7 Negara Dengan Kualitas Air Bersih Terbaik

Air menjadi komponen paling penting dalam kehidupan. Ada beragam jenis air yang terdapat di Planet Bumi, akan tetapi tidak semua air tersebut dapat dimanfaatkan khususnya untuk manusia terutama untuk dikonsumsi. Sebab pada dasarnya air yang baik untuk dikonsumsi oleh manusia haruslah bersih, tidak berwarna, dan juga tidak berbau.

Ada beberapa negara di dunia yang memiliki air dengan kualitas terbaik. Bahkan air tersebut dapat dikonsumsi secara langsung tanpa perlu melewati proses pemasakan terlebih dahulu. Dan berikut daftar negara dengan kualitas air bersih terbaik di dunia:

Negara Selandia Baru

Keindahaan alam Selandia Baru tidak bisa dipandang sebelah mata. Jejeran pegunungan es yang terbentang di negara ini memberikan manfaat tersendiri terhadap ketersediaan air bagi negara Selandia Baru.

Lelehan es yang telah mencair tersebut mengalir dan tertampung menjadi sebuah danau berair jernih. Karena kejernihannya bahkan air yang terdapat di danau dapat langsung dikonsumsi.

Bahkan ada yang menyebut jika air yang berasal dari keran (air siap minum), mempunyai kualitas yang sama dengan air minum dalam kemasan. Tidak heran jika negara Selandia Baru termasuk negara dengan kualitas air bersih terbaik di dunia.

Negara Swiss

Tidak berbeda dengan negara Selandia Baru, negara Swiss juga dilintasi oleh Pegunungan Alpen. Kualitas air yang berasal dari Pegunungan Alpen tidak perlu diragukan lagi, termasuk air minumnya yang tergolong terbersih di dunia.

Jika dilihat dari faktor alam, curah hujan di negara Swiss tergolong tinggi, ditambah dengan lelehan es yang berasal dari lereng-lereng gunung, membuat ketersediaan air bersih di negara Swiss sangat melimpah.

Selain itu kebijakan dari pemerintah turut mendukung ketersediaan air bersih dengan adanya saluran air di Rhine dan Rhone serta terdapat pengolahan air limbah bernama ARA Bern yang dianggap sebagai salah satu teknologi paling maju di Eropa.

Negara Jerman

Negara Jerman telah menetapkan Undang-Undang Perlindungan Sumber Daya Alam sejak lama, tidak heran jika air termasuk sumber daya alam yang sangat dijaga baik oleh negara ini.

Air bersih yang dimiliki negara Jerman sebagian besar berasal dari danau dan salju. Bahkan para penduduk Jerman dapat menikmati air bersih langsung dari keran. Ketersediaan air di Jerman memang sengaja diproduksi dengan kualitas yang amat baik hal ini berhubungan dengan kewajiban pemerintah dalam menyediakan fasilitas sanitasi bagi penduduk Jerman.

Tidak hanya itu saja pemerintah Jerman selalu menyediakan data secara spesifik mengenai zat-zat yang terkandung di dalam setiap air keran siap minum. Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk menyakinkan masyarakat terhadap kelayakan air keran siap konsumsi di negara ini.

Negara Inggris

Untuk wilayah negara Inggris bagian utara seperti Wales dan Skotlandia, menjadi tempat bagi beberapa danau air tawar. Tidak heran jika ketersediaan air bersih negara ini sangat terpenuhi.

Selain itu, wilayah tersebut tidak hanya memanfaatkan danau air tawar sebagai sumber air bersih saja, namun juga untuk air minum di wilayah setempat dan sebagian besar wilayah Inggris.

Tingginya curah hujan yang terjadi di Inggris juga dimanfaatkan sebagai cadangan air bersih negara. Teknologi yang canggih membuat negara ini mampu menyaring air yang tersedia menjadi air layak konsumsi bahkan para penduduk cukup meminum air langsung dari keran tanpa perlu menyaringnya lagi.

Negara Norwegia

Sebagai salah satu negara maju di benua Eropa, Norwegia memiliki program perlindungan air tanah yakni “The Midgard Snake” yang dijalankan oleh Depart Oslo Water and Wastewater Departement.

Pengelolaan air yang dilakukan oleh Norwegia dengan cara membangun terowongan berkapasitas 50 ribu kubik yang berfungsi sebagai waduk penyimpanan dan rute transportasi.

Tidak hanya sebagai waduk penyimpanan saja, terowongan ini juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas air dan mengatasi dampak perubahan iklim, serta mengurangi konsumsi energi dengan cara mengurangi sistem pengolahan air negara tersebut.

Negara Perancis

Dalam menjaga kualitas air bersih negaranya, Perancis bekerja sama dengan pihak swasta untuk selalu memperhatikan kandungan bakteri yang terkandung di dalam air keran agar tetap rendah.

Caranya dengan menambahkan kompresor ke dalam turbin untuk menghasilkan air yang segar. Kincir angin yang ada dapat menghasilkan air minum terutama dalam kondisi iklim lembab.

Pemerintah Perancis juga melakukan kampanye untuk meminum air keran, hingga akhirnya jumlah penduduk yang memanfaatkan air keran minum di Perancis semakin meningkat. Para penduduk Perancis yakin dan tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi air dari keran, sebab kualitasnya sudah sangat terjamin.

 Negara Kanada

Selain terkenal sebagai negara terbersih, kualitas air di Kanada tentu tidak diragukan lagi. Pemerintah Kanada terus berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas air bersih hingga layak untuk dikonsumsi bagi masyarakatnya.

Dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu tinggi, tentu permintaan akan air bersih juga cukup rendah, padahal sumber daya alam air yang tersedia cukup melimpah. Meskipun begitu peraturan tentang air bersih sangat ketat mulai dari melakukan penjagaan pada proses penyaringan hingga penyalurannya kepada masyarakat Kanada.

fbWhatsappTwitterLinkedIn