilepaskan dari kehidupan spiritual masyarakat Kota Hanoi saat berkunjung di danau ini. Danau ini sangat indah dengan permukaan air yang berwarna biru yang cukup luas dan bergelombang, apalagi saat bunga Bungur yang berwarna ungu berguguran serta pantulan dari bunga Flamboyan akan menambah keelokan Danau Ho Tay. Tidak heran jika danau ini banyak dikunjungi oleh banyak pasangan dan saat perayaan hari raya akan ramai didatangi oleh pengunjung dari berbagai daerah.

3. Danau Hoan Kiem

Salah satu danau yang ada di Vietnam dan terkenal dengan peninggalan sejarahnya apa lagi jika bukan Danau Hoan Kiem. Danau ini berada di tengah – tengah kota Hanoi dan telah menjadi tempat pusat olahraga serta sarana edukasi alam untuk masyarakat di sekitar danau. Nama Hoan Kiem sendiri mempunyai arti “Returned Sword” yang berasal dari sebuah legenda masyarakat Vietnam yang berjudul Raja Le Loi. Diceritakan bahwa Raja Le Loi memiliki sebuah pedang magis yang didapat dari dewa. Pedang tersebut digunakan untuk mengusir para penyerang yang berasal Cina (sekarang Tiongkok). Selanjutnya pedang tersebut dikembalikan kembali kepada Golden Turtle God yang tinggal di dalam danau.

4. Danau Xuan Huong

Danau Xuan Huong berada di Kota Dalat dan menjadi ikon kota ini. Danau buatan ini termasuk danau terbesar di Dalat dan nama Xuan Huong berasal dari seorang penyair perempuan dari Han Nom dengan nama keluarga Ho dan nama tersebut sama dengan Ho Xuan Huong atau Danau Xuan Huong. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Xuan Huong yaitu ketika malam hari, sebab saat malam tiba akan ada banyak kegiatan di sekeliling danau seperti berjalan, bersepeda hingga makan bersama karena lokasinya tidak jauh dari pasar malam. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam untuk dapat mengelilingi danau dengan berjalan kaki. Namun pengunjung juga bisa menjelajah Danau Xuan Huong dengan menaiki perahu angsa yang tersedia. Keindahan Danau Xuan Huong akan semakin terasa saat memasuki musim semi atau sekitar bulan Februari. Pada bulan ini pohon sakura yang berada di pinggir danau akan bermekaran yang semakin menambah pesona keindahan danau.

5. Danau Ba Be

Danau alam terbesar di Vietnam ini adalah simbol bagi Taman Nasional Ba Be yang merupakan taman nasional ke delapan di Vietnam. Panjang danau ini bisa mencapai 7 kilometer dengan lebih dari 1 meter untuk bagian yang terluas. Tidak heran jika Danau Ba Be sangat cocok untuk dijelajah dengan menggunakan perahu. Danau Ba Be dikelilingi oleh lembah hutan yang cukup lebat yang asri serta pegunungan kapur menjadi danau ini sebagai tempat tinggal bagi lebih dari 550 jenis tanaman, 233 spesies burung, 106 jenis ikan, kura-kura dan kupu-kupu.

6. Danau Thac Ba

Danau ini cukup berbeda dari danau pada umunya yang ada di Vietnam. Danau buatan yang berada di distrik Luc Yen dan Yen Binh, Provinsi Yen Bai, dikelilingi oleh ribuan pulau dan juga perbukitan. Dengan luas danau mencapai 23.400 ha dan jumlah pulau 1.331 buah ditambah wilayah perbukitan, semakin menambah keberagaman ekologi yang terdapat di danau. Pulau dan perbukitan juga memberikan ketertarikannya sendiri sebab beberapa diantaranya mempunyai banyak goa seperti Cau Cuoi, Bach Xa dan Hum. Danau Thac Ba juga tidak terlepas dari sejarah perang yang dikenal dengan nama Thu Vat Battle di tahun 1285. Dalam perang yang dipimpin oleh Tran Nhat Duat berhasil mengusir penyusup yang berasal dari Mongolia.

Itulah tadi beberapa danau yang terdapat di Negara Vietnam. Semoga informasi tadi bisa berguna dan juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Danau