Sponsors Link

11 Kekayaan Alam Indonesia yang Mendunia

Sponsors Link

Planet Bumi dan semua yang ada planet di tata surya (baca: sistem tata surya) adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Bumi adalah anugerah yang luar biasa sehingga kita, manusia dan semua makhluk hidup dapat hidup di dalamnya dengan nyaman dan tercukupi semua kebutuhannya. Sebagai anugerah dari Tuhan, Bumi dengan beragam kekayaan yang berlimpah di dalamnya sudah mampu memenuhi semua kebutuhan hidup makhluk hidup, baik mulai dari pangan, sandang dan papan. Bumi telah menyediakan semuanya sebagai suatu jenis sumber daya alam. Oleh karena itulah kita semua wajib menjaga seluruh kekayaan yang dimiliki oleh Bumi ini dan dilarang keras untuk merusaknya.

Sponsors Link

Bila kita membicarakan mengenai sumber daya alam, maka akan banyak sekali sumber daya alam yang dapat kita jumpai di sekitar kita(baca: sumber daya alam berdasarkan sifatnya). Sumber daya alam tersebut dibagi menjadi 2 macam, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Meskipun demikian, semua sumber daya alam tersebut adalah kekayaan alam dan dibutuhkan oleh makhluk hidup. Maka dari itulah kita semua harus menjaganya dan tidak boleh menimbulkan kerusakan terhadapnya. Karena bagaimanapun semua sumber daya alam tersebut mempunyai manfaat (baca: manfaat sumber daya alam) dan suatu saat kita akan membutuhkannya.

Potensi Kekayaan Alam di Indonesia

Mempunyai banyak jenis sumber daya alam adalah suatu kebahagiaan dan anugerah begitu besar. Bagaimanapun sumber daya alam ini adalah suatu kekayaan. Kekayaan suatu wilayah yang paling utama terletak pada potensi sumber daya alam yang dimilikinya. Kita semua mengetahui bahwasannya bentang alam di Bumi ini berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Wilayah dan letak yang berbeda- beda membuat satu wilayah berbeda dengan wilayah lainnya. Karena pengaruh letak geografis maupun letak astronomis (baca: arti letak geografis dan astronomis)  yang berbeda- beda, menyebabkan beberapa perbedaan karakteristik satu wilayah dengan wilayah lainnya, seperti jenis tanah, iklim (baca: iklim di Indonesia), cuaca, bahkan flora dan fauna yang dimiliki. Oleh karena itulah ada wilayah yang kaya maupun tidak.

Berbicara mengenai potensi kekayaan alam di setiap wilayah yang berbeda- beda, maka suatu keberuntungan besar bagi kita semua yang tinggal di Indonesia. Indonesia memiliki tanah yang begitu subur, air yang melimpah, dan iklim yang mengahdirkan curah hujan yang seimbang sehingga menjadikan tanah air Indonesia sebagai pemiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Kekayaan alam Indonesia telah dikenal oleh negara- negara hampir di seluruh dunia. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia diantaranya meliputi:

  • Kekayaan berupa tanah subur (baca: ciri-ciri tanah subur), sehingga banyak tanaman yang dapat hidup di Indonesia
  • Air (baca: jenis air) yang sangat berlimpah
  • Jenis tanaman yang penting bagi dunia dapat tumbuh di Indonesia
  • Keanekaragaman fauna dan flora (baca: flora dan fauna asli Indonesia yang terancam punah), baik yang khas maupun tidak
  • Kekayaan bawah laut yang luar biasa
  • Kekayaan akan barang tambang
  • Keindahan alam yang berpotensi menjadi objek wisata, dan lain sebagainya.

Kekayaan Alam yang Dimiliki Indonesia

Beragam kekayaan alam yang dimiliki negara Indonesia, baik itu berupa sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun tidak. Berikut merupakan beberapa kekayaan alam Indonesia:

  1. Tambang emas kualitas terbaik

Siapa sangka Indonesia merupakan negara yang mempunyai wilayah dengan kandungan emas kualitas terbaik di dunia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya emas merupakan logam mulia yang sangat didewakan oleh semua orang. Dari kita sendiri pun pasti telah mengetahui tambang emas manakah yang dimaksud. Ya, Freeport yang berada di Papua merupakan tambang emas terbesar dan kualitas terbaik di dunia.

Tambang emas Freeport berlokasi di Papua dan jelas masih dalam wilayah atau kawasan Indonesia. Hal ini berarti tanah yang mengandung emas kualitas terbaik di dunia tersebut adalah tanah Indonesia. Seharusnya ini bisa menjadi potensi perekonomian Indonesia yang luar biasa, namun karena adanya berbagai faktor, justru Indonesia sendiri belum bisa mencicipi buah manis dari kepemilikan tambang emas tersebut.

  1. Tambang batu bara

Selain tambang emas yang merupakan harta karun, ada harta karun lainnya yang juga tersimpan di Indonesia. Adalah tambang batu bara, yaitu barang tambang yang sangat penting keberadaannya. Batu bara ini merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sehingga setiap orang yang menggunakannya pun harus berhati- hati. Indonesia merupakan negara yang memiliki tambang batu bara yang terbesar di dunia.

Tambang batu bara ini banyak terletak di Pulau Kalimantan dan juga Sumatera. Berbeda dengan tambang emas yang berada di Papua dan dikelola oleh perusahaan asing, batu bara yang juga merupakan barang tambang penting ini telah dikelola oleh perusahaan dalam negeri. Perusahaan yang mengelola tentang tambang batu bara adalah PT. Bukit Asam.  Beberapa media Internasional meyatakan bahwasannya tambang batu bara yang terbesar adalah yang berada di Indonesia.

  1. Cadangan gas alam

Harta karun selanjutnya setelah emas dan batu bara adalah gas alam. Indonesia benar- benar bak surga yang didalamnya ada berbagai macam hal yang dibutuhkan umat manusia. Sumber daya alam penting lainnya yang dimiliki tanah Indonesia adalah gas alam. Gas alam yang paling besar di Indonesia berada di Blok Natuna dan juga Blok Cepu. Gas alam ini sangatlah penting keberadaannya.

Selain gas alam keduanya juga memproduksi minyak Bumi yang merupakan hajat hidup masnyarakat di dunia. Namun, seperti halnya tambang emas di Papua, karena beberapa faktor maka tambag gas alam tersebut dikelola oleh pihak asing. Perusahaan dalam negeri sendiri yang mengelola minyak Bumi adalah PT. Pertamina yang semakin hari semakin memperbaiki kualitas diri dan siap bersaing di dunia Internasional.

  1. Hutan hujan tropis yang terbentang luas

Selain sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, Indonesia juga mempunyai sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu hutan hujan tropis (baca: jenis hutan hujan tropis). Hutan hujan tropis yang dimiliki Indonesia adalah hutan yang sangat hijau dan juga lebat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya fungsi hutan memegang peranan sebagai paru- paru dunia, maka tentu saja hal ini akan sangat baik bagi kawasan Indonesia dan juga kesemibangan alam di dunia.

  1. Kekayaan bawah laut yang melimpah ruah

Berkat letak geografis Indonesia yang berada di antara 2 samudera, Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas. Wilayah laut Indonesia ini sungguh merupakan keajaiban karena menyimpan hasil laut yang begitu banyak. Tidak hanya berbagai jenis ikan dan binatang laut lainnya, namun laut Indonesia juga menghasilkan banyak hasil laut non binatang yang tentu saja memuat nilai ekonomis.

Selain untuk diperdagangkan, kekayaan bawah laut yang begitu indah ini juga dibuka untuk  objek wisata. Terbukti dengan adanya objek wisata ini banyak sekali wisatawan yang tertarik bahkan wisatawan mancanegara.

  1. Kesuburan tanah

Selain berbagai macam barang tambang yang notabene adalah sumber daya alam tidak dapat diperbaharui, ada wujud kekayaan alam lain yang juga sangat penting. Kekayaan lain yang sangat penting dan lagi- lagi dimiliki oleh Indonesia adalah kesuburan tanah (baca: ciri-ciri tanah yang subur). Indonesia memiliki kesuburan tanah yang tiada bandingannya. Banyak sekali jenis tanaman yang dapat hidup subur di Indonesia, dan hal ini tentu saja merupakan anugerah yang wajib disyukuri  oleh kita semua.

  1. Hasil tanaman

Karena Indonesia memiliki tanah yang subur, maka hasil tanaman Indonesia pun sangat melimpah. Bahkan dahulu Indonesia menjadi incaran bayak negara untuk dijajah karena menginginkan hasil tanaman Indonesia ini. Tanaman Indonesia yang sangat penting ini beripa hasil pertanian, perkebunan, maupun hasil hutan. Beberapa tanaman yang dihasilkan Indonesia adalah kelapa sawit, kpi, tembakau, padi, rotan, karet, rempah- rempah, dan lain sebagainya.

  1. Fauna langka

Indonesia memiliki beberapa kekayaan yang berupa fauna atau binatang. Bahkan ada binatang khas Indonesia yang hanya terdapat di Indonesia saja. Binatang langka yang hanya terdapat di Indonesia saja adalak Komodo dan Anoa. Komodo merupakan kadal raksasa yang hanya hidup di Pulau Komodo, Flores. Sementara Anoa adalah sapi hutan yang hanya terdapat di daratan Sulawesi. Selain kedua binatang tersebut, masih banyak sekali binatang atau satwa yang dimiliki oleh Indonesia dan merupakan kekayaan alam di Indonesia.

Itulah beberapa kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Berbagai macam kekayaan alam itulah yang menyebabkan Indonesia menjadi negara yang diperebutkan oleh banyak negara lainnya.

Letak Astronomis dan Letak Geografis Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi kekayaan alam berlimpah ruah. Hal ini sudah termasyhur hingga mancanegara. Saking kayanya Indonesia hingga berbagai negara ingin menguasai Indonesia. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia ini tidak lepas dari letak geografis dan letak astronomis yng dimiliki negara Indonesia. Berdasar pada letak astronomis dan juga geografis negara Indonesia inilah menjadikan negara Indonesia kaya akan sumber daya alam.

Sponsors Link

  • Secara astronomis – Indonesia terletak di 6ᵒ garis lintang utara hingga 11ᵒ garis lintang selatan dan 95ᵒ  garis bujur timur hingga 141ᵒ garis bujur timur.  Selain itu Indonesia juga dilewati oleh garis ekuator atau khatulistiwa. Dengan posisi atau letak astronomis yang demikian inilah Indonesia mempunyai iklim tropis, dimana hanya ada dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Iklim tropis inilah yang menyebabkan curah hujan yang dimiliki negara Indonesia tinggi dan merata sepanjang tahunnya. Berkat curah hujan yang merata inilah maka banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup di Indonesia karena mendapatkan pasokan air yang cukup dan juga mendapatkan cukup sinar matahari untuk kebutuhan fotosintesisnya.
  • Secara geografis – Indonesia terletak di antara 2 samudera besar, yakni samudera Pasifik dan samudera Hindia (baca: daftar samudra di dunia). Letak Indonesia yang demikian ini membuat Indonesia memiliki kekayaan alam bahwah laut yang luar biasa. Ada banyak sekali jenis ikan yang hidup di wilayah Indonesia (baik ikan yang sering dikonsumsi maupun ikan hias). Selain itu pemandangan bawah laut yang dimiliki Indonesia pun luar biasa indah dengan banyak sekali terumbu karang di bawahnya. Kekayaan alam bawah laut ini selain menambah nilai ekonosim indonesia juga mengembangkan sektor pariwisata Indonesia secara pesat. Berkat letak Indonesia yang sangat strategis inilah Indonesia sering menjadi tempat persinggahan bagi pelaut- pelaut yang berkeiling dunia dengan berbagai tujuan, seperti berdagang dan lain sebagainya.
  • Secara geografis – Indonesia terletak diantara 2 benua yakni benua Asia dan benua Australia (baca: benua terbesar di dunia). Letak Indonesia yang demikian ini sungguh mengembangakan Indonesia menjadi negara yang dilalui banyak orang, sebagai tempat persinggahan para pedagang sehingga menjadikan Indonesia adalah negara yag strategis. Sebenarnya kestrategisan letak Indonesia ini tidak hanya berkat letak Indonesia di antara 2 benua saja namun juga 2 samudera yang telah disebutkan di atas. Selain itu, berkat terletak di antara kedua benua inilah Indonesia ditiupi dua angin muson (yakni muson barat dan muson timur) yang saling bergantian. Bertiupnya angin muson ini menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau dan musim pengujan secara bergantian dan dengan durasi yang seimbang.
  • Secara geografis – Indonesia terletak di sepanjang lempeng yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api. Karena tanah Indonesia ini termasuk ke dalam kawasan patahan, hal ini menyebabkan Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung berapi yang berada di kawasan Indonesia ini seringkali mengalami erupsi. Erupsi gunung berapi memang merupakan suatu bencana alam, namun berkat erupsi gunung berapi pula Indonesia memiliki tanah yang subur. Material yang berasal dari muntahan gunung berapi akan membawa bebagai zat yang dapat menyuburkan tanah. Bahkan abu vulkanik yang berasal dari letusan gunung berapi pun juga akan membawa kesuburan pada tanah.

Itulah beberapa keuntungan yang Indonesia miliki berdasarkan pada letak astronomis dan juga letak geografis negara Indonesia. Berkat letak astronomis dan letak geografis negara Indonesia, Indonesia mempunyai berbagai macam kekayaan alam yang bahkan negara lain pun tidak punya. Banyak seklai kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia sampai- sampai ada sebuah lagu nasional yang menyebutkan bahwa tongkat, kayu, dan batu pun bisa menjadai tanaman apabila ditanam di Indonesia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 20th, June 2016 / 23:02 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial