4 Contoh Hutan Lindung di Indonesia

Ketika kita berbicara mengenai tumbuhan maka ada banyak hal yang bisa kita perhatikan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang banyak tersebar di bumi. Populasi dan jumlah dari tumbuhan yang ada di planet bumi bahkan bisa dikatakan jauh lebih besar daripada jumlah populasi manusia itu sendiri.

Setiap daerah dengan berbagai macam kondisinya memiliki bentuk dan ciri khas tumbuhan masing-masing. Perbedaan dan keberagaman kondisi lingkungan alam merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna yang ada di muka bumi. Persebaran dari flora inilah yang kemudian dapat mengisi dan membentuk berbagai macam bentuk kenampakan yang ada di Planet bumi. Kenampakan bentukan dari persebaran flora ini memiliki ciri khas masing-masing.

Jika membicarakan mengenai jenis-jenis persebaran dari tumbuhan itu sendiri, maka pada dasarnya ada banyak sekali jenis yang bisa kita sebutkan. Namun, biasanya persebaran dari tumbuhan yang ada di muka bumi ini membentuk sebuah kawasan yang bernama hutan.

Jika berbicara hutan maka kita bisa menyebutkan berbagai macam jenis hutan di dunia berdasarkan lokasi dan fungsi yang ada di dalamnya. Kita bisa saja menyebutkan seperti hutan mangrove, hutan cadangan, hutan konservasi dan berbagai macam jenis hutan yang lain.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah sat jenis hutn yang ada di bumi. Jenis hutan yang satu ini lebih sering disebut sebagai hutan lindung. Beberapa contoh hutan lindung akan menjadi tema pokok pembahasan kita kali ini. Ada beberapa contoh hutan yang bisa kita ketahui keberadaannya seperti,

Sebelum kita mulai membahas mengenai beberapa contoh hutan lindung, maka sebaiknya kita berkenalan dengan hutan lindung itu sendiri. Secara harfiah dari hutan lindung sendiri merupakan sebuah kawasan hutan baik yang ada secara alami maupun buatan yang memiliki pengaruh besar pada tata kehidupan masyarakat. Biasanya hutan lindung ini mampu menyediakan dan menjaga keberadaan cadangan air, menahan laju erosi, dan beberapa manfaat lain yang ada. Keberadaan dari hutan lindung sendiri telah dilindungi keberadaanya oleh beberapa peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti UU No 32 tahun 1990, kemudian ada juga UU No 41 tahun 1999. Dari isi yang ada dalam peraturan tersebut, maka muncullah beberapa hutan lindung yang ada di Indonesia, seperti

1. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai WainContoh hutan lindung yang pertama akan kita bahas adalah Hutan Lindung Sungai Wain. Hutan yang satu letaknya ada di daerah kalimantan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kalimantan merupakan salah satu provinsi dengan hutan terluas di Indonesia. dari berbagai macam jenis kawasan hutan yang ada di kalimantan, maka Hutan Lindung Sungai Wain adalah salah satunya. Hutan yang satu ini secara keseluruhan digunakan untuk menjaga dan melindungi keberadaan dan habitat dari orang utan.

Pengelolaan dari Hutan Lindung Sungai Wain yang diserahkan kepada pemerintah Kalimantan Timur, menjadikan kawasan ini sebagai salah satu kawasan yang terkenal sebagai salah satu objek wisata alam yang sangat menarik. Hutan Lindung Sungai Wain selain menjadi kawasan lindung juga menjadi sebuah kawasan edukasi lingkungan bagi wisatawan yang juga datang berkunjung.

2. Hutan Lindung Wehea

Hutan Lindung WeheaKawasan hutan lindung yang selanjutnya pun masih berada di kawasan kalimantan timur. Kawasan hutan lindung yang satu ini disebut sebagai Hutan Lindung Wehea. Bisa dikatakan kawasan Hutan Lindung Wehea ini juga merupakan salah satu contoh hutan konservasi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kawasan hutan yang satu ini juga menjaga keberlangasungan hidup suku asli kalimantan yaitu suku dayak.

Selain berfungsi sebagai hutan lindung kawasan Hutan Lindung Wehea juga bisa dikatakan sebagai kawasan hutan adat suku dayak. Hutan Lindung Wehea sendiri pada tahun 2009 silam juga sempat mendapatkan penghargaan kalpataru dari pemerintah republik Indonesia. Hal tersebut dikarenakan adanya usaha pelestarian secara besar-besaran oleh masyarakat sekitar hutan.

3. Hutan Lindung Alas Kethu

Hutan Lindung Alas KethuContoh hutan lindung yang selanjutnya berada di kawasan Wonogiri Jawa Tengah. Hutan lindung yang satu ini memiliki luas yang tidak terlalu besar. Selain itu jenis-jenis tanaman yang ada di dalamnya pun tidak terlalu beragam.

Hutan lindung yang memiliki luas sekitar 40 hektar ini di dominasi oleh jenis tanaman mahoni, jati, kayu putih dan beberapa jenis pohon akasia. Kawasan hutan yang satu ini selain berfungsi sebagai kawasan hijau yang ada di Wonogiri, juga merupakan ladang ekonomi bagi masyarakat sekitar. Tak sedikit masyarakat yang menggantungkan perekonomiannya di kawasan hutan lindung yang satu ini.

4. Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta

Hutan Lindung Taman Raya Bung HattaSatu lagi kawasan hutan lindung di Indonesia yang tak boleh terlewat berada di kawasan bukittinggi. Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang memiliki luas kurang lebih 70.000 hektar. Kawasan hutan yang satu ini memiliki banyak sekali spesies flora dan fauna di dalamnya.

Meskipun kenampakan dari hutan yang satu ini lebih di dominasi oleh berbagai macam jenis perbukitan yang mengelilinginya. Kawasan hutan lindung yang satu ini merupakan sebuah kawasan yang cukup terkenal, hal tersebut karena kawasan hutan lindung yang satu ini memiliki sebuah flora yang cukup unik. Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta merupakan salah satu kawasan yang banyak ditemukan tumbuhan Raflesia Arnoldi.

Itulah tadi beberapa contoh hutan lindung di indonesia dengan persebarannya. Setiap kawasan hutan lindung bisa merupakan hutan alami maupun hutan buatan yang dibuat oleh manusia. Selama hutan tersebut memiliki dampak yang besar bagi keberlangsungan hidup masyarakat, maka kawasan tersebtu dapat berubah menjadi hutan linduang. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!