8 Manfaat Sumber Daya Alam bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Sumber Daya Alam merupakan semua kekayaan alam yang berupa benda hidup maupun tidak hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada banyak jenis-jenis sumber daya alam, walaupun pada dasarnya sumber daya alam di bumi ini dikelompokan menjadi dua tipe utama, yaitu:

  1. Sumber Daya Alam Terbaharui

Sumber daya alam dengan tipe ini merupakan sumber daya alam yang jumlah nya melimpah dan juga bisa diperbaharui melalui siklus alami alam maupun bisa diperbaharui dengan bantuan teknologi buatan manusia. Biasanya sumber daya ini merupakan komponen dari sebuah ekosistem. Baik ekosistem darat, ekosistem sungai, atau ekositem hutan. Contohnya: Pohon, air, sinar matahari, angin, tanah, dan lain-lain

  1. Sumber Daya Alam Tidak Terbaharui

Sumber daya alam ini merupakan kebalikan dari sumber daya alam terbaharui. Merupakan tipe sumber daya alam yang jumlahnya terbatas jika digunakan terus-menerus dan tidak ada cadangannya. Contohnya: mineral, minyak bumi, batu, dan lain-lain.

Manfaat Sumber Daya Alam

Keberadaan segala sumber daya alam di bumi sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dari dulu hingga sekarang. Apa saja manfaat dari sumber daya alam? Berikut beberapa contoh dari manfaat sumber daya alam:

  1. Untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia dan hewan

Salah satu manfaat dari sumber daya alam yang penting ialah sebagai pemenuh kebutuhan pangan manusia juga hewan. Sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan merupakan sumber daya utama untuk memenuhi kebutuhan pangan. Kebanyakan, sember daya alam ini diolah sedemikian rupa hingga bisa menjadi bermacam-macam bentuk pangan bagi manusia maupun hewan di bumi. Contohnya adalah:

  • Hewan yang biasa dikonsumsi seperti ayam, sapi, kambing
  • Tumbuhan seperti padi, jagung, kentang, ubi
  • Rempah-rempah seperti pala, lada, jahe, cengkeh, ketumbar
  • Hasil sumber daya perikanan darat dan laut seperti ikan mas, gurame, tiram, ikan tuna, cumi-cumi, udang (baca: sumber daya alam akuatik)
  1. Sumber energi dan bahan bakar

Pemananfaatan sumber daya alam yang tidak kalah penting adalah alam adalah sebagai sumber energi dan juga sebagai bahan bakar yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari manusia ataupun kebutuhan industri. Sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas misalnya, bermanfaat sebagai sumber bahan bakar yang bisa menghidupkan listrik, kendaraan bermotor, juga kompor yang bisa digunakan untuk mengolah makanan.

Selain minyak bumi dan gas, sekarang energi matahari dan angin pun sudah mulai digunakan sebagai pengganti minyak bumi dan gas untuk sumber energi dan bahan bakar. Contohnya:

  • Jenis olahan minyak bumi diantaranya minyak tanah, solar, pertamax, pertalite, bio solar
  • Jenis produk turunan minyak bumi diantaranya aspal, pelumas, tar, paraffin wax, LPG
  1. Sumber energi pembangkit listrik

Seperti telah disebutkan di poin kedua, salah satu manfaat dari sumber daya alam adalah sebagai energi pembangikt listrik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan menggunakan bahan bakar minyak bumi ataupun dengan menggunakan energi matahari, sumber daya alam akan dikonversi menjadi energi listrik. Contohnya:

  • Pembangkit listrik bertenaga minyak bumi yang biasa kita kenal dan banyak dipakai di dunia
  • Pembangkit listrik tenaga surya yang digunakan di banyak negara dengan sinar matahari (baca: lapisan-lapisan matahari) melimpah. Indonesia juga mulai mengembankannya
  • Pembangkit listrik tenaga air. Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan sumber daya air yang besar juga banyak menggunakan air sebagai tenaga pembangkit listrik.
  • Pembangkit listrik tenaga angin (baca: proses terjadinya angin) banyak digunakan di negara-negara dengan sumber daya angin yang melimpah seperti Belanda, Amerika, China, dan Spanyol
  1. Untuk pengembangan teknologi

Teknologi merupakan hal yang terus berkembang dari waktu ke waktu tanpa terhenti. Untuk mengembangkan teknologi menjadi lebih canggih dari waktu ke waktu, dibutuhkan sumber daya alam yang merupakan unsur yang sangat penting dalam hal ini. Secara sadar maupun tidak sadar, lambat ataupun cepat, segala macam wujud pengembangan teknologi yang kita rasakan sudah pasti membutuhkan sumber daya alam.

  1. Untuk menjaga keseimbangan alam

Manfaat sumber daya alam selain difungsikan untuk menunjang kebutuhan hidup manusia, juga difungsikan untuk menjaga keseimbangan alam dan juga untuk kelestarian bumi. Tidak seharusnya sumber daya alam kita eksploitasi besar-besaran tanpa adanya treatment untuk menjaganya. Sumber daya alam yang tidak dijaga dan terlalu dieksploitasi akan rusak dan lama-lama habis.

Jika alam sudah tidak lagi seimbang karena perilaku manusia yang terlalu serakah, maka akibatnya yang paling fatal adalah banyaknya bencana alam yang dimulai dari perubahan iklim secara cepat. Salah satu mencegahannya adalah mengurangi pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam dan menjaga kelestarian hutan.

  1. Sebagai penyuplai oksigen

Oksigen merupakan unsur yang sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup di bumi ini. Jika tidak ada oksigen yang ada di udara ini  (baca: lapisan udara, lapisan atmosfer) maka sudah dipastikan tidak akan ada mahluk hidup yang bisa bertahan dan akan menyebabkan kepunahan mahluk hidup.

Oksigen yang merupakan unsur penting bagi mahluk hidup banyak dihasilkan dari pepohonan atau tanaman-tanaman. Maka sebagai salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, pepohonan dan juga termasuk oksigennya sangat penting dan sangat diharuskan dijaga keberadaanya.

  1. Sumber mata pencaharian dan pendapatan

Masyarakat membutuhkan pendapatan dari mata pencaharian yang mereka tekuni untuk terus bertahan hidup dan juga mensejahterakan hidupnya. Sumber daya alam juga bermanfaat sebagai sumber pendapatan penduduk. Misalnya adalah:

  • Pekerja tambang yang menggantungkan hidupnya dari tambang mineral,
  • pekerja di rig lepas pantai yangmenggantungkan hidupnya untuk mencari minyak bumi,
  • Pelain itu para petani yang menggantungkan hidupnya kepada sumber daya alam seperti tumbuh-tumbuhan, tanah, air agar hasil panennya baik dan bisa dipasarkan.
  1. Sebagai cadangan devisa

Devisa merupakan salah satu media yang dimanfaatkan oleh sebuah negara untuk melaksanakn transaksi yang legal secara internasional.  Cara transaksi devisa adalah ketika suatu negara membutuhkan dana yang besar, maka sumber daya alam yang menjadi cadangan devisa bisa dipasarkan dan dikomersilkan sehingga sebuah negara mendapat keuntungan dari hal tersebut.

Banyaknya kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara untuk keberlangsungan perekonomian di Indonesia. Devisa tidak hanya berupa barang atau berbentuk hasil bumi, namun bisa juga dalam bentuk jasa. Beberapa sumber-sumber cadangan devisa adalah:

  • Kegiatan pariwisata merupakan salah satu sumber cadangan devisa baik domestik maupun mancanegara karena banyak wisatawan khususnya asing yang menukarkan mata uang yang diabwa ke mata uang dalam negeri
  • Warga negara yang bekerja di luar negeri menjadi salah satu sumber devisa negara karena para warga negara Indonesia yang bekerja ataupun tinggal di luar negeri memberikan kontribusi dengan melaui uang yang ditransfer dari asal dia bekerja menggunakan valuta asing yang dikonversi ke mata uang dalam negeri
  • Pungutan bea masuk dari barang-barang impor
  • Hasil ekspor barang dan jasa, semakin banyak barang dan jasa yang diekspor semakin besar juga devisa yang diperoleh oleh pemerintahan dalam negeri.
, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial