7 Pengaruh Iklim dan Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Sehari-hari

Iklim merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bagaimanapun juga iklim dan juga cuaca sangat begitu dekat dengan manusia, meskipun ada perbedaan cuaca dan iklim sendiri. Aktivitas manusia yang super padat sangat dipengaruhi oleh keadaan iklim dan cuaca, terlebih aktivitas yang dilakukan di luar ruangan atau outdoor. Selain aktivitas langsung yang dilakukan manusia, iklim dan cuaca juga mempengaruhi kegiatan di berbagai bidang khususnya perekonomian manusia. sebenarnya apa saja sih pengaruh iklim dan cuaca bagi kehidupan manusia sehari- hari? Berikut ini merupakan beberapa pengaruh dari iklim dan cuaca terhadap kegiatan manusia tersebut:

  1. Mempengaruhi tempat tinggal manusia

Keadaan iklim sangat berpengaruh terhadap pemilihan tempat tinggal manusia. Hal ini sangat berkaitan dengan kenyamanan dalam melakukan aktivitas. Manusia akan lebih memilih tinggal di tempat dengan iklim yang nyaman, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika terlalu panas maka manusia tidak akan nyaman. Demikian pula jika terlalu dingin maka manusia juga tidak akan nyaman karena bisa jadi tidak akan kuat terhadap dinginnya cuaca.

  1. Mempengaruhi kegiatan bercocok tanam baik pertanian maupun perkebunan

Iklim dan cuaca juga sangat berpengaruh terhadap kegiatan bercocok tanam baik berupa pertanian dan juga perkebunan. Banyak orang yang mengambil profesi sebagai pengelola perkebunan maupun sebagai petani. Kesuksesan mereka dalam bercocok tanam akan sangat bergantung kepada iklim dan juga cuaca. Iklim yang dingin akan menciptakan keterbatasan terhadap tanaman yang bisa tumbuh, misalnya saja hanyalah tembakau, the dan pohon- pohon berdaun jarum. Demikian pula dengan iklim yang panas mungkin hanya beberapa tanaman yang bisa tumbuh. Nah, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi petani. Persebaran curah hujan yang terlalu banyak akan menyebabkan akar tanaman menjadi busuk, namun curah hujan yang sangat sedikit juga akan merugikan petani karena biaya produksinya akan bertambah untuk pengairan.

  1. Mempengaruhi kesehatan manusia

Iklim dan cuaca juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Banyak penyakit yang muncul di cuaca tertentu. Sebagai contoh adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk seperti demam berdarah dan malaria. Seperti yang kita tahu bahwa nyamuk berkembang biak pada genangan air yang banyak ditemukan ketika musim hujan. Dengan demikian penyakit yang sejenis ini akan banyak berkembang ketika musim hujan. Lalu ada pula penyakit yang datangnya ketika musim kemarau atau panas, seperti gangguan tenggorokan, panas dalam dan lain sebagainya.

  1. Memicu terjadinya alergi dan beberapa penyakit lain

Ada beberapa alergi dan juga penyakit tertentu yang timbul ketika musim tertentu juga. Seperti yang terjadi di benua Afrika, ada penyakit kulit tertentu yang tersebar karena iklim di Afrika begitu panas. Maka dari itulah penularan penyakit di Afrika tergolong cepat, terlebih dengan dibantu oleh serangga tertentu. hal ini juga tidak lepas dari peranan keadaan iklim.

  1. Mempengaruhi kegiatan perindustrian dan perekonomian manusia

Iklim banyak mempengaruhi keadaan perindustrian yang menjadi mata pencaharian banyak orang di Indonesia bahkan di dunia. Sebagai contoh di daerah dingin, maka akan banyak kita temukan industri yang membuat berbagai pakaian hangat dan juga akan banyak kita temukan penjual makanan yang membantu meghangatkan tubuh. Demikian pula di daerah yang panas maka perindustrian akan lebih terfokus dalam pembuatan pakaian yang berbahan katun atau yang dapat membuat manusia menjadi segar. Demikian pula dengan makanan yang dijual pastilah makanan atau minuman dingin yang dapat menyegarkan badan.

  1. Mempengaruhi kegiatan di luar ruangan

Pengaruh yang tidak dapat dihilangkan dari iklim dan juga cuaca terhadap kegiatan manusia adalah terhadap kegiatan manusia di luar ruangan atau kegiatan outdoor. Saat kita berkegiatan di luar ruangan maka kita akan langsung berhubungan dengan alam, jadi jika cuaca dingin maka akan terasa dingin yang sangat karena tidak ada pemanas udara seperti di dalam ruangan. Demikian pula jika cuaca panas maka kita akan langsung terhubung dengan penyinaran matahari yang menyengat kulit kita. Jika hujan turun pun maka kita akan langsung basah. Nah, hal- hal seperti inilah yang akan menghambat kegiatan manusia di luar ruangan. Kebanyakan manusia akan lebih menginginkan cuaca yang terik daripada jenis-jenis hujan untuk melakukan kegiatan di luar ruangan.

  1. Berpengaruh terhadap kegiatan budidaya ternak maupun perikanan

Kegiatan perekonomian manusia memang bermacam- macam. Selain dalam bidang bercocok tanam maka, manusia juga banyak yang melakukan budidaya binatang seperti ikan. Beberapa jenis ikan hidupnya juga tergantung kondisi iklim dan juga cuaca. Kesuksesan perkembangbiakan ikan- ikan ini akan berdampak pada kemajuan perekonomian masyarakat.

Nah itulah beberapa pengaruh iklim dan cuaca terhadap kegiatan manusia dalam kehidupan sehari- hari. demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Iklim