Sponsors Link

6 Lapisan Atmosfer : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Sponsors Link

Lapisan Atmosfer merupakan lapisan gas yang berada di luar bumi sejak jarak 0 sampai dengan lebih dari 800 kilo meter diatasnya. Lapisan ini juga banyak mengalami transisi di antara pembatas lapisan satu dengan lapisan lainnya. Bukan berupa batas yang kaku dan saklek, namun pembatas itu mulai pelan pelan, tipis dan lambat laun dengan ketinggian yang lebih terjadi proses kimia yang lain. Sudah banyak sekali study yang meneliti adanya lapisan atmosfer ini.

Sponsors Link

Mulai dari adanya proses ionisasi, terjadinya banyak muatan listik, adanya aurora, dan fenomena alam lainnya menggambarkan bahwa adanya kejadian alam bukan hanya di bumi. Atmosfer yang hanya kumpulan gas gas dan lapisan ini juga mampu menghasilkan fenomena yang menggiurkan. Begitu pula yang ada di luar bumi, ada lapisan yang menyelimuti. Lapisan tersebut di namakan atmosfer. Lapisan ini yang basanya di sebut dengan lapisan pelindung planet. Anda pernah mendengar kasus ‘bolongnya lapisan ozon’? nah itu juga merupakan salah satu bentuk masalah penyebab pemanasan global yang sekarang ini di khawatirkan. Adanya lubang pada lapisan ozon ini akan sangat berbahaya bagi makhluk yang tinggal di dalamnya.

Fungsi Atmosfer

Atmosfer memiliki tujuan khusus, yakni sebagai pelindung bumi sekaligus menjaga kestabilan suhu, cuaca dan kelembaban udara yang ada di dalam bumi. Atmosfer juga mampu menyeimbangkan dan menstabilkan keadaan yang di bumi dengan luar. Jadi ketika matahari yang penyinarannya berada di atas bumi, dengan bantuan atmosfer bisa membantu mengurangi cuaca panasnya matahari yang ekstrem.Selain itu atmosfer juga melindungi bumi dari benturan atau jatuhan reruntuhan benda-benda dari sistem tata surya yang bebas tanpa gravitasi di luar angkasa seperti meteor, batuan angkasa yang bebas berjalan-jalan. Akan sangat berbahaya jika lapisan ini rusak, bahkan sampai berlubang hingga hancur. Manusia dan makhluk hidup yang ada di bumi tidak akan bisa bertahan lama

Berikut ini adalah bentuk lapisan lapisan yang menyelimuti bumi :

Lapisan Troposfer

Lapisan yang berada pada jarak 0 sampai dengan 12 kilo meter dari muka bumi ini merupakan lapisan yang paling dasar dan dekat dengan bumi. Maka lapisan inilah yang paling menjaga dan menstabilkan keadaan bumi. Beberapa kegunaan dari lapisan ini adalah :

  • Terjadi fenomena alam

Pada bagian lapisan yang paling dekat dengan bumi ini sangat memungkinkan terjadinya peristiwa dan fenomena alam paling dekat. Misalnya terjadi angin yang kencang yang mengakibatkan dampak akibat kerusakan hutan, hujan, halilintar, berawan. Banyak interaksi manusia terjadi pada lapisan ini. Seperti aktivitas pesawat udara.

  • Batas dengan tropopause

Setelah lapisan troposfer, terdapat lapisan penyeimbang yang menghubungkan dengan lapisan atmosfer dalam tingkat lebih tinggi. Lapisan pembatas atau tropopause ini termasuk lapisan atmosfer yang di nilai konstan. Namun pada lapisan ini, segala bentuk aktivitas udara seperti oksigen dan karbondioksida sudah tidak ada. Otomatis mahluk hidup tak akan mampu untuk tinggal lama di lapisan ini

  • Suhu lapisan yang berbeda-beda

Bentuk bumi yang bulat, namun letaknya yang mirip dengan orang ruku’ juga menyebabkan tingkat tingginya lapisan juga berbeda beda. Misalnya seperti jarak permukaan bumi dengan daerah kutub, yakni hanya setinggi kurang lebih 8 kilo meter dengan suhu kelembaban udara kurang lebih -46⁰ celcius. Lain lagi didaerah yang beriklim sedang memiliki jarak dengan troposfer sebesar 11 kilo meter dengan suhu -50⁰ celcius. Lain lagi dengan daerah yang berada di kawasan garis khayal ekuator atau khatulistiwa memiliki ketinggian sekitar 16 kilo meter dengan suhu kurang lebih -50⁰ celcius.

  • Keadaan temperature lapisan troposfer

Meski salah satu manfaat dari lapisan troposfer adalah menyeimbangkan suhu udara yang ada di luar dengan di dalam bumi, ternyata temperature di lapisan ini tidak konstan. Inilah yang menyebabkan perbedaan temperature di satu tempat dengan tempat lain berbeda beda. Jika tempat tersebut memiliki posisi yang tinggi, maka temperaturnya rendah. Begitu pula sebaliknya.

  1. Sub lapisan troposfer :
  2. Lapisan planet air yang berada di jarak 0 sampai 1 kilo meter dengan permukaan bumi
  3. Lapisan konveksi yang berada di jarak 1 sampai 8 kilo meter dengan permukaan bumi
  4. Lapisan tropopause yang berada pada ketinggian 8 sampai 12 kilo meter dari permukaan bumi.

Lapisan Stratosfer

Lapisan yang berada di atas sub lapisan tropopause, troposfer. Jaraknya dengan lapisan permukaan bumi sekitar di atas 12 kilo meter sampai dengan 60 kilo meter. Pada bagian inilah yang terkenal dengan lapisan ozon, yang mana sedang di bicarakan di mana-mana. Kasus bolongnya ozon akibat ulah global warming memang meresahkan seluruh makhluk hidup. Beberapa karakteristik lapisan ini adalah :

  • Terletak lapisan O3 (Ozon)

Lapisan ozon yang sering di beritakan akhir-akhir ini terletak pada bagian stratosfer. Yakni berada pada jarak 35 kilo meter dari permukaan bumi. Dari lapisan inilah di mulai terjadinya perbedaan temperature dan tekanan. Lapisan ini di nilai sangat penting, sebab mampu menjaga dan melindungi bumi dari bahaya radiasi sinar ultraviolet.

Seperti pada kasus yang ada pada akhir akhir ini sebagai  bentuk akibat dari global warming, bahwa lapisan ozon di khawatirkan bolong. Sinar ultraviolet yang masuk melalui celah tersebut, mampu meningkatkan resiko kanker kulit serta penyakit berbahaya lain.

  • Terdapat stratopause

Sama seperti lapisan sebelumnya, antara lapisan stratosfer dengan mesosfer juga terdapat lapisan pembatas. Lapisan tersebut memiliki temperature yang relative konstan dari lapisan sebelumnya. Di sebut dengan lapisan stratopause. Suhu dan ketinggian pada lapisan atmosfer ini berkisar kurang lebih 50 kilo meter di atas permukaan bumi dan 5⁰ celcius.

  • Sub lapisan stratosfer 
  1. Lapisan isotherm
  2. Lapisan panas
  3. Lapisan campuran teratas

Lapisan Mesosfer

Lapisan atmosfer yang berada tepat di atas lapisan stratosfer. Di sebut sebagai lapisan mesosfer yang berada pada ketinggian 60 sampai dengan 80 kilo meter di atas permukaan bumi. Berikut ini adalah karakteristiknya :

  • Pelindung bumi

Manfaat utama dari lapisan ini adalah pelindung dan penyelamat bumi dari jatuhnya benda benda langit seperti meteor. Caranya lapisan ini melindungi bumi adalah dengan membakar benda langit tersebut saat masuk ke lapisan mesosfer. Kemudian benda langit tersebut hangus dan menjadi abu sebelum sampai di permukaan bumi.

  • Cuaca dan temperature

Di nilai cukup ekstrim keadaan suhu dan cuacanya, yakni berkisar antara -50⁰ celcius sampai dengan 70⁰ celcius.

  • Terdapat lapisan mesopause

Bagian mesosfer yang berbatasan langsung dengan termosfer adalah lapisan mesopause.

Lapisan Termosfer

Setelah adanya lapisan mesosfer, terdapat lapisan yang lebih jauh dari mesosfer. Lapisan tersebut di kenal dengan nama termosfer. Letaknya sekitar 80 kilo meter sampai dengan 100 kilo meter dari permukaan bumi.

Anda pernah melihat aurora? Nah dari sinilah aurora yang indah tersebut terbentuk. Dari lapisan atmosfer bagian termosfer. Berikut adalah karakteristiknya :

  • Kemunculan aurora

Pada lapisan ini terkenal dengan adanya proses ionisasi pada atom atom serta molekulnya. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai reaksi yang menyebabkan penambahan dan pengurangan jumlah electron yang menghasilkan cahaya berwarna warni di angkasa seperti proses terjadinya pelangi yang memberikan warna-warna yang indah. Cahaya tersebut akan sangat nampak di daerah kutub utara dan selatan, yang di kenal dengan nama aurora.

  • Keadaan suhu dan temperature

Kondisi suhu dan temperature pada lapisan ini berkisar antara 40⁰ celcius sampai dengan 1.232⁰ celcius

Lapisan Ionosfer

Kemudian setelah keberadaan ionosfer, terdapat lapisan yang berjarak dari permukaan bumi sekitar 100 kilo meter sampai dengan 800 kilo meter. Pada lapisan inilah semua atom dan molrkul udara yang ada mengalami proses ionissasi. Itulah mengapa lapisan ini di sebut dengan lapisan ionosfer. Berikut adalah karakteristiknya :

  • Bermuatan listrik

Lapisan ionosfer terjadi banyak sekali proses ionisasi. Hal ini menyebabkan lapisan ini bermuatan listrik akibat adanya proses dan kegiatan ionisasi.

  • Adanya pemantulan Gelombang radio

Pada lapisan ionosfer terjadi proses pemantulan gelombang radio yang berasal dari bumi. Gelombang tersebut berisi antara lain gelombang panjang dan gelombang pendek yang berada di sub lapisan Kennelly dan Appleton. Berkisar dari permukaan bumi sekitar 100 kilo meter sampai dengan 400 kilo meter.

Sponsors Link

  • Sub bagian lapisan ionosfer :
  1. Lapisan Kennelly Heavyside atau di kenal dengan lapisan E yang berada pada ketinggian 100 kilo meter sampai dengan 200 kilo meter dari permukaan bumi
  2. Lapisan Appleton atau biasa di kenal dengan lapisan F yang berada pada jarak 200 kilo meter sampai dengan 400 kilo meter dari permukaan bumi
  3. Lapisan Atom yang berada pada jarak 400 kilo meter sampai dengan 800 kilo meter.

Lapisan Eksosfer

Inilah pelindung atau lapisan atmosfer terakhir yang menyelimuti bumi.  Lapisan eksosfer, menjadi lapisan atmosfer paling jauh dari bumi yang memiliki rentang jarak antara lain 800 kilo meter sampai dengan 3.260 kilo meter. Di lapisan inilah mulai terjadi banyak interaksi dan hubungan antara gas-gas yang ada di dunia luar bumi, serta gas-gas yang membentuk atmosfer bumi. Karena jaraknya yang teramat jauh dari permukaan bumi, maka kekuatan gaya gravitasi bumi juga rendah.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan mengenai lapisan-lapisan atmosfer. Dan selain lapisan-lapisan atmosfer, terdapat beberapa kandungan gas di lapisan atmosfer.

Berikut adalah penjelasannya :

Kandungan Gas Atmosfer

Pada lapisan atmosfer bumi, bumi memiliki gas dengan kandungan gas yang terkandung di lapisan atmosfer. Kandungan gas di bumi ini yang akan membantu melindungi lapisan atmosfer.

Berikut adalah penjelasan mengenai kandungan gas di bumi :

1. Kandungan Gas

Bumi yang sekarang ini di tempati memiliki kandungan gas, antara lain :

  • Gas nitrogen dengan kadar 78,17 %
  • Gas oksigen (O2) sebesar 20,97 %
  • Gas argon sebesar 0,9 %
  • Gas karbon dioksida (CO2) sebanyak 0.0357 %
  • Uap air dan beberapa gas pendukung lainnya yang memiliki kadar lebih rendah.

2. Komposisi penyusunan atmosfer

Sebenarnya apa sajakah gas gas yang menyusun atmosfer? Bagaimana bisa ia bekerja dengan baik dalam menjaga bumi kita ini? Berikut adalah komposisi yang di butuhkan untuk menyusun sebuah atmosfer bumi :

  • Nitrogen (gas yang paling banyak berada di bumi)
  • Oksigen (gas yang paling di butuhkan oleh manusia)
  • Argon (gas yang banyak di gunakan sebagai pengisi lampu)
  • Air (komponen yang paling banyak di bumi)
  • Ozon (lapisan yang melindungi makhluk hidup dari bahaya radiasi sinar ultraviolet)
  • Karbon doksida (gas yang paling di butuhkan oleh tumbuhan)

Baca juga artikel lainnya mengenai fenomena yang terjadi di lapisan atmosfer :

Diatas merupakan penjelasan mengenai lapisan atmosfer beserta dampak yang mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 30th, September 2015 / 08:36 Oleh :
Kategori : Meteorologi