8 Kota Terpadat di India dan Jumlah Penduduknya

India menjadi negara berkembang dan merupakan salah satu negara di kawasan Asia Selatan dan memiliki jumlah penduduk sebesar 1,2 milyar jiwa. Sehingga menjadikan India sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia setelah Tiongkok. Negara India membentang dimulai dari pegunungan Himalaya di utara sampai dengan selatan pulau Sri Lanka.

Peradaban di India berasal dari sungai Indus yang merupakan tempat lahirnya empat agama. India memiliki sungai besar, diantaranya sungai Gangga, sungai Brahmaputra, sungai Krishna, sungai Yamuna dan sungai Godavari. Sungai-sungai itu membuat India bagian utara cocok untuk pertanian.

Dahulu perekonomian India bergantung pada pertanian saja. Seiring berjalannya waktu, perkembangan di bidang industri semakin meningkat. Sebagian besar wilayah industri tersebut berada di kota-kota besar. Hal tersebut berpengaruh pada tingkat kepadatan penduduk kota di India. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut kota-kota terpadat di India:

  1. Mumbai

Sebelumnya bernama Bombay (sampai tahun 1995) masuk ke jajaran sebagai kota terpadat di India dan kota terpadat di dunia. Populasi penduduk di kota ini mencapai 18,4 juta jiwa. Kota Mumbai merupakan kota termakmur di India Gross Domestic Product tertinggi di Asia Selatan. Di sini juga banyak ditemukan milyader di seluruh India.

Selain itu, kota Mumbai juga menjadi salah satu dari 10 pusat komersial teratas di dunia terutama dalam hal arus keuangan global. Beberapa meliputi GDP India, industrial, perdagangan maritim, transaksi ibu kota. Kota Mumbai juga sebagai rumah bagi industri film dan televisi di India. Peluang yang diberikan oleh Mumbai menarik para imigran untuk datang.

  1. New Delhi

New Dehli merupakan ibu kota dari negara India. Tidak hanya itu, kota ini adalah tempat pemerintahan liberal demokrasi terbesar dan kota metropolis terbesar ke 3 di dunia. Kota New Dehli mudah untuk dijelajahi karena jalannya dirancang sedemikian rupa sebelum dilakukan pembangunan gedung.

Di tempat ini juga pusat pemerintahan dan politik dijalankan. Kota ini menyimpan situs warisan dunia seperti Qutab Minar, Red Ford dan Humayun’s. Tempat bersejarah lain di New Dehli yaitu:

  • India Gate yang merupakan monumen nasional untuk mengingat jasa pahlawan India yang gugur.
  • Jama Masjid yang berlokasi di Old Dehli merupakan masjid terbesar di India.
  • Agrasen Ki Baoli yang dibangun abad ke 14 dan merupakan salah satu steep wall di kota Dehli.
  • Lodi Gardens adalah taman yang ada di kota Dehli dan di dalamnya terdapat makam Mohammad Shah.
  • Lotus Temple tempat peribadatan bagi penganut kepercayaan Baha’i, namun terbuka untuk semua kalangan.
  1. Bangaluru

Kota Bangaluru adalah ibu kota dari India Karnataka. Kota ini sebelumnya bernama Bangalore. Kota ini dikenal dengan sebutan “Kota Taman” sebab banyak ditemukan taman, bunga dan pepohonan karena banyaknya taman dan pepohonan di tengah kota. Kota Bangaluru adalah kota terbesar ketiga di India.

Kota yang memiliki luas 366 km2 ini sukses menjadi kota teknologi tinggi di India. Perusahaan IT terbesar berada di kota ini, seperti Wipro, Infosys dan HCL. Tidak hanya itu saja, perusahaan IT milik Amerika mempunyai kantor di Bangaluru ini sebut saja Google, Yahoo, HP, Oracle, Microsoft dan lain sebagainya.

  1. Hyderabad

Kota yang menjadi ibu kota negara bagian Andhra Pradesh merupakan kota terbesar ke 5 di India. Di Hyderabad inilah tempat bertemunya kebudayaan India Utara dengan kebudayaan India Selatan. Kota ini memiliki luas wilayah 260 km2 dan tingkat kepadatan penduduk mencapai 14.192 jiwa/km(tahun 2006).

Mayoritas kota ini beragama Muslim dan Hindu. Namun, masih bisa ditemukan komunitas Kristen. Mereka hidup berdampingan secara damai selama ratusan tahun. Kota Hyderabad saat ini terkenal sebagai pusat teknologi tinggi dan industri film yang produktif. Saat bulan Ramadhan, suasana kota ini akan semakin terasa. Beberapa rumah makan akan menyajikan makanan yang hanya ada di bulan Ramadhan saja, salah satunya adalah Hallem.

  1. Ahmedabad

Ahmedabad adalah kota yang terletak di sebelah barat India dan terbesar di Gujarat. Kota ini memiliki luas wilayah sebesar 449 km2 dan jumlah penduduk 6,5 juta jiwa. Kota ini berlokasi di tepi sungai Sabarmati. Ahmedabad pernah menjadi ibu kota untuk Gujarat sampai tahun 1970 saja.

Saat ini kota Ahmedabad menjadi salah satu kota modern di India. Kota ini juga sempat mendapat predikat sebagai The Best City to Live in India. Kelayakannya untuk menjadi tempat hunian didukung dengan adanya infrastruktur, industri dan ekonominya yang maju. Sekarang sudah banyak dijumpai apartemen, pabrik, gedung perkantoran serta pusat perbelanjaan di kota ini.

  1. Chennai

Chennai yang dahulu bernama Madras merupakan ibu kota dari negara bagian Tamil Nadu di India. Kota ini merupakan kota metropolitan terbesar keempat di India. Dengan jumlah populasi mencapai 4.352.932 jiwa (tahun 2006) memiliki luas wilayah 174 km2 , menjadikan kota Chennai masuk kedalam kota terpadat di India.

Perekonomian kota Chennai mempunyai basis yang luas, seperti industri komputer, industri mobil, teknologi, kesehatan, dan manufaktur. Selain itu, kota Chennai menjadi kota kedua terbesar di India untuk kegiatan ekspor berupa perangkat lunak, informasi teknologi diaktivkan layanan (ITES), dan teknologi informasi. Di bidang lain, kota Chennai menjadi pusat industri film Tamil kedua di India setelah Mumbai.

  1. Kolkata

Kota Kolkata pernah menjadi ibu kota India hingga tahun 1912. Saat itu, Kolkata menjadi tempat perdagangan yang amat penting selama pemerintahan kolonial Inggris. Hal ini didukung dari lokasinya yang memiliki pelabuhan. Dan pada akhirnya ibu kota dipindah ke Dehli.

Kota Kolkata memiliki luas wilayah 1.480 km2 dengan populasi sebanyak 5.138.208 jiwa(tahun 2010). Saat ini Kolkata adalah pusat dari industri, komersial dan budaya di timur India. Pusat intelektual dan budaya juga terdapat di kota ini, sehingga tidak heran jika di Perpustakaan Nasional mempunyai koleksi buku dan dokumen terbesar di India.

  1. Surat

Kota terpadat di India selanjutnya yaitu kota Surat. Kota ini berada di daerah Gujarat dan merupakan ibu kota Dawoodi, berlokasi di tepi sungai Tapi. Pada masa lalu, Surat terkenal dengan sutra, brokat yang halus dan indah serta perdagangan rempah. Kota ini merupakan kota terkaya di India pada abad ke 17 dan abad ke 18.

Surat miliki jumlah populasi sebesar 7.573.733 jiwa di kawasan metropolitan (tahun 2013) dengan luas metropolitan 326,515 km2. Selain itu, kota ini menjadi kota penting di daerah Dawoodi Bohras untuk orang-orang yang ingin mendapat pelatihan rohani.

Semoga informasi tentang kota terpadat di India di atas bisa bermanfaat.