Negara Kolombia: Karakteristik, Penduduk, Dan Faktanya

Negara Kolombia adalah negara paling utara di Amerika Selatan,  terletak di sisi lain dunia jika dilihat dari Indonesia. Terkenal dengan keramahan pendudukan dan kekayaan kopinya. Memiliki kekayaan pada warisan budaya seperti musik. Ditambah beragam lanskap yang tersebar di negaranya mulai dari gurun hingga pegunungan yang tertutup salju.

Karakteristik Negara Kolombia

Kolombia merupakan negara republik dengan bentuk pemerintahan kepresidenan demokrasi perwakilan. Dengan Lembaga penggerak pemerintah yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Dibantu oleh lembaga kontrol dan lembaga pemilihan khusus.

Beribukotakan di Bogota, Kolombia dipimpin oleh Presiden yang merupakan pemimpin di dalam eksekutif menjadi kepala negara dan kepala pemerintahan dengan kekuasaan administratif. Dibantu oleh Wakil Presiden dan para Menteri sebagai pihak yang menggerakkan negara.

Kolombia memiliki luas wilayah sebesar 1.038.700 kmyaitu sekitar 2,5 kali luas pulau Sumatra. Menjadi negara terbesar ke-26 di dunia, dan negara terbesar ke-4 di Amerika Selatan, setelah Brasil, Argentina, dan Peru.

Kolombia berbatasan dengan banyak laut dan negara, yaitu:

Kolombia termasuk sebagai negara dengan iklim tropis dan 2 musim sepanjang tahunnya. Namun, negaranya memiliki 6 kondisi iklim tergantung pada ketinggian, suhu, kelembaban, angin, dan curah hujan. Keragaman zona iklim di Kolombia dicirikan memiliki hutan hujan tropis, sabana, stepa, gurun, dan iklim pegunungan.

Bulan terpanas adalah Maret dengan suhu dari 9-12°C, sementara bulan terdinginnya terjadi pada Juli sampai Agustus dengan suhu 8-19°C. lalu bulan terkering adalah Februari dengan rata-rata curah hujan hanya 51 mm dan bulan terbasahnya terjadi pada Oktober dengan rata-rata curah hujan mencapai 160 mm.

Kolombia termasuk negara dengan bentang alam yang beragam, mulai dari gunung berapi yang tertutup salju dan pegunungan Andes. Pantai tropis yang berada di utara dan barat. Lalu terdapat gurun di bagian utara sementara di bagian timur terdapat padang rumput yang luas yang disebut Los Llanos.

Bagian terkering di negara Kolombia terdapat di 2 wilayah, 1 adalah semenanjung Guajira di utara dan gurun Tatacoa yang terletak di selatan Kolombia tepatnya di Departemen Huila. Tidak hanya itu, terdapat pula hutan hujan lebat yang mengisi lembah Amazon di Kolombia, menempati hampir seluruh bagian selatan Kolombia. Bagian barat laut dengan iklim hangat dan lembap ditumbuhi hutan yang disebut Chocó mencapai ke perbatasan Panama.

Habitat di hutan Kolombia yang tidak terganggu selama jutaan tahun memberikan kesempatan satwa di negara tersebut berevolusi dan beragam. Lebih dari 1.400 spesies mamalia ditemukan di Amazon, yaitu kelelawar, hewan pengerat, jaguar, ocelot atau kucing liar, kapibara, puma, dan tapir Amerika Selatan.

1500 spesies burung yang hidup di lembah Amazon. Dengan keluarga burung cotinga, yaitu semacam burung pipit pemakan biji-bijian bernama Guyana cock-of-the-rock Rupicola berasal, yaitu salah satu burung paling indah sekaligus unik di dunia. Karena seluruh bulunya berwarna jingga dengan mahkota setengah lingkaran yang unik.

Penduduk Negara Kolombia

Pada awalnya penduduk asli negara Kolombia adalah suku Indian, namun pada akhir abad ke-15 Spanyol mulai menjajah Kolombia, sehingga mereka mendatangkan bangsa Eropa ke tanah tersebut, menyebabkan penduduk asli mulai tersingkir.

Saat ini, penduduk Kolombia mayoritas adalah keturunan India, Afrika yang dibawa ke negara tersebut sebagai pekerja, dan keturunan Eropa. Bahasa resmi yang digunakan adalah Spanyol namun terdapat 68 bahasa lokal yang digunakan tersebar di seluruh Kolombia.

Kebudayaan Kolombia erat kaitannya dengan kebudayaan Spanyol sebagai akibat dari masa penjajahan di abad ke-16 dahulu. Bangsa Eropa membawa agama Katolik dan sistem kasta pada aspek sosial dan ekonomi.

Berbagai budaya penduduk asli Kolombia dihancurkan oleh Bangsa Spanyol. Seperti cara riasan wajah Kolombia dengan tepung. Saat ini hanya ada 3,4 persen orang Kolombia yang hidup dan menganggap diri mereka sebagai pribumi. Meski demikian, banyak aspek kebudayaan asli yang masih hidup seperti pada masakannya, musik, cerita rakyat, dan bahasa Kolombia.

Selain itu, masyarakat Kolombia saat ini dikenal menjadi salah satu negara paling bahagia di Dunia. Semua ini tidak terlepas dari beragam festival setiap tahunnya. Mulai dari festival musik, tari, dan aneka ragam kostum yang diselenggarakan selama beberapa hari seperti dalam Carnival de Barranquilla.

Kondisi Ekonomi Dan Sumber Daya Alam Negara Kolombia

Kolombia merupakan kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di kawasan Amerika Latin setelah Brazil dan Argentina. Tahun 2017 Bank Dunia atau World Bank mencatat PDB Kolombia mencapai USD 309,19 miliar, dengan pertumbuhan sebesar 1,76%. Sektor terbesar yang menyumbangkan PDB adalah pertanian yaitu 22,76%.

Kolombia mengekspor minyak bumi, batu bara, zamrud, kopi dan nikel dengan total ekspor USD 31,04 miliar. Negara yang menjadi mitra ekspor Kolombia adalah Amerika Serikat, Panama, Tiongkok, Spanyol, Belanda, Ekuador.

Kolombia memiliki sumber daya alam yang terdiri dari minyak bumi, batu bara, bahan tambang seperti emas, batu zamrud yang menjadi sumber zamrud terbesar di seluruh dunia mencapai 95%. Selain itu dari sektor pertanian terdapat kopi, bunga potong, gula, dan peternakan sapi.

Fakta Menarik Negara Kolombia

  1. Kolombia adalah negara paling memiliki keanekaragaman hayati ke-2 di dunia setelah Brasil.
  2. Kolombia adalah satu-satunya negara di Amerika Selatan yang memiliki garis pantai di Samudra Pasifik dan Laut Karibia.
  3. Kolombia adalah sumber zamrud paling terkenal di seluruh dunia dan menjadi penyumbang terbesarkebutuhan zamrud dunia mencapai 95%.
  4. Sierra Nevada de Santa Marta Kolombia dengan ketinggian 13.000 m adalah pegunungan pesisir tertinggi di dunia. Pegunungan ini juga telah bergerak lebih dari 1000 mil dalam 170 juta tahun terakhir.
  5. Kolombia adalah rumah bagi Cano Cristales yaitu sungai lima warna atau Pelangi Cair. Terletak di provinsi Serrania de la Macarena di Meta, dasar sungai berubah warna antara kuning, hijau, biru, hitam, dan merah, pada akhir Juli sampai November.
  6. Bogota adalah ibukota tertinggi ke-3 di dunia karena terletak di atas pegunungan Andes dengan ketinggian mencapai 2.640 meter di atas permukaan laut. Urutan ke-2 ada Quito di Ekuador dan urutan pertama adalah La Paz di Bolivia.
fbWhatsappTwitterLinkedIn