Sponsors Link

15 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

Sponsors Link

Batu bara (baca: manfaat Batubara) merupakan salah satu  jenis barang tambang yang dimiliki oleh inti bumi. Planet bumi menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang kita sebut sebagai sumber daya alam. Sumber daya alam ini merupakan kekayaan alam (baca: kekayaan alam Indonesia yang mendunia) yang langsung digunakan oleh manusia maupun diolah terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. sumber daya alam di dunia ini sangat banyak, ada sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun tidak dapat diperbaharui.

Sponsors Link

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya adalah tumbuh-tumbuhan dan juga binatang. Disebut sebagai sumber daya alam yang bisa diperbaharui karena apabila habis maka proses pengembaliannya pun tidak memerlukan waktu cukup lama. Berbeda dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui apabila sudah menipis atau habis maka pemulihannya akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini misalnya barang-barang tambang seperti emas, perak, tembaga, minyak bumi (baca: daerah persebaran minyak bumi), gas alam (baca: daerah penghasil gas alam di Indonesia) hingga batu bara. Barang- barang yang kita peroleh dari dalam bumi, seperti minyak bumi, berasal dari fosil makhluk hidup yang mati jutaan tahun yang lalu. Maka dari itulah apabila minyak bumi telah habis, untuk pemulihannya pun membutuhkan waktu yang sangat lama. Selain minyak bumi, salah satu contoh yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah batu bara.

Batu bara

Batu bara merupakan salah satu barang tambang yang banyak mempunyai manfaat bagi manusia. batu bara terbentuk dari sisa- sisa makhluk hidup yang ada di dunia dan telah mati. Batu bara berbentuk batuan endapan yang berwarna hitam yang mudah terbakar akibat kandungan yang ada di dalamnya yang terdapat unsur- unsur hidrogen, oksigen, sulfur dan juga nitrogen. Batu bara banyak dihasilkan oleh negara- negara di dunia ini dan merupakan sumber daya alam yang sangat penting. Tanpa adanya batu bara mungkin tidak akan banyak industri dan benda- benda di dunia ini. Selebihnya tentang manfaat yang diperoleh manusia dari batu bara akan kita bahas lebih lanjut.

Manfaat Batu Bara

Batu bara banyak digunakan oleh negara di dunia (baca: julukan negara- negara di dunia) ini. Manusia menggunakan batubara untuk menghasilkan energi. Banyak energi yang akan dihasilkan dari batubara, misalnya adalah energi panas. Panas yang dihasilkan oleh batubara ini berbeda dengan panas yang dihasilkan oleh bahan pemanas lainnya. Panas yang dihasilkan oleh batubara stabil maka dari ituah batubara ini banyak digunakan sebagai bahan bakar dalam kegiatan perindustrian. Selain bahan bakar masih banyak lagi manfaat yang akan kita peroleh dari batu bara. Beberapa manfaat  batubara antara lain sebagai berikut:

  1. Menghasilkan produk gas
  2. Sebagai bahan bakar pendukung produk industri alumunium
  3. Sebagai bahan bakar yang berbentuk cair
  4. Sebagai sumber tenaga pembangkit listrik
  5. Membantu industri produk semen
  6. Membantu industri produk baja
  7. Membantu dalam industri produksi kertas
  8. Bahan industri kimia
  9. Membantu industri farmasi
  10. Membantu produksi logam silikon
  11. Membantu produksi karbon aktif
  12. Membantu produksi bahan pengeras
  13. Membantu produksi serat
  14. Membantu produksi mahan metanol
  15. Membantu produksi naftalen
  16. Membantu produksi fenol
  17. Membantu produksi benzena
  18. Membantu produksi pupuk pertanian
  19. Membantu priduksi amoniak
  20. Membantu produksi asam nitrat
  21. Membantu produksi zat pelarut
  22. Membantu produksi zat pewarna
  23. Membantu produksi plastik
  24. Merupakan komponen bahan sabun
  25. Merupakan komponen produk aspirin
  26. Mendukung perekonomian rakyat
  27. Mendukung perekonomian negara
  28. Merangsang semangat kewirausahaan rakyat
  29. Membuka wilayah yang terisolasi
  30. Mempererat hubungan dengan negara lain

Nah itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari adanya batubara baik bagi manusia dan juga bagi negara yang memiliki tambang batubara. Batubara ini merupakan barang tambang yang didapat dari berbagai negara. Negara- negara yang ada di dunia ini banyak yang menghasilkan batubara. Negara- negara di dunia ini yang merupakan penghasil batubara terbesar di dunia akan kita bahas dalam artikel ini.

Negara Penghasil Batu bara Terbesar di Dunia

Batubara bisa diperdagangkan di pasar internasional sebagai suatu komoditas ekspor. Banyak negara yang menghasilkan batu bara, termasuk Indonesia. Berikut ini merupakan negara- negara yang mengasilkan batubara yang terbesar di dunia. Negara- negara yang tersebut menjadikan batubara sebagai komoditas ekspor yang bernilai jual tinggi. Negara- negara tersebut berada di berbagai belahan dunia dan berbagai dunia. Beberapa negara penghasil batu bara terbesar di dunia antara lain sebagai berikut:


  1. China

Negara penghasil batu bara terbesar di dunia adalah negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia, yaitu China. China merupakan negara yang berlokasi di benua Asia. China selain merupakan negara yang memiliki produksi terbesar batubara di dunia, namun tingkat konsumsi akan batu bara juga sangat besar, bahkan lebih besar dari jumlah produksinya. Untuk lebih detail mengenai jumlahnya, berikut ini merupakan informasi mengenai produksi batubara oleh China:

  • Jumlah produksi : 1.844, 6 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 1.962, 4 juta ton
  • Jumlah cadangan : 114.500 juta ton

Degan jumlah produksi yang mencapai ribuan ton, maka China ini menjadi negara dengan produksi batubara terbesar di dunia. Tentunya batubara juga menjadi sumber daya alam yang vital di China mengingan angka konsumsi akan batubara yang juga fantastis.

  1. Amerika Serikat

Negara selanjutnya yang merupakan negara terbesar kedua dalam menghasilkan batubara adalah negara Amerika Serikat. USA atau Amerika Serikat adalah negara yang berkuasa di dunia. Negara ini merupakan penghasil batubara dengan jumlah yang besar. Untuk mengetahui lebih detail mengenai jumlah yang diproduksi oleh negara ini, berikut adalah informasinya:

  • Jumlah produksi : 507 ,8 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 453, 4 juta ton
  • Jumlah cadangan : 237. 295 juta ton

Untuk jumlah konsumsi yang dihabiskan rakyat Amerika Serikat akan kebutuhan batubara ini asih dapat dicover oleh jumlah produksinya. Namun demikian jumlah cadangan menjadi sangat penting. Negara Amerika Serikat yang luar biasa ini berada di benua Amerika Utara.

  1. Indonesia

Selanjutnya yang menduduki negara di urutan ketiga dalam memproduksi batubara adalah negara kita sendiri, yakni Nusantara/ Indonesia. Indonesia memang dikenal sebagai surga dunia karena tanahnya pun kaya. Yang dimaksud dengan tanah yang kaya ini adalah tanah Indonesia menyimpan banyak barang tambang, salah satunya adalah batubara. Untuk mengetahui lebih rinci atau lebih dalam dari jumlah produksi batu bara di Indonesia, datanya sebagai berikut:

  • Jumlah produksi : 281, 8 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 60, 8 juta ton
  • Jumlah cadangan : 28. 017 juta ton

Nah itulah jumlah produksi, jumlah cadangan dan juga jumlah konsumsi batu bara di Indonesia. Bila dibandingkan dengan kedua negara sebelumnya memang Indonesia ini tergolong kecil. Namun jumlah konsumsi yang dikeluarkan Indonesia terhadap batu bara juga sangat kecil dan selisihnya sangat jauh dengan kedua negara sebelumnya. Jumlah cadangan yang diiliki Indonesia pun hanya sedikit.

  1. Australia

Selanjutnya ada Australia yang menduduki urutan keempat sebagai negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Negara Australia adalah negara yang berada di benua (baca: benua di dunia) Australia atau benua Oseania. Negara Australia dalam memproduksi batu bara tidak jauh berbeda dengan Indonesia dalam hal jumlahnya. Untuk mengetahui lebih rinci, berikut merupakan rincian jumlah dari produksi batubara Australia:

  • Jumlah produksi : 280, 8 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 43, 8 juta ton
  • Jumlah cadangan : 76. 400 juta ton keempat sebagai negara penghasil batu bara terbesar di dunia. negara dua negara s

Negara Australia dalam memproduksi batubara jumlahnya hanya selisih sedikit dengan Indonesia, namun apabila melihat jumlah konsumsinya maka terlihat bahwa negara Austiralia ini sangat hemat akan batubara. Dengan jumlah produksi sekian dan jumlah konsumsi yang sekian maka selisihnya bisa dibilang banyak. Melihat jumlah cadangannya pun negara Australia cukup banyak memiliki cadangan.

  1. India

India adalah salah satu negara dengan wilayah besar  (baca: negara terbesr di dunia) dan juga jumlah penduduk yang besar pula. Negara India merupakan penghasil batubara yang terbesar kelima di dunia. Untuk jumlah produksinya pun juga tidak banyak berbeda dengan Indonesia. Namun sepertinya konsumsi masyarakat India akan batubara ini lebih banyak dari  Indonesia maupun Australia. Untuk lebih jelas, mari kita lihat data mengenai jumlah produksi dan juga jumlah konsumsi negara ini akan batubara.

  • Jumlah produksi : 243, 5 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 360, 2 juta ton
  • Jumlah cadangan : 60. 600 juta ton

India merupakan salah satu negara yang berada di benua Asia. Negara yang berada di dunia Asia sebelah timur ini sepertinya sangat boros dalam penggunaan batubara. Kita dapat melihat dari jumlah produksi negara India dan jua jumlah konsumsinya. Dapat kita bandingkan bahwa lebih banyak konsumsi daripada produksinya.

  1. Rusia

Negara terbesar di dunia, Rusia merupakan negara yang sangat terkenal. Negara ini memiliki ukuran wilayah yang sangat besar. Rusia meskipun negara yang besar namun produksi batu baranya tergolong tidak terlalu banyak, sehingga ditempatkan sebagai negara terbesar keenam dalam memproduksi batubara. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai jumlah yang dihasilkan, berikut adalah data yang telah dirangkum:

  • Jumlah produksi : 170, 9 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 85, 2 juta ton
  • Jumlah cadangan : 157. 010 juta ton

Negara Rusia merupakan negara yang besar dimana letaknya ada di dua benua yakni benua Eropa dan juga benua Asia. Dilihat dari jumlah prosuksinya maka masih jauh lebih banyak Indonesia. Namun untuk jumlah konsumsinya Indonesia sedikit lebih unggul karena bisa berhemat. Dengan jumlah yang sekian ini maka Rusia termasuk ke dalam negara yang memiliki keunggulan dalam prosuksi batubara.

  1. Afrika Selatan

Ada sebuah negara di Afrika yang mampu menproduksi batubara dengan jumlah yang banyak yakni lebih dari seratus juta ton. Negara yang dimaksud adalah Afrika Selatan. Afrika Selatan merupakan negara yang mampu memproduksi batubara yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari- hari. berikut ini merupakan data yang menunjukkan kemampuan negara ini;

  • Jumlah produksi : 147, 7 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 89, 4 juta ton
  • Jumlah cadangan : 30, 156 juta ton

Sepertri itulah data- data yang dimiliki oleh Afrika (baca: karakteristik benua Afrika )Selatan dalam memproduksi batu bara. Dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, namun negara ini bisa mengontrol konsumsinya akan batu bara sehingg konsumsinya tidak melebihi jumlah produksinya.

  1. Columbia

Columbia atau yang biasa disebut Kolombia, merupakan negara yang menduduki urutan ke- delapan sebagai negara yang menghasilkan batubara terbesar di dunia. Sebenarnya batu bara yang dihasilkan oleh Colombia ini jumkahnya tidak seberapa apabila dibandingkan dengan negara- negara lain. Namun lagi- lagi penghematan akan batu bara dilakukan dengan baik oleh Columbia. Berikut ini merupakan data yang dimiliki oleh Columbia dalam kaitannya dalam produksi batau bara:

  • Jumlah produksi : 57, 6 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 4, 2 juta ton
  • Jumlah Cadangan : 6. 746 juta ton

Coba kita perhatikan mengenai angka produksi dan konsumsi di atas. Terlihat bahwa jumlah batubara yang dihasilan tidak terlalu banyak dan jumlah konsumsinya pun bisa dihemat. Dengan demikian maka jumlah produksinya pun mencukupi kebutuhan dalam negeri.

  1. Kazakhstan

Kazakhstan merupakan negara yang menempati posisi ke- 9 dalam urutan negara terbesar penghasil batubara. Negara Kazakhstan adalah negara yang berada di wilayah benua Asia. Secara lebih rinci, berikut ini merupakan data produksi batu bara di wilayah negara ini:

  • Jumlah produksi : 55, 3 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 34, 5 juta ton
  • Jumlah cadangan : 33. 600 juta ton

Selisih anatar jumlah produksi dan juga jumlah konsumsi tidak terlalu banyak, namun negara ini maih dapat mengontrol sehingga tidak melebihi jumlah produksi.

  1. Polandia

Negara kesepuluh yang menghasilkan batu bara terbesar di dunia adalah negara Polandia. Negara Polandia berada di wilayah benua Eropa (baca: danau terluas di benua eropa). Berikut ini merupakan data singkat yang dimiliki negara ini”

  • Jumlah produksi : 55 juta ton
  • Jumlah konsumsi : 52, 9 juta ton
  • Jumlah cadangan ; 5, 465 juta ton

Kita dapat melihat bersama bahwa negara ini menghasilkan batu bara. Jumlah yang dihasilan memang tidak seberapa namun negara ini bisa berhemat sehingga tidak melebihi jumlah produksi.

Selain itu, Indonesia, Brazil, Australia juga merupakan negara penghasil batubara di dunia yang cukup tinggi.

Nah itulah beberapa negara di dunia yang unggul dengan produksi batu baranya. Semoga kedepannya batu bara tetap memenuhi persediaan yang dibutuhkan manusia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 12th, September 2017 / 09:50 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial