12 Bintang Terbesar di Alam Semesta Sepanjang Masa

bintangBerbicara mengenai bintang, tentu kita setiap malam akan melihat bintang yang berkelip di langit malam yang cerah. Dilihat dari bumi (baca: bumi datar atau bulat) oleh mata manusia saja, jumlah bintang yang begitu banyak hingga tidak dapat kita hitung. Menghitung bintang di angkasa seperti halnya dengan menghitung butiran pasir dalam gundukan pasir (baca: tanah pasir), yakni sangat sulit untuk dilakukan. Nah, mengenai bintang sendiri sejak kita mempelajari ilmu tentang tata surya maka kita mengetahui bahwa jumlah bintang di dunia ini jauh lebih banyak dari apa yang kita lihat dari permukaan bumi (baca: bentuk permukaan bumi). Kita mengenal bintang yang paling besar di dunia ini adalah matahari (baca: bagian-bagian matahari), dimana matahari juga merupakan kiblat dari galaksi Bimasakti yaitu tata surya kita.

Namun ada hal yang perlu diketahui oleh semua manusia di planet Bumi, bahwasanya di jagat raya atau alam semesta ini, ternyata galaksi tidak hanya satu saja, yaitu Bimasakti. Kita mengenal galaksi (baca: ciri-ciri galaksi) sebagai kumpulan dari beberapa planet dan juga benda-benda langit lainnya yang saling mengelilingi suatu pusat dengan teratur. Di Galaksi Bimasakti ada delapan planet di tata surya dan juga satu pusatnya yakni matahari. Dan ternyata di luar galaksi Bimasakti masih ada galaksi-galaksi lainnya. Ditemukannya teknologi mengenai bidang astronomis membuat kita semakin mengenal alam raya. Karena ada galaksi-galaksi lain di luar galaksi Bimasakti, maka kemungkinan juga akan ada planet lain (baca: planet di tata surya) yang sifatnya mirip dengan planet Bumi, yakni bisa ditinggali. Hal ini terus dieksplorasi manusia dengan semakin mengembangkan teknologi.

Nah, karena banyaknya bintang yang ditemukan di luar sana, maka tidak bisa menyangkal bahwa ada matahari-matahari lain di luar tata surya kita yang mana ukurannya lebih besar berkali-kali lipat daripada matahari. Hal ini mematahkan pengetahuan kita mengenai bintang yang terbesar adalah matahari. Dalam artikel ini kita akan membahas dan mencari tau mengenai bintang-bintang yang paling besar di jagat raya ini, dan yang pasti juga lebih panas daripada matahari. Meski terdengar ngeri bagi manusia, namun tidak ada salahnya apabila kita mempelajari mengenai hal ini. Berikut ini bintang terbesar di alam semesta:

1. Aldebaran

Sebuah bintang besar dinamakan Aldebaran diperkirakan memiliki ukuran 44, 2 kali lebih besar daripada Matahari. Aldebaran merupakan bintang yang memiliki warna orange dan memiliki jarak dari Bumi sekitar 65 tahun cahaya. Selain besar, Aldebaran juga merupakan bintang yang panas. Suhu permukaan Aldebaran ini diperkirakan mencapai 3,910 K. pancaran cahaya dari bintang besar ini diperkirakan 425 kali lebih terang daripada matahari. Baca juga: Galaksi Terbesar di Alam Semesta.

2. Rigel

Rigel adalah salah satu bintang yang besar dan juga terang. Rigel bahkan merupakan bintang yang paling terang di rasi bintang Orion. Jarak dari Rigel ke Bumi mencapai 850 tahun cahaya, namun cahayanya masih bisa kita lihat bahkan yang paling terang di malam hari. Terangnya bintang Rigel ini mencapai 12.000 kali lebih terang daripada matahari. Besarnya bintang ini adalah 78 kali lebih besar daripada matahari. Baca juga: Bentuk Galaksi.

3. Pistol Star

Salah satu bintang terbesar di jagat raya dinamakan Pistol Star. Pistol Star ditemukan oleh para peneliti dengan menggunakan sebuah teleskop yakni teleskop Hubble. Bintang besar ini ditemukan sekitar tahun 1991. Bintang ini sangat besar dan diperkirakan ukuran dari Pistol Star adalah 80 hingga 150 kali lebih besar daripada matahari. Sementara jarak Bumi ke bintang Pistol Star ini diperkirakan 25 ribu tahun cahaya. Karena ukuran dari pistol star ini maka cahaya yang dihasilkan pun juga akan banyak dan sangat panas. Dengan ukuran yang beratus-ratus lipat maka diperkirakan bahwa pancaran cahaya matahari kita selama satu tahun dapat diimbangi dengan cahaya dari Pistol Star selama satu detik saja. dengan demikian maka kita tahu bahwa Pistol Star benar-benar bintang yang besar dan juga sangat panas.

4. Betelgeuse

Betelgeuse merupakan salah satu jenis bintang yang memiliki warna merah darah dan menyala. Bintang ini menjadi yang paling terang di rasi bintang Sirius. Meskipun jaraknya dari Bumi diperkirakan selama 640 tahun cahaya, namun bintang ini masih saja terlihat. Untuk hal ukuran, bintang yang satu ini memiliki ukuran 700 kali lipat dari matahari kita. meskipun demikian, Betelgeuse ini merupakan salah satu bintang yang diprediksi memiliki umur yang pendek dan sebentar lagi akan mati. Baca juga: Ciri Planet dalam Tata surya.

5. Antares

Antaren merupakan bintang raksasa dan merupakan bintang yang paling terang di rasi bintang Scorpius. Jarak antara Bumi dengan Antares ini mencapai 550 tahun cahaya. Meskipun jaraknya yang sangat jauh, namun bintang ini memiliki sinar pancar 57.500 kali lebih terang daripada matahari. Ukuran yang dimiliki oleh bintang ini seperti halnya orbit antara matahari dengan planet Mars. Bintang ini diperkirakan 850 kali lebih besar daripada matahari.

6. Mu Cephei

Bintang terbesar di jagat raya selanjutnya dikenal dengan nama Mu Cephei. Bintang terang Mu Cephei ini ditemukan oleh ilmuwan atau peneliti asal Jerman yang terkenal, yakni William Herschel. Mu Cephei merupaka bintang yang berada di konstelasi Cepheus. Bintang ini memiliki warna merah darah da cahaya yang sangat terang. Saking terangnya cahaya yang dimiliki Mu Cephei ini maka mata manusia pun bisa menyaksikan dengan mata telanjang. Bahkan untuk mengimbangi cahaya yang dipunyai Mu Cephei ini maka dibutuhkan hingga 100 ribuan matahari. Sungguh luar biasa. Sementara untuk ukuran yang dimiliki bintang ini, diperkirakan bahwa Mu Cephei memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari orbit Jupiter ke matahari. Bintang Mu Cephei ini selalu diamati oleh para ilmuwan, namun belakangan ini terlihat bahwa cahaya dari Mu Cephei ini lambat laun semakin meredup. Dengan meredupnya cahaya bintang ini maka dapat dikatakan bahwa kemungkinan sebentar lagi bintang ini akan mati.