Batu Peridotit: Pengertian, Pembentukan, Ciri- ciri dan Manfaatnya


batu peridotitJika kita menilai batuan (baca: jenis batuan penyusun lapisan bumi) yang paling indah di planet bumi ini, semua orang pasti setuju bahwa batu permata lah yang paling indah. Namun tahukah Anda bahwa batu permata pun digolongkan menjadi kelas- kelas tertentu sesuai dengan kualitas yang dimilikinya. Salah satu jenis batu permata yang yang berkualitas tinggi adalah batu Peridotit. Batu ini berasal dari jenis Olivine. Batu Peridotit merupakan batu permata yang warnanya berasal dari komposisi kimia dari mineral itu sendiri dan bukan karena unsur atau zat lainnya. Hal inilah yang menyebabkan batu ini memiliki warna hijau saja, meskipun demikian warna hijau dari batu ini bisa bervariasi. Batu ini termasuk batu permata tertua di Bumi (baca: kerak bumi) dan sudah ditemukan sejak tahun 1500 sebelum Masehi.

Ciri- ciri Batu Peridotit

Dari pengertian yang telah disampaikan di atas kita telah mengenal tentang batu peridotit, yakni sebuah batu yang berasal dari golongan batu permata. Batu peridotit sendiri dikenal sebagai batu permata yang kualitasnya tinggi, maka dari itulah kita perlu mengetahui apa saja ciri yang melanmbangkan batu peridotit ini. berikut ini merupakan ciri- ciri yang dimiliki oleh batu peridotit:

  1. Memiliki hanya satu warna saja, yakni warna hijau

Ciri- ciri pertama yang dimiliki oleh batu peridotit adalah warnaya yang hanya terdiri atas satu warna saja yakni hijau. Warna yang dimiliki oleh batu peridotit ini berasal dari komposisi kimia dari mineral yang dimilikinya, sehingga hanya warna hijau saja yang terbentuk. Meski demikian warna hijau batu ini bisa berbeda- beda. Kedalaman warna hijau yang dimiliki oleh batu ini tergantung pada kandungan zat besi yang dimilikinya. Warna hijau batu ini bervariasi, mulai dari kuning hijau, kuning langsat hingga hijau kecoklatan. Warna hijau yang paling baikm adalah yang memiliki presentase kandungan besi kurang dari 15%. Sementara batu peridotit yang paling mahal adalah yang berwarna hijau tua dan intens.

  1. Sudah ada sejak tahun 1500 sebelum masehi

Ciri- ciri batu peridotit yang lain adalah ditemukannya batu ini sudah sejak tahun 1500 sebelum Masehi. Hal inilah yang mendasari pernyataan bahwa batu peridotit merupakan salah satu batu permata tertua di bumi (baca: bumi datar atau bulat).

  1. Memiliki tingkat transparasi yag sangat baik

Selain berwarna hijau, ciri fisik yang dimiliki oleh batu peridotit adalah transparan atau bening. Transparasi yang dimiliki oleh batu ini sangat baik sehingga sangat bening. Ketika sudah melalui proses pemotongan dan pemolesan, kemilau yang dimiliki batu ini sangatlah menarik sehingga tampak seperti minyak (baca; negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia) atau kaca.

  1. Tersusun atas dua mineral

Batu peridot merupakan batu permata dari jenis Olivine. Olivine sendiri vukan tergolong mineral, namun komposisinya terdiri atas dua mineral, yaitu Fayalite dan Forsterite. Fayalite sendiri merupakan Olivine yang kaya akan kandungan besi, sementara Forsterite kaya akan kandungan magnesium.

Nah itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh batu Peridotit. Ciri- ciri yang disebutkan diatas tidak hanya ciri fisik saja namun juga kandungan yang dimilikinya.

Pembentukan Baru Peridotit

Semua jenis batuan di bumi ini pastilah terbentuk melalui beberapa proses tertentu. hal ini juga terjadi pada batu peridotit. Meskipun kebanyakan batu permata terbentuk di dalam kerak bumi, namun batu Peridotit ini terbentuk di wilayah yang jauh lebih dalam yakni  mantel bumi. Kristal batu peridotit terbentuk di magma yang berada di mantel bumi atas kemudian dibawa ke permukaan oleh aktivitas tektonik atau vulkanik yang kemudian ditemukan dalam bentuk batuan beku ekstrusif.

Manfaat Batu Peridotit

Batu peridotit memiliki beberapa manfaat yang kemudian digunakan oleh manusia sebagai bisnis yang menjanjikan. Batu peridotit memiliki bentuk fisik yang sangat indah sehingga pemanfaatannya pun juga di bidang keindahan. Batu peridotit banyak dimanfaatkan sebagai perhiasan. Karena warnanya yang hijau transparan, maka batu ini sangat cocok sekali sebagai perhiasan.

Untuk dioleh menjadi perhiasan, batu peridotit ini sangat cocok sekali, karena memiliki tingkat kekerasan dan daya tahan yang baik sehingga berbagai model perhiasan pun sangat cocok bila memanfaatkan batu ini. warna hijau dan transparasi yang dimilikinya membuat batu ini sangat diminati oleh orang- orang dikalangan desainer maupun para pecita perhiasan. Hal ini didukung pula dengan harganya yang lumayan terjangkau.

Cara Merawat Batu Peridot

Batu peridot merupakan batu yang indah, agar tetap indah maka kita perlu mengetahui cara merawat batu ini. batu peridotit mrelatif keras dan tahan lama namun juga lebih lunak daripada batu lainnya sehingga perawatannya harus hati- hati. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat batu ini adalah:

  • Hindari pengaturan yang mengekspos permata dengan tekanan tinggi
  • Hindari perubahan suhu ekstrim
  • Bersihkan menggunakan air hangat (baca: jenis air di bumi), sabun dan lap dengan kain lembut
  • Lepas perhiasan sebelum berolahraga atau melakukan pekerjaan rumah tangga yang berat.
  • Jauhkan dari penyimpanan perhiasan lainnya agar tidak bergesekan.

Nah itulah beberapa cara merawat batu ini. semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat tertutama untuk mengenal batu peridotit.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 13th, October 2017 / 08:03 Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi