Sponsors Link

Hutan Cadangan: Pengertian, Karakterstik dan Fungsinya (Paling Lengkap)

Sponsors Link

Diantara banyak jenis- jenis hutan berdasarkan tempat tingginya, jenis hutan berdasarkan jenis fungsinya dan jenis lainnya, mungkin yang masih asing di telinga kita adalah mengenai hutan cadangan. Seperti namanya, hutan cadangan sendiri merupakan hutan yang difungsikan sebagai cadangan untuk hutan produksi, hutan lindung, hutan wisata, hutan suaka alam maupun hutan lainnya, yang mana belum ditentukan secara pasti. Sehingga yang namanya hutan cadangan ini adalah lahan yang dipenuhi oleh pepohonan seperti halnya hutan biasa, namun arah kemana hutan tersebut akan dibawa belum ditentukan. Dengan demikian hutan ini bisa digunakan sebagai cadangan hutan- hutan yang lainya, selama beum ditemukan secara pasti.

Karakteristik Hutan Cadangan

Hutan cadangan adalah satu jenis hutan berdasarkan kategori fungsi yang dimilikinya. Hutan cadangan meskipun memiliki fungsi yang belum terarah dengan pasti namun sudah banyak digunakan oleh manusia, khususnya dalam pertanian atau penanaman tanaman pangan dan juga dalam hal pemukiman. Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki oleh hutan cadangan antara lain sebagai berikut:

  1. Sering dimanfaatkan sebagai lahan pertanian maupun lahan pemukiman bagi penduduk yang berada di daerah sekitarnya.

Karena memiliki peruntukkan yang masih belum pasti, maka hutan cadangan banyak difungsikan sebagai lahan pertanian dari warga maupun sebagai lahan pemukiman. Kita semua mengetahui bahwa permasalahan bagi rata- rata negara (terlebih negara dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi) adalah mengenai lahan pertanian dan juga pemukiman. Banyak hutan- hutan yang rusak karena dikejar bangunan. Maka dari itulah hutan cadangan ini juga digunakan sebagai lahan pertanian atau pemukiman karena memang kebutuhan akan keduanya tidak dapat dibatasi. Maka dari itulah hutan cadangan banyak difungsikan sebagai lahan peranian maupun pemukiman warga yang rumahnya tidak jelas. Selain itu hasil budidaya tanaman pangan kita akan lebih bisa mencukupi kebutuhanmasyarakatnya.

  1. Kaya akan berbagai macam tanam pangan maupun sumber pangan

Karakteristik hutan cadangan yang selanjutnya adalah kaya akan tanaman pangan. Hal ini jug tidak lepas dari pemanfaatkan hutan cadangan untuk pertanian mastarakat. Berbagai tanaman pangan ini ditanam atau dibudidayakan di hutan cadangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian kebutuhan masyarakat akan tanaman pangan aan selalu tercukupi. Bahkan tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan saja, jika produksi pangan banyak maka bisa pula untuk dijual sehingga bisa menghidupkan perekonomian dari warga yang berada di sekitar kawasan tersebut.

  1. Digunakan untuk merawat tumbuhan (flora) dan juga hewan (fauna) dengan tujuan supaya tumbuhan dan hewan tersebut tidak punah

Karakteristik yang selanjutnya adalah hutan cadangan sebagai tempat untuk merawat berbagai macam flora dan fauna dengan tujuan agar flora dan fauna tersebut tidak punah. Flora atau tanaman dan juga fauna atau binatang memerlukan habitat khusus yang tidak sama dengan manusia, sehingga harus diberikan tempat yang cocok, seperti hutan cadangan ini.

Itulah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh hutan cadangan yang biasanya memang belum ditentukan fungsinya. Selain karakteristik kita juga perlu mengenal mengenai fungsinya.


Fungsi Hutan Cadangan

Hutan cadangan memiliki beberapa fungsi hutan antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai tempat melakukan aktivitas pertanian
  • Memelihara binatang dan tumbuhan
  • Menyeimbangkan udara di sekitarnya
  • Mencegah banjir
  • Memberikan kesejukan

Nah itulah beberapa fungsi atau manfaat yang dimiliki oleh hutan cadangan. Adapun beberapa contoh hutan cadangan yang ada di Indonesia adalah hutan cadangan di Pulau Jawa yang jumlahnya mencapai 20 hektar.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 07th, November 2017 / 05:29 Oleh :
Kategori : Hutan