Persebaran Sabana dan Stepa di Indonesia Lengkap

Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan terluas di dunia yang cukup penting. Posisi hutan yang ada di Indonesia merupakan salah satu hutan yang sangat mempengaruhi dinamika perubahan atmosfer. Karena itulah berbagai kerusakan yang terjadi di hutan indonesia memang harus dikurangi dan di hindari. Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis hutan dengan ciri da keunikannya masing-masing. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh iklim dan cuaca di indonesia yang bisa dikatakan sangat unik. Untuk dapat membedakan hal tersebut maka kita bisa menggunakan garis wallace sebagai salah satu faktor yang bisa digunakan untuk membagi wilayah iklim yang ada di indonesia. Meskipun sebagian besar kawasan yang ada di Indonesia di dominasi oleh hutan hujan tropis.

Jika membicarakan mengenai jenis dari hutan yang ada di Indonesia, maka ada beberapa jenis yang bisa kita ketahui. Hutan yang ada di indonesia bisa dikategorikan dengan jenis-jenis hutan berdasarkan iklim. Kondisi Indonesia yang berada di garis ekuator memang memberikan keuntungan tersendiri yang bisa dikatakan cukup menarik. Kita bisa menemukan beragam jenis hutan mulai hutan hujan tropis yang bisa dikatakan selalu basah setiap tahunnya. Hingga sabana dan stepa yang cukup kering untuk menghasilkan hujan. Semua jenis hutan tersebut dapat ditemukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

PERSEBARAN SABANA DAN STEPA

Jika membahas mengenai bioma stepa dan bioma sabana yang ada di indonesia, maka kita bisa menemukannya di beberapa lokasi. Kedua jenis bioma tersebut jika kita lihat sebenarnya hampir sama. Namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya. Stepa adalah kawasan yang terdiri dari rumput-rumput dan sangat jarang sekali terdapat pohon.  Bahkan terkadang stepa bisa dikatakan hampir menyerupai gurun karena kandungan air di tanah yang cukup kering. Sedangkan sabana adalah kondisi dimana lahan tersebut di dominasi oleh rerumputan, curah hujan yang di dapat hanya memungkinkan untuk tumbuh rerumputan.

Jika berbicara mengenai persebaran bioma stepa dan sabana di Indonesia, maka ada beberapa daerah yang cukup terkenal yaitu.

STEPA

1. Nusa Tenggara

Persebaran Sabana dan Stepa di Indonesia sendiri banyak di temukan di kawasan daerah timur. Hal tersebut kembali lagi disebabkan oleh iklim di indonesia. Curah hujan dan kandungan air tanah yang cukup minim di kawasan Nusa tenggara membuat kondisi tanah menjadi sangat kering. Karakteristik tanah yang ada di kawasan tersebut sendiri, tergolong sebagai kawasan dengan kondisi  tanah airid. Dengan kondisi tanah yang seperti itu dan curah hujan yang sangat minim, maka tak mengherankan jika kita banyak menemukan stepa di kawasan Pulau Timur dan nusa tenggara. Bisanya kawasan tersebut banyak digunakan untuk menggembalakan ternak-ternak secara liar. Meskipun tidak terlalu banyak memiliki rumput, namun kawasan tersebut masih bisa digolongkan sebagai kawasan semi gurun.

SABANA

2. Taman Nasional Baluran

Jika kita mencari hutan sabana yang cukup luas dan cukup terkenal, maka kawasan taman nasional baluran adalah kawasan yang cukup tepat. Dari total luas taman nasional baluran sendiri, hampir sekitar 40% dikuasai oleh hutan sabana. Selain memiliki hutan sabana yang cukup luas, kawasan yang satu ini juga memiliki luasan hutan mangrove yang cukup besar. Jika kita berkunjung ke kawasan sabana yang adam maka kita akan bisa menemukan beberapa hewan khas, seperti rusa dan banteng jawa.

3. Sabana Cikasur

Satu lagi kawasan sabana yang cukup terkenal di indonesia. Letak dari sabana yang satu ini berada di kawasan probolinggo. Atau lebih tepatnya berada di Gunung Argopuro,  bagi mereka yang memiliki hobi melakukan pendakian pasti akan sering melewati kawasan yang satu ini. Sabana yang ada di kawasan ini bisa dikatakan cukup luas. Selain itu juga kawasan ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang cukup terkenal.

4. Sabana Sembalun

Sabana memang banyak di temukan di kawasan yang berdekatan dengan gunung. Banyak sekali sabana di indonesia yang bisa kita temukan memiliki posisi yang berdekatan dengan beberapa gunung yang cukup terkenal. Salah satu sabana yang bisa kita temukan adalah sabana Sembalun. Sabana yang satu ini terletak tak begitu jauh dari kawasan gunung rinjani yang ada di lombok.  Sabana ini adalah salah satu jalur pendakian yang cukup terkenal dan selalu dilewati oleh para pendaki.

5. Oro-oro Ombo

Nama kawasan tersebut memang sudah sangat terkenal dan cukup diketahui banyak orang. Luasan sabana yang ada di daerah ini bisa dikatakan cukup besar. Tak kurang dari 100 hektar luasana seacara total sabana yang ada di kawasan ini. Jalur ini merupakan salah satu jalur utama yang sering digunakan pendaki untuk menuju puncak dari gunung semeru. Bisanya kawasan ini sering dijadikan kawasan beristirahat oleh para pendaki.

Itu tadi beberapa kawasan persebaran sabana dan stepa di indonesia yang bisa kalian ketahui. Banyak sekali pemanfaatan terhadap lahan sabana dan stepa oleh manusia. Beberapa sabana dan stepa tersebut kini telah berubah menjadi sebuah lokasi wisata dan beberapa tetap dibiarkan sebagai lokasi alam yang cukup menarik. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!