Sponsors Link

12 Bintang Terbesar di Alam Semesta Sepanjang Masa

Sponsors Link

bintangBerbicara mengenai bintang, tentu kita setiap malam akan melihat bintang yang berkelip di langit malam yang cerah. Dilihat dari bumi (baca: bumi datar atau bulat) oleh mata manusia saja, jumlah bintang yang begitu banyak hingga tidak dapat kita hitung. Menghitung bintang di angkasa seperti halnya dengan menghitung butiran pasir dalam gundukan pasir (baca: tanah pasir), yakni sangat sulit untuk dilakukan. Nah, mengenai bintang sendiri sejak kita mempelajari ilmu tentang tata surya maka kita mengetahui bahwa jumlah bintang di dunia ini jauh lebih banyak dari apa yang kita lihat dari permukaan bumi (baca: bentuk permukaan bumi). Kita mengenal bintang yang paling besar di dunia ini adalah matahari (baca: bagian-bagian matahari), dimana matahari juga merupakan kiblat dari galaksi Bimasakti yaitu tata surya kita.

Sponsors Link

Namun ada hal yang perlu diketahui oleh semua manusia di planet Bumi, bahwasanya di jagat raya atau alam semesta ini, ternyata galaksi tidak hanya satu saja, yaitu Bimasakti. Kita mengenal galaksi (baca: ciri-ciri galaksi) sebagai kumpulan dari beberapa planet dan juga benda-benda langit lainnya yang saling mengelilingi suatu pusat dengan teratur. Di Galaksi Bimasakti ada delapan planet di tata surya dan juga satu pusatnya yakni matahari. Dan ternyata di luar galaksi Bimasakti masih ada galaksi-galaksi lainnya. Ditemukannya teknologi mengenai bidang astronomis membuat kita semakin mengenal alam raya. Karena ada galaksi-galaksi lain di luar galaksi Bimasakti, maka kemungkinan juga akan ada planet lain (baca: planet di tata surya) yang sifatnya mirip dengan planet Bumi, yakni bisa ditinggali. Hal ini terus dieksplorasi manusia dengan semakin mengembangkan teknologi.

Nah, karena banyaknya bintang yang ditemukan di luar sana, maka tidak bisa menyangkal bahwa ada matahari-matahari lain di luar tata surya kita yang mana ukurannya lebih besar berkali-kali lipat daripada matahari. Hal ini mematahkan pengetahuan kita mengenai bintang yang terbesar adalah matahari. Dalam artikel ini kita akan membahas dan mencari tau mengenai bintang-bintang yang paling besar di jagat raya ini, dan yang pasti juga lebih panas daripada matahari. Meski terdengar ngeri bagi manusia, namun tidak ada salahnya apabila kita mempelajari mengenai hal ini. Berikut ini bintang terbesar di alam semesta:

1. Aldebaran

Sebuah bintang besar dinamakan Aldebaran diperkirakan memiliki ukuran 44, 2 kali lebih besar daripada Matahari. Aldebaran merupakan bintang yang memiliki warna orange dan memiliki jarak dari Bumi sekitar 65 tahun cahaya. Selain besar, Aldebaran juga merupakan bintang yang panas. Suhu permukaan Aldebaran ini diperkirakan mencapai 3,910 K. pancaran cahaya dari bintang besar ini diperkirakan 425 kali lebih terang daripada matahari. Baca juga: Galaksi Terbesar di Alam Semesta.

2. Rigel

Rigel adalah salah satu bintang yang besar dan juga terang. Rigel bahkan merupakan bintang yang paling terang di rasi bintang Orion. Jarak dari Rigel ke Bumi mencapai 850 tahun cahaya, namun cahayanya masih bisa kita lihat bahkan yang paling terang di malam hari. Terangnya bintang Rigel ini mencapai 12.000 kali lebih terang daripada matahari. Besarnya bintang ini adalah 78 kali lebih besar daripada matahari. Baca juga: Bentuk Galaksi.

3. Pistol Star

Salah satu bintang terbesar di jagat raya dinamakan Pistol Star. Pistol Star ditemukan oleh para peneliti dengan menggunakan sebuah teleskop yakni teleskop Hubble. Bintang besar ini ditemukan sekitar tahun 1991. Bintang ini sangat besar dan diperkirakan ukuran dari Pistol Star adalah 80 hingga 150 kali lebih besar daripada matahari. Sementara jarak Bumi ke bintang Pistol Star ini diperkirakan 25 ribu tahun cahaya. Karena ukuran dari pistol star ini maka cahaya yang dihasilkan pun juga akan banyak dan sangat panas. Dengan ukuran yang beratus-ratus lipat maka diperkirakan bahwa pancaran cahaya matahari kita selama satu tahun dapat diimbangi dengan cahaya dari Pistol Star selama satu detik saja. dengan demikian maka kita tahu bahwa Pistol Star benar-benar bintang yang besar dan juga sangat panas.

4. Betelgeuse

Betelgeuse merupakan salah satu jenis bintang yang memiliki warna merah darah dan menyala. Bintang ini menjadi yang paling terang di rasi bintang Sirius. Meskipun jaraknya dari Bumi diperkirakan selama 640 tahun cahaya, namun bintang ini masih saja terlihat. Untuk hal ukuran, bintang yang satu ini memiliki ukuran 700 kali lipat dari matahari kita. meskipun demikian, Betelgeuse ini merupakan salah satu bintang yang diprediksi memiliki umur yang pendek dan sebentar lagi akan mati. Baca juga: Ciri Planet dalam Tata surya.


5. Antares

Antaren merupakan bintang raksasa dan merupakan bintang yang paling terang di rasi bintang Scorpius. Jarak antara Bumi dengan Antares ini mencapai 550 tahun cahaya. Meskipun jaraknya yang sangat jauh, namun bintang ini memiliki sinar pancar 57.500 kali lebih terang daripada matahari. Ukuran yang dimiliki oleh bintang ini seperti halnya orbit antara matahari dengan planet Mars. Bintang ini diperkirakan 850 kali lebih besar daripada matahari.

6. Mu Cephei

Bintang terbesar di jagat raya selanjutnya dikenal dengan nama Mu Cephei. Bintang terang Mu Cephei ini ditemukan oleh ilmuwan atau peneliti asal Jerman yang terkenal, yakni William Herschel. Mu Cephei merupaka bintang yang berada di konstelasi Cepheus. Bintang ini memiliki warna merah darah da cahaya yang sangat terang. Saking terangnya cahaya yang dimiliki Mu Cephei ini maka mata manusia pun bisa menyaksikan dengan mata telanjang. Bahkan untuk mengimbangi cahaya yang dipunyai Mu Cephei ini maka dibutuhkan hingga 100 ribuan matahari. Sungguh luar biasa. Sementara untuk ukuran yang dimiliki bintang ini, diperkirakan bahwa Mu Cephei memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari orbit Jupiter ke matahari. Bintang Mu Cephei ini selalu diamati oleh para ilmuwan, namun belakangan ini terlihat bahwa cahaya dari Mu Cephei ini lambat laun semakin meredup. Dengan meredupnya cahaya bintang ini maka dapat dikatakan bahwa kemungkinan sebentar lagi bintang ini akan mati.

Baca juga:

7. VV Cephei A

Bintang yang pernah ditemukan manusia dan diketahui sebagai bintang terbesar di dunia adalah VV Cephei A. sama dengan MU Cephei, bintang yang satu ini terletak di konstelasi Cepheus. VV Cephei A memiliki kesamaan dengan MU Cephei yakni cahayanya yang kemerah-merahan. Bintang ini terpaut sekitar 5.000 tahu cahaya dengan Bumi. VV Cephei adalah bintang yang sangat besar meskipun pada dasarnya bintang ini sulit diukur mengenai ukurannya. Hal-hal yang menyebabkan sulitnya mengukur VV Cephei ini antara lain:

  • Bentuknya yang tidak bulat sempurna
  • Pencahayaannya kurang stabil
  • Parameter orbital, dan lainnya

Mengenai ukuran yang dimiliki oleh VV Cephei ini maka kita bisa membandingkannya dengan matahari (baca: gerhana matahari) kita. bila disejajarkan dengan VV Cephei A maka matahari kita tidak akan ada apa-apanya. Perbandingan ini seperti halnya kerikil dengan ban truk motor yang sangat besar itu.

8. V838 Monocerotis

V838 Monocerotis merupakan bintang raksasa yang berada di rasi bintang Monoceros. Bintang ini memiliki jarak dari Bumi sekitar 20.000 tahun cahaya. Ukuran bintang ini diperkirakan mencapai 1.170 hingga 1.970 kali matahari.

9. V354 Cephei

Bintang yang satu ini memiliki warna merah dan ukurannya sekitar 1.520 kali dari matahari. Seperti namanya, bintang ini berada di rasi Cephei dan berjarak sangat sangat jauh dari bumi, yakni sekitar 9.000 tahun cahaya.

10. VY Canis Majoris

VY Canis Majoris adalah bintang yang diketahui pernah menjadi bintang terbesar sejauh yang bisa ditemukan oleh manusia. VY Canis Majoris akan mengundang keheranan manusia akan batasan dari perhitungan yang bisa dilakukan oleh manusia. Bayangkan saja, untuk ukuran terhadap matahari maka akan membutuhkan sekitar 2.000 matahari untuk menyamainya. Dalam hal ukuran, kata para peneliti VY Canis Majoris ini berukuran sebesar orbit dari planet Saturnus ke Matahari. VY Canis Majoris memiliki jarak sekitar 5.000 tahun cahaya jika dihitung dari Bumi. Dengan jarak 5.000 tahun cahaya maka bintang ini masih dianggap tetangga dekat dengan Bumi.

11. KY Cygni

KY Cygni merupakan bintang yang memiliki ukuran sekitar 1.420 kali hingga 2.850 kali. Jaraknya dari Bumi sekitar 5.000 tahun cahaya. Sangat jauh bintang ini berada dari Bumi. Baca juga: Fenomena Alam Bulan Kembar.

12. R136a1

Sebuah bintang yang memiliki cukup unik karena mengandung unsur huruf dan juga angka. R136a1 merupakan bintang baru yang sangat luar biasa. Mematahkan bintang terbesar di alam semesta pada tahun-tahun sebelumnya, tahun 2010 sekelompok astronom yang berasal dari negara Inggris berhasil menemukan sebuah bintang yang mahabesar di Tarantula Nebula. Bintang ini adalah R136a1, sebuah bintang yang jaraknya dari bumi mencapai 165 ribu tahun cahaya. Sangat besar bukan? semenjak penemuannya oleh manusia, bintang ini menjadi yang paling besar di alam semesta, meskipun untuk mengkalkulasikannya cukup sulit bagi manusia. peneliti mengumpamakan apabila R136a1 ini adalah sebuah piring maka matahari hanyalah sebutir nasi yang nyaris tidak terlihat. sangat besar dan ekstrim.

Dikatakan sebagai bintang yang ekstrim karena bintang ini menyimpan energi cahaya yang luar biasa. R1356a1 diketahui memiliki cahaya 10 juta kali cahaya matahari. Bahkan bintang ini juga dikenal sebagai bintang yang paling panas di Tarantula Nebula. Hal ini berarti bahwa bintang ini juga memiliki suhu yang sangat panas. Para ilmuwan mengatakan bahwa bintang ini memiliki suhu permukaan sekitar 40 ribu derajat Celcius. Hal ini mengakibatkan bumi hangus apabila mengorbit dengan bintang ini.

Baca artikel lainnya:

Nah, itulah beberapa bintang terbesar di alam semesta yang masuk ke dalam kategori bintang terbesar di jagat raya. Bintang-bintang tersebut tentu saja memiliki keistimewaan masing-masing.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 12th, September 2017 / 09:54 Oleh :
Kategori : Astronomi