15 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera


Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung api karena terletak dalam lingkaran cincin api. Ada banyak gunung yang ada di Indonesia, tidak hanya gunung api saja namun juga gunung tidak berapi. Banyak gunung yang berada di kawasan Indonesia yang tersebar merata di berbagai pulau di Indonesia, seperti pulau Jawa, pulau Sumatera, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi dan lain sebagainya. Barangkali kita telah mengetahui banyak informasi mengenai gunung tertinggi di Indonesia, nah saat ini kita akan lebih mengkrucutkan wilayah. Bukan gunung tertinggi di Indonesia, namun kali ini kita akan mengenal tentang gunung tertinggi di Pulau Sumatera.

Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, bahkan menjadi salah satu pulau terbesar di dunia. Pulau Sumatera dikenal sebagai pulau yang memiliki bentang alam yang berupa pengunungan. Selain pegunungan, pulau Sumatera juga memiliki banyak gunung berapi. Beberapa gunung  tertinggi di pulau Sumatera antara lain sebagai berikut:

  1. Gunung Kerinci, Sumatera Barat dan Jambi

gunung kerinciGunung Kerinci adalah gunung yang terkenal di Indonesia. Gunung kerinci merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia setelah gunung Jaya Wijaya yang ada di Papua atau Irian Jaya. Namun gunung Kerinci ini menjadi gunung paling tinggi di Indonesia pada kategori gunung berapi. Gunung Kerinci memiliki ketinggian sekitar 3.805 meter.  Gunung Kerinci adalah jenis gunung api, yakni gunung yang bisa melakukan erupsi. Gunung Kerinci adala gunung yang memiliki beberapa nama, antara lain adalah Gunung Gadang, Gunung Berapi Kurinci, Gunung Kerinchi, dan juga Gunung Korinci. Gunung Kerinci, sama seperti gunung lainnya, yakni memiliki puncak. Puncak dari Gunung Kerinci ini disebut dengan Puncak Indrapura. Ketinggian Puncak Indrapura ini mencapai 3.805 meter di atas permukaan air laut. Secara wilayah, gunung Kerinci ini terletak di dua provinsi, yakni provinsi Sumatera barat dan juga provinsi Jambi. Gunung Kerinci terletak di kompleks pegunungan Bukit Barisan. Gunung Kerinci merupakan sebuah gunung yang dikelilingi oleh hutan lebat yang dinamakan Taman Nasional Kerinci Seblat. Hutan di sekitar gunung Kerinci ini merupakan hutan yang menjadi habitat harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Maka dari itulah lingkungan di sekitar Gunung Kerinci ini harus kita perhatikan kelestariannya.

  1. Gunung Leuser, Nangroe Aceh Darussalam

gunung leuserGunung tertinggi di Pulau Sumatera yang selanjutnya adalah Gunung Leuser. Gunung Leuser ini terdapat di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Gunung Leuser memiliki ketinggian yang mencapai 3.445 meter di atas permukaan air laut di salah satu puncaknya. Perlu kita ketahui bersama bahwasannya Gunung Leuser ini memiliki tiga puncak yang berbeda. Puncak yang dimiliki oleh Gunung Leuser antara lain adalah:

  • Puncak Leuser yang mempunyai ketinggian hingga 3.119 mdpl
  • Puncak Loser yang mempunyai ketinggian hingga 3.404 mdpl
  • Puncak Tanpa Nama yang mempunyai ketinggian hingga 3.445 mdpl

Gunung Leuser terletak tidak jauh dari gunung Kerinci yang telah kita bahas sebelumnya. Gunung Leuser ini berada di dekat Pegunungan Bukit Barisan. Bahkan Gunung Kerinci ini merupakan gunung yang dikelilingi oleh beberapa taman nasional. Beberapa tanaman nasional yang mengelilingi Gunung Leuser ini antara lain Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan. Taman Nasional Bukit Barisan ini bahkan ditetapkan sebagai salah satu dari 7 situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia, yang ditetapkan oleh PBB.

  1. Gunung Dempo, Sumatera Selatan

gunung dempoDi urutan ketiga kita akan menjumpai Gunung Dempo. Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Sumatera, sekaligus menjadi gunung yang paling tinggi di wilayah Sumatera Selatan. Gunung Dempo merupakan jenis gunung berapi, dimana hal ini ditandai dengan adanya puncak yang berupa kawah panas yang masih bergejolak. Gunung Dempo memiliki puncak kawah yang sangat lebar, dimana diamater kawah ini mencapai 100 meter persegi. Gunung Dempo secara wilayah terletak di provinsi Sumatera Selatan yang berbatasan dengan provinsi Bengkulu. Lebih tepatnya, Gunung Dempo ini terletak di sebuah kota yang memiliki iklim dingin dan sekaligus sebagai kota yang menghasilkan kopi robusta, yakni Kota Pagaralam. Gunung Dempo ini termasuk gunung yang dekat dengan pemukiman warga dan cukup diakrabi oleh masyarakat. Hal ini ditandai dengan adanya banyak orang yang sekedar mencari kayu bakar atau berjalan- jalan di sekitar gunung tersebut pada sehari- harinya.

Baca juga:

  1. Gunung Bandahara

gunung bandaharaSebuah nama yang cukup unik dimiliki oleh gunung yang satu ini. Gunung Bandahara merupakan salah satu gunung yang terdapat di Pulau Sumatera. Selain itu, Gunung Bandahara ini juga merupakan gunung yang istimewa karena merupakan gunung yang tertinggi ke empat di Pulau Sumatera. Gunung Bandahara adalah salah satu gunung dari jenis gunung yang tidak berapi di Indonesia. Hal ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengeluarkan material dari dalam bumi atau yang sering kita sebut sebagai erosi. Gunung Bandahara ini merupakan gunung yang terletak di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, tepatnya di Kabupaten Gayo Lues. Perlu diketahui juga bahwa Gunung Bandahara ini selain menjadi gunung tertinggi keempat di pulau Sumatera, gunung ini juga merupakan gunung tertinggi kedua di Aceh, dimana ketinggian gunung Bandahara ini mencapai 3. 030 km mdpl.

  1. Gunung Talamau

gunung talamuSelanjutnya ada gunung Talamau atau yang bisa disebut dengan Gunung Ophir sebagai gunung tertinggi kelima di pulau Sumatra. Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Berbeda dengan Gunung Kerinci, meskipun tertinggi di Pulau Sumatera dan letaknya juga di Sumatera Barat, namun masih di perbatasan dengan Provinsi Jambi. Sementara Gunung Talamau ini keseluruhannya berada di provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Pasaman Barat. Gunung Talamau merupakan jenis gunung yang tidak aktif mengeluarkan erupsi seperti gunung berapi lainnya. Gunung Talamau sebagai gunung tertinggi kelima di Pulau Sumatera sekaligus sebagai gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat, memiliki ketinggian yang mencapai 2. 912 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

  1. Gunung Marapi

gunung marapiApbila di Yogyakarta dan Jawa Tengah kita mengenal Gunung Merapi, maka di Sumatera kita akan bertemu dengan Gunung Marapi. Gunung Marapi merupakan gunung yang paling tinggi keenam di pulau Sumatera. Sama seperti gunung Merapi, gunung Marapi ini juga merupakan salah satu gunung aktif yang melakukan aktivitas erupsi di Indonesia. Gunung Marapi memiliki ketinggian yang mencapai 2. 891 meter di atas permukaan air laut. Secara geografis, gunung Marapi ini terletak di provinsi Sumatera Barat, tepatnya yakni di Kabupaten Agam. bagi orang- orang yang berada di sekitar wilayah Gunung Marapi ini juga menyebut Gunung Marapi sebagai Gunung Merapi. Namun bagi penduduk Indonesia lebih baik menyebut gunung ini sebagai  Gunung Marapi saja, supaya tidak keliru dengan gunung Merapi yang ada di Jawa Tengah.

baca juga:

  1. Gunung Geureudong

gunung geureudongSelanjutnya ada gunung yang namanya cukup unik dan cukup sulit untuk diucapkan. Adalah Gunung Geugerudong, merupakan gunung yang paling tinggi ketiga di Provonsi Aceh, sekaligus menjadi gunung paling tinggi ketujuh di Pulau Sumatera. Gunung Geireudong ini memiliki nama- nama lain yang cukup unik, yakni Bur ni Geureudong dan Bur ni Telong. Ketinggian Gunung Geureudong ini mencapai hingga 2. 885 meter di atas permukaan air laut. Gunung Geureuding terletak di provinsi Nangroe Aceh Darussalam tepatnya di Kabupaten Bener Meriah. Gunung Geureudong merupakan gunung yang bertipe stratovolcano atau gunung berapi komposit. Gunung api tipe ini memiliki ciri khas, yakni bentuknya yang memiliki puncak tinggi yang mengerucut sementara di bagian kaki gunungnya lebih landai. Hal inilah yang dimiliki oleh gunung Geureudong sebagai salah satu gunung api di Sumatera.

  1. Gunung Singgalang

gunung singgalangMasih di wilayah Sumatera Barat. Selanjutnya adalah Gunung Singgalang yang merupakan gunung tertinggi kedelapan di Pulau Sumatera. Gunung Singgalang ini merupakan salah satu gunung berapi namun keberadaannya sudah tidak aktif lagi. Sehingga bisa dikatakan bahwa gunung Singgalang ini merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Gunung Singgalang memiliki ketinggian hingga mencapai 2. 877 meter di atas permukaan air laut. Gunung Singgalang memiliki keindahan yang cukup memukau, yakni keberadaan sebuah telaga di atas puncaknya. Telaga yag berada di puncak gunung Singgalang ini dinamakan Telaga Dewi yang merupakan sebuah bekas kawah dari gunung Singgalang ketika masih aktif. Keberadaan telaga ini membuat pemandangan menjadi semain indah.

  1. Gunung Perkison

gunung perkisonDi pulau Sumatera ini sepertinya memang provinsi yang menjadi sarag dari berbagai jenis gunung adalah di Aceh dan juga Sumatera Barat. Hal ini karena dari tadi kita membahas gunung api yang letaknya di Aceh dan juga di Sumatera Barat. Hal ini juga berlaku pada gunung tertinggi ke sembilan di pulau Sumatera ini. adalah Gunung Perkison yang tingginya mencapai hingga 2. 828 meter di atas permukaan air laut. Gunung Perkison merupakan gunung berapi, namun keberadaannya sudah tidak aktif lagi. Sehingga dikatakan bahwa Gunung Perkison adalah gunung telah mati. Gunung Perkison adalah sebuah gunung yang terletak di Provinsi Aceh bagian Tenggara dan salah satu gunung yang memiliki pemandangan indah.

Baca juga:

  1. Gunung Talang

gunung talangApabila kita ingat, sempat beberapa kali beredar di televisi tentang berita mengenai Gunung Talang. Gunung Talang merupakan sebuah gunung dari jenis gunung berapi yang kegiatan vulkaniknya masih aktif. Gunung Talang memiliki ketinggian mencapai 2. 597 meter di atas permukaan air laut. Dengan ketinggian yang dimilikinya itu, gunung Talang menjadi gunung tertinggi kesepuluh di Pulau Sumatera. Gunung Talang juga dikenal dengan nama Gunung Salasi atau gunung Sulasi. Gunung Talang terletak di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Solok.

  1. Gunung Sinabung

gunung sinabungSelanjutnya adalah gunung Sinabung. Mendengar nama Gunung Sinabung, tentu tidak asing lagi bagi kita karena sudah sering mendengar di televisi. Akhir- akhir ini gunung Sinabung memang sering aktif sehingga banyak diberitakan di berbagai media. Gunung Sinabung yang juga disebut sebagai Deleng Sinabung merupakan gunung api yang berada di tanah Karo, Kabupaten Kro, Sumatera Utara. Gunung Sinabung memiliki ketinggian yang mencapai 2.475 meter di atas permukaan air laut. Gunung Sinabung menjadi gunung tertinggi kesebelas di Pulau Sumatera setelah Gunung Talang. Sebenarnya Gunung Sinabung ini memiliki saudara yakni Gunung Sibayak. Kedua gunung tersebut merupakan puncak tertinggi di Provinsi Sumatera Utara. Gunung Sinabung tercatat sudah tidak meletus sejak tahun 1.600, namun gunung ini tiba- tiba saja aktif kembali pada tahun 2010. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2013 dan berlangsung hingga sekarang.

  1. Gunung Sibuatan

gunung sibuatanSelanjutnya adalah gunung Sibuatan. Gunung Sibuatan merupakan gunung tertinggi kedua belas di Pulau Sumatera. Gunung Sibuatan memiliki ketinggian hingga 2.457 meter di atas permukaan air laut. Gunung Sibuatan digadang- gadang merupakan puncak tertinggi di Sumatera Utara. Gunung Sibuatan ini memang tidak seterkenal gunung Sinabung atau Sibayak, maka dari itu gunung ini kurang banyak diminati sebagai objek pendakian. Gunung Sibuatan bukanlah gunung aktif, sehingga cukup aman dijadikan objek pendakian kapan saja. Gunung Sibuatan merupakan gunung unik yang menjadi rumah  atau habitat bagi tumbuhan kantong semar. Banyaknya tumbuhan kantong semar ini menunjukkan bahwa gunung ini jarang didaki. Alasan lainnya adalah karena medan yang dilalui untuk mendaki gunung ini cukup berat.

  1. Gunung Tandikat

gunung tandikatGunung tertinggi ketigabelas di pulau Sumatera adalah Gunung Tandikat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.438 mdpl. Gunung Tandikat merupakan gunung yang terletak di Sumatera Barat. Gunung ini adalah gunung yang dikenal di Provinsi Sumatera Barat.

  1. Gunung Mande Rabiah di Sumatera Barat (2.430 mdpl)

gunung mande rabiahSelanjutnya adalah gunung Mande Rabiah yang memiliki ketinggian 2.430 mdpl. Gunung Mande Rabiah berada di Provinsi Sumatera Barat. Gunung ini terletak di pesisir selatan provinsi Sumatera Barat. Gunung ini merupakan dataran tinggi yang memiliki pemandangan indah.

  1. Gunung Seblat

gunung seblatGunung tertinggi kelima belas adalah gunung Seblat yang ada di provinsi Bengkulu. Gunung ini memiliki ketinggian 2.383 mdpl. Gunung Seblat merupakan gunung yang indah dan harus dijaga kelestariannya demi keindahan alam permukaan Bumi.

Nah itulah beberapa gunung tertinggi yang ada di pulau Sumatera. Gunung- gunung yang telah disebutkan di atas merupakan gunung yang memiliki sifat sebagai gunung berapi maupun bukan gunung berapi. Jadi gunung- gunung yang telah disebutkan di atas ada yang masih aktif atau bisa meletus, namun sebagain juga sudah tidak aktif. Dari daftar gunung yang telah disebutkan di atas, kita mengetahui bahwasannya gunung- gunung yang ada di pulau Sumatera ini kebanyakan berada di wilayah Nangroe Aceh Darussalam dan juga wilayah Sumatera Barat. Keduanya merupakan bagian utara dari Pulau Sumatera. Gunung- gunung tersebut merupakan kekayaan bangsa Indonesia, sehingga harus kita jaga bersama.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 07th, October 2017 / 07:17 Oleh :
Kategori : Gunung