Batu Liparit: Pengertian, Proses Terbentuk, Ciri- ciri dan Manfaatnya (paling lengkap)


batu LiparitKita telah mengenal tentang jenis- jenis batuan yang ada di Bumi sebelumnya. Dari jenis- jenis batuan (baca: jenis batuan penyusun lapisan bumi) yang familiar kita dengar, mungkin kita jarang mendengar mengenai batu Liparit. Tidak seperti batu- batu lainnya yang lebih sering kita dengar (seperti batu kapur, batu apung, batu granit, dll), informasi mengenai batu Liparit pun terbilang sangat minim. Namun pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai batu Liparit ini agar kita dapat memperoleh manfaat dan ilmu yang lebih banyak.

Batu Liparit adalah jenis batu yang berasal dari golongan batuan beku atau batuan yang terbentuk oleh magma yang membeku atau mengeras. Liparit merupakan jenis batuan yang memiliki tekstur porfiris, dan biasanya batu Liparit ini memiliki warna putih. Batu Liparit tersusun oleh beberapa mineral seperti feldspar, kuarsa, biotit dan mineral- mineral lainnya yang berwarna gelap.

Cara Pembentukan Batu Liparit

Seperti batu- batuan pada umumnya yang terbentuk atas berbagai macam mineral, batu liparit inipun merupakan batuan yang terbentuk atas berbagai mineral tertentu. Mineral- mineral yang berkumpul kemudian menyusun batu Liparit ini antara lain mineral feldspar, kuarsa, biotit dan mineral- mineral lainnya yang berwarna gelap.

Batu Liparit merupakan salah satu batuan beku, maka dari itulah pembentukannya diawali dengan adanya magma (baca: perbedaan intrusi dan ekstrusi magma). Magma yang telah membeku kemudian menjadi sebuah batuan(baca: batuan beku luar). Karena keadaan magma yang berbeda- beda kandungan, maka batu yang terbentuk pun juga akan berbeda- beda. Dan salah satunya membentuk batu Liparit ini.

Ciri- ciri Batu Liparit

Kita akan mengetahui suatu batu termasuk batu tertentu apabila kita mengenal dari ciri- ciri batu tersebut. Yang paling mudah diketahui oleh manusia adalah ciri fisik. Ciri fisik merupakan kenampakan batuan dari luarnya saja, baik itu dari warnanya maupun dari teksturnya. Ciri fisik batuan ini bisa kenali dengan kita melihat dan juga merabanya. Lebih dalam lagi, maka kita bisa mengenali kandungan yang terdapat dalam batu tersebut, seperti mineral apa saja yang menyusunnya, dan lain sebagainya. Seperti halnya jenis batuan lainnya, maka batu Liparit juga memiliki cirinya sendiri. Ciri- ciri yang dimiliki oleh abu Liparit antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki tekstur porfiris

Ciri- ciri yang dimiliki oleh batu liparit yang pertama adalah memiliki tekstur porfiris. Tekstur porfiris merupakan keadaan apabila di dalam batuan beku (baca; batuan beku dalam) terdapat kristal besar yang tertanam di dalam masadasar kristal yang lebih halus.

  • Memiliki warna putih hingga krem

Ciri fisik dari batuan bisa dilihat dari warna yang dimiliki oleh batu tersebut. Batu Liparit merupakan batu yang memiliki warna terang. Warna dari batu liparit ini adalah krem hingga putih. Warna- warna yang demikian ini merupakan warna yang biasa kita temukan dalam batu- batu yang biasa digunakan untuk bahan material.

  • Merupakan golongan batuan beku yang biasanya keras

Di bumi ini kita mengenal tiga kelompok batuan yakni batuan beku, batuan sedimen atau endapan, dan batuan metamorf atau malihan. Batu Liparit merupakan jenis batuan beku. Batuan beku terjadi dari adanya magma yang telah mengeras. Batuan beku merupakan batuan yang bersifat keras, demikian pula dengan batuan liparit juga memiliki sifat seperti batuan beku lainnya.

Itulah ciri- ciri yang dimiliki oleh batu liparit. Ciri- ciri yang dimiliki batu liparit ini lebih banyak mengarah pada ciri fisik yang dilihat dari warna dan juga tekstur yang dimiliki oleh batuan tersebut.

Manfaat dari Batu Liparit

Batu- batuan menempati posisi sebagai sumber daya alam di dunia ini, dan dalam ekosistem (baca: ekosistem danau) batu menduduki komponen abiotik. Batu- batuan ini memiliki manfaat yang banyak bagi manusia. Setiap jenis batuan memiliki manfaatnya masing- masing. Manfaat ini disesuaikan dengan ciri- ciri yang dimiliki oleh batuan tersebut. Beberapa manfaat yang diperoleh dari batu Liparit antara lain sebagai campuran bahan bangunan. Batu liparit memiliki sifat yang pas untuk menjadi campuran bahan bangunan. Bahan bangunan membutuhkan campuran bebatuan untuk menghasilkan konstruksi bangunan yang kuat dan juga tahan lama. Salah satu jenis batuan yang pas digunakan sebagai bahan bangunan adalah batu liparit ini.

Nah itulah beberapa informasi yang berhasil kami kumpulkan mengenai batu liparit. Masih banyak sekali jenis- jenis batuan di bumi ini yang perlu untuk kita ketahui, karena batu merupakan sumber daya yang keberadaannya sangat membantu bagi manusia. Dari informasi yang minim mengenai batu liparit, semoga apa yang kami sajikan dapat bermanafaat bagi pembaca.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 13th, October 2017 / 07:43 Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi