5 Sumber Daya Alam Akuatik dan Sumber Air

Bumi adalah planet di tata surya  yang sangat subur dan sangat kaya akan kekayaan alam. Oleh karena inilah Bumi merupakan satu- satunya planet di  sistem tata surya yang dapat dihuni oleh makhluk hidup, baik manusia, binatang, maupun tumbuh- tumbuhan. Kekayaan alam yang dimiliki oleh Bumi ini kita kenal dengan sebutan sumber daya alam (baca: pemanfaatan sumber daya alam). Sumber daya alam adalah segala hasil alam yang dapat digunakan atau dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Dengan demikian sumber daya alam ini merupakan hasil alam yang sangat penting keberadaannya karena dapat memenuhi hajat hidup orang banyak.

Tentang sumber daya alam (baca: sumber daya alam berdasarkan sifatnya), di Bumi ini kita akan menemui 2 macam sumber daya alam yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Kedua sumber daya alam ini sama- sama penting dan mendukung hajat hidup manusia yang ada di Bumi ini. Sumber daya alam ini sebenarnya tidak hanya diklasifikasikan ke dalam kedua kategori itu saja, namun bisa diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori yang lain. Salah satu kategori pengelompokan sumber daya alam adalah berdasarkan habitatnya. Berdasarkan habitatnya, sumber daya alam ini dibedakan menjadi 2 macam, yakni:

  • Sumber daya alam daratan atu terestial
  • Sumber daya alam perairan atau akuatik

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu dari dua jenis sumber daya alam tersebut. Sumber daya alam yang akan kita bahas adalah sumber air atau perairan atau akuatik (baca: ekosistem air). Artikel ini akan membagikan informasi mengenai sumber air atau perairan atau akuatik.

Pengertian Sumber Akuatik

Untuk mempelajari dan mengetahui segala informasi mengenai sumber akuatik, yang pertama kita lakukan adalah mengenal apa itu sumber daya ala akuatik. Sumber daya alam akuatik merupakan sumber daya alam perairan atau sumber daya alam yang berhubungan dengan laut (baca: macam-macam laut), macam-macam danau , sungai (baca: ekosistem sungai), rawa, air hujan (baca: fungsi air hujan), air tanah  (baca: ciri-ciri air tanah yang baik), dan lain sebagainya. Sumber air ini merupakan segala bentuk sumber daya alam yang terdapat di dalam perairan maupun yang berada di sekitar perairan tersebut. Sumber daya alam akuatik ini bisa juga berupa sumber- sumber air yang banyak terdapat di Bumi. Sumber air ini banyak sekali jenisnya dan dapat kita temui dimana saja ketika berada di lingkungan sumber air.

Macam-macam Sumber Daya Akuatik

Sumber daya alam akuatik merupakan sumber daya alam yanng berhubungan dengan perairan. Oleh karena itulah sumber daya alam ini banyak sekali bentunya. Sumber daya alam ini bisa berupa hasil dari sumber daya alam akuatik tersebut maupun berupa sumber daya alam akuatik itu sendiri. Karena sumber daya alam akuatik yang ada di Bumi ini jenisnya sangat banyak, maka sumber daya alam akuatik ini juga banyak jenisnya. Berikut ini merupakan macam macam sumber daya alam akuatik:

  1. Ikan

Ikan adalah contoh sumber daya alam yang paling mudah dan sering kita jumpai. Bagaimanapun juga, ikan merupakan penghuni dari wilayah perairan yang paling banyak kita jumpai. Ikan ini dapat kita temukan dimana saja, baik itu di lautan atau samudera, di danau, di rawa, dan lain sebagainya. Ikan dikatakan sebagai sumber daya alam karena memang kegunaannya atau manfaatnya banyak sekali. Ikan selain sebagai sumber makanan bagi manusia, juga merupakan makanan bagi jenis binatang laut lainnya.

Oleh karena itulah ikan ini sangat penting keberadaannya.  Ada berabagai jenis ikan yang akan kita jumpai dan kebantakan jenis ikan adalah dapat kita konsumsi. Sebagai sumber makanan bagi manusia, ikan ini memiliki banyak sekali kandungan gizi. Jika seseorang banyak mengonsumsi ikan laut, biasanya orang itu akan menjadi lebih pintar dibandingkan dengan orang- orang yang jarang mengonsumsi ikan laut. Beberapa kandungan vitamin yang dimiliki oleh ikan laut antara lain:

  • Omega 3
  • Vitamin
  • Mineral
  • Protein, dan lain sebagainya.
  1. Rumput laut

Jenis sumber daya alam akuatik yang selanjutnya adalah rumput laut. Rumput laut merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup di laut. Rumput laut ini sangat berguna karena bisa dimanfaatkan menjadi beberapa jenis makanan dan bisa pula dikonsumsi secara langsung.

Rumput laut ini memiliki kandungan gizi yang banyak. Dari kandungan- kandungan gizi yang dimiliki rumput laut, salah satu yang paling banyak adalah serat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya serat sangat dibutuhkan manusia demi mendapatkan sistem pencernaan yang baik edan sehat. Oleh karena itulah rumput laut ini sangat berharga keberadaannya dan sangat perlu dibudidayakan.

  1. Mutiara

Sumber daya alam akuatik selanjutnya adalah mutiara. Seperti halnya rumput laut, mutiara ini juga dapat kita dapatkan di lautan. Sebenarnya untuk mendapatkan rumput laut ini haruslah melalui kerang terlebih dahulu, karena memang mutiara berasal dari kerang.

Oleh karena itulah bisa dikatakan bahwa kerang merupakan sumber daya alam akuatik yang sangat berharga karena dapat menghasilkan mutiara. Mutiara sebagai hasil budidaya laut ini dapat diolah menjadi beberapa benda yang bernilai jual tinggi, misalnya perhiasan. Mutiara asli membutuhkan waktu tumbuh yang sala. Oleh karena itulah harga mutiara asli ini bisa mencapai jutaan rupiah per butirnya.

  1. Udang, cumi- cumi, gurita, dsb

Sumber daya alam selanjutnya adalah binatang- binatang laut. Binatang laut yang merupakan sumber daya alam akuatik adalah mereka yang hidup di dalam laut di sekitar kita. Mengapa binatang- binatang laut dikatakan sebagai sumber daya alam? Hal ini karena binatang- binatang tersebut mampu dan sering dijadikan bahan makanan yang bergizi untuk manusia.

Sajian masakan yang berbahan baku binatang laut ini sering kita dengan dengan nama “seafood”. Seafood ini merupakan sajian makanan yang mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi. Ada yang mengatahakan bahwa sering mengonsumsi seafood akan menambah kecerdasan otaknya. Namun, hati- hati bagi orang- orang yang mempunyai alergi kulit. Hal ini karena seafood akan mudah membuat orang yang mempunyai alergi kulit menjadi kambuh.

  1. Pasir

Ada lagi sumber daya alam yang berasal dari peraoran. Sumber daya alam tersebut adalah pasir. Meskipun sedikit asing, manut kita sendiri mengetahui bersama bahwa pasir banyak terleta di dasar sumber daya alam akuatik. Khususnya lautan dan sungai. Pasir ini dikatakan sebagai sumber bahan bangunan yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia demi mendapatkan kualitas bagunan yang bagus.

Itulah beberapa macam sumber daya alam perairan atau akuatik yang seringkali kita temukan. Selain yang telah disebutkan  di atas, masih banyak lagi yang merupakan sumber daya alam yang tidak bisa disebutkan satu demai satu. Selanjutnya kita akan membahas mengenai sumber air yang menjadi penyedia sumber daya alam yang telah dibutkan di atas.

Sumber- Sumber Air

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di Bumi ini mempunyai banyak sekali sumber air. Sumber- sumber air itulah yang menjadi penyebab adanya sumber daya alam akuatik. Hal ini karena sumber air tersebut merupaka habitat dari sumber daya alam akuatik mberada. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya sumber air yang ada di Bumi ini meliputi sungai, laut, rawa, danau, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan penjelasan dari masing- masing sumber air tersebut:

  • Sungai

Sungai adalah bentuk dari sumber air. Sungai ini tentu saja merupakan sumber daya alam yang dapat kita jumpai dimana saja. Sungai mengalirkan air bersih yang berasal dari pegunungan maupun mata air untuk dibawa menuju ke muara sungai.  Air yang dialirkan oleh sungai ini merupakan air yang terasa tawar atau tidak mengandung garam. Untuk itulah sungai seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pribadi maupun rumah tangga.

Sungai ini adalah salah satu bentuk dari sumber daya alam yang berada di sekitar kita. Manfaat yang dimiliki oleh sungai  ini memang layak menyebutkan bahwa sungai adalah sumber daya alam alami. Bukan hanya air sungai saja yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari namun juga berbagai hal yang berada di dalam atau di sekita sungai tersebut.

  • Danau

Jenis sumber air kedua adalah danau. Danau merupakan cekungan di daratan yang terisi air. Air yang tertampung ini bisa berasal dari air hujan maupun mata air yang berada di bawah danau tersebut. Karena danau ini sifatnya tidak mengalirkan air, maka air yang ada di danau ini sifatnya menggenang.

Danau mempunyai air yang bersifat tawar maupun asin. Air danau ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik pribadi maupun kepentingan bersama. Oleh karena itulah danau merupakan sumber air yang sangat berharga keberadaannya dan perlu dijaga  dan dilestarikan.

  • Samudra atau Laut

Sumber air yang selanjutnya adalah samudra atau laut. Sumber daya alam yang satu ini sangat banyak keberadaannya di muka Bumi, bahkan lebih luas daripada daratan yang ditempati oleh manusia dan lainnya. Mengenai sumber daya alam yang satu ini kita tidak bisa meragukan lagi manfaatnya. Kita banyak sekali mendapatkan manfaat yang berasal dari samudra.

Air samudra yang terasa asin ini dapat dijadikan sebagai garam dapur, kemudian  kekayaan yang dimiliki di dalamnya pun kita tidak dapat menghitungnya satu per satu karena sangat banyak. Beberapa kekayaan alam bahwah laut yang sering dimanfaatkan adalah ikan, beberapa binatang laut lainnya, rumput laut, kerang, dan lain sebagainya. Selain itu, energi pasang surut air laut juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

  • Rawa

Selanjutnya ada rawa. Rawa merupakan salah satu sumber air yang mengandung berbagai macam kekayaan alam. Rawa mempunyai karakteristik yang unik karena biasanya bersifat sangat lembab. Rawa bisa berisi air asin, air tawar, maupun air payau (campuran asin dan tawar). Kemudian rawa ini bisa digunakan sebagai tempat budidaya hewan- hewan tertentu dan juga tumbuhan- tumbuhan tertentu. Oleh karena itulah rawa merupakan salah satu jenis sumber air yang harus dilestarikan.

  • Mata air

Sumber air lainnya adalah mata air (baca: proses terjadinya mata air). Mata air merupakan tempat dimana air dari dalam Bumi muncul ke permukaan. Biasanya air yang keluar dari mata air ini bersifat tawar dan sangat jernih. Air di mata air ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Karena kemurniannya, bahkan air dari mata air ini banyak dimanfaatkan untuk dijadikan air minum untuk dikonsumsi masyarakat. Mata air sebagai sumber air ini biasanya terdapat di daerah dekat pegunungan, karena di daerah pegunungan inilah banyak terdapat air dari dalam Bumi.

Itulah penjelasan- penjelasan mengenai sumber air. Sumber air ini merupakan sumber daya alam yang didapat dari air. Otomatis lingkungan tempat tinggal sumber air ini adalah berbagai sumber air yang telah disebutkan di atas.

fbWhatsappTwitterLinkedIn