8 Kota Terpadat di Australia Beserta Tempat Wisatanya

Australia merupakan negara sekaligus benua yang hanya ada satu di dunia. Memiliki luas wilayah 7,69 juta km2 yang membentang sejauh 3.700 km dari utara ke selatan dan 4.000 km dari barat ke timur. Karena lokasinya yang dikelilingi oleh lautan, terkadang benua Australia disebut juga dengan benua “pulau”.

Diapit oleh tiga samudra, membuat Australia memiliki luas perairan terbesar ketiga di dunia. Sebagian besar penduduk Australia tinggal di kawasan pesisir pantai dan perkotaan. Namun, terbanyak tinggal di dalam jarak 100 km dari garis pantai.

Seperti yang telah diketahui, Autralia merupakan negara persemakmuran Inggris. Sehingga dalam menjalankan pemerintahan, Australia menganut sistem monarki kontitusional dan Ratu Elizabeth II di Inggris adalah kepala negara. Oleh karena itu, terdapat gambar Union Jack pada bendera Australia. Seiring berjalannya waktu, Australia mengalami peningkatan terutama di bidang ekonomi dan itu berpengaruh pada populasi penduduk yang meningkat pula. Berikut kota-kota terpadat di Australia:

  1. Sydney

Sydney merupakan ibu kota negara bagian dari New South Wales. Memiliki luar wilayah 12.000 km2, Sydney mendapat julukan sebagai “The City of Villages”, “The Harbour City”, dan “The Emerald City”. Tidak hanya itu, Sydney temasuk urutan ke 10 sebagai kota yang layak untuk dihuni versi Mercer Human Resource Consulting and The Economist. Maka tidak heran jika Sydney menjadi kota terpadat di Australia.

Berbagai macam festival terselenggara di kota ini setiap tahunnya. Fasilitas umum seperti taman juga tersedia, beberapa di antaranya seperti Chinese Garden of Friendship dan Hyde Park. Selain itu, beberapa universitas terkenal ada di Sydney, sebut saja University of New South Wales, University of Western Sydney, Technical and Further Education (TAFE) dan masih banyak lagi. Tertarik untuk tinggal di Sydney?

  1. Melbourne

Badan pusat statistik Australia menyatakan bahwa, sekitar 40 tahun mendatang kota Melbourne menjadi kota dengan populasi terbanyak di Australia. Hal ini dibuktikan dengan mendapatkannya predikat sebagai kota paling layak huni di dunia selama tiga tahun berturut-turut. Pemerintah Victoria menanggapi peluang tersebut dengan berencana membuka penyedia perumahan di kawasan perkotaan. Rencana tersebut dirumuskan pada Melbourne Plan.

Di dalam Melbourne Plan juga adalah visi pemerintah untuk menggerakan banyak orang di sekitar area metropolitan dan juga sebagai investasi jangka panjang. Kawasan Victoria melakukan kontribusi yang cukup tinggi (sekitar seperempat) dari GDP Australia. Hal ini dibuktikan dari Victoria yang mampu menjaga  perkembangan ekonomi selama 20 tahun.

  1. Brisbane

Memiliki Pusat Budaya Queensland yang luas di South Bank, menjadikan Brisbane terkenal akan kegiatan seni dan pameran. Di sini terdapat museum, galeri,teater dan ruang seni yang masing-masing memiliki nilai tersendiri. Perpustakaan yang megah bisa ditemukan di Brisbane.

Kota Brisbane disebut sebagai kota paling keren di Australia pada tahun 2014 versi Lonely Planet. Kota yang memiliki luas 5.904,8 km2 ini memiliki tempat yang cukup terkenal dengan pantai buatan di jantung kota, South Bank-lah tempatnya. Tidak hanya pantai buatan saja, South Bank juga memiliki taman dengan pepohonan yang rimbun. Melihat kota Brisbane dari atas bisa dilakukan dengan menaiki wahana Wheel of Brisbane.

  1. Perth

Perth merupakan ibu kota Negara Bagian Australia Barat. Kota ini menduduki peringkat ke 4 yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Australia. Tercatat sebanyak 2.021.200 jiwa (tahun 2014) dengan luas wilayah 6.417,9 km2 tinggal di kota ini. Di kota Perth banyak ditemukan bangunan yang berhiaskan mural hasil karya seniman mancanegara. Berjalan kaki di Murray Street sampai Wellington Street akan terasa menyenangkan kerena disuguhkan dengan banyak mural di sepanjang jalan ini. Perth terkenal akan taman kotanya yang bernaman Kings Park and Botanic Garden. Memiliki luas 400 hektar menjadikan taman ini sebagai taman terbesar di dunia.

  1. Adelaide

Adelaide adalah kota yang berada di pesisir dan ibu kota dari Australia Selatan. Kota yang menempati peringkat ke 5 untuk jumlah populasi ini, mempunyai banyak tempat wisata. Ada julukan lain untuk kota Adelaide yaitu Kota Gereja, sebab di kota ini banyak dibangun gereja-gereja dengan bangunan arsitektur yang luar biasa. Selain itu, di Adelaide terdapat rumah kaca terbesar dan tertua di wilayah selatan. Lokasi rumah kaca tersebut berada di Adelaide Botanic Garden. Tidak sampai di situ saja, suasana kota yang tenang sangat cocok bagi yang bosan dengan kebisingan kota. Maka tidak heran jika Adelaide menempati urutan ke 5 sebagai kota layak huni di dunia.

  1. Gold Coast

Kota yang terkenal akan pantai terpanjang di dunia, Surfers Paradise, menjadikan Gold Coast sebagai  salah satu kota terpadat di Australia. Di Gold Coast terkenal dengan pantai berpasir putih dan ombak yang jinak, menjadikan pantai-pantai tersebut nyaman untuk para peselancar terutama bagi peselancar pemula. Tidak hanya itu, keindahan bawah lautnya tidak kalah menarik. Wave Break Island menawarkan pesona bawah laut yang sayang jika terlewatkan. Jika bosan dengan pemandangan pantai, di Gold Coast terdapat hutan hujan yang tidak kalah bagusnya. Hutan hujan Gondwana ini menjadi situs warisan dunia UNESCO. Selain itu, di dalam hutan hujan ini terdapat air terjun yang indah.

  1. Newcastle

Newcastle merupakan kota metropolitan dengan populasi kedua tertinggi di New South Wales. Kota yang berlokasi 162 km dari kota Sydney merupakan kota yang tepat untuk masyarakat kreatif mencari inspirasi. Kota ini juga pernah dikenal sebagai Steel City sebab terdapat pabrik baja, namun seiring berjalannya waktu kota ini menjelma menjadi kota tersibuk tetapi masih nyaman dihuni.

Vegetasi di Newcastle hampis sama dengan di Indonesia. Pengunjung yang berasal dari Indonesia tidak merasa asing saat berjalan di bawah pepohonan sepanjang jalan. Selain itu, Newcastel mempunyai pantai Nobbys yang cukup terkenal di dunia. Pantai ini dijadikan sebagai tempat latihan life saver atau penyelamat pantai.

  1. Canberra

Canberra merupakan ibu kota Australia dan memiliki jumlah populasi 410.301 jiwa(tahun 2017) yang memiliki luas 814,2 km2. Canberra termasuk kota terbesar ke 8 di Australia dan terletak di ujung utara Australian Capital Territory. Meskipun Canberra adalah ibu kota dan pusat pemerintahan, namun kementerian federal memiliki tempat kedua di wilayah lain.

Ibu kota Australia ini terpilih sebagai kota terbaik di dunia pada tahun 2018 menurut Lonely Planet. Sebagai wilayah yang dirancang sebagai ibu kota, Canberra harus melalu proses seleksi yang cukup ketat untuk menentukan lokasinya. Rancangan kota ini dimenangkan oleh seorang arsitek Amerika Serikat, Walter Burley Griffin. Singkat cerita terjadi perbedaan pendapat dengan pihak setempat hingga akhirnya dia keluarkan dari projek itu. Namun pada akhirnya rancangannya diakui oleh pemerintah Australia dan namanya menjadi sebuah danau buatan di tengah kota yaitu Danau Burley Griffin.

Itulah beberapa kota terpadat di Australia. Tertarik untuk tinggal di Australia?

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!